Home

Pilih Mana: Kasur Latex atau Memory Foam?

Umumnya durasi tidur yang disarankan adalah 7 hingga 8 jam sehari, tetapi ada beberapa orang yang perlu tidur hingga 9 jam sehari. Pemilihan kasur sangatlah penting, kasur tidak hanya berfungsi sebagai perangkat tidur, karena kasur diyakini dapat membantu menentukan kualitas tidur seseorang.

Sekarang sudah banyak kasur yang memiliki beberapa varian bahan yang berbeda, seperti halnya Kasur Latex atau Memory Foam. Kedua bahan ini memiliki keunikannya masing-masing dan tentunya menentukan kualitas tidur seseorang.

Jika Kasur Latex memiliki beberapa keunggulan seperti elastis dan tahan lama, maka Memory Foam memiliki keunggulan seperti baik untuk tulang belakang dan mampu mengikuti bentuk tubuh. Namun mengenai harga, kedua kasur ini dipercaya sama-sama memiliki harga yang tinggi dan memiliki beberapa kekurangannya masing-masing.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana karakteristik dan kelebihan kekurangannya masing-masing dari kedua bahan kasur tersebut, jadi bisa kamu jadikan acuan sebelum membeli bahan untuk kasur kamu. Stay tune ya!

Kasur Latex

Kasur lateks alami mempunyai jenis sel terbuka untuk mempermudah pergantian udara. Umumnya, kasur lateks juga dibuat dengan pinhole alami yang menolong mengoptimalkan aliran udara. Itulah kenapa kasur lateks amat bagus buat dipakai di negara-negara beriklim hangat. 

Kasur latex terbuat dari karet alam yang bersifat elastis dan awet. Di pasaran, kasur jenis lateks ini sedang naik daun, karena kasur jenis ini dipercaya dapat mendukung tubuh dengan sempurna dan juga bermanfaat sebagai anti bakteri, anti kutu dan anti polusi. Sayangnya, tidak semua orang bisa membedakan latex asli dengan latex palsu. Baca Juga Pilih Mana: Kasur Latex atau Kasur Busa?

Karakteristik Kasur Latex

  1. Dari penampilannya, kasur latex asli memiliki warna kuning keemasan. Itu karena penerapan proses pemurnian latex yang hasil akhirnya berwarna kuning. Apabila kasur latex berwarna kuning keputih-putihan, artinya kasur tersebut menggunakan latex sintetis.
  2. Kasur latex asli biasanya memiliki lubang-lubang besar yang berfungsi untuk memperlancar dan memastikan kesempurnaan elastisitas kasur.
  3. Kasur latex asli memiliki sistem side wall untuk memberikan perlindungan agar tidak jatuh terperosok saat bergerak ke pinggir kasur.
  4. Kasur latex sintetis umumnya lebih empuk, sementara latex asli lebih elastis dan fleksibel dan memiliki kepadatan tinggi.
  5. Kasur latex asli biasanya dikemas dengan bentuk asli dari latex, jika kamu tidak dapat melihat bentuk asli atau tertutup dengan penutup kasur, itu menegaskan bahwa itu adalah busa (foam).
  6. Kasur latex berkualitas tinggi biasanya memiliki zona di bagian atas dan bawah, zona ini berfungsi untuk menopang tubuh agar tidur lebih sempurna. Jika kamu tidak dapat melihat zona ini, dipastikan bahwa kasur latex ini adalah busa atau latex dengan kualitas rendah.
  7. Pastikan kamu membeli latex yang memiliki garansi resmi dan memiliki logo Latex Naturally. Dan beberapa merek sudah melengkapi diri dengan surat pengakuan World Federation of Chiropractic (Federasi Dokter Tulang Belakang Dunia) yang menjamin kualitas kasur mampu meningkatkan kualitas istirahatnya.

Kelebihan Kasur Latex

  • Anti bakteri dan jamur
    Terbuat dari serat alami bebas dari jamur dan bakteri lainnya. Bakteri dan jamur di kasur akan sangat mengganggu tidur dan juga akan menimbulkan reaksi alergi seperti gatal-gatal di kulit kamu.
  • Tidak terpengaruh oleh gerakan
    Karena ketika tidur sering sekali mengalami sensitif terhadap gerakan maka latex bisa menjadi pilihan yang tepat. Latex memiliki struktur yang solid yang membuat pergerakan teman tidur tidak akan kamu rasakan.
  • Mampu menopang tubuh dengan baik
    Latex mampu menopang berat badan dengan baik, sehingga pemakainya akan merasa lebih nyaman, tetapi bahan ini juga baik untuk pengguna yang memiliki masalah dengan tulang belakang.

