Otomotif

Pilih Mana: Knalpot Besi Galvanis atau Stainless Steel?

Knalpot merupakan komponen yang penting untuk kendaraan. Fungsi knalpot itu terbagi menjadi 3 yaitu sebagai peredam suara agar suara mesin yang keluar dari saluran buang tidak mengeluarkan suara bising akibat proses kerja mesin di dalam ruang silinder, untuk meningkatkan tenaga mesin atau power mesin, dan terakhir sebagai ornamen atau untuk mempercantik tampilan. Banyak pula jenis knalpot yang ada seperti Knalpot Besi Galvanis dan Stainless Steel.

Semakin berkembangnya industri dan persaingan di dunia otomotif terutama di indonesia, membuat produsen knalpot racing semakin beragam, dan banyak sekali knalpot racing yang sudah ada di pasaran contohnya Knalpot Besi Galvanis dan Stainless Steel.

Memilih knalpot itu sangat penting untuk tampilan maupun performa mesin, karena bila salah membeli knalpot akan berakibat mesin tidak bisa maksimal. Oleh karenanya, pada artikel kali ini kami akan membahas kedua jenis knalpot antara Knalpot Besi Galvanis dan Stainless Steel. Yuk disimak!

Knalpot Besi Galvanis

Bahan galvanis hampir sama dengan besi namun dengan kualitas tahan karat yang lebih baik. Bahan ini lebih sering digunakan pada sepeda motor dua tak. Meski daya tahan karatnya lebih baik dari besi, karat tetap dapat hinggap pada bahan ini terutama pada bekas sambungan las knalpot yang gampang mengelupas. Baca juga Pilih Mana: Ban Michelin atau Bridgestone?

Knalpot Besi Galvanis ini dibandrol dengan harga yang relatif murah, knalpot berbahan galvanis sering ditemui di pasar atau bengkel. 

Kelebihan Knalpot Besi Galvanis

  • Anti karat
    Keunggulan pertama yang membuat banyak orang yang memilih menggunakan besi galvanis adalah sifatnya yang anti karat. Campuran bahan pembuatnya yang terdiri dari alumunium dan Zinc inilah yang menghasilkan besi galvanis yang tahan karat.
  • Bobot yang ringan
    Kelebihan yang lainnya yang terdapat pada knalpot besi galvanis ini yaitu bobotnya yang cukup enteng, sehingga pemasangannya pun dapat terbilang lebih singkat.
  • Harga terjangkau
    Untuk harga knalpot yang berbahan Besi Galvanis ini dibandrol dengan harga yang cukup ramah di kantong. Selain itu knalpot Besi Galvanis ini juga gampang di temukan di berbagai bengkel.

Kekurangan Knalpot Besi Galvanis

  • Daya tahan yang singkat
    Knalpot galvanis lebih singkat dibandingkan dengan jenis knalpot yang lain, Karena sifatnya yang ringan dan sedikit tipis mudah rusak terkena benturan.
  • Knalpot yang kerap mengelupas
    Knalpot Besi Galvanis ini mudah terkelupas pada bekas sambungan las, Kekurangan inilah yang membuat beberapa orang untuk memikir kembali bahan jenis ini untuk knalpot.
  • Berefek pada tenaga mesin yang kurang maksimal
    Jika sudah knalpot besi galvanis sudah penyok, aliran gas buang jadi tidak maksimal efeknya seperti tenaga mesin yang tertahan. Sehingga harus segera di ganti dengan yang baru.

Knalpot Stainless Steel

Keunggulan utama bahan ini Stainless Steel adalah lebih tahan karat dan ringan. Bahan ini juga tidak mudah berubah bentuk karena panas. Bahan stainless membutuhkan teknik pengelasan yang presisi sehingga ini juga yang membuat kekurangan bahan ini yakni dari segi biaya yang cukup mahal.

Material yang aslinya mengandung setidaknya 10.5% kromium untuk mencegah proses karat rupanya butuh beberapa campuran elemen tambahan untuk bahan baku knalpot.

Kelebihan Stainless Steel

  • Anti karat
    Kelebihan yang pertama pada knalpot stainless ini yaitu bahannya yang anti karat sehingga kalian tidak perlu takut untuk pemakaian jangka panjang.
  • Bahannya sangat kuat 
    Selain anti karat, kelebihan yang lainnya yang di miliki knalpot stainless steel ini yaitu bahannya yang lebih kuat dan kokoh sehingga jika terkena benturan benda -benda di jalan tidak gampang rusak.
  • Bagus di pandang
    Selain dari segi performanya yang unggul, kelebihan yang dapat terlihat langsung yaitu dari segi desainnya yang cukup mewah dan bagus dipandang yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pengemudi.

