Home

Pilih Mana: Kem-Tone atau No Drop?

Komponen yang paling penting dalam bangunan yang saat ini tidak boleh terlewatkan bagi kebanyakan orang adalah cat tembok, Karena selain untuk mempercantik sebuah bangunan, Warna dari cat tembok juga dapat memberikan kesan nyawa pada sebuah bangunan agar terlihat lebih menarik dan enak di pandang, Salah satu cat tembok yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya yaitu Kem-Tone dan No Drop.

Kem-Tone dan No Drop merupakan sebuah cat yang mempunyai kualitas warna yang sangat bagus dan sudah banyak di percaya banyak pemilik rumah, cafe, hotel, dll. Namun, dari keduanya manakah yang lebih unggul? Yuk langsung saja kita bahas pada artikel di bawah ini.

Kem-Tone

Cat tembok Kem-Tone merupakan cat tembok berkualitas tinggi bernuansa satin yang lembut khusus untuk interior. Dengan permukaan cat yang sedikit mengkilap seperti kain satin, membuat nuansa ruangan anda tampak lebih luas dan terang tanpa kesan menyilaukan. Dapat dibersihkan dengan spons dan air sabun. Mengandung kadar VOC yang sangat rendah. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau Catylac?

Cat Kem-Tone merupakan cat yang juga menyediakan warna oplosan. Warna oplosan yang dimaksud yaitu, kalian dapat memilih dan mencampurkan warna sesuai dengan keinginan kalian. 

Beberapa jenis Kem-Tone

Kem-tone Ultraprimer
Cat dasar berbahan dasar air digunakan khusus untuk tembok yang memiliki kadar kelembaban tinggi. Kemasan: 3,78 liter dan 18,9 liter. Daya sebar teoritis: 45 – 50 m² /galon (tergantung jenis permukaan tembok).

Kem-tone Wall Sealer
Cat dasar berbahan dasar minyak khusus untuk pengecatan ulang pada tembok yang mengapur, dan untuk mempercantik cat lama (khusus cat Kem-Tone) agar warnanya tampak cerah kembali. Cat dasar ini bersifat mengikat kembali partikel pigmen yang lepas pada permukaan cat yang kusam. Kemasan: 3,78 liter dan 18,9 liter. Daya sebar teoritis: 45 – 50 m²/galon (tergantung jenis permukaan tembok).

Kem-Tone Gypsum dan Ceiling Paint
Cat khusus untuk permukaan plafon gypsum interior. Keunggulan cat ini adalah bersifat “Non Spattering” (tidak menyiprat atau menetes pada saat diaplikasikan), “Non Yellowing”, dan tidak perlu diencerkan. Hasil akhir flat (dof) dapat membantu menutupi ketidaksempurnaan permukaan plafon. Ramah lingkungan dan mengandung kadar VOC yang sangat rendah. Kemasan: 3,78 liter dan 18,9 liter. Daya sebar teoritis: 20 – 25 m² /galon (tergantung jenis gypsum). Berikut pada tabel di bawah ini beberapa cat Kim-Tone beserta harga per September 2019 :

Kem-Tone Ukuran Harga
Kem-Tone Interior satin warna putih 8003,78 liter197.000
Kem-Tone Interior satin warna putih 80018,9 liter 947.500
Kem-Tone Interior satin warna muda 3,78 liter 205.000
Kem-Tone Interior satin warna muda 18,9 liter 970.000
Kem-Tone Interior satin warna special/tua 18,9 liter 1.138.500

