ElektronikHome

Pilih Mana: Kipas Angin Maspion atau Cosmos?

Kipas angin adalah sesuatu alat yang berfungsi untuk menggerakkan udara agar berubah menjadi angin, beberapa fungsinya antara lain adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, dan ventilasi (exhaust fan).

Banyak sekali perusahaan elektronik yang sudah terkenal mengeluarkan jenis kipas angin seperti Maspion dan juga Cosmos, kedua merek ini mengeluarkan tipe kipas angin yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu misalnya kipas angin berdiri, kipas angin dinding bahkan kipas angin 3 in 1.

Artikel di bawah ini akan menjelaskan mengenai tipe kipas angin dari kedua merek tersebut dan harganya yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, kemudian tips cara membersihkan kipas angin agar tahan lama. Yuk, langsung saja selamat membaca guys.

Kipas Angin Maspion

Kipas angin Maspion adalah kipas angin yang memiliki kualitas yang baik, dan juga seperti yang kamu ketahui bahwa brand atau merek Maspion sendiri sudah terkenal di kalangan masyarakat terutama ibu rumah tangga dengan brand yang terbaik yang mengeluarkan berbagai tipe kipas angin . Baca juga Pilih Mana: Exhaust Fan vs Kipas Angin Biasa?

Di bawah ini akan menjelaskan 3 tipe kipas angin Maspion yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

3 Tipe Kipas Angin Maspion

Maspion PW-451
Kipas angin Maspion ini menjadi salah satu produk yang direkomendasikan untuk jenis kipas angin 3 in 1. Kipas angin Maspion PW-451 bertipe tornado dengan baling-baling terbuat dari bahan aluminium berukuran 18 inci sehingga bisa memaksimalkan embusan angin yang dihasilkannya.

Produk ini dapat digunakan secara standing dan diletakkan pada sudut ruangan dan bisa juta ditempel pada dinding atau ditaruh di atas meja. Daya listrik yang dibutuhkan kipas angin ini juga sangat kecil, yaitu hanya 70 watt. Untuk kualitasnya sendiri tidak perlu diragukan lagi, karena mempunyai kualitas yang baik.

Maspion EF-307
Kipas angin ini termasuk jenis kipas angin meja. Meskipun tercipta untuk diletakkan di atas meja, Kipas angin ini mempunyai ukuran yang cukup besar dengan baling-baling 12 inci. Dengan ukuran baling-baling yang lumayan besar, sudah pasti angin yang dihasilkan juga kencang sehingga sangat mampu untuk mendinginkan ruangan, khususnya ruang kamar.

Kipas ini cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di kos karena satu kipas ini mampu mendinginkan seluruh ruangan. Suara yang dihasilkan oleh putaran baling-baling kipas ini juga relatif sunyi dengan tombol pengaturan 3 kecepatan.

Tidak perlu khawatir soal listrik, perangkat ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 45 watt dalam pengoperasiannya. Kipas angin ini juga mempunyai daya tahan yang kuat dan mempunyai desain dan pilihan warna yang menarik dan cantik.

Maspion MWF-31
Maspion MWF-31 adalah kipas angin untuk diaplikasikan pada dinding ruangan sehingga tidak memakan banyak tempat pada ruangan kamu. Meskipun tertempel di tembok, kamu tidak perlu repot-repot naik kursi untuk mengoperasikan kipas ini atau untuk mengatur kecepatan putaran baling-balingnya. Karena, perangkat ini telah dilengkapi dengan tali panjang untuk memudahkan kamu dalam pengoperasiannya.

Cukup tarik talinya dan sesuai kecepatan dengan yang kamu mau. Kipas ini mempunyai 3 pilihan kecepatan. Pada kecepatan yang rendah sekalipun kipas ini sudah mampu menghembuskan angin yang sejuk karena mempunyai ukuran baling- baling yang cukup lebar. Kamu bisa membeli tipe Kipas Angin Maspion di Ace Hardware.

