Aplikasi

Pilih Mana: Kredivo atau Akulaku?

Pastinya semua orang memiliki beberapa barang idaman yang ingin dipunyainya, namun penghasilan tidak sebanyak harga dari barang tersebut. Maka cara satu-satunya yaitu membelinya secara kredit. Hal inilah yang sudah dilakukan oleh dua aplikasi kredit online yakni Kredivo dan Akulaku.

Kredivo dan Akulaku sendiri sudah cukup lama berkecimpung di dunia kredit online ini. Beberapa fitur yang ada di dalamnya membuat sebagian orang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini.

Penasaran dengan detail dari Kredivo dan Akulaku ini? Untuk itu simak terus Selera.id kali ini agar bisa kamu jadikan acuan dalam memilih aplikasi kredit online andalan kamu sehari-hari. Stay tune guys!

Kredivo atau Akulaku

Kredivo

Kredivo merupakan kartu kredit digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kamu kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam 30 hari tanpa bunga atau dengan Cicilan 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan (bunga 2.95% per bulan).

Gunakan sebagai metode pembayaran di merchant ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.id, Blibli, Tiket. com, dan 250+ lainnya atau ajukan pencairan batas kredit mu untuk mendapat pinjaman tunai.

Proses registrasi di Kredivo serba online dan amat mudah. Untuk mendaftar akun Basic, kamu cuma perlu mengunggah foto KTP serta foto selfie, kemudian menyambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi. Sedangkan untuk akun Premium, kamu cukup melakukan langkah yang sama, serta menghubungkan akun internet banking.

Registrasi akun Kredivo cuma memakan waktu 1 menit, serta persetujuannya cuma membutuhkan waktu maksimal 24 jam. Begitu juga dengan kecepatan pencairan limit akun Kredivo yang cuma memakan waktu hitungan menit. Baca juga Pilih Mana: Lazada atau Bukalapak?

Kelebihan Kredivo

  • Bisa membeli berbagai barang sekaligus karena limit lebih besar
    Limit maksimal yang dapat kamu miliki bila mendaftar akun Bayar dalam 30 Hari yaitu sebesar Rp 3 juta. Sedangkan dengan mendaftar akun Cicilan, batas yang dapat didapatkan mencapai Rp 20 juta. Dengan begitu, kamu dapat berbelanja banyak barang sekaligus. Cukup dengan membeli beberapa barang dengan akumulasi total harga minimal Rp 1 juta, maka kamu sudah dapat membayarnya memakai Cicilan Kredivo.
  • Kredit barang lebih ringan karena tenor cicilan lebih panjang
    Tenor pada akun Cicilan pastinya juga lebih panjang dibanding akun Bayar dalam 30 Hari. Kamu dapat memilih masa cicilan 3,6, sampai 12 bulan. Jadi, ketika kamu membeli barang dengan harga tinggi, beban yang ditanggung jadi lebih ringan dibanding membayar langsung secara tunai.
  • Cuma pemilik akun Cicilan Kredivo yang dapat mengajukan pinjaman tunai
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, limit kredit dalam akun Kredivo-mu tidak cuma dapat dipakai untuk belanja online, melainkan dapat dijadikan uang tunai. Tetapi layanan satu ini cuma dapat dipakai oleh konsumen akun Cicilan Kredivo.

Kredivo atau Akulaku

Kekurangan Kredivo

  • Suku bunga lebih besar
    Salah satu kekurangan dari kredit online tanpa kartu kredit yaitu suku bunga yang dibebankan cukup besar. Perihal ini pastinya berhubungan dengan tidak adanya DP atau biaya admin yang diberikan. Sehingga, lembaga penyedia kredit online umumnya meminimalisir resiko kredit dengan cara memberikan bunga yang relatif tinggi.
  • Adanya biaya keterlambatan bayar
    Sama halnya dengan kartu kredit, biaya keterlambatan bayar pun juga berlaku dan diaplikasikan dalam fasilitas cicilan online tanpa kartu kredit. Umumnya, biaya keterlambatan ini mempunyai rate yang sama, sekitar 3% per bulannya.
  • Adanya tanggungan utang baru
    Di samping menolong kemudahan hidup, berutang juga pastinya menyisakan beban serta tanggungan yang wajib diselesaikan. Rasanya pasti tidak enak sebab penghasilan kamu tiap bulannya mesti dipotong serta dialokasikan untuk melunaskan hutang ini.

Cara pendaftaran Kredivo:

  1. Buka aplikasi Kredivo untuk memulai pendaftaran
  2. Pilih jenis akun sesuai kebutuhanmu (Akun Basic atau Akun Premium)
  3.  Foto KTP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo
  4.  Ambil foto diri kamu saat mendaftar atau verifikasi
  5. Hubungkan akun digital yang sudah memiliki riwayat transaksi
  6. Lengkapi semua data diri yang diminta sebagai proses terakhir dari pendaftaran
  7. Tunggu konfirmasi berikutnya dari Kredivo (maksimum 24 jam)

Akulaku

Akulaku sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan konsumen membeli barang dengan metode cicilan selama 3, 6, 9, sampai 12 bulan. Lewat aplikasi tersebut, kamu dapat membeli barang dari lebih dari tiga ribu merchant online.

Mereka juga sudah bekerja sama dengan beberapa e-commerce besar, seperti Bukalapak, Shopee, Blibli, serta JD. ID untuk menghadirkan layanan pembayaran Akulaku Pay. Kamu dapat membeli barang di berbagai e-commerce tersebut, dan memilih fitur pembayaran Akulaku Pay jika mau membayar dengan metode cicilan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Smadav atau Avira?

