Pilih Mana: KIA Picanto atau Hyundai I10?

Dalam dunia otomotif, memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bisa menjadi tugas yang menantang. Dua pilihan menarik yang sering menjadi sorotan dalam segmen mobil kompak adalah KIA Picanto dan Hyundai i10. Keduanya mengusung desain yang kompak namun fungsional, serta menawarkan performa dan fitur yang menarik.

Artikel ini akan membahas perbandingan antara KIA Picanto dan Hyundai i10, membantu calon pembeli dalam membuat keputusan yang cerdas berdasarkan kebutuhan dan prioritas mereka. Dengan melihat berbagai aspek seperti desain, performa, fitur keselamatan, dan efisiensi bahan bakar, pembaca dapat memahami perbedaan kunci antara kedua mobil ini dan menentukan mana yang lebih cocok sebagai kendaraan sehari-hari.

Mari kita eksplorasi lebih lanjut untuk mengetahui apakah KIA Picanto atau Hyundai i10 menjadi pilihan ideal sesuai dengan preferensi dan gaya hidup kalian.

KIA Picanto

KIA Picanto sendiri saat ini sudah menginjak generasi ke 2 pada 2011 dengan ubahan tampilan luar yang cukup signifikan. Tetapi sayang, perubahan itu juga terakhir dicoba pada tahun 2017 dahulu. Sementara itu, di pasar global, diketahui kalau KIA Picanto sudah merambah generasi ke 3.

Melihat sejarahnya, performa KIA Picanto secara wholesales (penjualan pabrik ke dealer) sejauh 2017 cuma terjual 111 unit. Sementara itu, KIA sempat sukses menjual Picanto sebesar 7.675 unit dalam satu tahun, yaitu pada tahun 2012. Kenyataan pahit juga terasa pada tahun 2018 dan 2019 ini, KIA diketahui belum menyetorkan informasi penjualan mereka ke Gaikindo.

Berikut spesifikasi KIA Picanto:

Desain KIA Picanto

Eksterior KIA Picanto sesungguhnya mempunyai bentuk yang sportif serta cukup beda dengan para rivalnya. Tetapi bila dibanding dengan generasi ke 3 Picanto konsep eksteriornya pula terhitung agak jauh berbeda. Banyak pihak yang mengapresiasi konsep wajah Picanto baru yang diluncurkan perdana di Geneva Motor Show 2017 silam. Detail wajah Picanto membuat aura agresif yang amat bagus, misalnya lampu LED DRL berupa huruf U dan membingkai projector headlamp-nya.

Walaupun secara keseluruhan konsep interior KIA Picanto sangat simpel, namun dapat ditemukan adanya penambahan aksen bingkai silver serta kombinasi warna doff pada dashboard. Namun komponen head unit dapat jadi perhatian calon pelanggan Picanto. Konsep yang minimalis serta masih mengadopsi Audio Single DIN.

Ini nyata sangat berbeda dengan tipe pasar global. Interior KIA Picanto ditaksir lebih terorganisir dan rapi, merefleksikan selera yang lebih dewasa serta elegan. Head unit sudah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan navigasi dari KIA T Map, MirrorLink serta lain-lain.

Mesin KIA Picanto

Dapur pacu dari detail Kia Picanto ini memang mempunyai kapasitas yang tergolong kecil yaitu 1200 cc. Memakai mesin Kappa 1.2 MPI Engine: Dual CVVT DOHC berkapasitas 2 liter tersebut bisa memancarkan daya maksimum mencapai 87 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimum mencapai 12.3 Kgm pada putaran mesin 4.000 RPM.

Dengan daya itu membuat performa yang diperoleh Kia Picanto terasa halus serta cocok buat dikendarai di jalanan perkotaan. Terlebih dengan terdapatnya pilihan transmisi manual serta otomatis yang semakin membagikan kenyamanan perpindahan transmisi yang diinginkan. Dengan daya itu, Kia Picanto ini sanggup berakselerasi dari 0-100 km/ jam dengan durasi 11.3 detik.

