OlahragaOtomotif

Pilih Mana: Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE atau Yamaha R6?

Saat ini motor sport semakin banyak hadir dan menawarkan keunggulan serta fiturnya masing-masing. Hadir dengan desainnya yang modern serta menghadirkan berbagai keunggulan membuat motor ini sangat diminati semua kalangan. Motor jenis ini sejatinya memang didesain untuk tampil lebih sporty dan gahar. Dengan body besar yang siap untuk touring kemana pun, akan lebih nyaman digunakan berkendara untuk jarak jauh sekalipun.

Pada artikel kali ini, kami akan membandingkan dua motor sport yang populer di dunia yaitu, Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE 2017 serta Yamaha R6. Bagaimana fitur dan spesifikasi dari keduanya? Simak pembahasan berikut ini!

Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE

Siapa yang tak mengenal Kawasaki? Industri motor sport di Indonesia kembali diramaikan dengan kehadiran Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE 2017. Motor keluaran pabrik asal Jepang ini adalah sebuah motor seri terbaru dari Ninja yang mengusung mesin berkapasitas 636cc. dari segi desain motor moge satu ini memiliki tampilan layaknya motoGP dengan dilapisi full firing yang sangat sporty.

Tak hanya tampilannya yang menjadi daya tarik para konsumennya, motor ini juga telah dilengkapi fitur seperti KTRC 3 Mode pilihan power mode dan kibs yang hadir dari model flagh ship kawasaki dimana fitur ini berguna untuk menikmati performs drop riding yang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Spesifikasi:

Dimensi

  • Panjang 2.085 mm
  • Lebar 705 mm
  • Tinggi 1.115 mm
  • Jarak sumbu roda 1,395 mm
  • Jarak terendah ketahan 130 mm
  • Berat 192 kg
  • Ukuran Tangki Bahan Bakar 17 liter

Mesin

  • Tipe Mesin Pendingin cairan, 4 tak, 4 silinder sejajar
  • Volume Silinder 636 cc
  • Sistem Suplay Bahan Bakar Fuel Injection
  • Diameter langkah 67.0 x 45.1 mm
  • Daya Maksimum 131 PS / 13,500 rpm
  • Torsi Maksimum 71 N.m / 11,500 rpm
  • Gigi Transmisi 6-speed constant mesh
  • Pola Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
  • Sistem Starter Electric dan Kick Starter
  • Daftar Harga-Harga Motor Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE
  • Harga Motor Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE Baru Rp 295.000.000 –

Kelebihan Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE

1. Desain Aerodinamis dan Sporty
Kelebihan pertama Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE yang pertama hadir pada sektor desain, dimana motor ini memiliki aura khas motor balap yang gahar, racy dan sporty. Desainnya sangat aerodinamis dari bagian depan hingga belakangnya. Selain itu, pada bagian depan memiliki bentuk head firing yang meruncing dengan aksen lubang udara atau air intake yang berfungsi meninginkan radiator mesin.

2. Kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 17 liter
Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE juga hadir pada kapasitas tangkinya yang memiliki penyimpanan bahan bakar yang mencapai 17 liter sehingga dirasa cukup untuk menempuh perjalanan jauh untuk sekali pengisian bahan bakar.

3. Mesin Powerfull dan Tangguh
Selain itu, mesin yang digunakan motor ini sangat powerfull dan tangguh. Menggunakan mesin 4 stroke dengan silinder segaris berkapasitas 636 cc dengan menggunakan teknologi DOHC yang menggunakan 16 katup serta memiliki komperasi pembakarannya mencapai 12.9 : 1 yang mengeluarkan tenaga hingga 131 pS pada putaran 13.500 rpm dan untuk torsi maksimalnya sendiri mencapai 71 Nm pada putaran mesin 11.500 rpm.

4. Menggunakan Sistem Pendingin Liquid Cooled
Untuk tenaga motor ini sendiri telah disalurkan dengan transmisi 6 percepatan dan mempunyai sistem pendingin Liquid Cooled atau biasa disebut dengan pendingin cair.

