Kesehatan

Pilih Mana: Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

Koyo merupakan jenis obat luar yang ditempelkan pada kulit pasien untuk menghilangkan pegal-pegal, nyeri otot, atau persendian pada tubuh. Koyo terbuat dari berbagai macam bahan kimia obat yang dikonsep sedemikian rupa sehingga obat tersebut dapat menyerap ke kulit.

Koyo Hansaplast dan Koyo Salonpas merupakan obat yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang Indonesia. Bukan tanpa alasan, hal ini karena kandungan dan efek yang membuat orang jadi lebih segar dan hilang pegal-pegalnya karena aktivitas sehari-hari.

Pada artikel kali ini, Selera.id akan membahas lebih detail dari Koyo Hansaplast dan Koyo Salonpas agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih koyo andalan kamu sehari-hari. Stay tune guys!

Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

Koyo Hansaplast

Hansaplast Koyo merupakan Koyo modern untuk kamu yang aktif. Dikemas dengan teknologi Heat Lock yang menjaga supaya sensasi hangat dan aromanya tetap prima setelah kemasan dibuka, sewarna dengan kulit, dan tidak meninggalkan bekas. Tersedia dalam kemasan 2 lembar.

Koyo Hansaplast mengandung Menthol, Camphor, dan Nonilic Acid Vanillylamide (atau disingkat Nonivamide). Inilah yang membuat kita akan merasakan panas ketika koyo di tempelkan ke area tubuh yang nyeri.

Efek rasa panas saat koyo ditempelkan bertujuan untuk memberikan sinyal pada otak, sehingga persepsi nyeri atau pegal menjadi terlupakan. Tak lama kemudian, nyeri akan berkurang perlahan-lahan.

Koyo Hansaplast bisa menjadi opsi utama terapi nyeri otot ringan pada mereka yang mempunyai penyakit hipertensi kronis, diabetes mellitus atau alergi terhadap obat-obatan. Perihal ini sebab proses penyerapan zat aktif dalam koyo cuma melalui kontak kulit, tidak melalui ginjal dan hati seperti obat-obatan yang diminum.

Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

Itulah mengapa koyo bisa jadi pilihan utama kamu untuk menghilangkan pegal, selain gampang dipakai, harganya pun lumayan terjangkau. Dengan ukurannya yang besar, sekali tempel pegal melayang. Hansaplast Koyo ukuran besar ini sudah dapat kamu miliki di toko terdekat. Baca juga: Suplemen untuk kesehatan kulit Terbaik

Kelebihan Koyo Hansaplast

  • Dikemas menggunakan teknologi heat lock
    Dipastikan tidak akan rugi mengenakan koyo dari Hansaplast karena dikemas dengan teknologi heat lock yang dapat dikunci kembali usai dibuka. Kamu yang membeli kemasan sachet dan terdapat beberapa potong koyo di dalamnya dapat menyimpannya dengan gampang. Setiap kali dibuka dipastikan aromanya masih fresh dan sensasi hangatnya masih amat terasa sehingga nyaman digunakan walaupun dibelinya sudah lama.
  • Koyo Hansaplast mempunyai warna yang sama dengan kulit
    Salah satu keunggulan koyo dari Hansaplast ini selain fungsi koyo untuk tubuh memang cukup banyak nyatanya dibuat dengan warna kulit. Artinya sewaktu digunakan di bagian tubuh yang mudah terlihat orang lain kesannya biasa saja tidak aneh ataupun lucu. Bahkan terkesan tidak menggunakan koyo karena memang koyo dari Hansaplast ini tersamarkan dengan baik oleh warna kulit yang dimilikinya.
  • Tidak meninggalkan bekas usai digunakan
    Berbeda dengan jenis koyo lain yang panasnya berlebihan, Hansaplast memberi sensasi hangat namun tetap efektif meredakan nyeri maupun pegal-pegal. Berhubung sensasi yang diberikan hangat bukan panas berlebihan maka selepas digunakan kulit tidak belang. Karena produk koyo lain dapat membuat kulit terlihat kehitaman seperti habis terbakar, maka beralih ke koyo Hansaplast tidak akan rugi.

Kekurangan Koyo Hansaplast

  • Resiko alergi
    Dibalik beberapa kelebihan dari Koyo Hansaplast, pastinya memiliki beberapa kekurangan atau efek samping di dalamnya. Efek samping koyo yang mungkin muncul yaitu terjadinya iritasi kulit karena adanya alergi. Terlebih bila kamu memang mempunyai jenis kulit yang sensitif.
  • Sensasi terbakar pada kulit
    Beberapa efek samping lain menggunakan Koyo selain alergi yaitu sensasi terbakar pada kulit. Hal ini biasa terjadi untuk mereka yang memiliki kulit yang sensitif dan tipis. Jika kamu tidak kuat dengan sensasi terbakar ini, maka Koyo tidak direkomendasikan untuk kamu.
  • Resiko overdosis
    Orang yang memakai koyo dapat memungkinkan mengalami overdosis bila tambalannya atau koyo yang dipakai dalam keadaan rusak. Bila ini terjadi, segera hentikan penggunaan dan lepaskan koyo dari daerah yang mengalami iritasi dengan hati-hati.

