Gadgets

Pilih Mana: iPad 6 vs iPad Mini 5

Apple merupakan salah satu perusahan gadget terbesar dan terkenal di dunia saat ini. Hal tersebut membuat Apple terus berinonasi untuk menghadirkan produk yang memiliki kualitas tinggi. Seperti contoh produknya yaitu iPad 6 dan iPad Mini 5.

iPad 6 dan iPad Mini 5 merupakan perangkat yang cukup banyak di minati, Karena keduanya memiliki fitur dan memiliki desain yang menawan yang sangat sayang dilewati. Namun, banyak orang yang bingung untuk memilih di antara keduanya. Jangan khawatir! Dalam postingan ini kami akan membandingkan keduanya agar dapat menjadi referensi yang tepat. Langsung saja yuk ke pembahasan!

iPad 6 vs iPad Mini 5

iPad 6

Apple resmi merilis iPad generasi 6 di Apple Event bulan Maret 2018 lalu. Produk ini menyasar para pengguna di usia muda seperti kaum pelajar atau pengajar yang membutuhkan gadget berupa tablet.  Salah satu fitur terbaik dari iPad 9.7 inci tahun 2018 atau bisa disebut iPad generasi 6 adalah mendukung perangkat Apple Pencil.

iPad 6 ini menjadi satu-satunya iPad di luar seri iPad Pro yang dapat menggunakan Apple Pencil untuk menggambar atau membuat catatan dengan tulisan tangan.

Beberapa detail spesifikasi dari  iPad 6 adalah CPU A10 Fusion, kamera belakang 8MP, mendukung Apple Pencil, layar Retina Display (2048 x 1536 piksel, 264 ppi), Touch ID dan iPad 6 ini juga memiliki pilihan warna yaitu Space Gray, Silver dan Gold. Baca juga Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone XS Max?

Desain iPad 6

New ipad memiliki ukuran 240 x 169.5 mm dengan ketebalan 7.5 mm, iPad ini memiliki bobot sebesar 469g  untuk versi Wi-Fi dan 478g untuk versi LTE.  Perangkat ini terbuat dari Alumunium Alloy bro yang memiliki tekstur halus dan tidak terlalu licin.

Beralih ke sektor layar, new iPad 2018 masih menggunakan teknologi LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, dengan ukuran layer sebesar 9.7 inch dengan 1536 x 2048 piksel yang memiliki kerapatan piksel 264 ppi.

Layar new iPad 6 ini sudah dilapisi oleh scratch-resistant glass dan oleophobic coating yang bisa melindunginya dari goresan ringan, dan meminimalisir bercak sidik jari.

Performa iPad 6

iPad 6 ini ditenagai oleh prosesor A10 Fusion dengan RAM sebesar 2GB, yang sama persis dengan “otak” yang dimiliki iPhone 7. Untuk storage, Lo akan disuguhi dua pilihan storage bro yaitu iPad dengan kapasitas 32 GB dan 128 GB.

Kapasitas baterai iPad 6 yaitu, 8.827 mAh yang dapat bertahan kurang lebih selama 10 jam pemakaian. tablet ini cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sayangnya iPad 6 ini belum mendukung quick charging, sehingga proses pengisian daya akan cukup memakan waktu hingga 4-5 jam untuk mencapai daya 100%.

iPad 6 vs iPad Mini 5

Kamera iPad 6

iPad 6 ini memiliki kamera belakang beresolusi 8MP dengan bukaan f/2.4, mendukung video recording 1080p dengan 30fps, slow motion 720p dengan 120fps, dan kamera depan sebesar 1.2 MP yang mendukung FaceTime HD dengan 720p video.

