AksesorisElektronikHomeKantorTechnology

Pilih Mana: Keyboard Mekanikal atau Keyboard Membran?

Apakah Anda tipikal orang yang senang bermain game? Jika benar, apakah Anda mementingkan jenis keyboard saat bermain?

Ada berbagai jenis keyboard biasa digunakan oleh para gamers seperti Mechanical Keyboard dan Membrane Keyboard. Kedua jenis ini memang menjadi perlengekapan yang cukup penting untuk menunjang kegiatan gaming.

Lantas, apa perbedaan dari kedua keyboard ini? Simak ulasan berikut ini!

Keyboard Teknologi Mekanikal

Saat ini, keyboard mekanikal merupakan penyempurnaan dari teknologi keyboard mekanikal sebelum tergantikan oleh keyboard membran. Penyempurnaan ini meliputi penggunaan materialnya yang solid hingga beragam teknologi lain yang membuat jenis keyboard ini jadi incaran bagi para gamers.

Keyboard mekanikal sendiri menempatkan individual switch pada masing-masing tombol. Jadi, masing-masing tombol pada keyboard mempunyai mekanik tersendiri yang dilengkapi oleh pegas sehingga tombol bisa memantul secara sempurna. Baca Juga 11 Merk Keyboard Terbaik 2022

Kelebihan Keyboard Mekanikal

1. Tahan lama.
Keyboard mekanikal menggunakan switch mekanik berbahan metal dan plastik. Keyboard mekanikal pun terasa lebih berat dan kokoh, karena memang switch yang digunakan merupakan switch berkualitas tinggi.

2. Sensasi Mengetik Lebih Mantap
Bagi para gamers, sensasi menekan sekaligus bunyi “clicky” yang mantap akan menambah sensasi saat bermain game. Maka dari itu, keyboard mekanikal layak untuk di coba.

3. Lebih Akurat dan Mengurangi Risiko RSI
Karena ada jarak beberapa milimeter antar tombol pada keyboard mekanikal, maka pemencetan tombol jadi lebih akurat – tidak melenceng ke tombol lain.

4. Mudah di rawat
Anda dapat melepeas semua keycaps yang terdapat pada keyboard tersebut, sehingga akan memudahkan Anda untuk membersihkan debu yang terselip di antara keycaps ataupun di badan keyboard.

5. Bisa Dimodifikasi
Anda dapat mengganti masing-masing tombol keyboard sesuai selera.

6. Kemampuan Anti-Ghosting
Pernah mencoba menekan beberapa tombol secara bersamaan di komputer dan tidak semuanya muncul di layar? Itulah yang dinamakan ghosting. Karena sirkuit di keyboard-nya yang sederhana, membrane dome based keyboard tidak mampu untuk menerima beberapa input secara bersamaan. Hal ini tidak akan kita temui di mechanical keyboard karena setiap tombolnya memiliki individual switch.

Kekurangan Keyboard Mekanikal

1. Harganya cukup tinggi
Lebih banyak keunggulan yang akan kita dapatkan dengan menggunakan mechanical keyboard, tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa harga yang dibanderol untuk keyboard ini masih cukup tinggi, terutama untuk pasar gamers yang kebanyakan masih remaja.

2. Noise Parah
Kerasnya noise yang dihasilkan oleh mechanical keyboard juga merupakan hal yang membuat beberapa orang masih belum tertarik untuk menggunakannya karena ia lebih suka dengan suasana sunyi saat melakukan pekerjaan ketik mengetiknya.

Beli Keyboard Mechanical online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Keyboard Membran

Apakah Anda masih ingat mesin ketik manual? Ya, seperti itulah sensasi mengetik di atas keyboard mekanikal, terasa sedikit keras namun mantap. Teknologi keyboard mekanikal sebenarnya hampir sama dengan mesin ketik, hanya dikembangkan teknologinya dengan menggunakan komponen atau sirkuit elektrik. Pada sekitar tahun 1980an, produsen komputer kerap menggunakan teknologi mekanikal dalam keyboardnya, misalnya produk IBM.

Lihat juga:  Pilih Mana: Lantai Marmer atau Lantai Keramik?

Keberadaan keyboard berteknologi mekanikal mulai tergusur saat teknologi keyboard membran mulai bermunculan. Dalam sebuah keyboard berteknologi membran, terdapat tiga lapisan yang ditempatkan tepat di bawah tombol keyboard. Membran tersebut terbuat dari silikon yang di bawahnya dilengkapi lapisan granit. Fungsi membran tersebut berfungsi untuk menghantar sinyal ketukan untuk mengaktifkan lapisan sirkuit di bawahnya.

Kelebihan Keyboard Membran

1. Suara ketikan terdengar lebih lembut
Karena ketukan tombol keyboard dilapisi oleh lapisan silikon terlebih dahulu sebelum menghantam sirkuit elektrik di bawahnya, maka suara yang keluar jadi lebih lembut. Hal ini tentu tidak akan menimbulkan kebisingan saat digunakan di kerja, terutama perkantoran.

2. Lebih Ringan
Keyboard berteknologi membran biasanya terbuat dari material plastik sehingga lebih ringan dan mudah dibawa ke mana-mana.

3. Harganya murah
Karena materialnya kebanyakan terbuat dari plastik, harga keyboard membran lebih murah dibandingkan keyboard mekanikal. Bagi produsen komputer yang biasa menjual PC dalam bentuk paket, penggunaan keyboard membran dirasa jauh lebih menguntungkan.

Kekurangan Keyboard Membran

1. Keyboard membran hanya mampu bertahan rata-rata hanya 10 juta kali klik

Beli Keyboard Membrane online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: Keyboard Mekanikal atau Keyboard Membran?

Keterangan TokopediaLazada
Kelebihan - User Interface Lebih Baik - Sistem Pembayaran Lebih Baik - Lebih Mudah Mengetahui Reputasi Penjual- Adanya pengembalian barang dalam 14 hari kerja - Adanya sistem bebas ongkos kirim - Produk bervariasi dan banyaknya diskon
Kekurangan - Tidak Terdapat Fitur Beli Tanpa Daftar' - Pencairan Dana Hanya pada Hari Kerja - Fitur Chating Kurang Mendukung- Konfirmasi pembayaran cukup lama - Fasilitas COD masih belum ada di banyak kota - Dana sulit kembali jika adanya pembatalan transaksi
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari kedua jenis keyboard ini, mana menurut Anda yang paling terbaik? Saat Anda menentukan pilihan, terlebih dahulu melihat spesifikasi dari keduanya. Tentu, budget juga termasuk hal yang paling penting untuk menentukan keyboard idaman Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Keyboard Mekanikal atau Keyboard Membran

VS