Lainnya

Pilih Mana: Kertas HVS atau Kertas Folio?

Di dalam dunia pendidikan dan perkantoran, penggunaan kertas untuk urusan cetak mencetak sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Kertas yang umum digunakan adalah kertas jenis HVS(Houtvrij Schrijfpapier) yang berasal dari bahasa Belanda, yang artinya kertas tulis bebas serat kayu dan juga kertas Folio. Disini saya akan menjelaskan mengenai kedua macam kertas tersebut.

Kertas

Kertas dalam bahasa Inggris disebut paper dan dalam bahasa Belanda disebut papier. Kertas merupakan barang baru ciptaan manusia berbentuk lembaran-lembaran pipih yang dapat dirobek, digulung, dilipat, direkat, dicoret memiliki sifat yang berbeda dari bahan bakunya seperti tumbuh-tumbuhan. Kertas terbuat untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat beragam.

Kertas diketahui sebagai alat penting untuk menulis, mengecap dan melukis serta banyak kegunaan lain yang dapat dicoba dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan atau toilet. Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia.

Saat sebelum ditemui kertas, bangsa-bangsa dulu memakai tablet dari tanah lempung yang terbakar. Hal ini dapat ditemukan dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batu, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti ditemukan pada dokumen dokumen Nusantara sebagian zaman lampau.

Jenis kertas sesuai keinginan sangat mudah didapatkan kamu dapat ke toko alat tulis terdekat di daerah kamu seperti Gramedia. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Pulpen atau Pensil?

Kertas HVS

HVS merupakan singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier (bahasa Belanda), yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas jenis HVS terbuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak memiliki lignin (perekat antar serat di dalam pohon), sehingga tidak mudah berganti warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau cahaya lampu.

Kertas HVS merupakan kertas tulis berkualitas tinggi yang muncul dengan berbagai ukuran. Baik ukuran format (pxl) maupun ukuran berat. Di Indonesia kertas HVS biasanya dibuat dengan 3 tingkat ukuran berat yaitu 60 gram, 70 gram dan 80 gram.

Bahan dasar kertas ini merupakan bubur kertas atau pulp tanpa lignin. Lignin merupakan perekat antar serat yang biasa ditemukan dalam pohon. Karena tanpa lignin, warna kertas juga lebih awet. Kertas tidak mudah kekuningan ketika dipanaskan di bawah sinar lampu atau cahaya matahari.

Ukuran Kertas HVS

Kertas HVS ukuran A4
Ukuran kertas ini merupakan kertas yang sangat terkenal di kalangan kantoran, kertas ini digunakan untuk kebutuhan surat, proposal, sertifikat, serta beberapa dokumen yang lain.

Kertas HVS ukuran A3
Ukuran kertas ini banyak digunakan untuk kebutuhan seperti poster, sertifikat, buku gambar, atau kanvas.

Kertas HVS ukuran A2
Biasa digunakan untuk hal yang bersifat informatif seperti poster, tabel pemberitahuan dan lain-lain.

Kertas HVS A1
Kertas ini ukuranya 8x lebih besar dari kertas A4, ukuran ini juga bersifat informatif untuk kebutuhan mading atau tabel.

Kertas HVS A0
Kertas ini tidak sering digunakan, karena belum banyak kebutuhan yang digunakan pada ukuran kertas ini.

Kertas Folio

Kertas Folio sudah tidak asing lagi ditelinga kita dan ukuran kertas folio ini termasuk dalam ukuran kertas seri F ialah F4. Kertas folio atau F4 ini berukuran 21,5 centimeter x 33,0 centimeter atau 8,5 inch x 13 inch.

Banyak orang yang beranggapan jika kertas folio mempunyai ukuran yang sama dengan kertas legal pada ukuran microsoft word pada komputer. Tetapi ternyata opini itu salah, karena meski jenisnya sama tetapi ternyata ukuran kertas folio dan legal berbeda.

Kertas Folio ukuran lebih pendek 2 centimeter jika dibanding dengan kertas legal pada microsoft word. Karena itulah, jika kita mau melakukan pencetakan dengan ukuran folio, maka kita wajib mengaturnya dengan mengganti width 21,5 centimeter dan height 33 centimeter. Kertas Folio ini bahkan dijual dalam kumpulan dalam bentuk buku.

Ukuran kertas folio memang cukup besar dan panjang serta sangat sering digunakan sebagai pembukuan. Jika folio polos atau F4 digunakan untuk pembukuan yang dilakukan dengan pengetikan, kertas folio bergaris biasanya digunakan untuk pembukuan yang ditulis dengan cara manual atau dengan tangan.

Jenis kertas folio sesuai keinginan sangat mudah didapatkan kamu dapat ke toko alat tulis terdekat di daerah kamu seperti Gramedia dan toko-toko alat tulis lainnya.

Ukuran Kertas Folio

Milimeter
Dalam ukuran kertas folio terdapat tipe satuan ukuran mm. Ukuran kertas folio dalam satuan mm merupakan 210 x 330 milimeter.

Centimeter
Ukuran kertas folio juga tersedia dalam satuan ukuran lainnya yaitu cm. Dalam ukuran cm, kertas folio mempunyai ukuran 21,0 x 33,0 centimeter.

Inch
Tidak hanya mm dan cm, kertas folio lagi mempunyai tipe satuan ukuran lainnya yaitu dalam satuan inchi. Ukuran kertas folio dalam satuan inchi yaitu 8,27 x 12,99 inc.

Kegunaan Kertas HVS dan Kertas Folio

Kegunaan dari kertas HVS dan Folio juga sama saja, banyak yang membutuhkan kedua kertas tersebut baik di kalangan pelajar sampai di kalangan orang kantoran. Hanya saja disesuaikan dengan kebutuhan masing- masing.

Pilih Mana: Kertas HVS atau Kertas Folio?

Kertas HVSKertas Folio
Kelebihan - Mudah didapatkan - Harga yang cukup murah - Banyak manfaat yang bisa digunakan- Memiliki banyak ukuran - Mudah didapatkan - Harga yang cukup murah
Kekurangan- Mudah robek - Mudah kusut- Kertas jenis apapun memang rentan dengan robek - Mudah kusut

Kesimpulan

Sebenarnya kertas jenis apapun sangat dibutuhkan baik dikalangan pelajar maupun di kalangan kantoran juga lainnya. Hanya saja disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Kertas HVS dan Kertas Folio juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama juga kedua kertas tersebut mudah didapatkan dimana saja. Dengan harga yang cukup murah baik bagi pelajar juga dapat membelinya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kertas HVS vs Kertas Folio

VS

Leave a Reply