Lainnya

Pilih Mana: Lampu Halogen atau HID?

Mengutamakan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara merupakan hal yang sangat penting. Telah banyak kejadian-kejadian buruk yang terjadi akibat kurang memerhatikan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Salah satu faktor penentu keamanan dan kenyamanan ini adalah lampu yang dipakai pada kendaraan. Dua jenis lampu yang dapat Anda pakai yaitu lampu halogen dan lampu HID. Dari dua jenis lampu tersebut, manakah yang lebih aman dan nyaman untuk digunakan? Lampu halogen atau HID?

Lampu halogen merupakan lampu yang biasanya menjadi lampu default pada kendaraan. Lampu ini dipercaya handal dalam menembus kabut saat perjalanan. Sedangkan lampu HID merupakan lampu yang memberikan cahaya yang lebih terang, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas saat berkendara. Baca juga Pilih Mana: Lampu Halogen atau LED?

Lampu Halogen

Lampu halogen merupakan lampu yang berfungsi menjadi penerang utama. Lampu yang secara default ada pada kendaraan bermotor ataupun bermobil biasanya merupakan lampu halogen. Lampu ini memiliki warna yang agak kekuning-kuningan.

Kelebihan Lampu Halogen

Berikut beberapa kelebihan lampu halogen yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Sinar yang Terang

Salah satu kelebihan lampu halogen adalah memiliki nyala yang terang. Sinar atau nyala yang terang ini dikarenakan pancaran lampu halogen sebenarnya berasal dan bermula dari dalam tabung kaca lampu halogen. Di dalam tabung kaca tersebut terdapat sejumlah kawat pijar serta gas halogen.

  • Memiliki Harga yang Relatif Murah

Keunggulan lain yang dimiliki lampu halogen adalah harga lampu ini relatif lebih murah daripada lampu HID ataupun lampu LED. Selain lebih murah, Anda juga bisa mendapatkan lampu ini dengan sangat mudah di bengkel motor ataupun mobil terdekat. Anda dapat menggunakan lampu halogen dengan harga mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 300 ribu rupiah.

  • Optimal dalam Menembus Kabut

Dibandingkan dengan lampu HID, lampu halogen lebih optimal dalam menembus kabut. Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman meskipun dalam situasi yang dipenuhi dengan kabut. Lampu halogen memang lebih handal dalam menembus kabut daripada lampu HID dan LED.

Kekurangan Lampu Halogen

Berikut beberapa kekurangan lampu halogen yang perlu Anda ketahui:

  • Mengonsumsi Daya Listrik Lebih Besar

Salah satu kekurangan lampu halogen ini adalah mengonsumsi daya listrik yang cukup besar. Dengan demikian, jika Anda menggunakan lampu halogen ini maka Anda harus siap jika daya listrik yang dikonsumsi sangat besar, yaitu minimal 55 watt sehingga waktu pemakaian cenderung lebih boros.

  • Menimbulkan Panas yang Cukup Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh lampu halogen ini adalah dapat menimbulkan panas yang cukup besar dan dapat membuat mika lampu menjadi menguning. Panas tersebut berasal dari sejumlah kawat pijar yang berada di dalam tabung lampu halogen tersebut.

  • Memiliki Umur Pakai yang Singkat

Kekurangan lain lampu halogen ini adalah memiliki umur pakai yang relatif singkat. Dibandingkan dengan lampu HID dan LED, umur pakai lampu halogen merupakan yang paling singkat. Umur pakai lampu halogen yakni 500 hingga 1000 jam sedangkan lampu HID mencapai 2000 jam dan lampu LED memiliki umur pakai yang paling lama yakni 15000 jam. Umur pakai yang singkat ini disebabkan lampu halogen mengonsumsi daya listrik sangat besar.

Kelebihan Lampu HalogenKekurangan Lampu Halogen
- Memiliki sinar yang terang - Mengonsumsi daya listrik lebih besar
- Memiliki harga yang relatif murah- Menimbulkan panas yang cukup besar
- Optimal dalam menembus kabut- Memiliki umur pakai yang singkat

Lampu HID

Lampu HID juga dikenal sebagai lampu xenon, lampu HID menghasilkan cahaya yang sangat terang. Cahaya yang dihasilkan lampu HID biasanya berwarna putih. Banyak orang yang menggunakan lampu HID karena lebih hemat dalam mengonsumsi daya listrik. Jika Anda membutuhkan lampu yang cenderung hemat listrik, Anda dapat memanfaatkan lampu HID ini.

