Smartphone

Pilih mana: iPhone SE 2020 vs iPhone 8?

iPhone yang merupakan salah satu merk handphone yang sudah diresmikan oleh negara california dan dirakit di china lalu dipasarkan di berbagai penjuru negara. iPhone menggunakan sistem operasi yang dikenal sebagai iOS Apple “iPhone OS”. iPhone diluncurkan dan dikenal pada 9 Januari 2017. 

Seperti yang kita tau, iPhone juga sudah mengeluarkan seri terbaru yang sudah dinanti-nanti kebanyakan orang pecinta merk handphone yang satu ini, seperti iphone SE vs iPhone 8 . Pasti dengan keluarnya kedua seri tersebut membuat anda bingung, bukan ?. Dengan itu artikel ini akan membahas tentang kedua seri dari iPhone yang bisa membantu kamu untuk menentukan mana yang wajib kamu punya.

iPhone SE

iPhone SE 2020 hadir dengan kamera luar biasa. Dengan harga iPhone SE yang lebih murah ketimbang jajaran iPhone lain, kameranya bisa disejajarkan dengan iPhone 8 Series yang harganya belasan juta rupiah, hanya minus kamera wide dan telephoto saja. Baca juga: Pilih mana: iPhone SE vs iPhone 11?

Menurut informasi dari Erajaya Group, iPhone SE 2020 akan segera rilis di Indonesia pada 2 Oktober 2020 mendatang. Terdapat tiga opsi warna yakni Black, White, dan  RED. Tak selesai dengan itu, iPhone SE bisa merekam video 4K di bingkai 60fps. Kemampuan dan kualitas video ini telah terjamin tidak bisa disamai oleh smartphone berbasis Android manapun, bahkan di kelas flagship sekalipun.

Meski secara desain mungkin iPhone SE ketinggalan zaman. Namun soal performa, iPhone ini termasuk di jajaran depan. Bagaimana tidak, paduan prosesor tercanggih Apple yakni A13 Bionic, serta ekosistem Apple yang otomatis diusung dalam sekali lagi, harga yang murah.

Kelebihan iPhone SE 

  • Harganya Terjangkau untuk Sebuah iPhone

Harga selalu menjadi salah satu pertimbangan saat mengganti HP baru. Dan tentu saja, konsumen hanya ingin membeli produk ketika ia merasa produknya sepadan dengan harganya. Dengan Apple iPhone SE 2020, kamu akan merasakan value yang tinggi sesuai yang telah dibayarkan.

iPhone ini dibanderol dengan harga murah untuk setiap varian ROM-nya. Untuk 64 GB, harganya adalah Rp 6 jutaan dan untuk varian tertinggi (256 GB) harganya adalah Rp 8 jutaan. Bagi kamu yang ingin memiliki produk iPhone tanpa harus menunggu harga turun, sungguh tidak ada salahnya mempertimbangkan iPhone SE 2020.

  • Hasil Kualitas Kamera Sangat Baik

Satu keunggulan yang tidak pernah absen dari produk iPhone adalah kameranya. Nyatanya, iPhone memang paling banyak dicari berkat kameranya yang mampu memberikan hasil prima dari setiap jepretannya.

Meski hanya hadir dengan satu lensa belakang saja, kemampuannya tentu tidak boleh diremehkan. Memiliki resolusi 12 MP, lensa ini mampu merekam video 4K dengan stabil berkat kemampuan Optical Image Stabilizer yang diusungnya. Tidak hanya itu saja, hasil kualitas dari HP ini hampir tidak ada bedanya dengan kamera pada iPhone 11.

  • Performa Bagus untuk HP Sekelasnya

Pada pengetesan single core, iPhone SE berada di angka 1332 sementara Samsung Galaxy S20 Ultra berada di angka jauh di bawahnya, yakni 913. Begitu pun dengan multi-core di mana iPhone SE 2020 lebih unggul di angka 3385, sedikit di atas Samsung Galaxy S20 Ultra di angka 3239.

Perlu diingat, kita sedang membandingkan HP seharga Rp 6 jutaan (iPhone SE 2020) dengan HP seharga Rp 18 jutaan (Samsung Galaxy S20 Ultra). Sebuah fakta yang sungguh mencengangkan – Anda bisa memiliki HP sekelas mid-range dengan performa yang lebih baik dari HP high-range.

Kekurangan iPhone SE 

  • Desain Bodi yang Kecil

Ukuran layarnya hanya 4,7 inci dengan dimensi bodi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Jika Anda cukup turned-off mengenai kelemahan ini, masih banyak HP dengan harga Rp 6 jutaan yang memiliki ukuran layar 6 inci ke atas.

  • Tidak Terdapat Fitur Face ID

iPhone se menyediakan kemampuan FaceID untuk membuka kunci layar menggunakan tampilan wajah. Padahal Apple merupakan salah satu produsen pertama yang memperkenalkan fitur ini. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan iPhone keluaran sebelumnya, mungkin tidak adanya fitur ini akan sedikit terasa janggal.

