ElektronikPhotographyTechnology

Pilih mana: Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI?

Kamera seringkali menjadi alat penangkap gambar paling baik yang bisa Anda miliki untuk mengabadikan berbagai momen penting. Meski seiring berjalannya waktu dan semakin majunya teknologi hampir membuat kamera ini tertinggal karena fungsinya yang bisa digantikan dengan kamera hp.

Namun, masih ada saja orang-orang yang lebih menyukai kamera langsung dibanding memotret dengan kamera hp. Jauh dibanding dengan fitur dan kegunaannya yang memudahkan pengguna. Kamera selalu memiliki penggemarnya sendiri.

Ada dua merk kamera yang tidak pernah redup sampai saat ini. Keduanya terkenal karena berasa dari brand yang besar. Panasonic Lumix G7 dan Sony RX100 setia menemani penggunanya menangkap gambar penting. Walaupun keduanya dikenal dengan kamera yang memiliki kualitas yang terbaik.

Tetap ada saja kelebihan dan kekurangan yang disematkan keduanya. Ingin tahu apa saja? Tidak perlu menunggu lama, karena kami akan hadirkan pembahasan lebih lengkapnya di Selera.id. Yuk langsung saja simak artikelnya di bawah ini.

Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI

Kamera Panasonic Lumix G7

G7 merupakan kamera generasi terbaru dari seri kamera mirrorless Panasonic. Kamera dengan Seri G ini juga pelopor kamera mirrorless yang merupakan pengembangan dari Panasonic G1.

Panasonic Lumix G7 bisa dibilang kamera mirrorless pertama yang diluncurkan di tahun 2008. Kamera mirrorless kelas menengah yang ditujukan untuk khalayak umum, dari penghobi foto serta video amatir dan para orangtua yang ingin mengabadikan momen penting dalam hidupnya. Baca juga: Pilih Mana: Fujifilm X-T100 atau Sony A6000?

Nah, ada banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda temui dari produk kamera satu ini. Ingin tahu, berikut penjelasan lengkapnya:

Kelebihan Kamera Panasonic Lumix G7

Berikut ini Kelebihan Kamera Panasonic Lumix G7:

  • Hasil kualitas yang baik
    Kelebihan yang dihadirkan oleh kamera satu ini yaitu ada pada Kualitas kameranya yang sangat baik membuat hasil foto yang dihasilkan pun memuaskan. Dengan adanya Post Focus. Anda bisa memilih fokus foto belakang. Sehingga hasilnya bisa sesuai dengan keinginan dan selera Anda.
  • Desain yang praktis
    Kelebihan dari Panasonic Lumix G7 yaitu desainnya yang praktis namun tetap elegan. Dan bodi yang paling menonjol yaitu terdapat kontrol yang komplit seperti 2 roda dial, cakra drive mode, tuas bentuk fokus serta banyak tombol Fn untuk kustomisasi.
  • Harga yang cukup ekonomis
    Kelebihan lainnya dari Panasonic Lumix G7 yaitu dari sisi harga. Panasonic Lumix G7 memiliki harga yang cukup ekonomis yang terjual di pasaran Indonesia. Dengan harga yang seperti ini membuat produk kamera dari panasonic banyak digemari para fotografer.

Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI

Kekurangan Kamera Panasonic Lumix G7

Berikut ini Kekurangan Kamera Panasonic Lumix G7:

  • Tidak ada NFC
    Kekurangan yang pertama dari Panasonic Lumix G7 adalah bahwa Panasonic Lumix G7 tidak memiliki fitur NFC. Meski memang fitur ini tidak begitu menjadi masalah bagi banyak orang, namun mampu mengurangi fitur yang ada.
  • Belum mendukung USB charging
    Tidak hanya itu kekurangan berikutnya yang bisa Anda ketahui  dari kamera ini diantaranya belum mensupport USB charging, flash sync yang hanya 1 atau 160 detik serta Auto ISO basic yang masih beberapa orang menganggap bukan masalah berarti.
  • Hasil kurang bagus dalam gelap
    Kekurangan lainnya dari Panasonic Lumix G7 adalah banyak yang memberikan review bahwa Panasonic Lumix G7 memiliki kekurangan akan hasil foto yang didapat dalam keadaan gelap belum bagus seperti keadaan terang.

Kamera Sony RX100 VI

Siapa yang tidak mengenal dengan merk Sony ini. Sony merupakan merk elektronik yang sudah lama hadir. Berbagai alat elektronik yang bisa Anda jumpai. Terutama produk kamera yang dikeluarkan oleh Sony.