5. Suspensi Tangguh
Mengenai suspensi yang digunakan motor ini sangat tangguh dan khas motor sport dimana pada sisi bagian depan telah menggunakan suspensi 41 mm inverted fork, kemudian untuk suspensi belakangnya menggunakan Bottom Lnk Uni Trak yang mampu memberikan kenyamanan disaat motor ini melewati jalan yang bergelombang. Di sisi lain, motor ini telah dilengkapi dengan sistem keamanan seperti rem depan Dual semi-floating 310 mm (x t5 mm) petal discs with ABS, dan untuk rem belakangnya menggunakan Single 220mm (x t5mm) petal disc with ABS.

Kekurangan Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE

1. Harganya Mahal
Kekurangan yang pertama pada motor ini terletak pada masalah harga, pasalnya motor sport ini memiliki harga yang sangat mahal. Motor sport memang memiliki cc yang gahar tentunya juga memiliki harga yang mahal jika dibandingkan dengan motor-motor pada umumnya.

2. Posisi Setang Terlalu Rendah
Posisi riding dari motor ini memang kurang begitu maksimal, dikarenakan posisi stang yang berada di bawah tangki bensin yang membuat penggunanya akan mudah pegal saat digunakan dalam jarak yang cukup jauh.

3. Posisi footstep terlalu tinggi dan kebelakang
Kekurangan berikutnya, ada pada bagian footstep yang dinilai terlalu tinggi dan posisinya yang terlalu kebelakang, sehingga saat digunakan untuk melintasi jalan perkotaan yang rawan macet, tentunya akan memberikan kesulitan bagi para penggunanya karena sering memijakan kakinya ke aspal untuk menopang motor ketika terjebak macet.

YAMAHA R6

Yamaha R6 ini merupakan salah satu motor besutan Yamaha yang memang memiliki bentuk dan desain sampai ke mesin yang menarik. Selain itu, dengan mengadopsi desain dari generasi R yang memiliki dual LED light dengan desain yang terbilang sangat agresif membuat banyak orang yang tertarik dengan motor ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Suzuki Ignis Facelift atau Honda Brio?

Namun, desain dari Yamaha R6 ini sendiri memang terbilang sedikit lebih kecil, ini tentunya pengaruh dari mesinnya yang digunakan. Meski demikian Yamaha R6 terbaru ini memiliki desain yang sangat kekinian dan juga aerodinamis yang dihasilkan pun cukup baik.

Spesifikasi:

Dimensi

  • Panjang X Lebar X Tinggi 2.040 mm x 705 mm x 1.095 mm
  • Jarak Sumbu 1.375 mm
  • Jarak Terendah Ke Tanah 130 mm
  • Tinggi Jok 850 mm
  • Berat Isi 189 kg
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar 17 liter

Mesin

  • Tipe Mesin 4 silinder, 4 tak, Liquid Cooled, DOHC
  • Volume Silinder 599 cc
  • Daya Maksimal 91.0 kW (123.7 PS) @ 14.500 rpm
  • Torsi Maksimal 65.7 Nm (6.7 kg-m) @ 10.500 rpm
  • Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
  • Transmisi 6 Percepatan, constant mesh
  • Harga Motor Yamaha R6 Baru Rp. 270.000.000,-

Kelebihan Motor Yamaha R6

1.  Dirancang Sporty dan Aerodinami
Jika di lihat dari sisi bodynya, desain motor yamaha R6 terbaru ini telah dirancang lebih sporty dan lebih menekankan pada sisi aerodinamisnya, sehingga motor yamaha sport ini akan dapat memaksimalkan kecepatannya pada saat dikendarai.

2. Menggunakan Kerangka Kuat dan Tidak Berat
Kelebihan yamaha YZF-R6 selanjutnya ialah terdapat pada bagian kerangka, dimana kerangkan motor yamaha R6 ini menggunakan jenis kerangka deltabox yg merupakan kerangka khusus digunakan motor pabrikan yamaha dgn bahan aluminium. Sehingga kerangka motor yamaha ini akan menjadi lebih kuat namun juga tidak terlalu berat.

