Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Keju atau Coklat?

Siapa yang tidak mengenal Keju dan Coklat? Ya, Keju dan Coklat memiliki rasa yang nikmat sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Banyak cara mengkonsumsi Keju dan Coklat ini seperti dengan roti tawar, es krim, martabak keju serta coklat dijadikan sebagai topping yang memberi rasa enak pada makanan. Keju dan Coklat memiliki beberapa jenis, disini saya akan menjelaskan jenis- jenis dari Keju dan Coklat. Yuk, dibaca ya…

Keju

Keju adalah sebuah makanan yang berasal dari” turunan” susu. Yang diartikan dengan turunan susu ini adalah susu yang diproses dengan suatu cara pengentalan dengan bantuan bakteri atau enzim yang disebut rennet. Setelah proses pengentalan, dilakukan lagi beberapa cara yang lain untuk menghasilkan keju yang keras dengan rasa yang khas.

Biasanya, susu yang digunakan dalam pembuatan keju adalah susu sapi. Tetapi, susu dari binatang ternak lain seperti kambing, unta, serta domba juga bisa diolah menjadi keju. Rennet yang digunakan dalam proses pengentalan juga biasanya menggunakan rennet hewani. Tetapi, saat ini sudah banyak keju yang menggunakan rennet nabati dalam prosesnya. Baca juga Pilih Mana: Es Krim atau Gelato?

Nah, berbeda keju, beda juga bahan serta sistem membuatnya loh. Di dunia ini ada lebih dari 400 jenis-jenis keju yang dibuat dari berbagai susu dan proses pembuatan. Berikut beberapa jenis-jenis keju yuk, dibaca ya.

Keju Parmesan

Salah satu keju yang cukup populer. Keju ini berasal dari Parma, Italia dan dibuat dari susu sapi. Cara pembuatannya bervariasi mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan lamanya, tekstur keju Parmesan tergolong padat.

Tetapi keju ini lebih sering dijual dalam versi bubuk dan dijadikan taburan keju untuk berbagai macam makanan. Bentuknya bundar menyerupai drum dengan kulit luaran berwarna kuning pucat. Aroma keju ini terasa manis seperti buah dan rasanya tidak terlalu tajam.

Keju Cheddar

Nama keju Cheddar ini ternyata diambil dari tempat asalnya di Inggris, yaitu desa Cheddar di Somerset. Merupakan salah satu keju yang cukup populer di Indonesia, keju ini dikategorikan ke dalam keju keras. Biasanya, keju ini dijadikan bagaikan bahan dasar utama untuk membuat penganan kue ataupun makanan.

Usia keju Cheddar dapat ditunjukkan berdasarkan warnanya. Keju Cheddar yang masih muda tampak putih gading dengan tekstur yang sedikit lunak, sebaliknya yang sudah lama memiliki warna kuning dan tekstur yang lebih keras.

Keju Mozzarella

Siapa yang tidak kenal keju mozarella? Jenis keju ini tentunya sudah sangat kamu kenali karena sering dijumpai di berbagai gerai makanan seluruh Indonesia. Berasal dari Italia, keju ini terbuat dari campuran susu sapi atau kerbau yang diproses hingga menghasilkan tekstur yang lembut dan lunak.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk menyajikan keju Mozarella adalah saat hidangan masih dalam keadaan hangat. Umumnya, keju Mozarella digunakan sebagai topping dalam menu utama seperti pizza, lasagna atau dimakan bersama dengan irisan tomat dan basil.

Keju sangat mudah untuk didapatkan seperti di toko- toko kue, di supermarket atau swalayan misalnya Hypermart. Bahkan di online shop juga banyak dijual.

Coklat

Coklatberasal dari kata Xocolat yang merupakan kombinasi kata xocolli yang artinya pahit dan alt yang artinya air. Suku Maya adalah suku pertama yang menemukan rahasia Coklat pada tahun 250 M. Pada sekitar tahun 900 M biji Coklat menjadi komoditas utama masyarakat Meso-Amerika.