Spesifikasi iPad 6
Tahun rilis Maret 2018
Resolusi Resolusi 2048-by-1536-pixel pada 264 PPI
Kapasitas Penyimpanan32GB, 128GB
WarnaSilver, Space grey, Gold
Dukungan Pensil Apple Gen pertama
Chip Chip Fusion A10
Coprocessor Coprocessor M10 tertanam
Kamera Kamera 8-megapiksel dengan aperture w / ƒ / 2.4

Kelebihan iPad 6

  • Memiliki spesifikasi yang tangguh
    Ipad 6 ini memiliki spesifikasi yang hampir sama kayak iPhone 6/7/8, yaitu prosesor Apple A10, RAM nya 2GB, dan internal memorynya ada pilihan 32/64 GB. Digunakan untuk kebutuhan gaming menengah ke bawah ataupun buat editing gambar dan desain, masih cukup tangguh.
  • Sudah support dengan apple pencil
    iPad 6  ini sudah dilengkapi dengan Apple Pencil, cocok bagi kalian yang suka gambar atau corat-coret bikin desain dan iPad 6 ini menjadi satu-satunya iPad di luar seri iPad Pro yang dapat menggunakan Apple Pencil lho!
  • Dibekali dengan kamera yang memumpuni
    iPad 6 ini juga memiliki kualitas kamera yang cukup untuk foto & merekam video yang tujuannya bukan untuk profesional. Untuk video call misalnya, foto gambar ataupun untuk meeting, dan lain sebagainya yang sekali lagi, bukan untuk profesional foto & video. Namun cukup bagus untuk digunakan untuk aktivitas standar.

Kekurangan iPad 6

  • Apple pencil yang berbahan karet
    Apple Pencil yang ada pada iPad 6 ini terbuat dari bahan karet yang membuat pengalaman menulis di atas tablet cukup jelas, Tetapi fitur markup sebagian besar belum bisa bekerja secara efektif karena untuk mengaktifkan fitur ini memakan waktu yang cukup lama.
  • Pengisian daya yang cukup memakan waktu
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada iPad 6 yaitu, Perangkat ini belum mendukung quick charging, sehingga proses pengisian daya akan cukup memakan waktu hingga 4-5 jam untuk mencapai daya 100%. 
  • Harga yang cukup tinggi
    Kekurangan yang terakhir ini bukan menjadi rahasia umum lagi, karena semua prangkat Apple cenderung dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Namun, dengan harga tersebut produknya pula memiliki spesifikasi yang tinggi jadi cukup sebanding dengan harga yang di tawarkan.

iPad Mini 5

iPad Mini 5 hadir memberikan jawaban dari pertanyaan para penggemar produk Apple mengenai generasi produk tablet dengan ukuran layar paling kecil milik Apple yaitu 7.9 inci dan diwarnai dengan bezel ikonik yang agak tebal di sekelilingnya.

iPad Mini 5 hadir dengan sejumlah peningkatan penting meskipun tetap mengusung bodi yang sama persis dari versi sebelumnya.

Peningkatan pertama adalah CPU A12 Bionic yang membuatnya 3x lebih kencang dibandingkan CPU A8 di iPad Mini 4.

Perangkat iPad Mini 5 juga menjadi iPad paling kecil yang mendukung Apple Pencil. Kini kamu dapat menggambar atau membuat catatan dengan tulisan tangan secara lebih leluasa.

Desain iPad Mini 5

Masih super ringan, beratnya hanya 300g, itu setipis yang pernah di 6.1mm dari kaca depan ke panel belakang; dan itu cukup kecil untuk masuk ke sebagian besar tas tanpa membuat banyak dampak pada berat atau curah.

Warna yang ada pada iPad Mini 5 ini cukup standar, yaitu hadir dalam warna perak, abu-abu ruang dan emas, semua dengan sentuhan matte sedikit gemerlap dan tombol dan fitur lainnya sema persis seperti iPad pada umumnya.

Anda akan menemukan tombol volume yang terletak di tepi kanan di atas; tombol power di tepi atas di kanan, jack headphone 3.5mm. iPad Mini 5 masih menggunakan kabel Lightning untuk mengisi dan mentransfer file dari Mac.

Performa iPad Mini 5

Dengan dukungan Apple Pencil, membuka kemungkinan kreativitas dan produktivitas baru untuk pengguna iPad Mini 5, mulai dari menggambar dan menuangkan ide hingga menandai dokumen dan memperbaiki foto.

