Home

Pilih Mana: Kasur Kapuk atau Spring Bed?

Para ahli riset menunjukkan bahwa kesalahan dalam pemilihan kasur dapat mengurangi kualitas tidur Anda. Maka dari itu pilihlah kasur yang dapat membuat Anda nyaman dan nyenyak ketika tidur merupakan hal yang penting, jika dihadapkan dua pilihan Anda akan pilih mana: kasur kapuk atau spring bed? Sebelum memilihnya mari simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan di antara kedua kasur ini.

Pentingnya kualitas tidur untuk kesehatan tubuh

Setiap harinya orang memiliki lebih banyak waktu yang dihabiskan di tempat tidur. Menurut para ahli rata-rata pria dewasa bisa menghabiskan waktunya untuk beristirahat sebanyak 6-8 jam maka tidak jarang sepertiga waktu hidupnya dihabiskan di tempat tidur. Bahkan bayi dan anak-anak bisa tidur hingga 15 jam setiap harinya. Sehingga, penting jika Anda mulai berinvestasi dalam perlengkapan tidur Anda dan anak Anda karena tanpa tidur yang cukup dan berkualitas, hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan dan bahkan parahnya gangguan mental.

Gangguan tidur sering dianggap sepele, padahal hal kualitas tidur dapat mempengaruhi tingkat energi dan suasana hati seseorang. Kondisi semacam ini bisa disebabkan beberapa faktor salah satunya juga dipengaruhi oleh kasur. Kesalahan pemilihan kasur dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri ditubuh Anda saat bangun tidur.

Dari berbagai jenis kasur, Anda perlu tahu dua pilihan kasur yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kami uraikan di bawah ini:

Kasur Kapuk

Menurut idea.grid.id, kasur yang terbuat dari bahan alami buah randu yang berbentuk seperti kapas adalah jenis kasur tradisional yang sudah lama dikenal masyarakat. Karena terbuat dari bahan alami, kasur ini mampu menyerap panas. Tak heran, meski harganya murah, tidur di kasur katun cukup nyaman, karena sifatnya yang lembut dan tidak panas. Kasur kapuk memang tidak banyak lagi digunakan oleh orang sekarang. Sekarang orang lebih memilih kasur busa atau spring bed, karena kapuk dianggap ketinggalan zaman.

Seperti yang Anda ketahui, kasur kapuk memiliki kain katun dengan motif garis yang khas digunakan sebagai lapisan luar. Ukuran umum standarnya kasur kapuk adalah 190 x 80, 190 x 90, 190 x 120, 190 x 160, 190 x 180. Kasur kapuk memiliki harga relatif murah, antara Rp80.000 – Rp700.000, tergantung ukuran dan kualitas kepadatan kapuk.

Kelebihan Kasur Kapuk

– Memiliki daya serap tinggi dan tidak panas saat digunakan.
– Kasur kapuk lebih murah jika dibandingkan dengan spring bed.
– Perawatan kasur kapuk yang sudah lama digunakan sangat mudah, Anda hanya perlu mengeringkan di bawah sinar matahari dan kasur kapuk akan lembut kembali untuk digunakan. Sebab kapuk yang menjadi bahan utama akan mengembang kembali.
– Kasur kapuk memiliki sifat yang lebih ringan.

Kekurangan Kasur Kapuk

– Pembuatan kasur kapuk masih dilakukan dengan cara tradisional. Hanya menggunakan alat sederhana seperti jarum, benang, dan masih dilakukan tidak dengan alat modern.
– Dapat menyebabkan alergi seperti asma jika tidak dikeringkan atau dibersihkan dalam waktu tertentu.
– Karena buatan pengrajin kecil, terkadang ukurannya tidak dibuat standar atau tidak konsisten.
– Kasur ini bisa kempes setelah digunakan beberapa lama, sehingga Anda harus menambah kapuk lagi agar kasur dapat kembali ke bentuk semula.
– Dapat menjadi tempat penumpukan debu, kutu dan tungau di sela-sela kapuk, dan serpihan kapuk yang keluar dari kasur bisa mengganggu pernafasan. Karena itu, kasur jenis ini tidak ramah, terutama untuk orang yang alergi debu atau kapas.
– Sangat tidak disarankan menggunakan kasur ini, jika malas untuk mengeringkannya di bawah terik matahari dan menambahkan kapuk saat ukurannya mulai mengempis.

