Pilih Mana: Keycaps ABS atau PBT?

Keyboard adalah salah satu perangkat input paling umum digunakan di komputer dan berbagai perangkat elektronik lainnya. Keyboard dirancang untuk memungkinkan pengguna memasukkan teks, perintah, dan fungsi lainnya ke dalam perangkat mereka.

Keyboard pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19. Salah satu desain awal yang terkenal adalah keyboard QWERTY, yang ditemukan oleh Christopher Sholes pada tahun 1873. Keyboard QWERTY awalnya dirancang untuk menghindari masalah pada mesin ketik mekanik pertama. Sejak itu, desain keyboard QWERTY telah menjadi standar dan masih digunakan secara luas hingga hari ini.

Prinsip dasar kerja keyboard sangat sederhana. Setiap kali Anda menekan tombol pada keyboard, sebuah sinyal elektrik dikirimkan ke komputer atau perangkat elektronik yang terhubung. Komputer kemudian mengenali sinyal tersebut dan mengubahnya menjadi karakter atau perintah yang sesuai yang muncul di layar. Keyboard modern biasanya menggunakan matriks tombol. Setiap tombol memiliki dua kontak logam yang terpisah oleh jarak kecil. Ketika tombol ditekan, kedua kontak ini bersentuhan, sehingga menghasilkan sinyal elektrik yang sesuai dengan tombol tersebut. Sinyal ini kemudian diinterpretasikan oleh perangkat komputer.

Keycaps, atau tutup tombol keyboard, adalah komponen yang sering kali diabaikan meskipun sangat penting dalam pengalaman pengguna keyboard. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan keycaps dengan detail, termasuk material pembuatannya, jenis-jenisnya, serta pengaruhnya terhadap kenyamanan dan fungsionalitas keyboard. Keycaps memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna keyboard. Material, tekstur, dan desain keycaps dapat mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas pengguna. Keycaps yang berkualitas dapat memberikan rasa mengetik yang lebih nyaman dan tahan lama.

Selain itu, beberapa keyboard mekanis memungkinkan penggantian keycaps, yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan rasa keyboard mereka sesuai preferensi pribadi. Dalam artikel ini kita akan membahas dua jenis keycaps yang ada, yaitu Keycaps ABS dan PBT. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Keycaps ABS

Keycaps ABS, singkatan dari Acrylonitrile Butadiene Styrene, adalah salah satu material paling umum yang digunakan untuk membuat keycaps keyboard. Keycaps ABS adalah salah satu material paling umum yang digunakan dalam pembuatan keycaps keyboard. Mereka memiliki kelebihan, seperti ketahanan terhadap benturan dan harga yang terjangkau, tetapi juga memiliki kelemahan, seperti kemungkinan perubahan warna seiring waktu. Pilihan material keycaps tergantung pada preferensi pengguna dan anggaran mereka.

Kelebihan Keycaps ABS

Berikut ini beberapa kelebihan dari Keycaps ABS yang perlu Anda ketahui:

Ketahanan Terhadap Benturan

Salah satu kelebihan paling menonjol dari keycaps ABS adalah ketahanannya terhadap benturan. Material ini sangat tahan terhadap tekanan fisik dan benturan, yang membuatnya cocok untuk penggunaan sehari-hari yang intensif. Bahkan dengan penekanan tombol berulang-ulang, keycaps ABS tetap akan tetap kokoh dan tidak mudah rusak.

Ringan dan Nyaman Digunakan

Keycaps ABS dikenal karena ringan dan nyaman digunakan. Ketika Anda menekan tombol keyboard yang menggunakan keycaps ABS, Anda akan merasakan respons yang lembut dan nyaman. Ini membuatnya ideal untuk pengguna yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer dan mengetik dalam waktu lama.

Harga Terjangkau

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih keycaps ABS adalah harganya yang terjangkau. Dibandingkan dengan beberapa jenis keycaps lainnya, keycaps ABS seringkali lebih ekonomis. Ini menjadikannya pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin meningkatkan keyboard mereka tanpa harus menghabiskan banyak uang.

Tersedia dalam Berbagai Gaya dan Warna

Keycaps ABS hadir dalam berbagai pilihan gaya dan warna. Ini berarti Anda dapat menyesuaikan penampilan keyboard Anda sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Anda dapat memilih dari berbagai warna, termasuk hitam, putih, biru, dan banyak lagi, serta berbagai gaya desain seperti tampilan huruf atau tampilan tanpa huruf.

Kekurangan Keycaps ABS

Berikut ini beberapa kekurangan dari Keycaps ABS yang perlu Anda ketahui:

Tidak Seawet Keycaps PBT

Salah satu kekurangan utama keycaps ABS adalah bahwa mereka tidak seawet keycaps PBT (Polybutylene Terephthalate). Keycaps PBT terkenal karena ketahanan mereka terhadap pelunakan dan perubahan warna dari penggunaan jangka panjang. Seiring waktu, keycaps ABS dapat menjadi lebih mudah berkilau dan berubah warna akibat paparan sinar UV dan pemakaian berulang.

Tidak Sebaik Pilihan Keycaps Mechanical

Meskipun keycaps ABS sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, mereka mungkin tidak sebaik keycaps mechanical dalam hal daya tahan dan respons. Keycaps mechanical terbuat dari material yang lebih kuat dan mampu memberikan respons yang lebih akurat dan tahan lama.

