LainnyaOtomotif

Pilih Mana: Kompresor Lakoni vs Multipro

Kompresor merupakan mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Kompresor bisa membantu dalam pekerjaan rumah tangga maupun banyak digunakan untuk bisnis bengkel. Dengan fungsinya yang beragam, kompresor ini merupakan mesin yang banyak di cari. Banyak pula merk yang mengeluarkan kompresor terbaiknya sebagai contoh Kompresor Lakoni dan Multipro.

Dalam postingan kali ini kami akan membandingkan kedua kompresor Lakoni dan Multipro. Untuk melihat manakah dari kedua kompresor tersebut yang memiliki sepsifikasi lebih unggul. Yuk langsung saja ke pembahasan di bawah ini!

Kompresor Lakoni vs Multipro

Kompresor Lakoni

Kompresor lakoni Imola 75 merupakan kompresor portable dengan daya listrik 500 watt dan dengan kapasitas tangki 10 liter. Sangat tepat untuk pengerjaan pengecatan menggunakan spraygun, penggunaan paku tembak (air nailer), pompa ban mobil, dll. Baca juga Pilih Mana: Nebulizer Philips vs Omron

Kompresor Lakoni ini memiliki kapasitas tekanan yang mencapai 8 bar sehingga angin yang di hasilkan cukup kencang dan bertenaga.

Kelebihan Kompresor Lakoni

  • Harga cukup terjangkau
    Kelebihan yang pertama pada kompresor Lakoni ini yaitu harga yang dibandrol cukup terjangkau jika dibandingkan dengan merk lain, Hal tersebutlah yang membuat kompresor Lakoni ini banyak di minati masyarakat.
  • Memiliki ukuran dan bobot yang cukup ringan
    Kelebihan selanjutnya yaitu dari segi bobot yang dimiliki kompresor Lakoni ini terbialng ringan jika dibandingkan dengan merk kompresor lainnya, yaitu hanya sekitar 18kg, Sehingga membuat kompresor ini gampang di pindahkan.
  • Mampu menghasilkan kapasitas aliran udara 120 liter/ menit 
    Kelebihan yang terakhir yaitu kompresor lakoni memiliki performa yang cukup untuk anda yang ingin membuka usaha bengkel kecil-kecilan dengan budget yang cukup terjangkau, Karena kompresor ini dapat menghasilkan aliran udara 120 liter/menit.

Kekurangan Kompresor Lakoni

  • Kapasitas penyimpanan udara yang terbatas
    Kekurangan yang pertama yang ada pada kompresor Lakoni ini yaitu dari segi kapasitas, Karena kompresor ini hanya mampu menampun udara sebanyak 10 liter saja. Mengingat harga yang dibandrol terjangkau kapasitas tersebut masih cukup dimaklumi.
  • Cuma memiliki tenaga dinamo 3/4 HP
    Kekurangan selanjutnya yaitu dari segi tenaga dimana kompresor ini hanya memiliki tenaga dinamo 3/4 HP saja yang terbialng sangat standar, Jika kalian membutuhkan untuk keperluan yang biasa kompresor Lakoni masih mumpuni.
  • Tidak cocok digunakan untuk usaha bengkel yang besar
    Kekurangan terakhir yang ada pada kompresor Lakoni ini yaitu kompresor ini tidak cocok digunakan dalam skala pemakaian yang besar seperti usaha bengkel yang pemakaiannya yang besar, Mengingat udara dan tenaga pada kompresor ini cukup terbatas.

Kompresor Lakoni vs Multipro

Kompresor Multipro

Multipro merupakan sebuah merek dari perushaan PT. Multi Mayaka yang telah bergerak dibidang mesin kompresor angin & perangkat cat selama puluhan tahun. Pengalaman di bidang ini menghasilkan Multipro sebagai mesin mesin kompresor angin yang berkualitas, handal, tahan lama namun dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kompresor ini memiliki  jaminan Garansi 12 Bulan (6 bulan pertama garansi full sparepart & 6 bulan kedua garansi servis), menjadikan Anda akan merasa nyaman dan aman dalam menggunakan mesin kompresor angin keluaran Multipro.

Servis Center Multi Mayaka telah tersebar di lebih dari 17 kota di seluruh Indonesia. Selain itu kualitas servis centernya cukup dapat diandalkan, dari mulai ketersediaan sparepart dan juga teknisi yang baik.

Kelebihan Kompresor Multipro

  • Dibandrol dengan harga yang terjangkau
    Sama seperti kompresor Lakoni yang dibandrol dengan harga yang terjangkau, Kompresor Multipro juga demikian, Karena kompresor yang satu ini harganya tidak berbeda jauh dengan kompresor Lakoni.
  • Memiliki putaran mesin sebesar 2850 rpm
    Kelebihan yang lainnya yang ada pada kompresor Multipro ini yaitu putaran mesin nya sekitar 2850 rpm dimana tekanan tersebut bisa digunakan untuk pekerjaan rumah tangga seperti pengecatan cat semprot / duco, membersihkan CPU komputer, atau juga pekerjaan di bengkel atau untuk usaha seperti meniup tekanan angin pada ban, ataupun meniup balon udara.
  • Tahan lama
    Kelebihan yang terakhir yaitu kompresor Multipro ini terbilang cukup awet karena produk yang satu ini diproduksi dengan bahan yang cukup berkualitas, Nah jika kalian mencari kompresor dengan harga yang terjangkau namun awet dan berkualitas Multipro bisa menjadi pilihan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Tangga atau Eskalator?