Kekurangan Kasur Latex

  • Harganya relatif mahal
    Latex dibanderol dengan harga yang cukup tinggi bahkan bisa melebihi harga memory foam.
  • Memiliki bobot yang cukup berat
    Jika kamu memiliki hobi menata ulang ruangan, itu akan sedikit merepotkan dengan kasur yang satu ini, karena latex asli pastinya memiliki bobot cukup berat. Berat juga merupakan tolak ukur dari latex yang kamu beli asli atau palsu.
  • Resiko barang palsu
    Dengan memiliki beberapa kelebihan, maka kasur latex juga kerap dijadikan barang palsu. Bahan yang digunakan tentunya beda dengan kasur latex yang asli. Selain itu biasanya kasur palsu ini memiliki harga miring dipasaran. Untuk itu kalian harus berhati-hati dalam memilih kasur latex.
Spesifikasi Kasur Latex
Bahan yang digunakanKaret alami
Yang paling diunggulkan Memiliki ventilasi alami yang menjadikan sirkulasi udaranya berjalan dengan baik
Harga Rp 1.000.000 - Rp 5.000.000,- per Agustus 2019
Lihat juga:  Pilih Mana: Transvision atau MNC Vision?

Memory Foam

Menurut Kaskus.co.id, Visco Elastic Memory foam atau yang sering disebut memory foam, adalah salah satu teknologi terbaik yang pernah dimiliki oleh NASA Amerika. Awalnya memory foam dikembangkan oleh para ilmuwan Swedia untuk memproduksi kursi untuk para astronot NASA yang digunakan untuk mengurangi pengaruh tekanan gravitasi dari kekuatan bumi yang sangat kuat saat lepas landas.

Kasur memory foam bisa mengikuti lekuk tubuh seperti layaknya cetakan sebagai respon terhadap panas dan tekanan yang didapatnya. Perihal ini memberikan distribusi berat tubuh yang amat ideal. Seperti halnya kasur busa, kasur memory foam juga akan kembali ke bentuk aslinya setelah beberapa saat.

Karakteristik Memory Foam

  1. Memory foam memiliki suhu yang sangat sensitif, dan memiliki kemampuan untuk mengikuti bentuk tubuh dan dapat kembali ke bentuk aslinya.
  2. Memory foam dapat mengurangi tekanan pada tubuh saat kamu tidur di atasnya. Karena itu busa memori diyakini sebagai pengganti busa atau dakron di masa depan.
  3. Bahan busa memori berasal dari busa vicoelastic yang padat dan sudah mulai digunakan pada pembuat kasur

Kelebihan Memory Foam

  • Mampu mengikuti bentuk tubuh
    Strukturnya yang kokoh mampu menopang tubuh dengan baik. Selain itu, bahan memory foam ini memiliki kelebihan untuk mengikuti bentuk tubuh penggunanya. Elastisitasnya sendiri membuatnya mampu kembali ke posisi semula saat tidak digunakan.
  • Baik untuk tulang belakang
    Bagi kamu yang memiliki masalah pada tulang belakang, memory foam adalah kasur pilihan terbaik untuk menemani tidur kamu.
  • Antisipasi terhadap gerakan
    Terkadang pergerakan teman tidur akan membuat kamu terganggu, tetapi hal ini tidak akan terasa jika kamu bersama pasangan memilih material kasur memory foam. Karena pergerakan teman tidak akan mempengaruhi kamu.

Kekurangan Memory Foam

  • Harga relatif mahal
    Dari segi harga bahan kasur memory foam yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Namun dari segi kualitas tidak perlu khawatir lagi, memory foam memiliki kualitas yang cukup baik.
  • Struktur padat
    Material memory foam memiliki struktur yang solid (padat) sehingga akan terasa cukup keras bagi sebagian orang.
  • Terasa panas
    Memory foam mampu menyimpan panas tubuh, sehingga semakin lama kamu tiduri maka akan membuatnya semakin terasa panas.
Spesifikasi Memory Foam
Bahan yang digunakanBusa vicoelastic yang padat
Yang paling diunggulkan Material ini mampu menahan berat tubuh secara merata dan baik untuk mereka yang memiliki masalah pada tulang punggung
Harga Rp 1.065.000 - Rp 5.640.000,- per Agustus 2019

Pilih Mana: Kasur Latex atau Memory Foam?

Kasur LatexMemory Foam
- Memiliki sirkulasi udara yang sangat baik bagi penggunanya- Tingkat elastisitas yang tinggi membuatnya mudah kembali ke bentuk semula
- Dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding memory foam- Dijual dengan harga yang cukup tinggi
- Bobotnya yang cukup berat membuatnya sulit untuk dipindahkan- Tidak terlalumenyulitkan jika dipindahkan untuk mengubah suasana kamar
- Tidak terasa panas meskipun digunakan untuk tidur dalam waktu yang lama- Terasa lebih hangat jika digunakan dalam waktu yang lama

Kesimpulan

Memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun jika kamu merupakan seorang yang hobi menata dekorasi rumah sebaiknya jangan memilih kasur latex karena bobot latex sangatlah berat untuk dipindah-pindahkan. Namun latex memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak membuat kamu merasa panas dan gerah saat tidur. Struktur memory foam yang kokoh mampu menopang tubuh dengan baik dan elastisitasnya sendiri membuatnya mampu kembali ke posisi semula saat tidak digunakan. Akan tetapi memory foam mampu menyimpan panas tubuh, sehingga semakin lama kamu tiduri maka akan membuatnya semakin terasa panas. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kasur Latex vs Memory Foam

VS

Leave a Reply