Kendaraan

Pilih Mana: Kia Picanto atau Suzuki Karimun Estilo?

Kia Picanto dan Karimun Estilo merupakan mobil berukuran kecil dengan ukuran yang kecil yang cukup digemari oleh anak-anak muda. Meskipun badannya yang kecil, namun spesifikasinya mumpuni untuk menemani kita menyusuri jalanan kota. Penasaran dengan spesifikasi dan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas Kia Picanto dan Karimun Estilo. Disini aja ya.

Kia Picanto

Kemajuan otomotif yang semakin cepat mewajibkan produsen mobil menciptakan produk-produk yang bisa penuhi kemauan pelanggan dengan segmentasi yang lebih khusus. Saat ini para pelanggan lebih berhati-hati dalam memastikan tipe mobil mana yang hendak mereka pergunakan sebagai teman dalam bekerja sehari-hari.

Menanggapi situasi itu maka pabrikan Kia Motors yang merupakan produsen mobil asal Korea Selatan telah menghasilkan mobil city car yang ringkas serta praktis yaitu Kia Picanto. Mobil hatchback ini berkonsep mini dengan nuansa gairah yang membuat pengemudinya senantiasa ceria di dalam berkendara.

Untuk saat ini Kia Picanto ini sudah sampai di generasi kedua yang mulai dibuat pada tahun 2011 lalu sampai dengan saat ini. Baca juga Pilih Mana: Datsun Go atau Toyota Calya?

Desain Kia Picanto

Kia Picanto mempunyai fascia depan yang nampak amat sporty serta stylish. Perihal itu disebabkan mobil ini mempunyai grill berdimensi kecil dengan konsep red line (garis merah) pada pinggirannya yang dipadukan dengan lampu utama berdimensi besar dan mempunyai bumper depan yang berdimensi lumayan besar serta dipadukan dengan foglamp yang stylish di masing-masing sisinya.

Kemudian buat komponen sampingnya terlihat Kia Picanto yang mempunyai 4 versi warna ini cukup simpel, tetapi sebab warnanya yang penuhi seluruh bodi dan dipadukan dengan lampu sein pada komponen spion membuat Kia Picanto ini terlihat stylish.

Mobil ini menawarkan dashboard yang mempunyai konsep futuristik, stylish dan sporty. Dengan sebagian panel di komponen dashboard Kia Picanto itu membuat pengendara ataupun penumpang bagian depan gampang buat mengaktifkan fitur yang di inginkan seperti fitur pendingin ruangan (AC) atau hiburan audio yang ada. Buat pengemudinya diberikan spedometer dengan konsep 3 Cylinder yang membagikan data perihal kendaraan ini dengan bentuk menarik serta gampang dibaca.

Mesin Kia Picanto

Dapur pacu dari detail Kia Picanto ini memang mempunyai kapasitas yang tergolong kecil yaitu 1200 cc. Memakai mesin Kappa 1.2 MPI Engine: Dual CVVT DOHC berkapasitas 2 liter tersebut bisa memancarkan daya maksimum mencapai 87 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimum mencapai 12.3 Kgm pada putaran mesin 4.000 RPM.

Dengan daya itu membuat performa yang diperoleh Kia Picanto terasa halus serta cocok buat dikendarai di jalanan perkotaan. Terlebih dengan terdapatnya pilihan transmisi manual serta otomatis yang semakin membagikan kenyamanan perpindahan transmisi yang diinginkan. Dengan daya itu, Kia Picanto ini sanggup berakselerasi dari 0-100 km/ jam dengan durasi 11.3 detik.

Fitur Kia Picanto

Kia Picanto ini pula dilengkapi beberapa fitur yang berguna walaupun tidak terlalu lengkap. Mulai dari Emergency Stop SIgnal yang mana bisa memberikan keamanan dengan menghidupkan lampu belakang secara otomatis dalam memberi tanda pada pengendara lainnya di belakang Kia Picanto ini disaat terjadi sesuatu yang gawat di depan mobil ini.

Kemudian terdapat Vehicle Stability Management (VSM) yang mana membagikan kestabilan kemudi yang di manajemen oleh sistem sehingga bakal mempermudah dalam mengendalikan mobil ini dikala mengemudi.

Berikutnya pada detail Kia Picanto ada Hill Assist Control (HAC) yang mana akan membagikan kemudahan melaju di jalanan menanjak ataupun menyusut tanpa takut akan mobil ini seketika mundur ataupun maju dengan sendirinya. Tidak hanya itu dengan karakteristik itu laju mobil ini lebih cepat, stabil serta aman.

Kia Picanto ini pula dilengkapi dengan SRS Airbags yang berjumlah 6 buah bisa mencegah terjadinya benturan keras kepala pengendara ataupun penumpang yang lain dikala hadapi kecelakaan sehingga meminimalisir terjadinya cedera kepala.