3. Nyaman Saat Dikendarai
Untuk keluaran terbaru motor yamaha sport ini telah dirancang menggunakan suspensi depan model upside down. Menjadikan suspensinya menjadi lebih nyaman saat dikendarai.

4. Performa Mesin Yang Handal
Tipe mesin yg digunakan motor ini adalah 4 tak DOHC berpendingin cair dgn kapasitas silindernya sendiri adalah 599 cc menggunakan 4 silinder segaris. Sehingga motor yamaha sport ini mampu memberikan daya maksimum mencapai 123.7 PS dan mampu memberikan torsi maksimalnya mencapai 65.7 Nm. Untuk sistem bahan bakarnya sendiri, motor yamaha ini telah menggunakan sistem Fuel Injection, sehingga konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit.

5. Dilengkapi Sistem Rem ABS
Dari sisi fiturnya, motor yamaha R6 ini telah dilengkapi dengan adanya fitur rem ABS dan telah terpasang fitur Electronic Rider Aids yg akan lebih mempernyaman para pengguna. Selain itu, speedometer motor yamaha R6 ini  dirancang dengan model analog dan digital, sehingga para pengguna akan dengan lebih mudah mengetahui informasi mengenai motor sport yamaha ini dgn lebih mudah. Dan untuk kanlpot motor yamaha ini juga telah dirancang dengan adanya fitur exup system, sebuah fitur yg akan lebih memaksimalkan gas buang dari mesin.

Kekurangan Motor Yamaha R6

1.  Desain Lampu Sein / Turning Depan Terlalu Kecil
Kekurangan pertama dari motor yamaha R6 ini ialah desain lampu turning atau sein bagian depan dirancang terlalu kecil. Menjadikan hal tersebut kurang tampak terlihat pada saat memberikan tanda pada saat berbelok ataupun akan mendahului kendaraan lain.

2. Desain Jok Motor Terlalu Jauh
Dan kelemahan motor yamaha R6 selanjutnya ialah terdapat pada bagian desain kursi atau jok, desain jok motor Yamaha R6 ini membuat para pengguna harus menggunakan motor ini dengan posisi membungkuk. Pasalnya, desain tangki bahan bakarnya terlalu panjang, dan akan membuat pengguna merasa kurang nyaman.

3. Body Samping Masih Terbuat dari Bahan Plastik
Pada bagian body samping, material yang digunakan masih berbahan plastik. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika terjadi benturan, body samping motor akan lebih mudah pecah atau retak saat menabrak benda lain.

4. Perawatan Terlalu Mahal
Tidak seperti motor sport lain, biaya perawatan motor yamaha R6 ini terbilang mahal, hal tersebut terlihat dengan harga belinya yang tinggi. Sehingga sparepart orisinil yang digunakan pada motor yamaha ini pun pastinya akan mahal, selain itu tidak semua bengkel akan menyediakan sparepart motor yamaha sport ini.

Pilih Mana: Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE atau Yamaha R6?

Keterangan Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SEYamaha R6
Kelebihan -Desain Aerodinamis dan Sporty - Kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 17 liter - Mesin Powerfull dan Tangguh - Menggunakan Sistem Pendingin Liquid Cooled - Suspensi Tangguh- Dirancang Sporty dan Aerodinami - Menggunakan Kerangka Kuat dan Tidak Berat - Nyaman Saat Dikendarai - Performa Mesin Yang Handal - Dilengkapi Sistem Rem ABS
Kekurangan - Harganya Mahal - Posisi Setang Terlalu Rendah - Posisi footstep terlalu tinggi dan kebelakang - Desain Lampu Sein / Turning Depan Terlalu Kecil - Desain Jok Motor Terlalu Jauh - Body Samping Masih Terbuat dari Bahan Plastik - Perawatan Terlalu Mahal

Kesimpulan

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE dan Yamaha R6 yang dapat kami berikan. Bagi anda yang  tertarik dan ingin membelinya, silahkan siapkan budget yang sudah kami jelaskan pada artikel di atas. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE atau Yamaha R6

VS