GadgetsPerangkat KerasTrends

Pilih Mana: iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

Tablet merupakan perangkat yang diciptakan untuk memudahkan beberapa aktivitas manusia seperti bekerja, mencatat dokumen dan beberapa hal lainnya. Selain itu, tablet sendiri bisa juga digunakan hanya untuk sekedar menonton film, mendengarkan musik, bermain sosial media dan sebagainya.

Salah satu tablet yang bagus produksi tahun 2018 yang lalu adalah iPad 6 dan Mi Pad 4 Plus. Kedua tablet ini cukup terkenal dan cukup diandalkan berkat spesifikasi dan performa nya yang cukup handal untuk aktivitas sehari-hari.

Penasaran dengan detail iPad 6 dan Mi Pad 4 Plus ini? Untuk itu yuk simak terus Selera.id untuk referensi dan perbandingan kamu dalam memilih tablet andalan untuk aktivitas kamu.

iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

iPad 6 2018

Pada tahun 2018 lalu, iPad generasi ke-6 dirilis di tanah air. iPad merupakan produk dari Apple untuk jenis tablet sehingga cocok untuk para pekerja kantoran dan para pebisnis.

Agar dapat mengolah data serta laporan tanpa perlu repot-repot membawa laptop karena tablet sudah bisa menggantikan fungsinya. Menariknya walaupun ukurannya dibuat minimalis serta bebas kabel instalasi namun dimensi layar tablet dibuat lebih lapang.

Hal tersebut untuk meningkatkan kenyamanan ketika membuka program dan membaca laporan di dalamnya. Agar kualitasnya mumpuni menggunakan tablet dari Apple yakni iPad merupakan pilihan yang terbaik.

Spesifikasi yang diusung oleh iPad Generasi ke-6 ini memang membuatnya sangat menarik untuk dimiliki. Cuma saja oleh pihak Apple spesifikasi yang ditanamkan di dalamnya memang ditujukan untuk konsumen di usia muda, seperti kalangan remaja dan eksekutif muda. Baca juga Pilih Mana: iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

Spesifikasi iPad 6 2018

iPad generasi ke 6 (2018) mempunyai spesifikasi perangkat keras yang hampir sama seperti iPhone 6/7/8, yakni prosesor Apple A10, RAM nya 2GB, dan internal memorinya ada pilihan 32/64 GB.

Kamera utama 8 MP dan depan 5 MP memiliki kualitas yang cukup. Lumayan bagus untuk foto & merekam video yang tujuannya bukan untuk profesional.

iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

iPad 6 ini juga mendukung pemakaian Apple Pencil yang membuatnya dapat digunakan menorehkan tulisan tangan. Ukuran layarnya yang sudah mengadopsi Retina Display juga terhitung pas, sebab kurang dari 10 inchi sehingga tidak begitu bongsor dan semakin praktis diajak bepergian.

Kelebihan iPad 6 2018

  • Sistem operasi iOS 12
    iOS merupakan sistem operasi seluler paling personal dan aman di dunia, dilengkapi dengan fitur andal yang membantu memaksimalkan hari-hari kamu. Dengan sistem operasi ini, apapun aktivitas kamu via online bisa dengan mudah dilakukan oleh iPad 6.
  • Layar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
    Layar iPad hadir dengan berbagai filter warna yang bisa disesuaikan untuk mendukung berbagai bentuk buta corak atau kesulitan dalam penglihatan lainnya. Jadi, membaca dokumen, menelusuri web, maupun menyusun presentasi semakin bisa diakses dibandingkan tipe sebelumnya.
  • Memiliki fitur akses terpandu
    Akses Terpandu memungkinkan orang tua, guru, maupun terapis membatasi satu demi satu aplikasi di iPad, dan membatasi waktu yang dihabiskan di sebuah aplikasi. Jadi, iPad bisa menjadi alat yang andal untuk penyandang autisme atau gangguan perhatian dan sensorik.

Kekurangan iPad 6 2018

  • Harga yang mahal
    Sudah tidak heran lagi bila sebagian besar produk dari Apple tentunya memiliki harga yang mahal. Namun hal ini sebanding dengan beberapa fitur dan spesifikasi yang diberikan oleh iPad 6 kepada para penggunanya.
  • Boros baterai
    Dengan banyaknya fitur dan spesifikasi yang bagus, tak ayal jika baterai yang dimiliki iPad 6 ini cukup boros. Beberapa penggunanya menyebutkan bahwa pemakaian iPad ini mengharuskan 3 sampai 4 kali charge dengan pemakaian yang normal sampai rutin. Namun hal ini sesuai dengan pemakai nya masing-masing ya guys.
  • Fitur markup teks yang lama dibuka
    Terobosan besar Apple yang disematkan dalam perangkat ini yaitu fitur markup teks. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk menandai teks maupun memberikan gambar. Sayangnya untuk mengaktifkan fitur ini memakan waktu yang cukup lama.

Mi Pad 4 Plus

Xiaomi secara resmi sudah meluncurkan tablet terbarunya yang bernama Mi Pad 4 Plus. Tablet yang satu ini lebih besar dibanding dengan Mi Pad versi biasa.

