GadgetsSmartphone

Pilih Mana: iPhone XS atau iPhone XR?

Kemunculan iPhone X di tahun 2017 lalu sempat menjadi kejutan tersendiri bagi para pecinta produk Apple, dikarenakan ponsel ini memiliki desain yang sangat elegan dan dilengkapi dengan layar yang lebih luas serta fitur menarik seperti FaceID yang mampu menggeser keberadaan TouchID. Sehingga pengguna tidak perlu lagi menggunakan fingerprint sensor untuk meng-unlock smartphone mereka.

Tidak berhenti disitu, untuk memuaskan kebutuhan para pengguna iPhone, Apple kembali meluncurkan seri terbaru dari iPhone X yakni iPhone XS dan XR.

Kali ini, kami ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh spesifikasi beserta kekurangan dan kelebihan dari Iphone XR dan Iphone XS. Simak pembahasan berikut ini!

Iphone XS

iPhone XS merupakan smartphone primadona yang diluncurkan oleh Apple di tahun 2018. Dibandingkan generasi sebelumnya, smartphone yang satu ini memiliki performa yang lebih kencang. Selain itu, dukungan dua kamera yang disematkan dalam smartphone ini lebih bagus dibandingkan dengan iPhone X. Sayangnya iPhone XS ini sama sekali tidak memiliki sensor fingerprint untuk membuka kunci. Baca Juga Pilih Mana: iPhone 13 atau iPhone 12 Pro?

Spesifikasi iPhone XS

Layar Super Retina OLED 5.8 inci
Chipset Apple A12 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion – mAh
Harga Saat Rilis Rp 20.500.000

Kelebihan iPhone XS

1. Performa Super Cepat
Bila dibandingkan dengan pendahulunya iPhone X, chipset yang disematkan pada iPhone XS tergolong lebih cepat yaitu Apple A12 Bionic yang memiliki kecepatan sebesar 7 nm dan didukung oleh Apple GPU (4-Core Graphics).

2. Kapasitas Memori Internal Lebih Lega
Anda bisa memilih iPhone XS dengan memori internal 64 GB, 256 GB atau yang lebih besar yakni 512 GB.

3. Memiliki Dua Slot SIM Card
Jika sebelumnya Apple hanya menyematkan satu slot SIM card saja pada setiap ponsel mereka. Akhirnya, para pengguna Apple bisa menikmati fitur dual SIM melalui iPhone XS dan XS Max

4. Water Resistance
iPhone XS dilengkapi dengan water resistant IP68 yang mampu membuat ponsel ini bisa bertahan selama dua puluh menit di dalam air yang kedalamannya mencapai dua meter.

5. Sistem Operasi Ter-Update
Ponsel ini menggunakan IOS 12 sebagai sistem operasinya. Selain itu, Apple selalu menghadirkan kejutan istimewa bagi para pengguna iPhone dengan menghadirkan beragam fitur unik yang membuat pemilik betah berlama-lama memainkannya.

Nah, di iOS 12 ini, Apple menambahkan Memoji, versi lain dari Animoji yang menyerupai Bitmoji, semacam avatar dan emoji generator yang dimiliki Snapchat.

6. Fitur Smart HDR di Sektor Kamera
Ada fitur tambahan di iPhone XS yang bisa membuat kualitas gambar menjadi lebih baik yakni fitur smart HDR. Dengan fitur smart HDR, gambar yang dihasilkan menjadi tidak memiliki banyak noise dan lebih mendetail.
Untuk lebih jelas melihat hasil tangkapan kamera iPhone XS, silakan lihat gambar berikut ini.

7. Teknologi Face ID yang Lebih Cepat
Selain iPhone X, Apple juga membuat iPhone XS memiliki Face ID yang kecepatannya jauh lebih baik dari iPhone X. Sehingga kunci layar dapat terbuka dalam waktu sekejap. Fitur ini juga dinilai lebih bisa menjaga keamanan ponsel, karena ponsel hanya dapat ter-unlock ketika sensor mengenai wajah pemiliknya saja.

Kekurangan iPhone XS

1. Desain yang Kurang Inovatif
Sayang sekali, dibalik banyaknya kelebihan yang ada, iPhone XS memiliki nilai minus pada segi desain yakni kurang inovatif. Perbedaannya terletak pada berat ponsel yang bertambah dari 174 g menjadi 177 g, menjadikan iPhone XS lebih berat dan lebih besar dan terasa kurang nyaman bila dipegang. Apalagi jika Anda memiliki tangan yang kecil.

2. Tidak Adanya Perubahan Pada Sektor Layar
Sangat disayangkan, iPhone XS memiliki tipe, resolusi serta ukuran yang sama dengan predecessor-nya, iPhone X. Hal ini tentu amat sangat mengecewakan, bila iPhone XS harus kehilangan eksklusivitasnya karena ukuran serta kualitas layar yang dimiliki sama seperti iPhone X.

Beli iPhone XS online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

iPhone XR

CEO Apple Tim Cook mengumumkan kehadiran iPhone XR kepada public di acara Steve Jobs Theater Pada 12 September 2018 lalu, bersamaan dengan peluncuran iPhone XS dan iPhone XS Max.

Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy S10 atau Samsung Galaxy S10 Plus?

Meskipun tertinggal dua generasi, iPhone XR tetap mampu memenuhi kebutuhan yang dimiliki penggunanya. Tentunya bagi yang ingin mencoba atau beralih ke ekosistem Apple, hal tersebut merupakan sebuah kelebihan iPhone XR yang memiliki harga terjangkau saat ini.

Spesifikasi iPhone XR

Layar Liquid Retina IPS LCD 6.1 inci
Chipset Apple A12 Bionic (7 nm)
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion – mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.200.000

Kelebihan iPhone XR

1. Banyak Varian Warna
iPhone XR ini hadir dengan enam varian warn. Yaitu, warna Product Red, kuning, koral, biru, dan warna netral hitam serta putih.

2. Face ID untuk Keamanan Tingkat Tinggi
Tak jauh berbeda dengan XS, iPhone XR juga sudah dibekali teknologi Face ID yang lebih mengutamakan keamanan melalui wajah penggunanya.

3. Chipset Powerful
Sama halnya dengan iPhone X series, chipset yang disematkan pada ponsel terjangkau Apple ini adalah A12 Bionic. Dengan fabrikasi 7 nm nya, otak dari smartphone ini tidak hanya powerful tetapi juga awet daya. Paduan Apple A12 Bionic dengan Apple GPU di dalamnya, mampu melibas game-game 3D dengan lancar.

4. Kamera Andal
Untuk pengambilan foto, iPhone XR mampu memberikan hasil gambar dengan eksposur, warna, dan detail yang mendekati flagship-nya kala itu, iPhone XS.

5. Baterai Tahan Lama
Dari segi baterai, Apple mengklaim, iPhone XR mampu bertahan 90 menit lebih lama. Selain itu, Apple menyematkan fitur wireless charging pada ponsel ini.

6. Aman dari Air dan Debu
Bagi yang hobi membawa smartphone ke kamar mandi, berenang, ataupun ke tempat lain yang basah, iPhone XR ini sudah mengantongi sertifikasi IP67. Sertifikasi tersebut, berguna sebagai bukti bahwa sebuah device dapat tahan dari air sampai debu.

Kekurangan iPhone XR

1. Tidak Mendukung Memori Eksternal
Walaupun dibekali dengan memori internal yang besar, nyatanya iPhone XR tidak mendukung penambahan memori eksternal.

2. Masih Menggunakan Panel LCD
Bila dibandingkan dengan ponsel flagship-nya atau Android di range harga yang sama, layar dari iPhone XR ini masih menggunakan panel LCD. Kekurangan iPhone XR tersebut, pastinya akan berdampak bagi beberapa orang yang memang sudah pernah menggunakan panel yang lebih baik.

3. Tidak Ada FM Radio
Sebagian pengguna ponsel pintar mungkin masih akrab dengan radio FM. Namun jika Anda membeli iPhone XR maka hal itu tidak dapat dilakukan lagi. Salam-salam atau siaran berita radio FM akan hilang dari kehidupan Anda jika membeli iPhone XR.

4. Baterai yang Tidak Bisa Dilepas
Saat baterai ponsel kita mengalami penurunan kualitas daya, maka salah satu jalan memperbaikinya adalah dengan menggantinya.

5. Tidak Ada Fingerprint
Saat ini pengguna ponsel pintar sudah akrab dengan Fingerprint jika ingin mengunci dan mengamankan ponsel mereka. Hanya dengan menempelkan sidik jari pada sensor Fingerprint, maka dengan cepat ponsel akan terkunci. Namun hal itu tidak bisa Anda lakukan lagi di iPhone XR. Sebagai gantinya Anda harus menggunakan Face ID untuk membuka dan mengunci ponsel pintar Anda.

Beli iPhone XR online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: iPhone XS atau iPhone XR?

Keterangan iPhone XSiPhone XR
Kelebihan - Performa Super Cepat - Kapasitas Memori Internal Lebih Lega - Memiliki Dua Slot SIM Card - Water Resistance - Sistem Operasi Ter-Update - Fitur Smart HDR di Sektor Kamera - Teknologi Face ID yang Lebih Cepat- Banyak Varian Warna - Face ID untuk Keamanan Tingkat Tinggi - Chipset Powerful - Kamera Andal - Baterai Tahan Lama - Aman dari Air dan Debu
Kekurangan - Desain yang Kurang Inovatif - Tidak Adanya Perubahan Pada Sektor Layar- Tidak Mendukung Memori Eksternal - Masih Menggunakan Panel LCD - Tidak Ada FM Radio - Baterai yang Tidak Bisa Dilepas - Tidak Ada Fingerprint
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Kedua iPhone ini bisa dibilang merupakan salah satu produk Apple terbaik di kelasnya. Meski demikian spesifikasi dari keduanya pun terbilang sangat bagus. Namun kembali lagi, setiap orang punya selera dan pandangannya masing-masing. Bagaimana dengan Anda?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

iPhone XS atau iPhone XR

VS