Gadgets

Pilih Mana: iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

Apple dan Samsung adalh merk terkemuka di pasar gadget yang menawarkan beragam tablet, laptop, dan smartphone. Kedua merk ini menjadi pesaing yang sangat ketat di pasar international. Baru-Baru ini Apple menrilis iPad Mini 5 sedangkan Samsung merilis Samsung Tab S5e.

Namun, dari kedua perangkat iPad Mini 5 dan Samsung Tab S5e ini mana yang lebih unggu? Jangan khawatir! Jika kalian sedang bingung memilih diantara keduanya, kami akan melakukan perbandingan yang lebih detail pada artikel di bawah ini agar dapat menjadi referensi untuk memilih perangkat yang tepat!

iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

iPad Mini 5

Apple iPad Mini 5 yang hadir sebagai tablet dengan chipset Apple A12 dengan membawakan performa handal dimana hadir dengan bentang layar  lebih compact dibandingkan tablet iPad terbarunya. Banderolan harga iPad Mini 2019 ini sendiri dibanderol terjangkau dimana telah dibekali sejumlah fitur terbaru. Baca juga Pilih Mana: iPad 6 vs iPad Mini 5

Perangkat iPad Mini 2019 ini resmi meluncur pada Maret 2019 dimana juga dikenal dengan nama iPad Mini 5. Tablet ini hadir dengan membawa dua model yakni WiFi Model dan WiFi + Cellular dimana menawarkan dua varian memori internal yang berbeda.

Performa iPad Mini 5

iPad Mini 5 ini dilengkapi dengan Chip A12 Bionic dengan Neural Engine memungkinkan tingkat keandalan dan kecerdasan yang luar biasa. Chip ini menggunakan pembelajaran mesin real-time untuk mengenali pola, membuat prediksi, dan belajar dari pengalaman.

Dengan menggunakan iPad Mini 5 Anda dapat menjalankan aplikasi seperti Adobe Photoshop CC, menikmati augmented reality, atau memainkan game yang menghanyutkan dengan grafis tingkat konsol.

Layar iPad Mini 5

iPad mini 5 menghadirkan lebih dari 3 juta piksel ke dalam layar 7,9 inci. Dan kami memaksimalkan fungsi semuanya. Baik saat Anda membaca di taman atau mengedit video di kantor di rumah Anda, kecerahan tinggi, warna luas, dan lapisan anti reflektif menawarkan detail yang benar-benar hidup dan teks yang sangat tajam. Dan True Tone secara dinamis menyesuaikan white balance sehingga gambar tampak alami dalam cahaya apa pun.

Kamera iPad Mini 5

iPad Mini 5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 MP dalam bukaan lensa f2.4 aperture tanpa fitur LED Flash. Kamera belakangnya juga dibekali sejumlah fitur seperti HDR, EIS, OIS, Autofocus dan masih banyak lagi.

Kamera tunggal pada iPad Mini 5 juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas FullHD atau 1080p@30fps dengan kemampuan Slow Motion Video.

Kelebihan iPad Mini 5

  • Dilengkapi prosesor bertenaga
    iPad Mini 5 mengusung Bionic A12 Neural Engine sama seperti iPad Air. yang merupakan prosesor bertenaga yang mungkin hanya kalah dari prosesor iPad Pro yakni A12X. Hal tesebut dapat membuat kinerja iPad ini menjadi lebih tangguh.
  • iPad mini 5 sudah didukung true tone
    iPad Mini 5 memiliki resolusi 2048×1536 px dan kepadatan 326 ppi yang merupakan kepadatan tertinggi dari setiap model iPad. Layarnya juga dilaminasi dan mendukung True Tone dan wide color. Sehingga tampilan layar lebih memukau.
  • Dibekali dengan Apple pencil
    iPad Mini 5 juga didukung oleh generasi pertama Apple Pencil. Pensil ini akan memudahkan pengguna saat menggunakan iPad ini. Terutama dalam hal menggambar.

iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

Kekurangan iPad Mini 5

  • Harga iPad Mini 5 masih terbilang mahal
    Kekurangan selanjutnya, yaitu dari segi harga dimana iPad Mini 5 ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, sehingga menjadikannya pertimbangan untuk dibeli.
  • Belum mendukung teknologi Retina Display
    Kekurangan yang pertama pada iPad Mini 5 ini yaitu dari segi layarnya perangkat ini belum dilengkapi dengan teknologi Retina Display karena teknologi tesebut bermanfaatr untuk mengurangi kelelahan mata karena gambar yang lebih jelas dan lebih tajam.
  • Daya tahan baterai hanya 10 jam
    Kekurangan iPad Mini terakhir yaitu dari segi kapasitas baterai yang standar yang hanya mampu bertahan selama 10 jam, Jika kalian menggunakan untuk streaming film mungkin dapat bertahan hanya sekitar kurang lebih 5 jam saja.

Samsung Tab S5e

Samsung menghadirkan tablet terbaru yang diambil dari riset pasar. Tablet Samsung tersebut adalah Samsung Galaxy Tab S5e. Tablet ini dilengkapi dengan fitur pintar yang dipasarkan untuk menyasarkan ke segmen tablet kelas atas ini. Pengalaman hiburan yang kaya dan mendalam didukung oleh layar berukuran 10,5 inci dan kapasitas baterai yang besar.

Samsung mengklaim bahwa Samsung Tab S5e merupakan tablet paling ringan dan juga tipis miliknya.