Kelebihan Kem-Tone

  • Tahan terhadap segala cuaca
    Dilengkapi bahan anti lumut dan jamur. Warna tidak mudah pudar serta memiliki ketahanan sinar UV matahari, Sehingga untuk penggunaan cat tembok untuk di dinding luar rumah sangat cocok dan warna pun dapat bertahan lama.
  • Kotoran yang gampang di bersihkan
    Masalah utama para orang tua yang mempunyai anak kecil yaitu tembok yang gampang kotor akibat makanan maupun gambar yang ada pada tembok, Namun, menggunakan Kem-Tone kalian tidak perlu khawatir karena, kotoran tidak mudah melekat dan dapat dibersihkan dengan air sabun. Cat yang di gunakankan pun agar kembali seperti baru.
  • Warna yang tahan lama
    Kem-Tone di lengkapi bahan dasar air yang tahan pH tinggi/basa khusus, yang membuat hasil warna cat dapat bertahan lama dan warna tidak mudah pudar hingga 5 Tahun (syarat dan ketentuan berlaku).

Kekurangan Kem-Tone

  • Nama yang sedikit asing bagi sebagaian orang
    Jika dibandingkan dengan No-drop,  Nama Kem-Tone masih sedikit terdengar asing. Marketing cat Kem-Tone dan penguasaan pasar cat Kem-Tone masih sedikit dibawah dengan cat No-Drop.
  • Warna oplosan yang terkadang tidak sesuai 
    Cat Kemtone menyediakan cat dengan warna oplosan, ini sebenarnya memberikan keuntungan kepada pelanggan yang kesulitan dalam memilih warna. Namun, kekurangan dari cat oplosan ini adalah kadang warna yang diinginkan tidak sesuai ketika telah dioplos atau dicampur.
  • Harga yang mahal
    Harga cat Kem-Tone dibandrol dengan harga yang cukup mahal di bandingkan dengan No Drop, pada kemasan dengan berat 5 kg Kim-Tone di bandrol dengan harga Rp. 500.000,- (per September 2019) sedangkan No Drop pada kemasan yang berukuran 4kg di bandrol dengan harga Rp. 170.000,-(per September 2019), walaupun berbeda dari segi berat namun dapat kita lihat perbandingan harga sangat jauh diantara keduanya.

No Drop

No Drop adalah cat pelapis anti bocor berasal dari Avian , No Drop memiliki sifat elastis, kedap air, serta sangat tahan cuaca, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis, bahkan permukaan terakota. Beberapa keunggulan No Drop yaitu:

  • Kedap air
  • Sangat tahan cuaca
  • Sangat elastis
  • Tahan lama
  • Dekoratif
  • Lebih kuat
  • Sangat mudah digunakan  
Lihat juga:  Pilih Mana: Kem-Tone atau Aquaproof?

Beberapa Jenis No Drop

No Drop Tinting
No Drop Tinting merupakan cat pelapis anti bocor dekoratif yang bisa melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air sekaligus memperindah tembok rumah anda dengan cat warna cerah dan beraneka ragam. Terbuat dari resin yang mengandung acrylic sehingga cocok untuk tembok luar maupun dalam.

No Drop 100
No Drop 100 dapat digunakan untuk bahan pelapis anti bocor untuk kamar mandi yang terdiri dari 2 komponen yaitu powder berbasis semen dan liquid berbasis emulsi acrylic.

No Drop Bitumen Black
No Drop Bitumen Black merupakan pelapis bitumen non fiber berbasis air, bersifat elastis dan bermutu tinggiι Memberikan perlindungan pada permukaan beton, plasteran, logam/besi maupun kayu sebagai pelapis anti bocor, mencegah rembesan air serta anti karatι Setelah mengering No Drop Bitumen Black akan menjadi lapisan bitumen berwarna hitam yang akan melindungi permukaan.

No Drop 107
No Drop 107 merupakan bahan pelapis kedap air yang terdiri dari 2 komponen yaitu cairan berbasis emulsi acrylic dan powder berbasis semen, aditif dan fillerι No Drop 107 sangat bagus untuk digunakan pada permukaan yang  sangat sering terendam air.