Kepala kipas ini juga bisa berputar ke kanan dan kiri sehingga angin bisa tersebar secara merata ke semua arah ruangan. Tidak hanya itu, produk ini juga mudah untuk dibersihkan sehingga kualitas udara yang dihasilkan dapat terus terjaga.

Harga Dari 3 Tipe Kipas Angin Maspion

Maspion PW-451 sekitar Rp. 460.000 (per Agustus 2019)
Maspion EF-307 sekitar Rp. 210.000 (per Agustus 2019)
Maspion MWF-31 sekitar Rp. 260.000 (per Agustus 2019)

Spesifikasi Kipas Angin Maspion

SpesifikasiMaspion PW-451Maspion EF-307Maspion MWF-31
Brand MaspionMaspionMaspion
Jenis Kipas3 in 1 Meja Dinding
Daya Listrik70 Watt45 Watt45 Watt
Kecepatan Kipas333
Berat Kipas16.5 Kg8 Kg 2 Kg

Kipas Angin Cosmos

Kipas angin Cosmos memiliki banyak jenis yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, seperti kipas angin yang berfungsi 3 in 1, kipas angin meja, dan kipas angin dinding. Kualitas dari kipas angin brand atau merek Cosmos ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Karena sudah pasti memiliki kualitas yang baik.

Di bawah ini akan menjelaskan 3 tipe kipas angin Cosmos yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

3 Tipe Kipas Angin Cosmos

Cosmos 16-SO88
Kipas angin dari Cosmos ini mempunyai remote control yang dapat mempermudah kamu mengatur besarnya embusan angin sesuai keinginan. Meskipun baling-baling kipas ini dibuat dari bahan plastik. Meski dari bahan plastik kualitas embusan angin yang diperoleh perangkat ini tetap mampu bersaing dengan kipas angin di kelasnya. Kesejukan ruangan kamu akan senantiasa terjaga seperti layaknya menggunakan kipas angin dengan baling-baling aluminium.

Lihat juga:  Pilih Mana: Power Bank Robot atau Power Bank Vivan?

Cosmos 12-DSE
Kipas angin Cosmos 12-DSE merupakan kipas angin meja yang mempunyai ukuran kecil dan minimalis sehingga mudah diletakkan dimana saja. Kipas ini mempunyai performa yang kuat mampu memberikan angin ke semua ruangan kamu.

Kipas angin ini akan membuat kamu dan keluarga menjadi lebih nyaman saat berkumpul bersama. Ruangan menjadi lebih bersih karena adanya perputaran sirkulasi udara di dalam ruangan Kamu dan mempunyai bahan berkualitas tinggi.

Cosmos 16-WFO
Tipe Cosmos 16-WFO Wall Fan kipas angin adalah kipas angin yang mempunyai diameter baling-baling kipas sebesar 16 inci. Ukuran baling-baling yang besar dan teknologi Super Spread mengantarkan angin yang lebih segar dan besar jangkauannya ke seluruh ruangan kamu.

Kini kamu tidak perlu takut akan merasakan kepanasan karena kipas angin ini bisa membantu perputaran udara di dalam ruangan kamu. Dengan 3 tombol pengatur tingkat kecepatan, semakin mempermudah kamu untuk mengatur kekencangan angin.

Harga Dari 3 Tipe Kipas Angin Cosmos

Cosmos 16-SO88 sekitar Rp. 350.000 (per Agustus 2019)
Cosmos 12-DSE sekitar Rp. 200.000 (per Agustus 2019)
Cosmos 16-WFO sekitar Rp. 250.000 (per Agustus 2019)

Spesifikasi Kipas Angin Cosmos

SpesifikasiCosmos 16-SO88 Cosmos 12-DSECosmos 16-WFO
Brand CosmosCosmosCosmos
Jenis Kipas3 in 1 Meja Dinding
Daya Listrik46 Watt37 Watt46 Watt
Kecepatan Kipas333
Berat Kipas6.5 Kg 4.5 Kg 9 Kg

Tips Membersihkan Kipas Angin Agar Tahan Lama

Buka penutup baling-baling kipas angin dipersiapkan untuk dapat dibersihkan oleh kamu, sehingga membukanya juga cukup mudah. Lepaskan baling-baling dari mesin, setelah itu lap sampai bersih jika perlu dicuci, kamu dapat menggunakan sabun untuk membersihkan dari noda membandel.