Pihak Samsung menganggap, tablet ini cocok untuk kalian yang produktif dan menginginkan pengalaman entertainment berkualitas dalam satu tablet berukuran ringan. Dengan demikian Samsung Galaxy Tab S5e bisa menunjang kebutuhan harian.

Lihat juga:  Pilih Mana: Laptop Asus ROG atau Laptop Acer Predator?

Performa Samsung Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e telah dilengkapi dengan sistem operasi terbaru Android 9.0 Pie dengan antarmuka yang juga kekinian dari Samsung yaitu OneUI. Samsung membekali berbagai fitur yang terbilang melimpah pada tablet ini. Terdapat asisten digital Bixby yang dapat berbasis kecerdasan buatan. Aplikasi Office juga sudah tersedia untuk mendukung pekerjaaan.

Tablet Samsung Galaxy Tab S5e menggunakan jeroan Snapdragon 670 yang dipadukan dengan RAM 4GB serta ROM 64GB, dan adaa juga slot microSD hingga 512GB.

iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e  ini memiliki fitur split screen yang memungkinkan membuka dua aplikasi sekaligus. Saat di coba menggunakan mengetik di Notes sambil membuka YouTube perangkat ini dapat menjalakan dengan baik tanpa ada gangguan sedikit pun seperti leg.

Layar Samsung Tab S5e

Tablet Samsung Tab S5e  ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 10,5 inci, dengan resolusi WQXGA (2560×1600 piksel), screen to body ratio 81,8% dengan aspek rasio 16:10, dan kerapatan 287 ppi. Untuk spesifikasi layar yang ada sepertinya sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan kualitas layar terbaik dibandingkan tablet merk lainnya.

 Kamera Samsung Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e dibekali kamera belakang dengan resolusi 13MP (f/2.0) dan sensor 8MP (f/2.0) pada bagian depan. Untuk perekaman Video, hasil perekamannya bisa mencapai UHD (3840×2160) untuk kamera belakang dan FHD (1920×1020) untuk kamera depan.

Kelebihan Samsung Tab S5e

  • Sangat ringan untuk dibawa bepergian
    Desain ringan pada Samsung Tab S5e ini bertujuan agar Anda tetap dapat melakukan kegiatan apapun. Dengan ketebalan 5.5mm dan berat sekitar 400g, Galaxy Tab S5e cukup ringan untuk dibawa bersama Anda.
  • Kinerja mumpuni
    Jika beberapa seri Samsung Galaxy Tab hanya ditenagai oleh chipset yang biasa saja, Galaxy Tab S5e telah ditenagai oleh chipset Snapdragon 670. Chipset ini diklaim bisa memberikan kinerja CPU hingga 15 persen lebih tinggi, kinerja grafis 25 persen lebih baik, dan efisiensi daya 30 persen lebih irit.
  • Baterai awet
    Dengan perpaduan antara baterai 7040mAh dan chipset yang lebih baik, Samsung mengklaim bahwa perangkat terbarunya tersebut bahkan bisa bertahan hingga 14,5 jam saat digunakan untuk memutar video.

Kekurangan Samsung Tab S5e

  • Tidak dilengkapi dengan S-Pen
    Walaupun pada seri-seri terbaru Samsung Galaxy Tab, Samsung telah menyematkan dukungan S-Pen, tetapi berbeda dengan perangkat terbaru ini. Perangkat ini tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.
  • Kamera standar
    Kekurangan yang lainnya pada Samsung Tab S5e yaitu masih tersematnya kamera yang standar,  Sehingga hasil foto tablet ini masih kalah dengan iPad Mini 5.
  • Tidak ada headphone jack
    Kabar buruk bagi pecinta headphone jack, pasalnya Samsung telah menghilangkan dukungan tersebut pada perangkat ini. Namun, bagi saya pribadi hal ini bukan masalah serius sebenarnya.
Spesifikasi iPad Mini 5Samsung Tab S5e
PerformaApple A10 Fusion Octa core
Sistem Operasi iOS v11.2 Android v9.0 (Pai)
Chipset Apple A10 Fusion APL1024 Qualcomm Snapdragon 670
Grafik PowerVR GT7600 Plus Adreno 615
Tipe LayarIPS LCD Super AMOLED
Fitur Kamera Flash Otomatis, Deteksi wajah, Sentuh untuk fokus Zoom digital

Pilih Mana: iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

iPad Mini 5Samsung Tab S5e
Kelebihan- Dilengkapi prosesor bertenaga - iPad mini 5 sudah didukung true tone - Dibekali dengan Apple pencil - Sangat ringan untuk dibawa bepergian - Kinerja mumpuni - Baterai awet
Kekurangan- Harga iPad Mini 5 masih terbilang mahal - Belum mendukung teknologi Retina Display - Daya tahan baterai hanya 10 jam - Tidak dilengkapi dengan S-Pen - Kamera standar - Tidak ada headphone jack

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai iPad Mini 5 dan Samsung Tab S5e, bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dan memiliki penggemarnya masing-masing, Seperti produk Apple yang memiliki keunggulan perangkatnya sudah dilengkapi dengan Apple pencil, dan kualitas kamera yang lebih baik, Namun, berebda dengan samsung yang memiliki keunggulan di segi kapasitas baterai yang bertahan lebih lama dan bobot tabletnya lebih ringan. Oleh sebab itu, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPad Mini 5 vs Samsung Tab S5e

VS

Leave a Reply