Perangkat itu memberikan akurasi piksel sempurna dan latensi rendah untuk aktivitas dalam aplikasi populer termasuk Procreate, Notability, Pixelmator Photo (yang akan hadir) dan Microsoft Office.

Untuk segi media penyimpanan, iPad Mini 5 memiliki varian 64GB dan 256GB dengan dukungan konektivitas eSIM.

Pada bagian belakangnya tersemat sebuah kamera dengan sensor 8MP, sementara di bagian depannya ada sebuah kamera FaceTime dengan sensor 7MP.
Spesifikasi iPad Mini 5
Tahun rilis Maret 2019
Resolusi Resolusi 2048 by x 1536 pada 326 PPI
Kapasitas Penyimpanan64GB, 256GB
WarnaSilver, Space grey, Gold
Dukungan Pensil Apple Gen pertama
Chip A12 Bionic chip
Coprocessor Coprocessor M12 tertanam
Kamera Kamera 8-megapiksel dengan aperture w / ƒ / 2.4

Kelebihan iPad Mini 5

  • iPad mini 5 sudah didukung true tone
    iPad Mini 5 memiliki resolusi 2048×1536 px dan kepadatan 326 ppi yang merupakan kepadatan tertinggi dari setiap model iPad. Layarnya juga dilaminasi dan mendukung True Tone dan wide color. Sehingga tampilan layar lebih memukau.
  • Memiliki prosesor bertenaga
    iPad Mini 5 mengusung Bionic A12 Neural Engine sama seperti iPad Air. yang merupakan prosesor bertenaga yang mungkin hanya kalah dari prosesor iPad Pro yakni A12X. Hal tesebut dapat membuat kinerja iPad ini menjadi lebih tangguh.
  • Dibekali dengan Apple pencil
    iPad Mini 5 juga didukung oleh generasi pertama Apple Pencil. Pensil ini akan memudahkan pengguna saat menggunakan iPad ini. Terutama dalam hal menggambar.

Kekurangan iPad Mini 5

  • Tidak dipasangnya teknologi Retina Display
    Kekurangan yang pertama pada iPad Mini 5 ini yaitu dari segi layarnya perangkat ini belum dilengkapi dengan teknologi Retina Display karena teknologi tesebut bermanfaatr untuk mengurangi kelelahan mata karena gambar yang lebih jelas dan lebih tajam.
  • Harga iPad Mini 5 masih terbilang mahal
    Kekurangan selanjutnya, yaitu dari segi harga dimana iPad Mini 5 ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, sehingga menjadikannya pertimbangan untuk dibeli.
  • Daya tahan baterai hanya 10 jam
    Kekurangan iPad Mini terakhir yaitu dari segi kapasitas baterai yang standar yang hanya mampu bertahan selama 10 jam, Jika kalian menggunakan untuk streaming film mungkin dapat bertahan hanya sekitar kurang lebih 5 jam saja.

Pilih Mana: iPad 6 vs iPad Mini 5

iPad 6 iPad Mini 5
Kelebihan- Memiliki spesifikasi yang tangguh. - Sudah support dengan apple pencil. - Dibekali dengan kamera yang memumpuni. - iPad mini 5 sudah didukung true tone. - Memiliki prosesor bertenaga. - Dibekali dengan Apple pencil.
Kekurangan- Apple pencil yang berbahan karet. - Pengisian daya yang cukup memakan waktu. - Harga yang cukup tinggi. - Tidak dipasangnya teknologi Retina Display. - Harga iPad Mini 5 masih terbilang mahal. - Daya tahan baterai hanya 10 jam.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari perbandingan kita di atas mengenai iPad 6 vs iPad Mini 5 bahwa kedua perangkat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan memiliki sedikit kesamaan. Namun dapat kami sarankan, Jika anda mencari iPad dengan kebutuhan kerja yang lebih nyaman dengan layar lebih besar, Ipad 6 lah yang dapat menjadi pilihan yang tepat, Namun, Jika kalian pelajar dan menginginkan iPad yang sedikit simple agar mudah di bawa kemanapun, iPad Mini 5 mungkin cocok untuk kalian pilih. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPad 6 vs iPad Mini 5

VS

Leave a Reply