Lihat juga:  Pilih Mana: Wuling Formo atau Daihatsu Gran Max?

Harga Kia Picanto

KIA All New Picanto 1.2 M/T Rp 171.650.000,-
KIA All New Picanto 1.2 A/T Rp 185.650.000,-
KIA All New Picanto 1.2 Platinum Rp 205.650.000,-

Suzuki Karimun Estilo

Karimun Estilo merupakan mobil keluaran Suzuki pada segmen City Car. Pada awal mulanya Suzuki populer dengan mobil yang dipakai buat berniaga dan off road car saja. Sebut saja Suzuki Carry yang mempunyai bentuk van atau pick up saja, ataupun Suzuki Jimny di segmen off roadnya. Tetapi berbeda setelah suzuki menghasilkan Keluarga Karimun semenjak 1999 lalu.

Suzuki Karimun Estilo sendiri awal kali dipublikasikan di Indonesia pada tahun 2007 lalu. Bentuk mobil Karimun yang satu ini memanglah meregenerasi bentuk mobil Karimun bentuk kotak sebelumnya yang sudah berkecimpung di jalanan sejak 7 tahun.

Pada awal mulanya Estilo City Car ini cuma ada dalam satu jenis saja yakni VXi yang merupakan bentuk pertamanya. Sebagai mobil pembaharuan, mobil ini muncul dengan konsep yang modern serta enak dipandang mata.

Desain Suzuki Karimun Estilo

Fascia depan yang nampak ciamik ini dilengkapi dengan grill depan yang biasa tetapi seimbang dengan dimensi headlamp yang lumayan besar serta berbentuk dinamis mengikuti bentuk tubuh mobil.

Ditambah dengan bumper yang sedikit lebih besar tetapi amat cocok menghiasi fascia depan sehingga tampak modern. Pada komponen sampingnya tidak terdapat yang begitu istimewa, tetapi terlihat elegan. Sebaliknya komponen belakang yang membentuk boxy namun senantiasa stylish.

Pada komponen ruang kabin Karimun Estilo memanglah mempunyai perubahan yang penting dibanding mobil pendahulunya. Didatangkan dengan konsep dashboard yang terlihat amat elegan serta panel instrumen dengan tata letak tombol yang lebih modern dari sebelumnya.

Mesin Suzuki Karimun Estilo

Mesin yang disematkan berjenis F10D4 dengan 4 silinder segaris serta 16 katup berkapasitas 1100 cc. Mempunyai kapasitas daya sebesar 63 HP pada putaran mesin 6.200 rpm serta torsi maksimum mencapai 84 Nm pada putaran mesin 3.500 rpm. Setelah facelift diganti dengan tipe mesin K10B dengan kapasitas mesin 1000 cc.

Dengan pergantian itu, Suzuki mengklaim kalau daya yang diperoleh lebih berenergi serta lebih hemat bahan bakar mesin. Mesin yang dipakai merupakan mesin berstandar K-Car di jepang. Meski dengan mesin bersilinder 3 segaris serta sudah injeksi, daya yang bisa dikeluarkan mencapai 68 Hp serta torsi maksimum sebesar 90 Nm.

Fitur Suzuki Karimun Estilo

Model facelift Karimun Estilo sudah disematkan electric mirror. Dengan begitu, pengaturan pada kaca spion dapat dilakukan oleh pengemudinya dari dalam kabin dengan amat gampang.

Selain itu mobil ini juga sudah memiliki power window buat seluruh kaca jendelanya, spion electric, AC dilengkapi penghangat kabin, Power steering elektrik, pengaturan arah sorot lampu depan.

Harga Karimun Estilo

Karimun Estilo 2010 sekitar Rp 65.000.000
Karimun Estilo 2011 sekitar Rp 70.000.000
Karimun Estilo 2012 sekitar Rp 75.000.000

Pilih Mana: Kia Picanto atau Suzuki Karimun Estilo?

Kia PicantoSuzuki Karimun Estilo
Kelebihan - Hemat BBM - Mesin halus dan responsif - Sistem peredam ruangan kabin bagus- Sudah memiliki sistem injeksi - Hemat BBM - Dimensi bodi lebih panjang
Kekurangan- Legroom sempit - Ruang bagasi sempit dan kecil- Mesin 3 silinder lebih kasar daripada mesin 4 silinder - Kualitas peredaman kabin masih kurang

Kesimpulan

Jika kalian menginginkan mobil dengan harga yang cukup terjangkau, maka Kia Picanto dan Karimun Estilo merupakan jawaban yang pas. Namun kami merekomendasikan Kia Picanto untuk mobil idaman kamu karena spesifikasi dan detail yang modern dan terus update sampai sekarang. Tentukan mobil pilihanmu sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kia Picanto vs Karimun Estilo

VS