Auto TechElektronikFashionGadgetsLifestyleTechnology

Pilih Mana: iPhone 13 atau iPhone 12 Pro?

Saat ini, beberapa smartphone terbaru banyak rilis di Indonesia. Seperti OPPO, Samsung, realme, Xiaomi, vivo tak terkecuali Apple. Salah satu brand yang selalu menyuguhkan produk canggih, elegan dan berkualitas yang selalu menarik perhatian banyak orang di dunia.

Apapun yang baru dari Apple tentu selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Seperti halnya kali ini ada iPhone 13, seri terbaru dari iPhone yang dirilis beberapa waktu lalu.

Lantas apa fitur yang di tawarkan iphone 13 dibanding dengan seri sebelumnya yaitu iphone 12 Pro?

Mari simak pembahasan berikut ini.

IPHONE 13

iPhone 13 telah masuk ke pasar Indonesia. se-level dengan produk Apple yang lainnya, produk anyar ini bakal membuat penggunanya kagum saat pertama kali menggunakan iPhone 13 ini. Meski begitu, wujudnya yang mirip iPhone 12 mungkin menjadikan handphone ini terlihat biasa saja.

Namun siapa sangka ada beberapa fitur canggih yang tidak dapat kita temui di iPhone seri sebelumnya.
Dari segi harga, iPhone 13 memiliki harga yang tidak jauh beda dari iPhone 12 mulai dari 11 jutaan saja. Ponsel ini tentunya memiliki kelebihan, kekurangan, dan spesifikasi yang menarik untuk dipertimbangkan. Berikut ulasannya. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy J6 atau Vivo Y83?

Kelebihan iPhone 13

1. Desain & Tampilan yang Semakin Beragam
Ada sejumlah pilihan warna untuk dua model ini yaitu pink, blue, midnight, starlight, dan Product Red yang tentunya beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

2. Peningkatan Kualitas Baterai
Kualitas baterai di iPhone 13 terbilang lebih unggul daripada iPhone 12 karena diklaim mampu bertahan hingga 2.5 jam lebih lama. Kapasitas baterai pun mengalami peningkatan, yang sebelumnya 2.815 mAh, kini menjadi 3240 mAh karena dilengkapi dengan fitur fast charging 20W.

3. Performa Chipset A15 Bionic yang Super Kencang
Apple memasang chipset A15 Bionic terbaru yang dirancang untuk kinerja yang lebih baik dengan kecepatan pemrosesan data 50% lebih cepat dari sebelumnya. Apple mengklaim jika chipset ini sangat cepat dari ponsel lainnya.

4. Kualitas Kamera Makin Canggih dan Memukau
Kamera iPhone 13 memiliki sedikit perbedaan dengan seri sebelumnya, ponsel ini memiliki sensor kamera yang cukup unik dengan tata letak diagonal atau miring yang berjumlah dua buah.

5. Teknologi Super Retina XDR OLED dan Dukungan HDR 10
Apple menyematkan layar OLED dengan teknologi Super Retina XDR pada layar 6.1 yang memiliki 1170 x 2532 piksel piksel.

6. Rekaman Video 4K Dolby Vision dengan Suara Stereo
iPhone 13 memiliki kualitas perekaman video 4K Dolby Vision yang merupakan encoding HDR standar untuk format HDR10 dengan peningkatan kualitas yang cukup meningkat.

Kekurangan iPhone 13

1. Masih Mempertahankan Produk Tanpa Charger
Semenjak perilisan iPhone 12, iPhone merilis produk terbarunya tanpa charger di dalam boks. Pembeli hanya mendapatkan satu buah kabel konverter Lightning to USB-C dan satu buah unit ponsel iPhone 13 saja. Ini berarti, pembeli harus membeli kepala charger secara terpisah.

2. Desain Mirip dengan Seri Sebelumnya
Desain iPhone 13 bisa dibilang cukup mirip dengan iPhone 12 yang memiliki pinggiran tegas atau iPhone 11 yang sama-sama memiliki dua buah modul kamera, yang berbeda hanya tata letak kamera yang dibuat diagonal.

Beli IPhone 13 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Spesifikasi iPhone 13

• Berat: 174 g
• Material: Kaca bagian depan Ceramic Shield, bagian belakang kaca, dan menggunakan bingkai aluminium
• Jenis dan Ukuran Layar: Super Retina XDR OLED, HDR10, 6,1 inci (rasio layar ke bodi ~86%)
• Resolusi Layar: 1170 x 2532 piksel
• Chipset: Apple A15 Bionic (5 nm)
• Prosesor: Hexa-core (2×3.22 GHz + 4xX.X GHz)
• RAM: 4 GB
• Memori Internal: 128 GB, dan 256 GB
• Kamera Belakang: 12 MP (f/1.6, lensa wide 26 mm, dual pixel PDAF, OIS) + 12 MP (f/2.4, lensa ultrawide 120 derajat 13 mm)
• Kamera Depan: 12 MP (f/2.2, lensa wide 23 mm, SL 3D (sensor depth dan biometrik, HDR, gyro-EIS)
• Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
• USB: Lighting, USB 2.0
• Sensor: Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, perintah bahasa natural dan diktasi Siri, dukungan Ultra Wideband (UWB)
• Baterai: 3.240 mAh (fast charging 20W)

