Pilih Mana: iPad Pro Atau Samsung Tab S8 Ultra?

Dalam era modern yang serba cepat, teknologi telah menjadi kekuatan pendorong utama di berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi telah membawa perubahan yang mendalam dan mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, belajar, dan bahkan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 

Perangkat tablet adalah komputer portabel yang memiliki bentuk mirip dengan lembaran kertas atau buku. Mereka memiliki layar sentuh yang besar dan beragam ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang lebih besar seperti perangkat iPad Pro. 

Tablet biasanya menggunakan sistem operasi yang mirip dengan smartphone, seperti Android, iOS, atau Windows. Perangkat tablet telah menjadi mitra sehari-hari kita, membantu kita dalam berbagai aspek kehidupan. 

Dari produktivitas hingga hiburan, mereka telah mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi dan memungkinkan kita untuk tetap terhubung dan efisien dalam dunia yang semakin digital. Di artikel ini kita akan membahas dua brand tablet yang sudah sangat terkenal di dunia, yaitu iPad Pro dan Samsung Tab S8 Ultra!

iPad Pro

iPad Pro baru adalah pembaharuan yang jauh lebih sederhana. Apple mengambil model tahun lalu , menukar chip M1 dengan M2, membuat beberapa penyesuaian kecil lainnya, dan menghentikannya. IPad Pro masih sangat cepat, dan harganya masih sangat mahal.

iPad Pro tersedia dalam dua ukuran: 11 dan 12,9 inci. Opsi penyimpanan berkisar dari 128GB sederhana hingga 2TB yang benar-benar keterlaluan, dan Anda dapat mengkonfigurasinya dengan radio 5G opsional saat tidak ada WiFi. Dan untuk saat Anda di rumah, ini mendukung WiFi 6E, sedangkan model tahun lalu terbatas pada WiFi 6. Seperti biasa, kami pengulas dapat bermain dengan iPad paling top-of-the-line: model 12,9 inci dengan penyimpanan 1TB dan layanan 5G dari Verizon.

Kelebihan iPad Pro

Berikut ini beberapa kelebihan iPad Pro yang perlu Anda ketahui:

Teknologi Layar Yang Tinggi

Dilengkapi dengan teknologi Liquid Retina XDR Display , Apple iPad menghadirkan pengalaman kelas dunia Anda bersama dengan 2D backlighting, true tone display, dan lapisan anti-reflektif. IPad memiliki layar yang dilaminasi untuk menghindari kerusakan lebih lanjut yang tidak disengaja dari sumber eksternal.

Kenyamanan Saat Digunakan

Salah satu keuntungan memiliki iPad adalah kenyamanannya. Jika Anda adalah seseorang yang suka bepergian, bekerja saat bepergian, atau hanya membutuhkan sesuatu yang ringan dan mudah dibawa antara rumah dan sekolah/kantor – maka perangkat ini mungkin cocok untuk Anda. Berat rata-rata iPad Pro 12.9 terbaru hanya berbobot 1,5 lbs (682 gram), dan cukup tipis sehingga Anda dapat memasukkannya ke dalam tas atau ransel dengan mudah.

Produktivitas Tingkat Tinggi

Jika Anda terus-menerus mengerjakan proyek dan makalah, iPad mungkin merupakan pilihan yang baik untuk kebutuhan Anda. Perangkat ini memiliki banyak fitur ramah pembaca yang membuatnya lebih mudah untuk membuat dokumen, spreadsheet, atau presentasi membuat tablet ini cocok untuk semua orang yang gila kerja.

IPad Pro 12.9 ditenagai oleh chip M1 dan didukung oleh Ram 16 GB yang sangat besar dan penyimpanan hingga 2 TB. Fitur-fitur ini cukup menonjol untuk mempertimbangkan keunggulan iPad dibandingkan laptop dan komputer Desktop.

Kekurangan iPad Pro

Berikut ini beberapa kekurangan iPad Pro yang perlu Anda ketahui:

Performa Yang Tidak Cukup Kuat

Beberapa pengguna menyatakan bahwa iPad tidak cukup bertenaga untuk digunakan bekerja atau sekolah. Karena tablet ini awalnya dirancang untuk memberi pengguna cara yang nyaman untuk menonton media dan bermain game, mungkin tidak sesuai harapan dalam hal mengedit dokumen/spreadsheet, atau bahkan menjalankan aplikasi desktop yang berat dengan benar. 