  • Kamera Tidak Memiliki Fitur Night Mode
Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo V15 atau Samsung A50?

iPhone SE 2020 sayangnya tidak bisa memotret dalam gelap. Anda hanya bisa bergantung pada flash sebagai pencahayaan utama. Namun, flash ini tentu tidak sebagus fitur mode malam pada iPhone 11 yang bisa memotret pada malam hari dengan kontras dan detail yang terjaga.

iPhone 8

iPhone 8 merupakan salah satu produk Apple yang dirilis pada akhir tahun 2017, tepatnya bulan September 2017. Smartphone yang satu ini merupakan generasi penerus dari iPhone 7. 

Mengenai spesifikasi dan fitur yang dimiliki iPhone 8, hadir dengan beberapa teknologi terbaru yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Namun, kualitas baterai yang dimiliki iPhone 8 ini tidak jauh berbeda dengan iPhone 7.

Smartphone yang satu ini hadir dengan dua varian yang berbeda, yakni iPhone ROM 64 GB, dan iPhone RAM 128 GB. Perbedaan kapasitas RAM tersebut bisa kamu  pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Pada awal perilisannya, iPhone 8 ini bisa didapatkan dengan harga Rp 11 juta hingga Rp 13 juta. Namun, saat ini Anda bisa mendapatkan iPhone 8 dengan harga sekitar Rp 5 juta hingga Rp 6 jutaan.

Meski tidak sepopuler produk Apple lainnya, iPhone 8 tentu masih menjadi smartphone yang layak untuk dimiliki. Terlebih lagi, smartphone satu ini telah mengantongi sertifikat IP yang membuatnya dapat tahan terhadap debu dan air. Kelebihan satu ini tentu jarang  kamu temukan pada brand smartphone lainnya.

Kelebihan dari iPhone 8 

  • Desain Kekinian

iPhone 8 hadir dengan desain kekinian mengkilap seperti kaca yang menawan. Bahan kaca diklaim kuat terpasang di bagian depan maupun belakang. Bagian tepinya berasal dari aluminium, dipadukan dengan warna serasi abu-abu, perak, dan emas baru. Selain pas digenggaman, ponsel ini juga bisa menambah aksen keren saat dipakai.

  • Layar Retina HD

iPhone 8 punya layar Retina HD yang jauh lebih menawan dibandingkan sebelumnya. Dilengkapi True Tone, rentang warna luas, dan 3D Touch. True Tone telah disesuaikan dengan white balance secara otomatis supaya lebih pas dengan cahaya di sekitar. Layar tetap nyaman saat dibuka di bawah terik matahari.

  • Performa CPU lebih cepat

iPhone 8 hadir memperkenalkan A11 Bionic, empat core efisiensi yang lebih cepat hingga 70 persen dibanding Fusion A10. Dan dua core performa yang lebih cepat hingga 25 persen.

Kekurangan iPhone 8

  • Kapasitas RAM

iPhone 8 menawarkan RAM 2 GB. Kapasitas ini terbilang masih sangat kecil. Terlebih lagi iPhone 8 tidak menyediakan memori eksternal atau microSD untuk menambah memori.

  • Kamera

Meskipun kamera belakang iPhone 8 dibilang mumpuni, namun hanya dengan satu lensa kamera membuat ponsel ini terasa kurang. Sedangkan saat ini sudah banyak model smartphone yang menawarkan lebih dari satu kamera belakang.

  • Tidak terdapat colokan audio

iPhone 8 diklaim punya stereo speaker lebih kencang dibanding iPhone terdahulu. Sayang, ponsel ini masih belum menyertakan colokan audio 3,55 mm serta tombol home traditional. Kekurangan ini sama dirasakan oleh seri sebelumnya, yakni iPhone 7.

Pilih mana: iphone se 2020 vs iphone 8?

Keterangan iphone se 2020 iphone 8
Kelebihan - Harganya Terjangkau untuk Sebuah iPhone - Hasil Kualitas Kamera Sangat Baik - Performa Bagus untuk HP Sekelasnya- Desain Kekinian - Layar Retina HD - Performa CPU lebih cepat
Kekurangan - Desain Bodi yang Kecil - Tidak Terdapat Fitur Face ID - Kamera Tidak Memiliki Fitur Night Mode- Kapasitas RAM - Kamera - Tidak terdapat colokan audio

Kesimpulan 

Semua iPhone yang sudah dirilis memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing seri yang dikeluarkan. Tapi tetap menjadi merk Handphone yang sangat populer mengalahkan merk yang lainnya karena banyak peminatnya. 

Dari berikut penjelasan dari kedua iPhone yang sudah saya bahas semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih. 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iphone se 2020 vs iphone 8?

VS

Leave a Reply