Fitur KIA Picanto

Kia Picanto ini pula dilengkapi beberapa fitur yang berguna walaupun tidak terlalu lengkap. Mulai dari Emergency Stop SIgnal yang mana bisa memberikan keamanan dengan menghidupkan lampu belakang secara otomatis dalam memberi tanda pada pengendara lainnya di belakang Kia Picanto ini disaat terjadi sesuatu yang gawat di depan mobil ini.

Kemudian terdapat Vehicle Stability Management (VSM) yang mana membagikan kestabilan kemudi yang di manajemen oleh sistem sehingga bakal mempermudah dalam mengendalikan mobil ini dikala mengemudi.

Berikutnya pada detail Kia Picanto ada Hill Assist Control (HAC) yang mana akan membagikan kemudahan melaju di jalanan menanjak ataupun menyusut tanpa takut akan mobil ini seketika mundur ataupun maju dengan sendirinya. Tidak hanya itu dengan karakteristik itu laju mobil ini lebih cepat, stabil serta aman.

Kia Picanto ini pula dilengkapi dengan SRS Airbags yang berjumlah 6 buah bisa mencegah terjadinya benturan keras kepala pengendara ataupun penumpang yang lain dikala hadapi kecelakaan sehingga meminimalisir terjadinya cedera kepala.

Kelebihan KIA Picanto

Kabin Lapang Bisa Bawa Barang Cukup Banyak

Picanto menampilkan dimensi yang kecil dan lincah ketika melibas kepadatan lalu lintas di kota-kota besar. Bagian kabinnya, pada generasi pertama Kia Picanto, menawarkan ruangan yang luas. Meskipun diisi oleh empat penumpang dewasa, mobil ini tetap memberikan kenyamanan dalam penggunaannya.

Selain itu, kepraktisan Picanto juga terlihat dari kemampuannya untuk membawa beban barang dalam jumlah yang cukup besar. Fleksibilitas tambahan hadir dengan kemampuan melipat jok baris kedua ke depan, menciptakan ruang yang lebih besar untuk keperluan penyimpanan.

Terasa Ergonomis

Selain memberikan kesan yang nyaman, interior dari Kia Picanto generasi pertama juga dirancang dengan ergonomis. Hal ini terlihat dari penataan center cluster yang mudah dijangkau oleh pengguna dan mudah dioperasikan. Bagian tengah dashboard yang sedikit condong ke arah pengemudi menampilkan sistem infotainment single din yang dapat diupgrade menjadi 2din, dilengkapi dengan tombol AC dan pengaturan lainnya yang berbentuk putar.

Untuk memudahkan pengguna dalam meletakkan barang seperti dompet, handphone, koin, botol minuman, atau benda kecil lainnya, di bawah tombol pengaturan AC terdapat cup holder dan laci penyimpanan terbuka. Selain itu, di belakang tuas handbrake juga terdapat cup holder yang dapat digunakan oleh penumpang belakang.

Bagian dashboard di sisi penumpang dilengkapi dengan glove box dan laci penyimpanan terbuka dengan model tingkat, yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan remote dan handphone. Dengan desain yang cermat dan fungsional ini, Kia Picanto gen 1 tidak hanya menawarkan kenyamanan tetapi juga kemudahan penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari.

Fitur Unggulan Cukup Lengkap Untuk Motuba

Untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengguna, mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang cukup lengkap. Beberapa di antaranya mencakup Electronic Power Steering (EPS), kaca spion elektrik, jendela listrik, kunci pintu sentral, dan sistem alarm.

Irit Bahan Bakar

Kia Picanto gen 1 dibekali mesin bensin 1.086 cc berkodekan G4H6 4-silinder segaris SOHC 12 valve yang dapat memeras tenaga hingga 64 Hp @5.500 rpm serta torsi di angka 94 Nm @2.800 rpm. Untuk gearboxnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bicara konsumsi BBM-nya, beberapa pengetesan yang dilakukan mobil ini mampu menempuh jarak 14 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan pemakaian luar kota, jarak yang ditempuh mencapai 18 km/liter.

