Smartphone

Pilih Mana: iPhone 12 Pro Max vs Samsung S21 Ultra ?

Berbicara mengenai tipe smartphone memang tidak habisnya, Apalagi membahas mengenai brand yang sangat unggul seperti Iphone dan Samsung. Keduanya biasa di bilang rajanya, Karena keduanya sangat mendomisili pasar saat ini, Dan keduanya pun  tiap tahun bersaing untuk mengeluarkan versi terbaik.

Seperti halnya yang terbaru ini  Apple mengeluarkan iPhone 12 Pro Max dan Samsung mengeluarkan Samsung S21 Ultra.  Kali ini, kita akan membandingkan dua tingkat teratas dari kedua smartphone ini. Yuk langsung saja disimak!

iPhone 12 Pro Max

Apple mengeluarkan seri iPhone 12 pada tahun lalu. Dalam keluarga ini, iPhone 12 Pro Max menjadi seri tertingginya. Ponsel dijual dari harga Rp 20,499 juta untuk varian 128 GB. Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip vs iPhone 11.

iPhone 12 series, Apple saat ini menggabungkan bahasa desain smartphone modern mereka dengan seri lama seperti iPhone 4/5. Sehingga terbentuklan desain  iPhone 12 Pro dengan sisi samping yang dibuat flat, tidak lagi rounded atau melingkar.

Fitur terbaru  iPhone 12 Pro ini yaitu mempunyai kemampuan mengambil foto adalah mode malam yang bisa diaktifkan saat gunakan sensor ultra-wide (dan sensor kamera depan), serta mode potret malam hari memanfaatkan LiDAR Scanner.

Kelebihan iPhone 12 Pro Max

  • Pilihan Warna Lebih Mewah
    Varian warna iPhone ini memiliki empat warna yang bisa menjadi pilihan, antara lain Silver (perak), Graphite (abu-abu), Pacific Blue (biru tua) dan juga Gold (emas). Masing-masing warnanya dibuat dengan sangat premium dan berkelas, berbeda dengan tampilan iPhone 12 dan Mini yang pemilihan warna bodinya terlihat lebih kasual.
  • Dilengkapi dengan Layar OLED Paling Lebar
    Smartphone ini dilengkapi dengan panel layar Super Retina XDR OLED dengan ukuran 6,7 inci sehingga hampir menyerupai tablet. Tidak hanya ukurannya yang lebih besar, resolusinya pun lebih tinggi di ukuran 1284 x 2778 piksel dengan kerapatan piksel 458 ppi. Seperti varian Pro, layar Smartphone  ini juga bisa mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga 1200 nits dan sudah mendukung tampilan layar Dolby Vision.
  • Performa Chipset Terbaik di Industri Smartphone
    iPhone 12 Pro Max ini didukung dengan chipset Apple A14 Bionic. Chipset ini dinilai menjadi chipset yang layak disebut peningkatan dari Apple A13 Bionic, terdiri dari 11,8 miliar transistor yang menghasilkan performa paling gahar di industri. Apple sendiri mengklaim kalau chipset ini menghadirkan CPU dan GPU 50% lebih kencang dibandingkan ponsel lainnya. Juga, ini adalah chipset pertama yang dibuat menggunakan manufaktur 5 nm di dunia.

Kekurangan Apple iPhone 12 Pro Max

  • Desain Bodi yang Cukup Besar
    Mengusung panjang, lebar, dan ketebalan sebesar 160.8 x 78.1 x 7.4 mm, iPhone 12 Pro Max mencapai bobot hingga 228 gram. Dan desainnya juga seperti iphone 4/5 terdahulu sehingga tidak dinamis untuk masuk kekantong.
  • Tidak ada Kepala Casan dan Earphone Saat Pembelian
    Apple berinisiatif untuk menghilangkannya dari boks pembelian supaya jadi lebih kecil dan mudah didistribusikan. Sangat di sayangkan mengingat harganya yang cukup mahal ya guys.
  • Rumor Penyegaran 60 Hz
    Tidak ada satupun dari varian iPhone 12 series yang membawa laju penyegaran di atas 60 Hz. Bahkan untuk 90 Hz pun tidak. Padahal jika di lengkapi bisa menggunakantouch sampling rate-nya meningkat dan bisa memberikan responsivitas lebih unggul saat bermain game.

Samsung S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra ini di lengkapi dengan desain belakang dengan bahan kaca yang sedikit melengkung dan kotak berisi empat lensa kamera serta flash di pojok kiri atas. Di bagian depan, Galaxy S21 Ultra mengusung layar Infinity O 6,8 inci dengan rasio 89,8 persen screen-to-body, curved edges, dan kamera depan punch hole di tengah atas.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A37 vs Oppo A39

Galaxy S21 Ultra ini juga memiliki layar selebar 6,8 inci Dynamic AMOLED 2X berbahan Corning Gorilla Glass Victus dengan resolusi 1440×3200 dan refresh rate 120Hz.

