Kesehatan

Pilih Mana: Lacto-B atau L-Bio?

Saat tubuh mengalami masalah dalam pencernaan seperti diare dan rasa tidak nyaman di perut dapat membuat berbagai aktivitas terganggu. Apalagi hal tersebut di alami oleh anak-anak, pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan rewel karena tidak nyaman pada perut. Pada artikel kali ini kami akan membahas kedua suplemen yang dapat mencegah dan mengobati hal tersebut yaitu Lacto-B dan L-Bio.

Meskipun keduanya memiliki manfaat yang sama-sama baik untuk di konsumsi, Manakah suplemen diantara Lacto-B dan L-Bio yang lebih bagus? Jangan khawatir! Dalam postingan ini juga kami akan membahas lebih lanjut mengenai keduanya. Yuk langsung saja ke pembahasan!

Lacto-B atau L-Bio

Lacto-B

Lacto-B merupakan probiotik bentuk bubuk yang memiliki fungsi utama untuk membantu mempercepat penyembuhan diare pada anak-anak. Selain itu, probiotik juga dapat digunakan untuk mencegah diare akibat penggunaan antibiotik dan mengurangi gejala intoleransi laktosa seperti diare, kram perut, dan perut kembung. Dalam salah satu penelitian, probiotik juga dapat memperbaiki konstipasi. Baca juga Pilih Mana: Ibuprofen atau Paracetamol?

Lacto-B dilengkapi dengan komponen utama bakteri yang baik untuk saluran pencernaan, yaitu Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, dan Streptococcus thermophilus. Dalam satu sachet Lacto-B mengandung 10 juta bakteri hidup. Selain mengandung bakteri baik pendukung pencernaan,

Kandungan Lacto-B

Kandungan yang ada pada Lacto-B yaitu Bakteri asam laktat yang merupakan probiotik itu memang tidak menghasilkan energi atau zat gizi lain. Akan tetapi, ada komposisi bahan lacto b yang memiliki kandungan energi dan zat-zat gizi tertentu.

Di dalam satu bungkus Lacto-B mengandung energi sebanyak 3,4 kalori. Selain itu zat gizi makro yang terdapat di dalam satu bungkus Lacto-B di antaranya karbohidrat sebanyak 0,6 gr, protein sebesar 0,02 gr, dan lemak dengan total 0,1 gr.

Beberapa macam vitamin dan mineral juga dikandung oleh lacto b, seperti Vitamin B1 sebesar 73%, Vitamin B2 sebesar 157%, Vitamin B6 sebanyak 14% , Niacin sebanyak 13%, Vitamin C sejumlah 7% , dan Zinc sebesar 103%. Persentase AKG pada vitamin dan mineral mengacu pada kebutuhan energi sebesar 2000 kalori.

Kelebihan Lacto-B

  • Melindungi sistem pencernaan
    Manfaat utama dari probiotik yang terkadung dalam Lacto-B ini yaitu untuk melindungi sistem pencernaan. Karena di dalam probiotik ini juga dilengkapi dengan zat-zat yang baik untuk kesehatan pencernaan manusia. Maka dari itulah Lacto-B memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari sistem pencernaan.
  • Menghambat bakteri yang merugikan
    Di dalam Lacto B juga tedapat kandungan Lactic Acid Bacterial yang punya kemampuan untuk menghasilkan asam organik. Asam organik yang dihasilkan oleh Lactic Acid Bacterial memiliki kegunaan untuk menghambat bakteri yang merugikan pada usus. Selain itu, ketika bakteri yang merugikan itu pertumbuhannya dapat terhambat, maka dapat menyeimbangkan flora pada usus.
  • Menyeimbangkan flora usus
    Seperti yang sudah dibahas di atas pada kelebihan yang pertama dari beberapa poin ini, Lacto-B dapat membuat keseimbangan flora di dalam usus. Hal ini memungkinkan karena lacto b ini memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk tubuh dan usus.

Lacto-B atau L-Bio

Kekurangan Lacto-B

    • Penggunaan pada anak dibawah 1 tahun harus berkonsultasi ke dokter
      Kekurangan yang pertama pada Lacto-B ini yaitu obat ini tidak bisa sembrangan di konsumsi oleh anak di usia di bawah 1 tahun. Untuk mengkonsumsi obat ini sebaiknya para orang tua terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter. Kalian juga dapat berkonsultasi secara online di Halodoc.
  • Menyebabkan perut kembung
    Produk probiotik seperti Lacto-B umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan dinilai aman untuk digunakan. Akan tetapi pada beberapa hari setelah pemakaian pertama, Anda mungkin merasakan rasa tidak nyaman pada perut termasuk perut kembung dan frekuensi buang gas yang meningkat.
  • Dapat menyebabkan alergi
    Kekurangan yang terakhir yaitu dapat menyebabkan reaksi alergi terhadap Bifidobacterium dan Lactobacillus juga bisa saja terjadi. Reaksi alergi ini biasanya ditandai dengan Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Kesulitan bernapas. Gatal-gatal dan kemerahan pada kulit. Jika reakse tersebut muncul silahkan hentikan konsumsi obat dan segera ke dokter.

L-Bio

L-Bio merupakan vitamin makanan mengandung probiotik yang baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Suplemen ini tersedia dalam bentuk kapsul serta granul yang dikemas dalam sachet dan dapat diberikan untuk anak-anak maupun dewasa.

L-Bio terdapat kandungan bahan aktif berupa pati beras dan maltodextrin yang dijadikan media kultur bakteri Bifidobacterium lactis, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, Lactococcus lactis.