Bersihkan penutup baling-baling kipas angin. Biasanya berupa kerangka bersilang dengan lap bersih, atau kamu juga dapat mencucinya dengan sabun cuci pakaian agar kotoran yang menempel bisa segera hilang.

Setelah itu keringkan agar tidak terdapat air lagi pada kipas. Adanya tetesan air dapat menimbulkan korsleting karena kipas angin bekerja dengan energi listrik.

Setelah membersihkan baling-baling dan penutupnya, kamu dapat melumasi bagian poros dengan minyak, agar perputarannya bisa licin dan tidak tersendat, tetapi sebelumnya, ada bagusnya jika membersihkan dulu dengan kuas kecil agar debu menghilang. Jika semua sudah bersih, cek juga kapasitor kipas.

Caranya dengan menggunakan avometer 1K. Jika nilai kapasitor pada kipas angin kamu mulai melemah, lebih bagus jika menggantinya dengan yang baru. Lemahnya kapasitor yang menyebabkan alat pendingin milik kamu tidak dapat berputar dengan cepat meskipun sudah disetel tombol maksimal.

Selanjutnya, kamu juga perlu memeriksa dan membersihkan tali pemutarnya. Gantilah dengan yang baru jika diperlukan. Agar kipas angin kamu dapat bertahan lama.

Jika kipas angin untuk tipe dinding yang kamu punya ada remote untuk mengendalikan kecepatan alat pendingin, ada baiknya jika mengecek kondisi sensor dan remotenya.

Kamu dapat mengganti baterai apabila daya dan kemampuan baterai sudah melemah. Merawat dan membersihkan kipas angin yang kamu miliki akan membuat barang yang kamu punya menjadi lebih awet dan tahan lama.

Pilih Mana: Kipas Angin Maspion atau Cosmos?

Kipas Angin MaspionKipas Angin Cosmos
Kelebihan- Memiliki kualitas yang baik - Berbagai jenis Kipas Angin memiliki desain yang elegan - Daya Listrik cukup kecil- Desain elegan dan cantik dari berbagai jenis Kipas Angin - Memiliki daya listrik yang kecil - Harga dari berbagai jenis Kipas Angin termasuk terjangkau
Kekurangan- Jika tidak benar perawatannya akan menimbulkan kerusakan - Harga lebih sedikit mahal dibandingkan Kipas Angin Cosmos- Jika tidak benar perawatannya akan menimbulkan kerusakan - Penutup dan baling-baling pada Kipas Angin Cosmos ini cukup susah dibuka ketika akan membersihkan

Kesimpulan

Dari kedua merek kipas angin tersebut yaitu Maspion dan Cosmos, adalah merek atau brand elektronik yang memiliki kualitas yang baik. Keduanya juga memiliki tipe kipas angin yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Penjelasan di atas sudah diketahui bahwa yang lebih unggul adalah kipas angin Cosmos dibandingkan dengan kipas angin Maspion. Keduanya sudah membandingkan jenis atau tipe kipas angin yang sama dari kedua merek, dan kipas angin Cosmos memiliki harga yang lebih murah dan daya listrik yang kecil dibandingkan dengan Maspion.

Dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang baik bisa membuat kamu lebih hemat guys. Untuk ketahanan sebenarnya bisa kamu lakukan dengan cara membersihkannya dengan baik dan merawatnya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kipas Angin Maspion vs Cosmos

VS

 

Leave a Reply