Samsung Galaxy S21 Ultra mengusung empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama (wide) 108MP, ultrawide 12MP, telefoto 3x zoom 10MP, dan telefoto 10x zoom 10MP. Kamera depan berukuran 40MP.

Kelebihan Samsung S21 Ultra

  • Dilengkapi dengan Teknologi Layar 120 Hz yang Canggih
    Smartphone Samsung ini dilengkapi dengan Dynamic AMOLED 2X,  yang mendukung tampilan  smartphone ini cukup memukau dibandingan pesaing lainnya. Jika di bandingkan dengan versi terdahulunya Galaxy S20, tingkat kecerahan puncaknya juga lebih baik. Galaxy S20 punya peak brightness 1200 nits sementara pada Galaxy S21, angka tersebut naik 100 menjadi 1300 nits.
  • Fitur Kamera yang menakjubkan
    Varian Samsung S21 Ultra ini juga kini dilengkapi dengan konfigurasi Quad Camera alih-alih Triple Camera seperti Plus dan reguler. Smartphone ini juga dilengkapi dengan lensa utama ISOCELL HM3 dengan resolusi 108 MP yang mampu melakukan binning untuk menggabungkan 9 piksel menjadi satu. Pastinya, sensitivitas lensa pada cahaya jauh meningkat dan lebih dapat diandalkan dalam fotografi malam hari.
  •  Performa Chipset yang Unggul
    Samsung Galaxy S21 Ultra  ini dilengkapi dengan chipset unggul yaitu, Exynos 2100 dengan manufaktur 5 nm yang berpeforma gahar dan hemat daya. Exynos 2100  ini mengusung tiga klaster yang mencakup satu inti ARM Cortex X1 dengan clock speed 2,9 GHz. Lalu ada tiga inti ARM Cortex A78 berkekuatan 2,8 GHz dan sisanya merupakan core hemat daya berupa empat inti ARM Cortex A55 (2,2 GHz).

Kekurangan Samsung S21 Ultra 

  • Tidak di dukung MicroSD
    Samsung S21 Ultra ini memang sudang dilengkapi dengan memori internal maksimal 512 GB dengan RAM 16 GB. Oleh karena itu, Samsung memutuskan tidak menghadirkan slot microSD kali ini. Padahal, pada verso lama Samsung masih menyuguhkan fitur microSD pada Galaxy S20 series.
  • Fitur Pengecasan yang Kalah Saing
    Daya yang dimiliki  Samsung S21 Ultra ini  tidak begitu kuat dibanding para kompetitornya. Masih sama seperti Galaxy S21 reguler dan Plus, varian Ultra ini gunakan fast charging 25 W saja. Sungguh aneh, padahal Galaxy S20 Ultra saja sudah mengemas fast charging 45 W.
  • Ukuran Bodi yangt tidak compactible
    Samsung S21 Ultra ini memiliki dimensi bodi berukuran 165.1 x 75.6 x 8.9 mm yang terbilang sangat tebal dan panjang dibanding Galaxy S21 reguler yang punya ukuran 151.7 x 71.2 x 7.9 mm.

iPhone 12 Pro Max vs Samsung S21 Ultra

Keterangan iPhone 12 Pro Max Samsung S21 Ultra
Kelebihan - Pilihan Warna Lebih Mewah - Dilengkapi dengan Layar OLED Paling Lebar - Performa Chipset Terbaik di Industri Smartphone - Dilengkapi dengan Teknologi Layar 120 Hz yang Canggih - Fitur Kamera yang menakjubkan - Performa Chipset yang Unggul
Kekurangan - Desain Bodi yang Cukup Besar - Tidak ada Kepala Casan dan Earphone Saat Pembelian - Rumor Penyegaran 60 Hz - Tidak di dukung MicroSD - Fitur Pengecasan yang Kalah Saing - Ukuran Bodi yangt tidak compactible

Kesimpulan

Melihat dari seluruh kelebihan dan kekurangan dari iPhone 12 Pro Max dan Samsung Galaxy S21 Ultra sama-sama mengimbangi satu sama lain. Dengan keunggulan masing-masing dapat kalian pertimbangkan dengan kebutuhan dan tipe kalian apakah lebih suka menggunakan Android atau produk Apple. Nyatanya keduanya tidak bisa di pungkiri lebih unggul di kedua tipe yang berbeda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 12 Pro Max vs Samsung S21 Ultra

VS

Leave a Reply