Beberapa jenis bakteri asam laktat yang terdapat pada L-Bio ini  mampu membantu memulihkan keseimbangan mikroorganisme dalam saluran cerna sehingga membantu meredakan diare, dispepsia, konstipasi, atau masalah pencernaan akibat penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

Cara Kerja dan Fungsi Obat L-Bio

Fungsi L Bio dalam tubuh adalah sebagai penyeimbang flora usus atau mikroorganisme yang hidup dan berkembang biak di saluran cerna yang membantu fungsi normal pencernaan. Suplemen ini mengandung beberapa jenis strain bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan seperti Bifidobacterium lactis, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, Lactobacillus salivarius, dan Lactococcus lactis.

Lacto-B atau L-Bio

Bakteri-bakteri asam laktat ini nantinya akan membantu fermentasi karbohidrat menjadi asam laktat, membantu mengurangi lonjakan pertumbuhan mikroorganisme patogen sehingga dapat meredakan diare, diare akibat laktosa, atau mengatasi diare yang dipicu penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada L-Bio:

Kandungan L-Bio:

  • Rice starch.
  • Maltodextrin.
  • Lactobacillus acidophilus.
  • Lactobacillus casei.
  • Lactobacillus salivarius.
  • Bifidobacterium infantis.
  • Bifidobacterium lactis.
  • Bifidobacterium longum.
  • Lactococcus lactis.

Kelebihan L-Bio

  • Melindungi sistem pencernaan
    Kelebihan utama dari L-Bio ini mampu melindungi sistem pencernaan dari berbagai bakteri jahat. Sehingga dapat mencegah penyakit yang dapat terjadi pada bagian pencernaan, dengan berbagai kandungan yang ada L-Bio ini juga memberikan beberapa manfaat yang baik.
  • Dapat mengobati masalah pada saluran pencernaan
    Kelebihan yang lain pada L-Bio ini yaitu dapat bermanfaat untuk memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan pada kondisi , seperti : Diare, Konstipasi, Penggunaan antibiotika jangka panjang, Dispepsia, Diare akibat laktosa.
  • L-Bio mengandung probiotik atau bakteri baik
    Seperti salah satunya Lactobacillus Acidophilus, Lactobacillus Casei dan Lactococcus Lactis yang bekerja dengan melawan pertumbuhan bakteri jahat supaya sistem pencernaan selalu sehat dan juga L-Bio ini dapat di konsumsi dengan mudah oleh anak. Dapat dialurkan dalam air ataupun di campurkan pada makanan anak.

Kekurangan L-Bio

  • Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dengan obat lain
    Hati-hati saat menggunakan L Bio bersamaan dengan obat lain. Interaksi dapat terjadi antara L Bio dengan obat-obat spertu Antibiotik, menurunkan efektivitas probiotik di pencernaan dan Sulfazalazine probiotik dapat mempercepat metabolisme sulfazalazine yang dapat digunakan untuk penyakit kolitis ulseratifa.
  • Dapat memberikan efek perut kembung
    Produk probiotik seperti Lacto-B dan L-Bio umumnya bisa memberikan  manfaat yang baik oleh tubuh dan dinilai aman untuk digunakan. Namun, pada beberapa hari setelah pemakaian pertama, Anda mungkin merasakan rasa tidak nyaman pada perut termasuk perut kembung dan frekuensi buang gas yang meningkat.
  • Dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan
    Kekurangan yang lain pada L-Bio ini yaitu dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan yang membuat saat menjalani aktivitas sedkit terganggu. Selain itu juga dari efek tersebut beberapa orang akan mengalami cegukan.
Lacto-BL-Bio
Indikasi Umum Diare dan pencegahan intoleransi laktosa. Melindungi sistem pencernaan pada dewasa & anak/mengembalikan fungsi norma saluran cerna, memelihara keseimbangan flora usus normal, untuk fungsi fermentasi usus pada bayi.
KategoriLambung & Saluran PencernaanLambung & Saluran Pencernaan
Dosis Anak 1-12 tahun : 3 sachet/hari.Anak >= 12 tahun : 3 sachet perhari, Anak >= 2 tahun : 2-3 sachet perhari.
DosisSebelum atau sesudah makan, dapat diberikan bersama makanan untuk mengurangi ketidak-nyamanan pencernaan. Sebelum atau sesudah makan.
Manufaktur Novell Pharmaceutical Laboratories. Lapi.

Pilih Mana: Lacto-B atau L-Bio?

Lacto-BL-Bio
Kelebihan- Melindungi sistem pencernaan - Menghambat bakteri yang merugikan - Menyeimbangkan flora usus - Melindungi sistem pencernaan  - Dapat mengobati masalah pada saluran pencernaan - L-Bio mengandung probiotik atau bakteri baik
Kekurangan- Penggunaan pada anak dibawah 1 tahun harus berkonsultasi ke dokter - Menyebabkan perut kembung - Dapat menyebabkan alergi - Tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dengan obat lain - Dapat memberikan efek perut kembung - Dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas mengenai Lacto-B dan L-Bio merupakan suplemen yang baik untuk mengatasi masalah pencernaan, Lacto-B dan L-Bio dapat di konsumsi oleh anak hingga dewasa, Tetapi tetap saja untuk di konsumsi oleh anak ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Oleh sebab itu untuk memilih keduanya kalian dapat sesuaikan saja dengan kebutuhan dan dosis yang tepat untuk Anak.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lacto-B vs L-Bio

VS

Leave a Reply