Kelebihan Lampu HID

Berikut beberapa kelebihan lampu HID yang perlu Anda ketahui:

  • Hemat dalam Penggunaan Daya Listrik

Salah satu kelebihan yang dimiliki lampu HID adalah hemat dalam mengonsumsi daya listrik. Untuk lampu utama lampu HID mengonsumsi daya sekitar 35 watt . Ini merupakan angka yang lebih kecil daripada daya yang dikonsumsi lampu halogen yang mencapai 55 watt. Hal ini termasuk hemat karena cahaya yang diberikan lampu ini sangat baik dan terang. Lampu jenis lain yang memberikan cahaya yang sama biasanya malah akan menghabiskan daya sebesar 100 watt.

  • Memberikan Sinar yang Terang

Lampu HID memiliki cahaya yang sangat terang. Cahaya yang dihasilkan biasanya berwarna putih, cahaya yang menyebar juga harus disertai dengan proyektor HID agar cahaya fokus. Dibandingkan dengan lampu halogen, lampu LED memberikan cahaya yang lebih terang.

  • Memiliki Umur Pakai yang Lama

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lampu HID adalah memiliki umur pakai yang tahan lama dan tidak cepat putus. Hal ini dikarenakan karena lampu HID memiliki sistem ketahanan yang baik pada rangkaian lampunya. Dengan demikian kondisi lampu dapat bertahan lama dengan kondisi yang baik.

Lihat juga:  Pilih Mana: Akrapovic atau Yoshimura?

Kekurangan Lampu HID

Berikut beberapa kekurangan lampu HID yang perlu Anda ketahui

  • Kurang Kuat Menembus Kabut

Kekurangan pertama yang dimiliki lampu HID adalah kurang bisa atau kurang kuat dalam menembus kabut. Lampu HID tidak lebih baik dari lampu halogen jika dilihat dari kemampuannya menembus kabut. Anda perlu lebih hati-hati jika memiliki jenis lampu ini dalam kendaraan Anda dan menempuh perjalanan yang berkabut.

  • Harga Relatif Mahal

Kekurangan lainnya yang dimiliki lampu HID ini adalah memiliki harga yang relatif mahal. Dibandingkan dengan lampu halogen, lampu HID memiliki harga yang lebih mahal. Namun jika dibandingkan dengan lampu LED, lampu HID masih memiliki harga yang lebih murah. untuk mendapatkan lampu HID ini, Anda perlu menyiapkan budget mulai dari Rp. 300 ribu hingga Rp. 800 ribu.

  • Perlu Dipasang dengan Teliti

Dalam pemasangan lampu HID, Anda perlu meminta agar lampu dipasang dengan benar dan teliti. Pemasangan lampu yang kurang atau tidak benar dapat menyebabkan lampu HID menghasilkan cahaya yang terlalu kuat. Cahaya yang kuat ini akan menyilaukan mata bagi pengendara yang berada di arah yang berlawanan. Hal ini dapat membahayakan orang lain, dan juga dapat membahayakan pengendara sendiri. Dikutip dari Viva.co.id penggunaan lampu HID pada motor membuat pengguna motor terganggu akibat cahaya terang yang dipancarkan oleh lampu tersebut.

  • Menghasilkan Panas yang Tinggi

Lampu LED juga dapat menghasilkan panas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lampu-lampu kendaraan bermotor lainnya. Panas yang dihasilkan tersebut akan memberikan dampak yang buruk seperti bagian headlamp dan crom reflector menjadi kelihatan kusam.

Kelebihan Lampu HIDKekurangan Lampu HID
- Hemat dalam penggunaan daya listrik - Kurang kuat menembus kabut
- Memberikan sinar yang terang- Harga relatif lebih mahal
- Memiliki umur pakai yang lama- Perlu dipasang dengan teliti

Pilih Mana: Lampu Halogen atau HID?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara lampu halogen dan HID. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Lampu Halogen Lampu HID
- Menghasilkan cahaya yang berwarna kuning- Menghasilkan cahaya yang berwarna putih
- Lebih boros dalam menghabiskan daya listrik- Lebih hemat dalam menghabiskan daya listrik
- Lebih handal dalam menembus kabut- Kurang handal dalam menembus kabut

Kesimpulan

Lampu halogen dan lampu HID memberikan fungsi dasar yang sama, yaitu untuk penerangan. Lampu HID memiliki umur pakai, cahaya penerangan yang lebih baik daripada lampu halogen. Selain itu, lampu HID juga mengonsumsi daya listrik lebih sedikit daripada lampu halogen. Karena itulah, lampu ini banyak digunakan sebagai lampu alternatif. Namun, jika Anda memiliki perjalanan yang akan menempuh tempat atau waktu yang berkabut, lampu HID masih kurang mampu menembus kabut ini. Dalam hal ini, lampu halogen lebih bisa diandalkan dalam menembus kabut saat perjalanan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lampu Halogen vs HID

VS

Leave a Reply