Terlihat Mi Pad 4 Plus dilengkapi dengan layar 10, 1 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dengan rasio 16:10. Dengan layar sebesar ini akan membuat konsumennya puas dalam menonton video ataupun bermain game.

Perangkat ini sendiri mempunyai dimensi yang mencapai 245,6 mm x 149,8 mm x 7,99 milimeter dan berat yang mencapai 485 gr. Nyatanya dengan ukuran layar yang semakin besar, Xiaomi pun menyadari perlunya peningkatan baterai pada tablet terbaru ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 5 atau Redmi Note 8?

iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

Spesifikasi Mi Pad 4 Plus

Terlihat Xiaomi Mi Pad 4 Plus mempunyai baterai dengan kapasitas 8620 mAh. Hal ini membuat Xiaomi mengklaim bahwa baterainya sanggup bertahan sampai 1 hari penuh dalam pemakaian normal.

Dari sektor kamera, Xiaomi Mi Pad 4 Plus ini sudah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan LED Flash yang bisa menghasilkan foto dengan lumayan baik. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 5 MP yang bisa menghasilkan foto selfie dengan cukup baik.

Tablet yang satu ini juga diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core berkecepatan 2,2 GHz yang berteknologi proses 14nm sehingga mempunyai performa bertenaga dan daya tahan baterai yang dapat dibilang cukup hemat.

Kelebihan Mi Pad 4 Plus

  • Desain optimal yang mendukung kemudahan
    Dari segi bodi, Xiaomi Mi Pad 4 mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar dari versi terdahulunya. Mi Pad 4 mempunyai ukuran layar 8 inchi dan bodi yang lebih tinggi karena mengusung rasio 16:10. Selain itu, Mi Pad 4 juga terlihat lebih ramping, tepatnya 13 mm lebih tipis bila dibanding Mi Pad 3. Ukuran baru ini membuat Mi 4 jauh lebih nyaman di genggaman, bahkan mudah dipakai cuma dengan 1 tangan.
  • Performa lebih untuk hiburan yang optimal
    Terlihat lebih bagus dari Mi Pad 3 yang bermodalkan prosesor hexa-core, Xiaomi Mi Pad 4 mempunyai prosesor octa-core yang didukung oleh chipset Snapdragon 660 dan RAM 4 GB. Dari segi performa, Mi Pad 4 mempunyai hasil yang jauh lebih bagus dari pendahulunya.
  • Mempunyai beberapa fitur yang canggih
    Fitur lain dari Xiaomi Mi Pad 4 yaitu baterai dengan daya 8.620 mAh yang dijanjikan bisa bertahan untuk memainkan video selama 12 jam. Untuk kamu yang suka malas dengan pattern lock, Mi Pad 4 menyematkan fitur face recognition untuk proteksi maksimal. Selain kamera depan 5 MP, tablet ini juga mempunyai kamera HDR 13 MP di punggungnya.

Kekurangan Mi Pad 4 Plus

  • Kurang diandalkan
    Jika dibandingkan dengan iPad 6, Mi Pad 4 Plus dirasa kurang diandalkan untuk urusan tablet. Orang-orang cenderung lebih memilih iPad 6 meskipun harganya yang jauh lebih mahal ketimbang Mi Pad 4 Plus ini, karena memiliki desain yang elegan dan performa yang dirasa lebih baik.
  • Tidak ada Google Play Store
    Beberapa aplikasi tidak tersemat saat melakukan pembelian Mi Pad 4 Plus ini, salah satunya yaitu tidak adanya Google Play Store. Google Play Store sendiri merupakan aplikasi untuk mendownload beberapa aplikasi lainnya. Tentunya ini menjadi kekurangan yang cukup diperhatikan.
  • Speaker lemah
    Beberapa penggunanya menuturkan bahwa speaker dari tablet ini dirasa masih cukup lemah. Hal ini tentu kurang sesuai untuk kamu yang gemar menonton video atau mendengarkan musik melalui tablet ini.
SpesifikasiiPad 6 2018Mi Pad 4 Plus
Dimensi 169.5 x 240 x 7.5mm 245.6 x 149.1 x 8 mm
Berat469g 485g
Sistem operasi iOS 11 Android 8.1
Kapasitas baterai 8827 mAh8620 mAh
Kedalaman piksel264 ppi 224 ppi
Harga per November 2019Rp 4.999.000,-Rp 3.850.000,-

Pilih Mana: iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

iPad 6 2018Mi Pad 4 Plus
Kelebihan- Sistem operasi iOS 12 - Layar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan - Memiliki fitur akses terpandu - Desain optimal yang mendukung kemudahan - Performa lebih untuk hiburan yang optimal - Mempunyai beberapa fitur yang canggih
Kekurangan- Harga yang mahal - Boros baterai - Fitur markup teks yang lama dibuka - Kurang diandalkan - Tidak ada Google Play Store - Speaker lemah

Kesimpulan

iPad 6 dan Mi Pad 4 Plus tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Performa nya tentu cukup mumpuni untuk aktivitas sehari-hari. Namun kami lebih merekomendasikan iPad 6 untuk jadi tablet andalan kamu karena memiliki fitur yang lebih canggih dan performa yang baik meski harga yang mahal dan performa baterai yang kurang awet. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPad 6 2018 vs Mi Pad 4 Plus

VS

Leave a Reply