Pilih Mana: Lactogen atau Lactogrow?

Bayi melalui beberapa tahap pertumbuhan yang membutuhkan nutrisi yang berbeda. Pada awalnya, susu ibu atau formula bayi adalah sumber utama nutrisi. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan nutrisi bayi berubah, dan pemilihan susu bayi yang tepat menjadi penting.

Susu bayi telah menjadi solusi untuk memberikan nutrisi bagi bayi yang tidak dapat disusui oleh ibu mereka. Pada masa lalu, berbagai pengganti susu ibu seperti susu hewan atau campuran bahan-bahan alami digunakan. Namun, pada abad ke-19, perkembangan teknologi membawa inovasi dengan ditemukannya formula susu bayi.

Seiring berjalannya waktu, penelitian lebih lanjut dilakukan untuk meningkatkan nutrisi dalam formula susu bayi. Diperkenalkannya vitamin dan mineral esensial menjadi langkah signifikan.Pada akhir abad ke-20, penelitian lebih lanjut mengenai kesehatan otak membawa penambahan DHA (asam lemak omega-3) dan AA (asam lemak omega-6) ke dalam formula susu bayi.

Dalam artikel ini kita akan membahas dua merek susu bayi yang sudah populer, yaitu Lactogen dan Lactogrow. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Lactogen

Susu Lactogen merupakan jenis susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang amat baik sehingga cocok dijadikan susu pendamping ASI walaupun bukan pengganti ASI. Susu Lactogen ini dibuat oleh Nestle yaitu suatu perusahaan multi internasional berpusat di Vevey, Swiss dan telah berdiri sejak 1868.

Dalam susu Lactogen ini mengandung probiotik LA dan ALA, vitamin, mineral dan juga zat besi untuk mencegah anemia yang semuanya amat diperlukan oleh bayi. Probiotik sendiri amat baik untuk usus serta pencernaan bayi, sedangkan LA dan ALA bermanfaat untuk mental dan otak anak.

Kelebihan Lactogen

Meningkatkan sistem pencernaan

Kandungan prebiotik dalam susu Lactogen sangat penting untuk bayi serta anak sebab dapat memperkuat sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh anak yang sedang dalam masa tumbuh. Kandungan dalam susu Lactogen nantinya akan berkembang di lapisan usus kecil untuk menghindari bakteri berbahaya serta kelebihan populasi yang mengganggu pencernaan dan imun tubuh anak.

Mencegah sembelit serta diare

Walaupun bayi tergolong jarang mengalami konstipasi, akan tetapi langkah pencegahan tetap wajib dilakukan. Sedangkan diare lebih sering dirasakan oleh bayi dampak ketidakseimbangan mikroflora dalam tubuh anak. Untuk itulah, susu Lactogen ini dapat dijadikan solusi diare dan sembelit dengan cara membantu pemecahan makanan serta penyerapan nutrisi.

Mencegah kolik

Hampir sekitar 25% bayi mengidap kolik di 6 bulan pertama yang umumnya diakibatkan karena hubungan ketidakseimbangan bakteri usus bayi. Untuk itulah, minum susu Lactogen amat penting untuk bayi sebab kandungan prebiotik dalam susu ini seperti manfaat bayam untuk bayi.

Kekurangan Lactogen

Harganya mahal

Sama seperti susu formula untuk anak pada umumnya, Lactogen pun memiliki harga yang cukup tinggi yaitu berkisar Rp 100.000,- untuk ukuran 750 gram per Agustus 2019. Namun kualitas dan manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi ya moms.

Meningkatkan peluang anak obesitas (kegemukan)

Obesitas atau kegemukan pada bayi kerap terjadi. Perihal ini diperkirakan amat besar peluangnya pada bayi yang mengkonsumsi susu formula seperti Lactogen dibanding ASI. Bagi sebagian penelitian yang sudah dicoba, anak yang mengkonsumsi susu formula berkisar antara 4. 5% sampai 40% mengidap kegemukan. Untuk itu bijaklah dalam memberikan susu formula kepada si kecil.

Gangguan sistem pencernaan

Berikutnya, dampak susu formula seperti Lactogen pada bayi 0-6 bulan pula bisa ditunjukkan dengan terjadinya gangguan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan ini biasanya yaitu berbentuk diare. Diare yang dialami oleh bayi pastinya sangat akan menyulitkan orang tua.

Berikut Varian Lactogen antara lain:

Lactogen 1

Lactogen 1 ini mempunyai kandungan probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan si kecil. Probiotik ini merupakan bakteri baik yang bertugas di dalam usus untuk menguatkan pencernaannya yang sedang berkembang sekalian meningkatkan sistem imun saluran pencernaan dan daya tahan tubuh bayi. Susu ini diperuntukan bayi berumur 0-6 bulan

Lactogen 2

Umur 6-12 bulan merupakan masa-masa penting untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh bayi. Lactogen 2 hadir sebagai makanan pendamping di samping ASI buat bayi. Diperkaya dengan kandungan prebiotics, LA, ALA, zat besi dan berbagai vitamin lainnya, bantu tumbuh kembang anak dengan memberikan susu bernutrisi terbaik persembahan Lactogen.