Spring Bed

Spring bed adalah jenis tempat tidur atau kasur yang paling populer digunakan. Spring bed dirancang sedemikian rupa untuk kenyamanan tidur penggunanya. Tidak hanya terbuat dari busa, spring bed juga memiliki per yang berfungsi untuk menjaga tempat tidur tetap rata. Saat Anda tidur normalnya tubuh akan membebani sebagian dari spring bed. Dengan memilih kasur berkualitas baik maka spring bed akan mendukung beban dan menjaga tidur Anda tetap nyenyak.

Ketika Anda memilih spring bed, perhatikan jumlah lingkaran ukuran pegas, dan jangan berpikir bahwa semakin besar ukuran pegas maka akan lebih baik. Pegas dengan ukuran 390 umumnya adalah ukuran yang memberikan kenyamanan terbaik. Baca Juga: Pilih Mana: Kasur Busa vs Springbed?

Kelebihan Spring Bed

– Spring bed merupakan tempat tidur yang paling banyak digunakan karena selain memiliki retainer yang dapat menjaga bentuk tulang punggung, spring bed foam juga lebih tahan lama untuk digunakan bila dibandingkan dengan kasur kapuk
– Kasur ini terdiri dari susunan pegas yang terletak di antara insulasi dan kasur dan padding permukaan kasur yang dapat berupa busa atau lateks sehingga membuat Anda semakin nyaman saat tidur.
– Sifat pegas dapat menerima tekanan dan memantulkan kembali sehingga bisa menahan
– Semakin banyak jumlah pegas semakin baik kualitas kasur. Karena sifat pegas yang dapat menerima tekanan dan memantulkan kembali, maka ia bisa mengikuti Kekurangan Spring Bed

Kekurangan Spring Bed

– Harga spring bed bervariasi, tetapi lebih mahal daripada kasur lain seperti kasur busa dan kasur kapuk.
– Saat ini semakin banyak produsen memproduksi kasur pegas dengan jumlah pegas dan kualitas busa pelapis yang di bawah standar.
– Pegas yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap karat di mana karat dapat berbahaya bagi kesehatan ketika Anda tidur, seperti menjadi tempat bertelur untuk kutu, tungau, jamur dan bakteri.
– Semakin lama pegas yang dipakai akan aus dan semakin cekung karena tidak lagi mendukung titik-titik tubuh Anda yang berbeda massanya, ini akan berdampak buruk bagi tulang belakang Anda.

Kasur KapukSpring Bed
- Proses pembuatan masih sangat tradisional- Proses pembuatan dengan menggunakan alat yang modern
- Permukaan kasur yang tidak mudah panas memberikan kenyamanan untuk pengguna- Tekstru yang empuk memberikan ketenangan dan kenyamanan saat tidur
- Biasanya terbuat dari bahan kapuk yang dapat diisi kembali jika kasur telah menipis- Ditopang oleh banyak pegas sehingga kuat menampung beban

Kesimpulan

Walaupun dari berbagai penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa jenis kasur terbaik tergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing setiap individu, tetapi pada akhirnya Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari jenis kasur yang Anda pilih. Jika badget mendukung dan Anda termasuk orang yang tidak mau ribet dengan perawatan mungkin memilih Spring Bed untuk kenyaman tidur adalah pilihan tepat, akan tetapi Anda pun bisa memilih Kasur Kapuk jika dirasa mampu untuk melakukan perawatan rutin seperti menjemurnya kurang lebih dua minggu sekali agar kualitas tidur Anda dan keluarga tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kasur Kapuk vs Spring Bed

VS

Leave a Reply