KecantikanKesehatan

Pilih Mana: Jeruk Nipis atau Lemon Untuk Diet?

Ketika musim panas atau musim hujan, rasanya sangat menyegarkan untuk minum segelas jus lemon atau jeruk nipis. Jeruk nipis dan lemon adalah dua spesies yang berbeda. Tetapi pada dasarnya keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama. Lantas bagus mana jeruk nipis atau lemon? Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki keduanya dalam membantu urusan diet Anda.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang paling umum digunakan untuk diet di seluruh dunia. Jeruk nipis biasanya lebih kecil dari lemon, dan airnya memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih asam daripada jus lemon. Baca juga Pilih Mana: Salep atau Plester Untuk Obat Luka?

Jeruk nipis secara ilmiah dikenal sebagai Citrus aurantifoliaa yang merupakan buah asli Asia Tenggara yang dibawa ke Eropa dari India oleh orang Arab. Sejak menyebar ke seluruh dunia, spesies jeruk ini akhirnya yang banyak dibudidayakan.

Kelebihan Jeruk Nipis

1. Mudah Ditemukan
Jeruk nipis yang tergolong murah membuat Anda sangat mudah menemukannya. Bahkan Anda pun tidak perlu pergi ke supermarket karena berbagai pasar tradisional dan pedagang sayur keliling pun telah menyediakan jeruk nipis ini untuk Anda.

2. Menurunkan Berat Badan
Banyak yang merekomendasikan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan, hal ini karena jeruk nipis dapat memberikan rasa kenyang karena kandungan serat yang berguna bagi Anda yang berencana untuk diet.

Kekurangan Jeruk Nipis

1. Kadar Nutrisi
Dikutip dari Vemale.com, jeruk nipis memang bisa dijadikan pengganti lemon. Akan tetapi kadar nutrisi jeruk nipis lebih sedikit di bawah lemon.

2. Dapat Mengikis Lapisan Gigi
Dengan kadar asam yang tergolong tinggi, jeruk nipis dapat mengikis lapisan gigi. Jika hal demikian terjadi, maka sebaiknya hentikan dan konsultasikan hal ini pada dokter Anda agar diet yang Anda lakukan berjalan dengan baik dan sehat.

Lemon

Memiliki tubuh ideal merupakan impian banyak orang. Tidak jarang lemon menjadi salah satu buah untuk membantu diet mereka. Lemon merupakan buah yang memiliki nama latin Citrus limon dengan bentuk yang lonjong (oval) dengan warna kulit kuning cerah dan mulus.

Kelebihan Lemon

1. Mengandung Vitamin C Lebih Banyak
Lemon mengandung lebih dari sepertiga vitamin C dari jeruk nipis. 100 gram lemon (tanpa kulit) memberikan 88% dari nilai harian asupan vitamin C yang direkomendasikan. Bahkan, segelas air hangat jus lemon atau peresan lemon yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu adalah obat yang ideal untuk menjaga tubuh dari serangan dingin dan batuk.

2. Mengecilkan Perut Buncit
Tidak hanya dapat menurunkan berat badan, meminum buah lemon juga dapat membantu mengecilkan perut buncit sekaligus dapat membantu menghindari tubuh dari obesitas atau kelebihan berat badan.

Kekurangan Lemon

1. Harga Tergolong Mahal
Lemon hanya dapat ditemukan di supermarket besar. Ini mungkin karena lemon memiliki harga yang tergolong mahal bahkan dalam satu kilogram buah lemon Anda hanya mendapatkan 6 hingga 8 buah lemon.

2. Meningkatkan Asam Lambung
Mengonsumsi air perasaan lemon secara berlebihan dapat meningkatkan asam lambung. Asam lambung yang biasanya ditandai dengan adanya rasa panas yang sangat perih.

Pilih Mana: Jeruk Nipis atau Lemon Untuk Diet ?

Jeruk NipisLemon
Harga– Relatif murah– Tergolong mahal
Ukuran buah– Lebih kecil dan bulat– Oval dan lebih besar
Warna kulit buah– Berwarna kehijauan– Berwarna kuning terang

Kesimpulan

Perbedaan nutrisi yang tidak begitu signifikan, mungkin lebih baik Anda memilih jeruk nipis sebagai pilihan untuk diet Anda. Selain harganya yang murah, Anda dapat mudah menemukan dan membeli jeruk nipis. Rutinlah minum air perasan jeruk nipis ini disetiap bangun pagi. Namun ingat tetap dalam porsi yang normal yaa Sobat, jangan berlebihan. Semoga bermanfaat dan diet Anda berhasil Sobat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Jeruk Nipis vs Lemon

VS

Leave a Reply