Kekurangan Stainless Steel

  • Memerlukan las khusus
    Kekurangan yang pertama pada knalpot stainless steel yaitu pemasangannya harus menggunakan las khusus sehingga tidak dapat dipasang oleh sembarang orang harus di pasang di bengkel khusus.
  • Harga yang cukup mahal
    Dibandingkan dengan knalpot galvanis yang mempunyai harga yang cukup ramah dikantong, berbeda dengan knalpot stainless steel ini karena knalpot ini di bandrol relatif mahal.
  • Lebih panas
    Kekurangan yang terakhir yang ada pada knalpot stainless steel ini yaitu knalpot sangat panas sehingga kuranng cocok jika digunakan untuk kendaraan yang di gunakan sehari-hari.

Cara Memilih Knalpot Racing

1. Tujuan dan mengenali karakter mesin
Kalian harus mengetahui tujuan membeli knalpot racing apakah buat keperluan balap, untuk meningkatkan performa atau cuma sekedar untuk tampilan. Paling penting harus mengetahui karakter mesin sepeda motor kalian terlebih dahulu.

Jangan asal-asalan membeli knalpot karena dapat mengakibatkan menurunnya performa mesin, dan akhir nya knalpot tersebut tidak di pakai.

2. Desain atau tipe knalpot
Desain knalpot sangat berpengaruh terhadap performa mesin dan pembuangan gas buang yang di buang melalui lubang Ex, Untuk mesin sepeda motor standar hindari diameter leher knalpot yang terlalu besar karena gas sisa pembakaran yang di buang melalui knalpot akan terlalu los dan menyebabkan tenaga mesin tidak maksimal dan tidak ada tenaganya.

Pengaruh Silincer juga penting kalau pingin power atasannya ngisi pakai silincer yang pancang, dan jika pingin bawahan dan tengahnya lebih galak bisa pakai ukuran silincer yang pendek. Knalpot racing untuk mesin standar cari diameter pipa leher yang lebih besar sedikit dengan knlapot standar bawaan.dengan cara:

  • Pertama menentukan Diameter pipa sepeda motor diameter pipa lehernya 17 mm, Kalian dapat mencari knalpot racing yang ukurannya lebih besar dari 17 seperti 20 mm yang penting jangan terlalu kebesaran karena itu sangat berpengaruh.
  • Yang kedua, Kalian dapat mengukur dengan ukuran piston / seher motor kalian, dan dapat juga dengan mengukur besar lubang klep keluaran menggunakan feeler gauge.

3. Kualitas Bahan
Bahan itu sangat penting untuk ketahanan dan keawetan knalpot, karena jika bahan knalpot jelek akan mempengaruhi ketahanan knalpot. Ada beberapa bahan knalpot yang ada di pasaran kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kalian saja ya guys!

4. Pilih knalpot racing yang asli
Karena barang yang palsu itu tidak menjamin kekuatan dan kualitasnya, jadi kalian jika ingin mempunyai knalpot yang awet dan kualitas bagus pilih knalpot yang asli, banyak juga knalpot – knalpot racing lokal yang bagus dan sudah teruji , Tetapi jika kalian bisa membuat sendiri, carilah yang bahannya yang bagus dan berkualitas supaya dapat memperpanjang keawetan knalpot. Knalpot kualitas terbaik dan asli dapat kalian temukan di yoshimura-rd.

Beberapa merk-merk knalpot pada tabel di bawah ini:

Daftar Merek KnalpotHarga Knalpot Per Oktober 2019
Skutik Stainlees Steel Rp. 450.000
Skutik Krom Rp. 250.000
Skutik Galvanis Rp. 150.000
Skutik Standar Racing Rp. 300.000
Sport Stainles Steel Rp. 700.000

Pilih Mana: Knalpot Besi Galvanis atau Stainless Steel?

Knalpot Besi Galvanis Knalpot Stainless Steel
Kelebihan- Anti karat - Bobot yang ringan  - Harga terjangkau  - Anti karat - Bahannya sangat kuat  - Bagus di pandang
Kekurangan- Daya tahan yang singkat - Knalpot yang kerap mengelupas - Berefek pada tenaga mesin yang kurang maksimal - Memerlukan las khusus - Harga yang cukup mahal - Lebih panas 

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahan galvanis di pasaran sangat gampang di temukan dan harganya juga murah, dalam proses pengelasan sangat mudah karena tidak memerlukan las khusus, tetapi kekurangannya bahan galvanis ini mudah berkarat dan ketahananya tidak begitu baik. Stainles Steel, bahan ini sangat banyak digunakan di dunia otomotif terutama di  komponen knalpot, keuntungannya anti karat dan bahannya sangat kuat baik menterap panas, bagus di pandang, kekurangan harus memerlukan las khusus seperti las argon. Tetapi diantara Knalpot Besi Galvanis atau Stainless Steel kalian dapat memilih sesuai dengan keperluan dan budget kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Knalpot Besi Galvanis vs Knalpot Stainless Steel

VS

Leave a Reply