Koyo Salonpas

Hisamitsu Pharmaceutical merupakan perusahaan farmasi Jepang yang bermarkas di Tokyo. Perusahaan ini menghasilkan produk obat bebas atau OTC. Salah satu brand produknya yang populer yaitu Salonpas. Produk Salonpas sudah dikenal oleh masyarakat dunia, dan produk ini sudah diekspor ke lebih dari 50 negara.

Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

Salonpas merupakan obat koyo tempel yang dikenal baik oleh warga Indonesia. Selain sebagai obat luka memar, Salonpas juga berguna untuk menangani sakit gigi, sakit kepala, sakit punggung, nyeri otot, sakit punggung. Produk ini sudah menjadi bagian kesehatan warga Indonesia selama puluhan tahun.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bodrex atau Panadol?

Produk dikemas dengan bentuk praktis, dalam bentuk koyo tempel. Seiring perkembangan waktu, Salonpas juga muncul dalam varian produk yang berbagai macam.

Beberapa varian produk Salonpas antara lain, Salonpas pain relief Patch, Salonpas Hot, Salonpas Gel, Salonpas Cream, Salonpas Cream Hot, Salonpas Liniment.

Kelebihan Koyo Salonpas

  • Memiliki banyak varian
    Berbeda dengan Hansaplast, Salonpas memiliki banyak varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang memiliki tingkat panas yang biasa sampai yang sangat panas sekalipun. Semuanya ada di Salonpas.
  • Meredakan keluhan-keluhan yang kerap melanda tubuh
    Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Koyo Salonpas adalah membantu meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh nyeri otot, sakit otot leher, punggung pegal, sakit kepala, sakit gigi, memar, terkilir serta nyeri sendi. Maka tak heran bila banyak orang yang menggunakan Koyo Salonpas ini untuk andalan sehari-hari saat badan terasa sakit.
  • Memiliki kandungan yang aman untuk kulit
    Beberapa kandungan yang ada pada Salonpas tentunya disesuaikan dengan kondisi kebanyakan kulit orang di dunia. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan Koyo dari Salonpas ini. Namun biasanya orang yang memiliki kulit sensitif lebih rentan mengalami beberapa efek samping.

Kekurangan Koyo Salonpas

  • Resiko alergi
    Seperti yang sudah dijelaskan barusan, orang yang memiliki kulit sensitif lebih memiliki resiko alergi yang lebih tinggi. Hal ini tentu karena kandungan yang ada pada Salonpas tidak sesuai dengan kulit orang tersebut. Untuk itu senantiasa cermati lagi beberapa kandungan yang ada di dalamnya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Kulit memerah
    Beberapa efek samping lainnya selain alergi adalah kulit merah berkepanjangan untuk mereka yang tidak terbiasa atau tidak cocok dengan kandungan yang ada pada Koyo Salonpas ini. Selalu cermat dan berhati-hati dalam memilih Koyo andalan kamu ya guys.
  • Tidak cocok untuk anak kecil
    Untuk kamu para orang tua yang memiliki anak kecil harus diperhatikan baik-baik karena penggunaan Koyo Salonpas ini tidak cocok untuk anak kecil karena memiliki efek panas yang tidak bisa diterima oleh anak kecil.
Koyo HansaplastKoyo Salonpas
Kandungan- Menthol - Camphor - Nonilic acid vanillylamide- Methyl salicilate - Menthol - Camphor
Harga per November 2019Rp 5.500,-Rp 7.100,-

Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

Tips memilih koyo:

1. Pilih yang hangatnya pas
Jenis koyo ada banyak, beberapa menghadirkan sensasi panas yang tidak tertahankan, ada yang hangat, ada yang memiliki aroma mint, dan sebagainya. Khusus untuk tingkat kehangatan koyo bagusnya dicocokkan dengan kebutuhan karena bisa jadi kamu tidak kuat panas.

2. Pastikan diterima dalam kondisi bagus
Ada kalanya kamu membeli koyo hangat atau panas secara ecer alhasil dapat berhemat dan tidak membuang-buang koyo karena terlalu lama terbuka. Bagusnya pilih koyo yang kondisinya masih bagus serta terbungkus rapat, walaupun kemasan sachet sudah dibuka asalkan di klip rapat dijamin masih enak digunakan.

3. Pilih produk yang terpercaya
Produk koyo kini semakin banyak serta beragam cobalah untuk mempergunakan produk yang terpercaya, sehingga benar-benar efektif meredakan keluhan kamu. Baik pegal, terkilir, dan sebagainya yang memang dapat sembuh dengan terapi panas.

Pilih Mana: Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

Koyo HansaplastKoyo Salonpas
Kelebihan- Dikemas menggunakan teknologi heat lock - Koyo Hansaplast mempunyai warna yang sama dengan kulit - Tidak meninggalkan bekas usai digunakan - Memiliki banyak varian - Meredakan keluhan-keluhan yang kerap melanda tubuh - Memiliki kandungan yang aman untuk kulit
Kekurangan- Resiko alergi - Sensasi terbakar pada kulit - Resiko overdosis - Resiko alergi - Kulit memerah - Tidak cocok untuk anak kecil

Kesimpulan

Setelah membahas Koyo Hansaplast dan Koyo Salonpas tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua koyo ini cocok digunakan untuk kamu yang sedang mengalami pegal-pegal, nyeri otot, sakit kepala dan lain sebagainya dengan kadar yang sesuai. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan koyo andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Koyo Hansaplast vs Koyo Salonpas

VS

Leave a Reply