Layanan

Pilih Mana: J&T atau JNE?

Semakin berkembangnya internet semakin banyak pula toko online yang bermunculan. Salah satu bagian yang terpenting dalam bisnis online yaitu jasa pengiriman. Jasa pengiriman memiliki peran penting untuk mendukung pemilik toko online bahkan non toko online untuk mengirimkan barang hingga pelosok nusantara dan dunia. Ini juga yang menyebabkan banyak jasa pengiriman semakin banyak pula bermunculan.

Jasa pengiriman sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Yaitu membantu masyarakat untuk mengirimkan barang agar bisa sampai sesuai dengan waktu yang diharapkan. Namun, kadang ada saja kendala atau masalah yang menyebabkan apa yang diharapkan tidak sesuai dengan harapan. Tentunya pengguna jasa pengiriman ingin menggunakan dan memilih jasa pengiriman yang terbaik dan bisa memberikan dukungan yang optimal.

Salah satu jasa pengiriman yang usianya terbilang masih muda yaitu J&T Express, sebagian orang malah belum mengenal betul jasa pengiriman ini. Meskipun masih baru, kualitas jasa pengiriman J&T terbilang sangat baik, sehingga J&T dapat tumbuh dengan cepat dan dapat bersaing dengan jasa pengiriman yang terdahulu. Berbeda dengan J&T Express yang terbilang masih baru, hampir semua orang pernah mendengar dan pernah menggunakan jasa pengiriman JNE. Hal ini bisa jadi dikarenakan usia JNE yang jauh lebih lama dibandingkan dengan J&T. Kualitas JNE juga sangat baik sehingga orang telah memiliki kepercayaan kepada JNE dan memiliki pengguna yang banyak di Indonesia.

J&T Express

J&T Express merupakan jasa pengiriman yang usianya terbilang masih sangat baru. J&T Express mulai beroperasi pada September 2015. J&T Express merupakan jasa pengiriman yang menitikberatkan pada pengembangan teknologi. Pendiri J&T Express ini merupakan mantan CEO OPPO Indonesia yang bernama Jet Lee. Meskipun masih baru, J&T Express sudah mampu menjangkau seluruh area di Indonesia.

Perusahaan asal Indonesia yang hadir dengan keunggulan kompetitif ini tidak bisa di pandang sebelah mata. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh jasa pengiriman ini sehingga kehadirannya mudah diterima dan mudah berkembang. Agar lebih jelas, berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki J&T Express.

Kelebihan J&T Express

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh J&T Express:

  • Waktu Operasional

J&T Express memiliki waktu operasional dari hari Senin hingga hari Minggu. J&T Express bahkan tetap buka pada hari-hari libur nasional dan hari-hari besar keagamaan. Waktu operasional ini berlaku di setiap drop point J&T. Ini tentunya memberikan kemudahan bagi orang yang ingin melakukan pengiriman mendadak pada hari-hari libur.

  • Kecepatan

Berdasarkan pengalaman dan tanggapan dari banyak orang, J&T Express lebih cepat dalam mengirimkan barang daripada JNE. Dengan mengirimkan barang dan tujuan yang sama, barang akan lebih cepat sampai dengan menggunakan J&T Express.

  • Pick up

Kelebihan lain yang dimiliki oleh J&T Express adalah layanan pick up diberikan. Anda dapat melakukan pick up tanpa minimal pengiriman barang, gratis dan tidak dipungut biaya tambahan. Dengan adanya fasilitas ini, Anda tidak perlu repot-repot unruk mengantarkan barang ke kantor J&T Express.

Kekurangan J&T Express

Berikut kekurangan yang dimiliki oleh J&T Express:

  • Website

J&T Express sebenarnya telah memiliki website yang dapat Anda manfaatkan untuk pengecekan tarif, status pengiriman, dan informasi lainnya. Namun, di website J&T Express masih ada beberapa daerah yang belum terinput ke dalam sistem web J&T Express. Padahal J&T Express dapat menjangkau wilayah tersebut, hanya saja belum terdapat di dalam sistem. Hal ini menyebabkan orang akan kesulitan untuk melakukan pengecekan sendiri, dan orang akan beranggapan bahwa daerah yang tidak ada di sistem merupakan daerah yang tidak terjangkau oleh J&T Express. Baca juga: Pilih Mana: Website atau Blog.

  • Aplikasi Smartphone

J&T telah menyediakan aplikasi untuk pengguna Android ataupun iOS. Tapi sayangnya, di beberapa handphone aplikasi ini tidak compatible. Sehingga tidak semua pemilik Android dan iOS dapat memanfaatkan aplikasi ini.

  • Layanan atau Service

Layanan atau service yang disediakan oleh J&T Express hanya ada satu macam, yaitu reguler. Meskipun hanya satu jenis layanan yang diberikan tapi J&T Express menyediakan fasilitas gratis ongkos kirim untuk beberapa marketplace. Jadi, itulah mengapa banyak pengguna yang menggunakan layanan J&T Express.