Seperti basement, lantai dasar kamar mandi, bak mandi, kolam renang, dak beton atau bagian-bagian bangunan yang rawan kebocoran. Berikut pada tabel di bawah ini beberapa cat No Drop berbagai ukuran beserta harga per September 2019 :

No Drop Ukuran Harga
No Drop1 kg46.200 – Rp50.000
No Drop4 kg162.000 – Rp175.000
No Drop Bitumen Black20 kg510.000
No Drop20 kg765.000 – Rp890.000

Kelebihan No Drop

  • Memiliki variasi harga yang menarik
    Harga cat No Drop sangat beragam karena dibedakan berdasarkan ukuran kemasannya. Tersedia kemasan dengan ukuran mulai dari 1 kg, 4 kg, hingga yang 20 kg. Selain itu setiap toko bangunan yang menjual cat memiliki patokan harga yang berbeda-beda tergantung dari harga jual di daerahnya masing-masing. Karena biasanya harga No Drop yang beredar di setiap daerah berbeda-beda.
  • Memiliki kualitas tinggi
    Sebelum membeli cat yang akan digunakan untuk mempercantik rumah Anda, tentunya Anda perlu memperhatikan kualitas dari catnya terlebih dahulu. No Drop merupakan cat anti bocor dan tahan air yang sudah teruji kualitasnya dan terpercaya. Hal ini dikarenakan formulanya dapat melapisi dinding rumah secara maksimal, sehingga bisa mencegah kebocoran.
  • Dapat digunakan di semua bagian rumah
    No drop memiliki daya rekat kuat sehingga bisa melindungi bagian tembok luar yang sering terkena paparan sinar matahari dan terkena hujan. Cat yang memiliki kualitas rendah biasanya warnanya akan mudah pudar, Namun No Drop tidak demikian. Cat merk ini memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga cocok bila akan digunakan baik pada dinding luar rumah, dalam rumah, hingga di kamar mandi yang cenderung lembab.

Kekurangan No Drop

  • Konsistensi encer
    No Drop dinilai memiliki konsistensi cat yang cukup encer dibandingkan No Drop.  sehingga dalam pengaplikasiannya No Drop sering menetes kemana-mana dan tentunya akan membuat penggunaan cat menjadi semakin boros.
  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Sebagian orang menyukai cat praktis yang dapat digunakan untuk interior dan eksterior dalam satu cat. Sayangnya, No Drop membedakan produk cat interior dan eksterior. Dengan demikian jika Anda membutuhkan kedua jenis cat tersebut, Anda perlu membeli kedua jenisnya.
  • Tidak bisa mengoplos warna sesuai dengan keinginan
    Berbeda dengan Kim-Tone yang dapat mengoplos atau mencampur warna sesuai dengan kemauan kita, Namun, pada cat No Drop ini kita tidak bisa mengoplos dan hanya memilih warna yang sudah di tersedia.

Pilih Mana: Kem-Tone atau No Drop?

Kem-Tone No Drop
Kelebihan- Tahan terhadap segala cuaca - Kotoran yang gampang di bersihkan  - Warna yang tahan lama  - Memiliki variasi harga yang menarik - Memiliki kualitas tinggi - Dapat digunakan di semua bagian rumah
Kekurangan- Nama yang sedikit asing bagi sebagaian orang - Warna Oplosan yang terkadang tidak sesuai  - Harga yang mahal  - Konsistensi encer - Cat interior dan eksterior masih dibedakan - Tidak bisa mengoplos warna sesuai dengan keinginan 

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kualitas Kem-Tone dan No Drop sudah tidak perlu diragukan lagi, karena keduanya mempunyai warna yang awet. Namun, dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulannya masing-masing, Seperti pada cat Kim-Tone yang menawarkan warna oplosan yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita. tetapi kekurangannya di bandrol dengan harga yang cukup mahal. Berbeda dengan No Drop yang dibandrol dengan harga murah tetapi kita hanya memilih waran yang tersedia tetapi pada No Drop diklaim anti bocor. Tetapi teteap saja, Semuanya sesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan kalian ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kem-Tone vs No Drop

VS

Leave a Reply