Harga Pembelian Yang Mahal

Karena tablet ini dirancang untuk memberi pengguna teknologi terkini, harganya lebih mahal daripada beberapa tablet lainnya. Jika Anda memerlukan sesuatu yang berfungsi untuk sekolah atau kantor, pertimbangkan untuk membeli tablet berbasis Android yang menawarkan banyak fitur dengan harga lebih murah. Namun, jika uang tidak terlalu menjadi perhatian, Anda akan menyukai banyak fitur dan kemampuan iPad.

Tidak Ada Ekspansi Perangkat Keras

Kritikus selalu menjadikan sistem tertutup perangkat Apple sebagai poin pembicaraan mereka. Di situlah banyak saingan iPad menyertakan fitur ekspansi seperti slot memori kartu SD dan port USB konvensional untuk dihubungkan ke gadget lain.

Selain itu, beberapa memiliki port HDMI, memungkinkan Anda menampilkan konten layar pada televisi definisi tinggi eksternal. IPad hanya memiliki dua koneksi: jack headphone dan port “Lightning” tanpa opsi lebih lanjut untuk meningkatkan perangkat keras.

Samsung Tab S8 Ultra

Galaxy Tab S8 Ultra adalah perangkat terbaik untuk multitasking Android, tetapi harganya mahal. Ini juga merupakan batu tulis yang sangat besar dengan layar OLED 14,6 inci dan dua kamera menghadap ke depan (lebar dan ultrawide). Terlihat luar biasa jika Anda bisa mengatasi ukurannya yang besar.

Kelebihan Samsung Tab S8 Ultra

Berikut ini beberapa kelebihan Samsung Tab S8 Ultra yang perlu Anda ketahui:

Layar Super AMOLED yang Mengagumkan

Layar Super AMOLED 14,6 inci dengan resolusi tinggi pada Tab S8 Ultra memberikan pengalaman visual yang luar biasa. Warna yang kaya, kontras yang tajam, dan kecerahan yang tinggi membuat konten visual seperti film, game, dan foto menjadi lebih hidup.

Performa Yang Tinggi

Didukung oleh chipset Exynos terbaru dan RAM yang besar, Tab S8 Ultra menawarkan performa yang sangat cepat dan responsif. Ini memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi berat, bermain game grafis tinggi, dan multitasking tanpa masalah.

S Pen yang Ditingkatkan

Tab S8 Ultra dilengkapi dengan S Pen yang ditingkatkan, memberikan pengalaman menulis dan menggambar yang lebih akurat dan responsif. S Pen juga dapat dengan mudah disimpan dan diisi dayanya di bagian belakang tablet.

Kekurangan Samsung Tab S8 Ultra

Berikut ini beberapa kekurangan Samsung Tab S8 Ultra yang perlu Anda ketahui:

Ukuran Dan Berat Yang Kurang Nyaman

Ukuran layar yang besar juga berarti ukuran dan berat tablet yang cukup besar. Ini dapat membuat tablet ini kurang nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama atau untuk dibawa bepergian.

Ketergantungan pada S Pen

Meskipun S Pen memberikan pengalaman menulis dan menggambar yang unggul, beberapa pengguna mungkin tidak menggunakannya sepenuhnya dan tidak mendapatkan manfaat penuh dari fitur ini.

Tidak Cocok untuk Semua Pengguna

Ukuran dan harga tablet ini mungkin tidak cocok untuk semua pengguna. Mereka yang mengutamakan portabilitas atau mencari tablet dengan anggaran yang lebih rendah mungkin akan mempertimbangkan opsi lain.

Perbandingan iPad Pro dan Samsung Tab S8 Ultra

iPad ProSamsung Tab S8 Ultra
Kelebihan- Teknologi Layar Yang Tinggi
- Kenyamanan Saat Digunakan
- Produktivitas Tingkat Tinggi
- Layar Super AMOLED yang Mengagumkan
- Performa Yang Tinggi
- S Pen yang Ditingkatkan
Kekurangan- Performa Yang Tidak Cukup Kuat
- Harga Pembelian Yang Mahal
- Tidak Ada Ekspansi Perangkat Keras
- Ukuran Dan Berat Yang Kurang Nyaman
- Ketergantungan pada S Pen
- Tidak Cocok untuk Semua Pengguna
Beli online

Kesimpulan

iPad Pro dan Samsung Galaxy Tab S8 Ultra keduanya adalah tablet premium dengan fitur-fitur dan performa yang luar biasa. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan penggunaan, serta kesesuaian dengan ekosistem dan aplikasi yang digunakan. Sebelum memutuskan, penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur dan keunggulan masing-masing tablet dalam konteks kebutuhan Anda.

Anda Pilih iPad Pro Atau Samsung Tab S8 Ultra?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!