Kurangnya Kustomisasi yang Ekstensif

Keycaps ABS mungkin tidak memiliki tingkat kustomisasi yang sama dengan beberapa keycaps lain, seperti keycaps PBT yang sering digunakan oleh pecinta keyboard. Ini berarti Anda mungkin memiliki pilihan warna dan gaya yang lebih terbatas ketika mencari keycaps ABS yang sesuai dengan preferensi Anda.

Keycaps PBT

Keycaps PBT (Polybutylene Terephthalate) adalah salah satu jenis keycaps keyboard yang telah menjadi favorit di kalangan penggemar keyboard mekanikal. Keycaps ini memiliki beberapa keunggulan dan karakteristik khusus yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna.

Keycaps PBT adalah keycaps keyboard yang terbuat dari bahan sintetis yang dikenal sebagai Polybutylene Terephthalate. Bahan ini dikenal karena kekuatannya, ketahanan terhadap panas, dan sifat anti-glare yang membuatnya sangat cocok untuk penggunaan keyboard mekanikal. Keycaps PBT biasanya digunakan pada keyboard mekanikal high-end dan seringkali menjadi pilihan bagi para pemain game dan pengetik yang serius.

Kelebihan Keycaps PBT

Berikut ini beberapa kelebihan dari Keycaps PBT yang perlu Anda ketahui:

Ketahanan Terhadap Aus dan Pecah

Salah satu kelebihan utama keycaps PBT adalah ketahanannya yang luar biasa terhadap aus dan pecah. Bahan PBT memiliki sifat yang membuat keycaps ini tahan lama, bahkan setelah penggunaan yang intensif. Mereka tidak akan mudah berkilau atau mengalami perubahan warna seiring waktu, menjadikannya investasi yang baik bagi para pengguna yang menginginkan keyboard yang awet.

Respons yang Cepat

Keycaps PBT memberikan respons yang sangat baik saat menekan tombol keyboard. Mereka memiliki perasaan yang kaku dan responsif, yang membuatnya sangat cocok untuk gaming dan mengetik cepat. Setiap ketukan tombol akan terasa jelas dan akurat.

Tampilan yang Menarik

Keycaps PBT seringkali tersedia dalam berbagai warna dan gaya yang menarik. Ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan penampilan keyboard mereka sesuai dengan preferensi mereka. Anda dapat menemukan keycaps PBT dengan berbagai tema dan warna yang sesuai dengan selera Anda.

Tidak Licin

Permukaan keycaps PBT biasanya tidak licin. Ini berarti jari Anda tidak akan mudah tergelincir saat mengetik, bahkan jika tangan Anda sedikit berkeringat. Kelebihan ini menjadikan keycaps PBT nyaman digunakan dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Tahan Terhadap Panas

Keycaps PBT memiliki daya tahan terhadap panas yang baik. Mereka tidak mudah meleleh atau merosot akibat panas yang dihasilkan oleh lampu LED pada keyboard mekanikal. Ini menjaga keintegritas keycaps selama penggunaan jangka panjang.

Kekurangan Keycaps PBT

Berikut ini beberapa kekurangan dari Keycaps PBT yang perlu Anda ketahui:

Keterbatasan dalam Desain

Salah satu kekurangan utama dari keycaps PBT adalah keterbatasan dalam desain cetakan. Bahan PBT sulit dibentuk menjadi desain yang rumit atau tampilan yang sangat detail. Hal ini berarti Anda mungkin akan menemukan lebih sedikit pilihan desain yang menarik dibandingkan dengan keycaps ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene).

Tidak Transparan

Keycaps PBT umumnya tidak transparan, sehingga mereka kurang cocok untuk keyboard yang menggunakan lampu LED RGB atau efek pencahayaan khusus. Ketika lampu LED menyala di bawah keycaps PBT, cahayanya tidak tersebar dengan baik, sehingga efek pencahayaan kurang dramatis dibandingkan dengan keycaps yang lebih transparan.

Harga yang Lebih Tinggi

Keycaps PBT seringkali lebih mahal daripada keycaps ABS. Harga yang lebih tinggi ini dapat menjadi hambatan bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas. Meskipun keycaps PBT menawarkan ketahanan yang lebih baik, beberapa orang mungkin lebih memilih keycaps ABS karena harganya yang lebih terjangkau.

Perbandingan Keycaps ABS dan PBT

Keycaps ABSKeycaps PBT
Kelebihan- Ketahanan Terhadap Benturan
- Ringan dan Nyaman Digunakan
- Harga Terjangkau
- Tersedia dalam Berbagai Gaya dan Warna
- Ketahanan Terhadap Aus dan Pecah
- Respons yang Cepat
- Tampilan yang Menarik
- Tidak Licin
- Tahan Terhadap Panas
Kekurangan- Tidak Seawet Keycaps PBT
- Tidak Sebaik Pilihan Keycaps Mechanical
- Kurangnya Kustomisasi yang Ekstensif
- Keterbatasan dalam Desain
- Tidak Transparan
- Harga yang Lebih Tinggi
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Penting untuk diingat bahwa kenyamanan mengetik sangat subjektif. Beberapa orang mungkin lebih suka tekstur keycaps PBT yang kasar, sementara yang lain mungkin menyukai permukaan halus keycaps ABS. Apapun pilihan Anda, yang terpenting adalah keycaps tersebut membuat pengalaman mengetik Anda lebih baik sesuai dengan preferensi Anda sendiri.

Anda Pilih Keycaps ABS atau PBT?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!