Salah satunya Kamera Sony RX100 VI yang diluncurkan sejak tahun 2012, RX100 menetapkan standar kualitas performa serta hasil foto dan video kamera compact premium. Pada Juni 2018, Sony mengumumkan generasi keenam seri kamera compact andalannya ini.

Kesuksesan seri RX100 VI tak membuat produsen kamera lain berdiam diri. Banyak rintangan yang membuat merk ini pun memiliki pesaingnya sendiri. Hingga tak membuat Sony pantang menyerah dan tetap mengeluarkan merk kamera yang berkualitas baik. Baca juga: Pilih Mana: Canon M50 vs Sony A6000

Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy A70 atau Oppo F11 Pro?

Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI

Kelebihan Kamera Sony RX100 VI

Berikut ini Kelebihan Kamera Sony RX100 VI:

  • Bentuknya yang ringan
    Kelebihan pertama yang dihadirkan oleh merk sony ini ada pada bentuknya yang simpel dan ringan. Hal ini membuat Anda akan sangat mudah membawanya kemanapun Anda pergi. Serta praktis dan mudah untuk disimpan karena ukurannya yang bisa menyesuaikan.
  • Sangat ideal
    Kelebihan satu ini mungkin akan membuat Anda cukup bisa menerima kamera ini menjadi pilihan Anda. Meski hanya menawarkan rentang zoom 24 200mm, lensa dari merk kamera ini memiliki bukaan maksimum f/2.8, yang membuatnya lebih ideal untuk foto-foto dalam kondisi temaram. Ditambah lagi dengan sensor tumpuknya yang terkenal jitu serta layar yang dapat ditekuk 180 derajat, RX100 cocok digunakan di segala situasi.
  • Memiliki fitur yang cukup lengkap
    Dibanding dengan merk kamera pesaingnya, kamera ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Sehingga Anda bisa memilih dan memakai nya sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Hal inilah yang membuat kamera satu ini memiliki pemintanya sendiri.  Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memilih merk kamera ini.

Kekurangan Kamera Sony RX100 VI

Berikut ini Kekurangan Kamera Sony RX100 VI:

  • Harganya yang cenderung mahal
    Dibanding dengan merk pesaingnya. Harga yang ditawarkan oleh kamera sony ini cukup mahal. Oleh karena itu Anda mesti mempertimbangkan budget yang ada. Jadi, Anda tidak perlu merasa sia-sia ketika membelinya nanti. Perhatikan juga tujuan untuk membelinya agar sesuai dengan kebutuhan.
  • Daya tahan baterai yang kurang mumpuni
    Kekurangan yang ada pada kamera Sony RX100 VI ini yaitu memiliki daya tahan baterai yang kurang lama. Apalagi kalau sudah dipakai untuk video, baterainya bakal terkuras lebih cepat. Perlu setidaknya bawa satu baterai cadangan dan power bank.
  • Desain yang kurang menarik
    Adapun kekurangan lain yang ada pada maera ini. dilihat dari desain yang diusung dari merk kamera satu ini kurang memberikan daya tarik Seperti merk sony tipe lainnya. Desain kamera dengan tipe ini sedikit kurang menarik. Bagi Anda yang memperhatikan desain pada suatu kamera maka kamera jenis ini kurang cocok untuk Anda.

Pilih mana: Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI?

Keterangan Kamera Panasonic Lumix G7 Kamera Sony RX100 VI
Kelebihan -Hasil kualitas yang baik -Desain yang praktis -Harga yang cukup ekonomis-Bentuknya yang ringan -Sangat ideal -Memiliki fitur yang cukup lengkap
Kekurangan -Tidak ada NFC -Belum mendukung USB charging -Hasil kurang bagus dalam gelap-Harganya yang cenderung mahal -Daya tahan baterai yang kurang mumpuni -Desain yang kurang menarik

Kesimpulan

Perbandingan mengenai Kamera Panasonic Lumix G7 dan Kamera Sony RX100 VI dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang menyukai bentuk kamera yang simpel dan ringan. Maka Anda bisa mencoba memilih Kamera Sony RX100 VI. Sedangkan jika menginginkan kamera yang memiliki harga yang terjangkau namun kualitasnya mumpuni. Anda bisa memilih produk dari Panasonic Lumix G7. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI

VS

 

 

Leave a Reply