Startup tersebut dibuat oleh William Li pada bulan Juni 2016 silam. Saat ini, mereka sudah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Di Indonesia, mereka sudah sukses mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kredivo atau Akulaku

Di Indonesia sendiri, Akulaku mesti bersaing dengan startup kartu kredit virtual Kredivo, dan startup pinjaman online lain, seperti UangTeman serta Cicil. Ketiga startup itu sudah mendapatkan pendanaan dalam jumlah tidak sedikit, yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan produk serta menggaet konsumen di tanah air.

Kelebihan Akulaku

  • Cicilan tanpa mesti mempunyai kartu kredit
    Umumnya cicilan dengan barang yang dibeli secara online cuma dapat dilakukan dengan memiliki kartu kredit. Dimana untuk mendapatkan kartu kredit sendiri memiliki cara yang terbilang sulit dan rumit. Sehingga untuk kamu yang mau membeli barang tanpa memakai kartu kredit dapat untuk menggunakan aplikasi pembayaran tanpa kartu kredit seperti AkuLaku dan dapat membeli barang dengan angsuran secara online.
  • Produk serta jasa yang diberikan lengkap di Akulaku
    Selama ini banyak yang berpikiran jika Akulaku cuma menyediakan produk gadget. Ini asumsi yang salah besar. Faktanya, di Akulaku tersedia berbagai produk serta jasa lengkap banget, mulai dari berbagai produk gadget serta elektronik, fashion pria dan wanita, produk rumah tangga, produk consumer good, beli paket data, tiket pesawat, tiket nonton, produk bayi, produk perawatan kulit serta kesehatan, juga ada voucher untuk produk makanan. Lengkap deh pokoknya.
  • Transaksi akan lebih gampang dibanding kamu memakai uang cash
    Ketika akan melakukan transaksi atau juga untuk memakainya belanja online tanpa kartu kredit, kamu dapat untuk memakainya terlebih dahulu dengan mengunduh aplikasi AkuLaku. Aplikasi itu dapat diunduh dengan mudah di smartphone yang kamu miliki yakni dengan mengunduhnya di playstore dan kemudian dapat untuk memakainya.

Kekurangan Akulaku

  • Pencarian pada aplikasi masih buruk
    Pencarian pada aplikasi Akulaku dinilai cukup buruk oleh beberapa konsumennya. Bila kamu mencari barang dan ingin mengurutkan dari harga terendah maka kamu mesti membuat filter batasan harga terendah. Namun setelah kamu buat, Barang yang keluar tidak sesuai dengan kata pencarian awal.
  • Pelayanan buruk
    Beberapa pengguna aplikasi ini menyebutkan bahwa pelayanan dari Akulaku cukup buruk sama seperti mesin pencarian di dalamnya. Mereka cenderung membalas pesan dengan lambat dan jawaban yang cenderung berbelit-belit untuk persoalan mengenai Akulaku.
  • Barang tidak kunjung sampai
    Salah satu konsumennya menyebutkan bahwa barang yang sudah di bayar dp untuk cicilan 6 bulan tidak kunjung datang setelah lebih dari satu minggu. Tentunya ini menjadi pertimbangan tersendiri untuk para calon pemakai Akulaku.

Cara pendaftaran Akulaku:

  1.  Siapkan dan aktifkan nomor baru
  2. Download aplikasi Parallel Space di Play Store
  3. Buka aplikasi Akulaku yang sudah dikloning
  4.  Pengisian identitas
  5.  Kontak darurat
  6. Isi alamat lengkap serta data diri lainnya
  7. Sertakan foto secara jelas
SpesifikasiKredivo Akulaku
Maksimum pembayaranRp 20.000.000,- Rp 20.000.000,-
Alasan kerap tidak disetujuiPengajuan cicilan tidak dapat disetujui jika limit Akulaku kamu tidak mencukupiPengajuan cicilan tidak dapat disetujui jika kamu terlambat melakukan pembayaran sehingga akun kamu ditangguhkan sementara, atau batas kredit yang tersisa di akun kamu kurang dari nilai transaksi yang diajukan
ProdukSemua produk retail, tiket pesawat, dan voucher hotel melalui website dan aplikasiSemua produk retail melalui website dan aplikasi

Pilih Mana: Kredivo atau Akulaku?

Kredivo Akulaku
Kelebihan - Bisa membeli berbagai barang sekaligus karena limit lebih besar - Kredit barang lebih ringan karena tenor cicilan lebih panjang - Cuma pemilik akun Cicilan Kredivo yang dapat mengajukan pinjaman tunai - Cicilan tanpa mesti mempunyai kartu kredit - Produk serta jasa yang diberikan lengkap di Akulaku - Transaksi akan lebih gampang dibanding kamu memakai uang cash
Kekurangan - Suku bunga lebih besar - Adanya biaya keterlambatan bayar - Adanya tanggungan utang baru - Pencarian pada aplikasi masih buruk - Pelayanan buruk - Barang tidak kunjung sampai

Kesimpulan

Setelah membahas Kredivo dan Akulaku tadi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua aplikasi kredit online ini bisa membantu para konsumen yang menginginkan barang online tersebut dengan dicicil selama beberapa bulan. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan aplikasi kredit online kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Dan jangan lupa untuk dilunasi tepat waktu ya!. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Kredivo vs Akulaku

VS

Leave a Reply