  • Ongkos Kirim

Ongkos kirim yang ditetapkan oleh J&T Express sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan JNE. Sebagai contoh, untuk pengiriman reguler dari Bandung ke Pancoran J&T Express memberikan ongkos kirim sebesar Rp. 11.000 dan JNE hanya Rp. 10.000.

JNE

JNE merupakan jasa pengiriman yang telah lama berdiri. Karena usianya yang sudah cukup lama, jasa pengiriman yang didirikan oleh H. Soeprapto Suparno pada November 1990 ini telah memiliki cabang yang luas di Indonesia. JNE juga telah banyak digunakan dan dipercaya oleh masyarakat sehingga JNE termasuk ke dalam jasa pengiriman terbesar di Indonesia.

Jam terbang JNE yang telah berpuluh-puluh tahun ini membuat JNE semakin besar dan semakin kuat. Namun, akhir-akhir ini hadir jasa pengiriman yang kemunculannya dianggap menjadi pesaing JNE. Dengan munculnya beberapa jasa pengiriman tersebut apakah mampu menggeser posisi JNE sebagai jasa pengiriman terbesar di Indonesia? Agar lebih jelas, Anda dapat memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki JNE.

Kelebihan JNE

Berikut kelebihan yang dimiliki JNE:

  • Layanan atau Service

Telah banyak diakui bahwa JNE memiliki banyak jenis layanan. Layanan yang disediakan tersebut seperti OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), REG (Reguler), dan YES (Yakin Esok Sampai), selain layanan tersebut, masih banyak layanan lainnya yang diberikan oleh JNE seperti JESIKA (Jemput ASI Seketika) atau PELIKAN (Pengiriman Lintas Kawasan) dan masih banyak lagi.

  • Ongkos Kirim

Seperti yang dijelaskan di atas, JNE memiliki ongkos kirim yang lebih murah dibandingkan dengan ongkos kirim J&T Express.

  • Website

JNE telah menyediakan website untuk dapat digunakan pengguna agar lebih mudah dalam melakukan pengecekan ongkos kirim, dan melakukan pengecekan lainnya sendiri. Daerah yang ada di dalam sistem juga sudah lengkap dan dapat diakses oleh semua orang.

  • Pick up

JNE juga telah menyediakan layanan pick up, sehingga jika Anda ingin mengirimkan barang Anda bisa meminta untuk barang tersebut diambil. Untuk menggunakan layanan ini Anda perlu mengisi sejumlah data dan mengisi formulir.

Kekurangan JNE

Berikut kekurangan JNE :

  • Waktu Operasional

Waktu operasional JNE adalah hari Senin hingga hari Jumat untuk pengiriman barang, dan hari Sabtu buka setengah hari dan libur pada hari Minggu. Jika Anda ingin mengirimkan barang pada hari Minggu Anda perlu menundanya dan mengantarkannya pada hari Senin. JNE juga biasanya akan libur pada hari libur keagamaan dan hari libur nasional.

  • Kecepatan

JNE sebenarnya menyediakan waktu kecepatan yang cukup baik, namun jika dibandingkan dengan J&T Express. JNE masih lebih lambat. Meski begitu, jika Anda ingin mendapatkan layanan yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan layanan YES (Yakin Esok Sampai) dari JNE.

  • Aplikasi Smartphone

JNE telah memiliki aplikasi untuk smartphone yang bernama myJNE, aplikasi ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melacak tarif, melacak pengiriman dan lain sebagainya. Akan tetapi, aplikasi tersebut hanya terdapat di Play Store saja sehingga belum bisa digunakan oleh OS iOS.

Pilih Mana: J&T atau JNE?

Setelah dipaparkan di atas, Anda telah dapat menilai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara J&T dan JNE. Perbedaan antara J&T dan JNE telah dirangkum  pada tabel berikut:

J&T JNE
- Memiliki waktu operasional setiap hari dari Senin hingga Minggu - Memiliki waktu operasional setiap hari Senin hingga Sabtu (setengah hari)
- Ongkos kirim J&T sedikit lebih mahal daripada JNE- Ongkos kirim sangat terjangkau
- Memiliki kecepatan pengiriman yang cepat daripada JNE- Memiliki pengirimanan yang sedikit lebih lambat daripada JNE

Kesimpulan

J&T Express dan JNE merupakan dua jasa pengiriman yang sangat baik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sampai saat ini J&T terbukti lebih cepat daripada JNE. Meskipun begitu, ongkos kirim yang dipatok juga kadang sedikit lebih mahal. Tapi, bagi pengguna ongkos yang sedikit lebih mahal tidak menjadi masalah jika layanan tersebut mampu memberikan kualitas dan kepuasan kepada pengguna.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

J&T vs JNE

VS

Leave a Reply