AplikasiApplicationElektronikHomeLayanan

Pilih Mana: J&T Express atau Shopee Express?

Seiring berkembangnya dunia digital, maka semakin banyak juga online shop bermunculan. Hal ini yang menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam bisnis online seperti ini adalah jasa pengiriman atau ekspedisi. Ekspedisi berperan penting untuk mendukung pemilik toko online bahkan non toko online untuk mengirimkan barang hingga ke daerah terpencil. Untuk memudahkan hal tersebut, banyak jasa pengiriman mulai bermunculan hingga saat ini.

Fungsi dari jasa pengiriman yaitu, membantu masyarakat untuk mengirimkan barang agar bisa sampai tujuan dengan aman. Namun, adakalanya terdapat kendala yang menyebabkan barang tersebut datang tidak sesuai dengan harapan seperti rusak, hilang hingga keterlambatan dari jadwal yang semestinya.

Maka dari itu, tentu Anda harus pintar dalam memilih jasa pengiriman yang terbaik. Salah satu jasa pengiriman yang usianya terbilang masih muda yaitu, J&T Express dan Shopee Express. Meskipun tergolong pendatang baru, kualitas kedua ekspedisi ini sudah terbilang sangat baik, sehingga dapat bersaing dengan jasa pengiriman yang pendahulunya. Lebih jelasnya, silahkan baca informasi ini sampai habis.

J&T Express

J&T Express merupakan jasa pengiriman yang usianya terbilang masih sangat baru. J&T Express mulai beroperasi pada September 2015. J&T Express merupakan jasa pengiriman yang menitikberatkan pada pengembangan teknologi. Pendiri J&T Express ini merupakan mantan CEO OPPO Indonesia yang bernama Jet Lee. Meskipun masih baru, J&T Express sudah mampu menjangkau seluruh area di Indonesia. Baca Juga Pilih Mana: JNE atau J&T?

Kelebihan J&T Express

1. Beroperasi 365 hari tanpa libur
Demi memaksimalkan kepuasan pelanggan, J&T Express memberlakukan operasi 365 hari tanpa libur, meskipun hari besar sekalipun sehingga memudahkan masyarakat dalam mengirimkan paket.

2. Jangkauan seluruh Indonesia
J&T sendiri memiliki cakupan jangkauan ke seluruh Indonesia. Ini membuktikan keseriusan ekspedisi ini melayani pelanggan hingga ke pelosok negeri.

3. Ongkos Kirim Terjangkau
Biaya pengiriman biasanya menjadi kendala bagi pelanggan. Bahkan terkadang, ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang dikirimkan. Maka dari itu J&T memberlakukan biaya ongkos kirim lebih murah demi meringankan beban terhadap pelanggan.

4. Sistem Pelacakan Real Time
Bagi Anda yang ingin mengecek posisi paket Anda berada dimana, maka Anda dapat mengecek paket melalui website yang disediakan oleh J&T. Caranya pun cukup sederhana, hanya dengan membuka website J&T dan memasukan nomor resi, Anda akan dapat melihat posisi paket sedang berada dimana.

5. Ada Asuransi
Jangan khawatir jika barang Anda hilang, rusak ataupun cacat, pasalnya, J&T menyedikan klaim asuransi ganti rugi.

6. VIP Platform
Kelebihan lain yang ditawarkan J&T yakni VIP platform dan hanya dimiliki oleh jasa ekspedisi satu ini. VIP platform ini menjadi bukti kualitas pelayanan yang diberikan J&T begitu maksimal kepada sang pelanggan.

Kekurangan J&T Express

1. Sedikit lebih mahal
Masalah harga, pastinya menjadi tujuan selanjutnya setelah mempertimbangkan estimate penerima barang. Harga yang ditetapkan oleh J&T cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan dengan banderol harga yang ditetapkan oleh JNE. Selisih harganya dikisaran Rp 2.000 sampai Rp 5.000 (di satu tempat atau tujuan yang sama dengan layanan REG).

Lihat juga:  Pilih Mana: Sofa Kain vs Sofa Kulit?

Shopee Express

Apakah Anda sering berbelanja di Shopee? Jika iya, maka sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman resmi Shopee satu ini, yaitu Shopee Express. Jasa pengiriman ini mungkin terbilang baru, pasalnya sebelum adanya Shopee Express, sudah ada jasa pengiriman yang bertengger di Shopee, sebut saja J&T, JNE, Sicepat dan lain sebagainya.

Shopee Express merupakan jasa pengiriman resmi dari Shopee yang memiliki 3 layanan: Shopee Express Standard, Shopee Express Sameday dan Shopee Express Instan. Selain itu harga pengirimannya terbilang cukup murah, kemudian estimasi pengirimannya pun terbilang cepat, hanya sekitar 1-3 hari saja. Selain itu, Shopee Express juga menyediakan layanan ekspedisi Instan dan Sameday, yang mana pembelian barang dapat langsung dikirim langsung pada hari yang sama.

Kelebihan Shopee Express

1. Harganya Terjangkau
Kebanyakan dari jasa ekspedisi menarifkan harga pengiriman yang cukup tinggi, namun tidak bagi Shopee. Tarif untuk Shopee Express sendiri cukup murah tak jarang bahkan penggunanya mendapat gratis ongkir 0 rupiah.

2. Pengiriman cepat
Meskipun memberikan tariff murah, namun Shopee tetap memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Shopee Express memberikan jaminan barang aman dan pengiriman cepat ke berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

3. Cek Resi Shopee Express Mudah
Anda dapat dengan mudah melacak kiriman Shopee Express lewat aplikasi ataupun website. Secara langsung informasi barang akan tampil seperti hub transit Shopee Express, lokasi warehouse dan masih banyak lainnya.

Kekurangan Shopee Express

1. Tidak Semua Toko Didukung Shopee Express
Untuk pengiriman, mayoritas hanya toko Service By Shopee atau SBS yang bisa mengirim barang melalui Shopee Express. Biasanya ciri cirinya ada logo Shopee 24 dimana pengirimannya dilakukan langsung dari warehouse ke alamat tujuan pembeli.

2. Wilayah Jangkauan Shopee Express Kurang Luas
Memang layanan Shopee Express bisa mengirim keseluruh Indonesia. Sayangnya, untuk kiriman cepat seperti instant dan sameday hanya bisa pada kota besar saja, untuk daerah terpencil pengirimannya akan lebih lama.

Pilih Mana: J&T Express atau Shopee Express?

Keterangan J&T ExpressShopee Express
Kelebihan - Beroperasi 365 hari tanpa libur - Jangkauan seluruh Indonesia - Ongkos Kirim Terjangkau - Sistem Pelacakan Real Time - Ada Asuransi - VIP Platform- Harganya Terjangkau - Pengiriman cepat - Cek Resi Shopee Express Mudah
Kekurangan - Sedikit lebih mahal- Tidak Semua Toko Didukung Shopee Express - Wilayah Jangkauan Shopee Express Kurang Luas

Kesimpulan

Demikianlah review mengenai jasa pengiriman J&T dan Shopee Express yang telah kami jelaskan di atas. Terdapat kelebihan dan kekurangan pada kedua jasa pengiriman ini yang bisa dijadikan pembanding bagi Anda yang ingin menggunakan salah satunya. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

J&T Express atau Shopee Express

VS