Tahun 1521 M, Hernan Cortes mengambil alih Meksiko serta Spanyol dan mulai mendalami Coklat. Tidak lama kemudian, biji Coklat dan Coklat mulai merambah spanyol. Dalam waktu 100 tahun, kecintaan pada Coklat melanda di seluruh Eropa.

Masuknya Coklat ke Indonesia melalui Bangsa Spanyol. Mereka membawa Coklat ke Sulawesi, tepatnya ke Minahasa di tahun 1560. Namun begitu, ekspor kakao dari Indonesia baru dimulai pada zaman penjajahan Belanda.Pulau Jawa mulai ditanami kakao di tahun 1880. Dengan perkembangan zaman jenis- jenis coklat sudah sangat banyak, berikut beberapa jenis- jenis Coklat. Yuk, dibaca ya.

Cocoa Powder

Cocoa powder atau Coklat serbuk memiliki aroma yang kuat. Coklat ini umumnya menjadi bahan dasar sebuah kue. Tetapi, dibuat untuk campuran minuman juga tidak kalah enak, lho.

Coklat serbuk terbuat dari endapan biji Coklat yang sudah dipisahkan dari lemak Coklat. Kemudian, endapan dikeringkan dan digiling halus sehingga menjadi tepung Coklat.

Couverture Chocolate

Coklat jenis ini nih, yang disebut sebagai the real chocolate karena rasanya cenderung pahit dan harganya lebih mahal. Bahan- bahannya terdiri dari cocoa mass, cocoa butter dan gula. Semakin sedikit gula, maka rasanya akan semakin pahit.

Proses pengolahannya lebih sulit karena membutuhkan peralatan khusus serta dibuat dengan cara dilelehkan. Serunya, couverture Coklat mudah lumer di mulut serta memiliki rasa fruity yang pahit.

Compound Chocolate

Ini dia jenis Coklat yang sering kita konsumsi. Coklat compound sebenarnya mirip dengan Coklat Couverture, tetapi komposisi cocoa butter diganti dengan lemak nabati sehingga harganya lebih murah.

Secara rasa, Coklat compound cenderung lebih manis dan proses pembuatannya lebih mudah. Coklat Compound terbagi menjadi 3 jenis, yaitu dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate.

Sama seperti Keju. Coklat juga sangat mudah untuk didapatkan seperti di toko- toko kue, di supermarket atau swalayan misalnya Hypermart. Bahkan di online shop juga banyak dijual.

Pilih Mana: Keju atau Coklat?

KejuCoklat
Kelebihan - Mampu mencegah osteoporosis - Menjaga kesehatan pada gigi - Mengkonsumsi keju sesuai takaran bisa menambah berat badan- Mampu menurunkan tekanan darah - Meningkatkan mood memang sering menjadi ukuran semangat seseorang - Memperhalus kulit zat anti oksidan pada coklat juga berperan penting untuk membuat kulit kita semakin halus
Kekurangan- Mempengaruhi sistem pernapasan jika dikonsumsi berlebihan - Mempengaruhi kulit jika dikonsumsi berlebihan - Terganggunya sistem susunan saraf pusat, sistem kandung kemih, dan sistem hormonal- Membuat Pusing jika terlalu banyak dikonsumsi - Membuat gigi rusak jika terlalu banyak dikonsumsi berakibat buruk bagi kesehatan gigi - Beberapa orang terdapat yang wajib haram buat makan coklat disebabkan alergi pada barang khusus

Kesimpulan:

Pada umumnya Keju dan Coklat memiliki rasa yang berbeda Keju lebih cenderung memiliki rasa asin sebaliknya Coklat memiliki rasa manis. Tetapi kedua ini sangat banyak disukai oleh banyak orang. Jadi bisa disesuaikan saja dengan kamu bila ingin makanan manis Coklat bisa menjadi pilihan kamu, begitupun sebaliknya ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Keju vs Coklat

VS

Leave a Reply