Kekurangan KIA Picanto

Suspensi Mudah Rusak

Agar mobil tetap nyaman dan suspensi terjaga, disarankan untuk menghindari melewati jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi. Mobil ini cenderung lebih rentan terhadap kerusakan jika sering melewati jalan yang tidak rata tanpa mengurangi kecepatan. Untuk menjaga kualitas suspensi, sebaiknya berhati-hati saat melintasi jalan dengan kontur yang tidak rata dan mempertimbangkan untuk menggantinya dengan produk aftermarket.

Hyundai I10

Mobil yang muncul dengan membawa konsep city car ini mempunyai dimensi yang termasuk cukup kecil sehingga terasa lincah bila dikendarai di jalanan perkotaan. Apalagi, mobil ini juga pula dianggap mempunyai wujud bodi serta konsep yang nyaris sama dengan Honda Jazz dan Toyota Agya yang diketahui mempunyai gaya konsep yang modern sehingga membuat Hyundai i10 ini pun juga terkesan lebih futuristis serta aerodinamis bila dibanding angkatan tadinya.

Tidak hanya itu, city cars terkini garapan Hyundai ini juga pula informasinya bakal dihargai dengan harga yang relatif terjangkau. Maka, wajar saja bila kedatangan Hyundai i10 ini akan ditunggu- tunggu oleh para penggemar city cars.

Berikut spesifikasi Hyundai I10:

Desain Hyundai I10

Hyundai akan mengangkat konsep bodi dengan gaya desain yang stylish serta aerodinamis. Perihal itu dapat diamati dari depan di mana ada grille yang terpasang dengan manis serta cuma mempunyai satu garis aksen chrome yang membuat kesannya tidak norak. Tidak hanya itu, dengan terdapatnya lampu LED DRL pada bagian depan menambah pas bentuk Hyundai i10.

Setelah itu, headlamp atau lampu depannya yang tampak membentuk tajam dengan Projector Headlamp yang bakal menjamin pencahayaan jadi lebih jelas, pada bagian samping ada velg 14 inci dengan motif unik. Kemudian, pada komponen belakang Hyundai i10 ini ada lampu yang memanjang ke samping dengan sedikit aksen chrome.

Ruang kabin pada mobil ini menganut rancangan two one color yang merupakan suatu kolaborasi antara warna hitam dengan Beige sehingga membagikan kesan yang begitu stylish. Kemudian, Pada bagian steer, Hyundai i10 ini dilengkapi sistem Steering 3 spoke Polyurethane sehingga bakal memudahkan pengendara dalam mengendalikan mobil ini di jalanan. Semua kinerja steer itu memakai jenis Steer Rack serta Pinion dengan Sistem Power Steering EPS.

Mesin Hyundai I10

Hyundai i10 ini bakal dibekali dengan tipe mesin Kappa 1. 25 MPI D–VVT dengan kubikasi mesin sebesar 1.248 cc. Mesin itu diklaim akan sanggup menciptakan daya maksimal sebesar 86 PS dengan putaran pada mesin 6.000 rpm. Sementara itu buat torsi maksimal yang sanggup dihasilkan mobil hyundai i10 ini sebesar 12.9 kg.m dengan putaran pada mesin menggapai 5.000 rpm.

Tidak hanya itu, perlu diketahui pula kalau buat mesin yang dipakai mobil city car garapan Hyundai ini ialah mesin dengan 4 silinder serta 16 katup yang berbahan bakar bensin. Setelah itu buat sistem transmisinya Hyundai i10 sediakan 2 opsi yaitu sistem transmisi otomatis dengan 4 percepatan shiftronic serta sistem transmisi manual dengan 6 percepatan.

Fitur Hyundai I10

Buat mendukung fitur keselamatan maka Hyundai i10 ini bakal dibekali dengan sistem keselamatan airbag yang bakal mendukung keselamatan pengendara ataupun penumpang di sebelahnya. Setelah itu, dilengkapi pula dengan sistem pengereman ABS di mana sistem pengereman pada Hyundai Grand i10 itu bakal membuat kendaraan senantiasa terkendali dengan baik kala pengendara melakukan pengereman mendadak.