Lactogen 3

Lactogen 3 merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun dengan zat gizi mikro serta makro. Susu formula ini mempunyai kandungan prebiotik, zat besi, kalsium, 7 mineral, dan 12 vitamin yang sanggup membantu tumbuh kembang anak. Susu memiliki rasa plain yang lezat.

Lactogen 4

Lactogen 4 adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 3-5 tahun yang memiliki rasa vanilla yang nikmat serta kandungan vitamin A, Omega 6, kalsium, serta zat besi yang berlimpah.

Lactogrow

Lactogrow merupakan padatan susu skim laktosa, gabungan minyak nabati, antioksidan, askorbil palmitat, gula, 8 tipe mineral, premiks mineral, pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin. Juga memiliki gabungan minyak LC-PUFA minyak ikan DHA, antioksidan tokoferol dan lactobacillus reuteri.

Susu ini memang sangat dikhususkan untuk anak sesuai kebutuhan tumbuh kembang seiring dengan meningkatnya usia anak. Susu sapi ini juga sudah lebih dari cukup sebagai susu yang penuhi kebutuhan vitamin anak tumbuh kembang sempurna.

Kelebihan Lactogrow

Memperbaiki sel-sel rusak

Susu Lactogrow memiliki manfaat protein besar yang amat penting untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan diganti dengan sel yang baru. Protein dalam susu Lactogrow juga dapat memperlancar metabolisme badan bayi sekaligus jadi sumber amino esensial yang amat diperlukan untuk bayi.

Membantu pembentukan jaringan otak

Dalam susu Lactogrow pula memiliki AA yaitu arachidonic acid atau juga disebut dengan AHA atau ARA yang jadi unsur penting untuk pembentukan jaringan otak sehingga sangat penting buat kemajuan otak bayi seperti manfaat alpukat untuk bayi. Kandungan dalam susu ini juga terdapat di dalam ASI yang biasa disebut dengan zat yang bisa membantu kecerdasan bayi.

Mencegah alergi

Dalam penelitian membuktikan bila anak-anak yang mengidap alergi mempunyai gabungan mikroflora usus yang berbeda dengan anak sehat. Alergi pada susu sapi jadi jenis alergi yang paling umum terjadi. Melengkapi nutrisi bayi dengan susu Lactogen menjadi perihal yang amat penting untuk membantu membangun toleransi terhadap susu sapi sehingga dapat melindungi anak dari alergi ketika mulai beranjak dewasa.

Kekurangan Lactogrow

Menimbulkan alergi pada bayi

Pada kasus tertentu, sebagian bayi mengalami alergi akibat susu formula karena tidak cocok dengan kandungan yang terdapat dalam susu formula termasuk Lactogrow sekalipun.

Membuat bayi jadi rentan kepada penyakit

Tidak semua bayi cocok dengan susu formula yang dipilihkan oleh orang tuanya alhasil bukannya membuat anak kebal kepada penyakit, susu formula malah membuat bayi jadi rentan penyakit.

Sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi

Susu formula mempunyai kandungan yang lebih berat untuk dicerna oleh bayi alhasil tidak jarang membuat bayi alami diare bila tidak cocok dengan kandungan yang terdapat dalam susu formula.

Berikut Varian Lactogrow antara lain:

Lactogrow 3

Lactogrow 3 merupakan susu formula lanjutan untuk pertumbuhan bayi untuk usia 1- 3 tahun dan bukan sebagai pengganti ASI. Lactogrow 3 mengandung zat gizi makro serta mikro untuk pertumbuhan si kecil. Kandungan Probiotik di dalamnya akan membantu melindungi fungsi saluran cerna. Lactogrow 3 dilengkapi dengan Probiotik, DHA, LA & ALA, dan Kalsium untuk proses tumbuh kembang anak.

Lactogrow 4

Susu formula ini diperuntukkan anak usia 3-5 tahun yang diperkaya dengan 11 vitamin, 8 mineral dan minyak ikan untuk mendukung si kecil yang aktif serta kreatif. Dan juga mengandung Asam Linoleat (Omega 6) dan Asam Alfa-Linolenat (Omega 3) serta Lactobacillus reuteri yang menunjang kesehatan saluran cerna si kecil dimana 80% sistem imunitas terdapat di dalam saluran cerna.

Perbandingan Lactogen dan Lactogrow

LactogenLactogrow
Kelebihan- Meningkatkan sistem pencernaan
- Mencegah sembelit serta diare
- Mencegah kolik
- Memperbaiki sel-sel rusak
- Membantu pembentukan jaringan otak
- Mencegah alergi
Kekurangan- Harganya mahal
- Meningkatkan peluang anak obesitas (kegemukan)
- Gangguan sistem pencernaan
- Menimbulkan alergi pada bayi
- Membuat bayi jadi rentan kepada penyakit
- Sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam kesimpulan perbandingan antara Lactogen dan Lactogrow, dapat disimpulkan bahwa kedua produk susu formula ini memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing. Lactogen, sebagai formula untuk bayi di bawah usia satu tahun, menonjolkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. Sementara itu, Lactogrow, yang dirancang untuk anak usia di atas satu tahun, menawarkan kombinasi nutrisi yang lebih sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan anak yang lebih besar.

Anda Pilih Lactogen atau Lactogrow?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!