Lihat juga:  Pilih mana: Google Nest Mini vs Google Home Mini?

iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro merupakan salah satu bagian dari iPhone 12 series yang merupakan “anak kedua” setelah varian Pro Max, namun masih lebih oke ketimbang iPhone 12 reguler dan iPhone 12 Mini. Meskpipun kini telah ada iPhone 13, tetap saja fitur dan kecanggihan IPhone 12 Pro tetap tak bisa diremehkan.

Kelebihan iPhone 12 Pro

1. Tampilan Desain Mewah dengan Layar OLED Terlebar
Ponsel ini memiliki ukuran layar paling besar yaitu 6,7 inci dengan panel Super Retina XDR OLED. Resolusi yang dihadirkan juga lebih tinggi sebesar 1284 x 2778 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 458 ppi. Tingkat kecerahan maksimal pada smartphone ini juga hingga 1200 nits dengan dukungan layar Dolby Vision sehingga tampilannya sangat terang dan tajam walaupun penggunaan di bawah terik matahari sekalipun.

2. Didukung Chipset dengan Performa Terbaik
Jenis chipset iPhone 12 Pro Max yaitu Apple A14 Bionic. Di mana, chipset ini dikenal dengan performa paling kuat terdiri dari 11,8 miliar transistor yang mampu menghasilkan performa paling gahar saat digunakan.

3. Kualitas Kamera Terbaik dengan Teknologi Perekaman Video Profesional
Kamera belakang iPhone 12 Pro beresolusi 12MP, 12 MP, 12 MP, dan ToF 3D LiDAR Scanner serta kamera depan beresolusi 12MP dan SL 3D. Hasil foto yang didapat berkualitas sangat baik. Selain itu, kamera yang menjadi salah satu keunggulan ini dibekali fitur Dolby Vision.

4. Dukungan Fitur LiDAR Scanner dan MagSafe
iPhone 12 Pro memiliki dukungan LiDAR Scanner yang berfungsi untuk mendukung kebutuhan Augmented Reality atau AR. LiDAR atau Light Detection and Ranging Sensor sendiri mampu meningkatkan kemampuan AR secara lebih interaktif.

Kekurangan iPhone 12 Pro

1. Kepala Casan dan Earphone Dijual Terpisah
Dengan harganya yang super mahal, sangat tidak wajar jika pembeli tidak mendapatkan kepala casan beserta earphone-nya. Namun Apple beralasan ini bertujuan untuk mendukung kelestarian lingkungan.

2. Stuck pada Refresh Rate 60 Hz
iPhone 12 Pro tidak ada peningkatan Refresh Rate yang tinggi,Seri ini hanya menghadirkan laju penyegaran 60 Hz saja.

Beli IPhone 12 Pro online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Spesifikasi iPhone 12 Pro

• Layar: Super Retina XDR OLED, 6,1 inci
• Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
• CPU: Hexa-core
• RAM: 6 GB
• Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
• Memori Eksternal: –
• Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP + 12 MP + ToF 3D LiDAR Scanner
• Kamera Depan: 12 MP + SL 3D
• Baterai: Li-Ion 2.815 mAh

Pilih Mana: IPhone 13 atau IPhone 12 Pro?

Keterangan iPhone 13iPhone 12 Pro
Kelebihan - Desain & Tampilan yang Semakin Beragam - Peningkatan Kualitas Baterai - Performa Chipset A15 Bionic yang Super Kencang - Kualitas Kamera Makin Canggih dan Memukau - Teknologi Super Retina XDR OLED dan Dukungan HDR 10 - Rekaman Video 4K Dolby Vision dengan Suara Stereo - Tampilan Desain Mewah dengan Layar OLED Terlebar - Didukung Chipset dengan Performa Terbaik - Kualitas Kamera Terbaik dengan Teknologi Perekaman Video Profesional - Dukungan Fitur LiDAR Scanner dan MagSafe
Kekurangan - Masih Mempertahankan Produk Tanpa Charger - Desain Mirip dengan Seri Sebelumnya - Kepala Casan dan Earphone Dijual Terpisah - Stuck pada Refresh Rate 60 Hz

Kesimpulan

Kedua ponsel ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Namun jika ingin memiliki kapasitas memiliki ponsel dengan fitur yang mumpuni, maka Iphone 13 sangat tepat untuk Anda miliki.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone 13 atau iPhone 12

VS