Tidak hanya itu, buat membagikan kenyamanan pada para penumpang serta pengemudinya maka Hyundai menyediakan fitur hiburan berupa Audio system yang mengandalkan Head Unit 2DIN-Radio, CD, MP3, serta USB dan dilengkapi juga dengan 4 speaker depan belakang sehingga dengan terdapatnya fitur hiburan itu, sudah dipastikan kalau detail Hyundai i10 itu bakal memberikan nuansa yang nyaman untuk para pengemudi ataupun penumpangnya.

Kelebihan Hyundai I10

Kabin Cukup Luas

Sebagai penerus Atoz, Hyundai i10 dirancang dengan memberikan perhatian khusus pada ruang kabin yang optimal. Dalam hal desain interior, kendaraan ini menyajikan ruang kepala yang luas, meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Bagian kokpitnya menampilkan tata letak dashboard yang dinamis, memberikan kesan modern dan fungsional. Dengan penggunaan material bertingkat dan kombinasi dua warna, head unit pada center cluster dapat ditingkatkan dengan layar sentuh yang memberikan kemudahan penggunaan.

Irit Bahan Bakar

Hyundai i10 dibekali dengan mesin Epsilon G4HG 1.100 cc SOHC 12 valve 4-silinder segaris, mampu menghasilkan tenaga sebesar 69 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 101 Nm pada 4.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mobil ini menampilkan responsivitas yang baik pada putaran bawah, sementara konsumsi bahan bakarnya mencapai 15-17 km/liter dengan gaya berkendara kombinasi. Untuk penggunaan di luar kota, Hyundai i10 dapat mencapai efisiensi hingga 20 km/liter, menjadikannya pilihan yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Handling Cukup Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Hyundai i10 terletak pada kemampuan penanganannya. Mobil ini menunjukkan kecekatan saat melewati kemacetan berkat radius putarnya yang kecil. Bantingannya yang moderat juga dapat diattribusikan pada penggunaan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan torsion beam axle di bagian belakang.

Bandel dan Mudah Dalam Perawatan

Seperti halnya Atoz, Hyundai i10 tergolong tangguh dan mudah perawatannya, terutama pada bagian mesin. Untuk menjaga performanya tetap optimal, kalian hanya perlu rutin mengganti oli dan melakukan tune up. Terkait suku cadang, kalian tidak perlu cemas karena masih banyak tersedia di pasaran dan bersahabat dengan kantong konsumen.

Kekurangan Hyundai I10

Fitur Terbatas

Dengan nilai jual bekas yang relatif tinggi, Hyundai i10 menawarkan fitur yang terbatas. Contohnya, penggunaan power window hanya terdapat di bagian depan. Selain itu, pengaturan kaca spion samping masih bersifat manual melalui tuas di belakang pilar A. Dari aspek keamanan berkendara, mobil ini tidak dilengkapi dengan airbags, ABS, atau EBD. Meskipun demikian, i10 menghadirkan Electronic Power Steering (EPS) pada sistem kemudi, tanpa mengurangi performa mesin.

Perbandingan KIA Picanto dan Hyundai I10

KIA PicantoHyundai I10
Kelebihan- Kabin Lapang Bisa Bawa Barang Cukup Banyak
- Terasa Ergonomis
- Fitur Unggulan Cukup Lengkap Untuk Motuba
- Irit Bahan Bakar
- Kabin Cukup Luas
- Irit Bahan Bakar
- Handling Cukup Baik
- Bandel dan Mudah Dalam Perawatan
Kekurangan- Suspensi Mudah Rusak- Fitur Terbatas
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemilihan antara keduanya sangat tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan penggunaan sehari-hari, dan anggaran yang tersedia. KIA Picanto menonjol dengan desain yang atraktif dan fitur-fitur canggih, sementara Hyundai i10 menawarkan efisiensi bahan bakar dan kenyamanan berkendara yang luar biasa.

Dalam menentukan mobil yang sesuai, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan spesifik dan gaya hidup kalian. Sebagai konsumen, kalian dapat membuat keputusan yang tepat dengan membandingkan dengan cermat dan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut.

Anda Pilih KIA Picanto atau Hyundai I10?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!