Kekurangan Kompresor Multipro

  • Ukuran yang cukup berat
    Jika dibandingkan dengan kompresor Lakoni yang memiliki berat 18kg, Kompresor Multipro ini memiliki bobot yang lebih berat yaitu sekitar 22kg, Meskipun bobotnya lebih berat namun kapasitas yang ada pada kompresor Multipro ini sama dengan kompresor Lakoni yaitu sekitar 10 liter.
  • Hanya mampu menghasilkan kecepatan aliran udara sebesar 100 l/m
    Kekurangan yang lainnya pada kompresor Multipro ini yaitu hanya menghasilkan kecepatan aliran udara sebesar 100 l/m, dimana kecepatan aliran udara sebesar 100 l/m tersebut hanya bisa digunakan untuk penggunaan yang terbatas.
  • Memiliki tangki penyimpanan terbatas
    Serupa dengan kompresor Lakoni yang memiliki kapasitas yang cukup standar yaitu sekitar 10 liter yang memungkinkan penggunaan menjadi terbatas.
Spesifikasi Kompresor Lakoni Kompresor Multipro
Daya Listrik500 Watt 2000 Watt
Horse Power3/4 HP2.5 HP
Kapasitas Tangki10 liter10 liter
Kapasitas Aliran Udara120 liter / menit206 liter / menit
Kapasitas Tekanan 8 Bar8 Bar

Kompresor Lakoni vs Multipro

Tips Memilih Kompresor

Berikut kami akan memberikan beberapa tips untuk kalian dalam memilih kompresor yang bagus sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan:

1. Modal yang perlu dipertimbangkan
Hal yang tidak kalah pentingnya dalam hal yang harus dipertimbangkan  yakni melihat seberapa banyak modal yang kita miliki pada waktu itu. Hal ini merupakan hal yang sangat fundamental dalam pemilihan harga kompresor angin. Sesuaikan budget modal yang  kalian miliki dan telah disediakan dengan jenis kompresor angin yang ingin kalian dibeli.

2. Mengetahui terlebuh dahulu spesifikasi produk
Tidak harus dari merk yang ternama ataupun besarnya modal yang kita miliki, spesifikasi dari produk yang bakal Anda beli pun harus benar-benar berkualitas dan bonafid, Misalnya saja, waktu kalian membutuhkan kompresor angin dengan memanfaatkan untuk mengangkat hidrolik cuci mobil, maka usahakan kita memilih kompresor angin yang mempunyai tenaga dorong dan volume tabung yang besar.

Tetapi jika kalian melakukan pembelian kompresor angin yang bertujuan untuk pemompa ban, maka menggunakan kompresor angin dengan spesifikasi yang normal saja cukup.

3. Garansi Mesin
Selanjutnya, Kalian juga harus perhatikan jangka waktu jaminan yang diberikan oleh toko dari kompresor angin yang akan kalian beli, Karena garansi ini sangat penting jika kompresor terjadi kesalahan saat baru dibeli.

4. Kondisi Baru atau Bekas
Misalnya saja kompresor angin yang kalian beli digunakan sebagai pemompa ban di bengkel, Tetapi jika kalian berniat untuk menggunakannya sebagai mengangkat mesin hidrolik cuci mobil atau hidrolik cuci motor, nampaknya melakukan pembelian kompresor angin yang bekas tidak disarankan bagi anda. Sebaiknya, belilah kompresor angin yang masih baru dan bergaransi yang memiliki tekanan yang besar dan kualitas pun lebih terjamin.

5. Jenis Kompresor Angin
Pengertian secara umum, kompresor angin berfungsi untuk menghisap udara yang merupakan gabungan dari sejumlah gas di antaranya gas nitrogen, oksigen, uap air, minyak, argon dan sejumlah gas lainnya yang ditampung dalam sebuah tabung dengan ukuran dan besar tekanan tertentu.

Pilih Mana: Kompresor Lakoni vs Multipro

Kompresor Lakoni Kompresor Multipro
Kelebihan- Harga cukup terjangkau - Memiliki ukuran dan bobot yang cukup ringan - Mampu menghasilkan kapasitas aliran udara 120 liter/ menit  - Dibandrol dengan harga yang terjangkau - Memiliki putaran mesin sebesar 2850 rpm - Tahan lama 
Kekurangan- Kapasitas penyimpanan udara yang terbatas  - Cuma memiliki tenaga dinamo 3/4 HP - Tidak cocok digunakan untuk usaha bengkel yang besar - Ukuran yang cukup berat - Hanya mampu menghasilkan kecepatan aliran udara sebesar 100 l/m - Memiliki tangki penyimpanan terbatas 

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai kompresor Lakoni dan Multipro memeiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, Namun kedua kompresor ini sama-sama dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan kapasitasnya pun sama yaitu sebesar 10 liter, Namun masalah bobot Multipro lebih berat dibandingkan kompresor Lakoni. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kompresor Lakoni vs Kompresor Multipro

VS

Leave a Reply