Lainnya

Pilih Mana: Lampu Halogen atau LED?

Keselamatan berkendara merupakan faktor yang sangat penting. Salah satu faktor yang menentukan keselamatan berkendara adalah penggunaan lampu yang tepat. Banyak jenis lampu yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu lampu halogen dan lampu LED. Manakah yang akan Anda pilih? Lampu halogen atau LED?

Lampu halogen dan lampu LED memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu memberikan cahaya untuk penerangan. Lampu halogen memiliki warna yang tidak terlalu menyilaukan mata, sedangkan lampu LED memiliki warna yang terang dan dapat menyilaukan mata.

Lampu Halogen

Lampu halogen merupakan lampu yang serta merta ada pada kendaraan saat Anda membeli kendaraan. Lampu ini dianggap memiliki kemampuan paling baik dalam menembus kabut. Penjelasan mengenai lampu halogen pernah kami bahas sebelumnya pada lampu halogen vs lampu HID.

Kelebihan Lampu Halogen

Berikut beberapa kelebihan lampu halogen yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan lampu halogen adalah memiliki harga yang relatif lebih murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan lampu LED. Lampu halogen juga lebih murah daripada lampu HID. Anda bisa mendapatkan lampu halogen ini dengan harga mulai dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 300 ribu rupiah. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan lampu ini di bengkel terdekat.

  • Mampu Menembus Kabut

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lampu halogen adalah sangat mampu dalam menembus kabut dibandingkan dengan lampu LED dan lampu HID. Jika Anda ingin menempuh perjalanan yang berkabut, maka sebaiknya Anda menggunakan lampu halogen daripada lampu LED.

  • Memiliki Sinar yang Tidak Menyilaukan

Meskipun sinar yang dihasilkan tidak terlalu realistis, namun lampu halogen memberikan sinar yang cukup terang dengan warna yang lebih kekuning-kuningan sehingga tidak menyilaukan mata. Nyala yang kekuning-kuningan ini disebabkan karena karena lampu halogen berasal dari dalam tabung kaca lampu halogen.

Kekurangan Lampu Halogen

Berikut beberapa kekurangan lampu halogen yang perlu Anda ketahui:

  • Penggunaan Daya yang Relatif Boros

Salah satu kekurangan lampu halogen adalah boros dalam mengonsumsi daya. Jika Anda menginginkan lampu yang hemat penggunaan daya, maka lampu halogen bukanlah pilihan yang tepat. Lampu halogen menghabiskan daya minimal 55 watt, dengan demikian bisa dikatakan bahwa lampu halogen termasuk lampu yang boros daya.

  • Cahaya yang Dihasilkan Tidak Terlalu Terang

Kekurangan lain yang dimiliki oleh lampu halogen ini adalah cahaya yang dihasilkan lampu halogen tidak terlalu terang seperti lampu LED. Lampu LED memberikan cahaya berwarna putih dan lebih terang daripada sinar yang dipancarkan lampu halogen.

  • Memiliki Umur Pakai yang Singkat

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lampu halogen adalah umur pakai lebih singkat daripada lampu jenis lainnya. Lampu halogen yang berumur 500 hingga 1000 jam saja. Sedangkan lampu HID mencapai 2000 jam dan lampu LED memiliki umur pakai yang paling lama yakni 15000 jam. Umur pakai yang singkat ini disebabkan lampu halogen mengonsumsi daya paling besar.

Kelebihan Lampu HalogenKekurangan Lampu Halogen
- Memiliki harga yang lebih terjangkau - Penggunaan daya relatif boros
- Mampu menembus kabut - Cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang
- Memiliki sinar yang tidak menyilaukan- Memiliki umur pakai yang singkat

Lampu LED

Lampu LED atau light-emitting diode merupakan lampu yang dapat digunakan sebagai lampu pengganti atau lampu default pada motor atau mobil. Lampu ini dipercaya lebih hemat daya dan lebih tahan lama.

Kelebihan Lampu LED

Berikut beberapa kelebihan lampu LED yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Sinar yang Lebih Terang

Salah satu kelebihan lampu LED adalah dapat memberikan sinar yang lebih terang daripada lampu halogen. Sinar lampu LED bisa menjadi lebih terang sebab lampu LED ini dibuat menggunakan chip berbahan semikonduktor yang diisi dengan penuh. Hal inilah yang menyebabkan sinar yang dipancarkan oleh lampu LED menjadi lebih merata dan lebih terang jika dibandingkan dengan lampu halogen.

  • Lebih Hemat Daya

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh lampu LED ini adalah lebih hemat dalam penggunaan daya daripada lampu halogen. Hal ini dikarenakan sistem penghasil cahaya antara LED dan halogen berbeda. Lampu halogen menghasilkan cahaya dari aliran listrik yang memanaskan flamen, dengan demikian dapat memancarkan cahaya. Sedangkan lampu LED menghasilkan cahaya dari chip yang penuh dan berbahan semikonduktor. Cahaya yang dihasilkan dari lampu halogen menghasilkan panas sehingga penggunaan daya menjadi lebih besar.

  • Awet dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lampu LED adalah lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan lampu halogen. Lampu LED dapat bertahan hingga 15.000 jam. Flamen yang digunakan pada lampu halogen berkemungkinan tidak bisa dipanaskan lagi sehingga tidak bisa menghasilkan cahaya atau sinar lagi. Selain itu, usia sistem yang dipakai pada lampu halogen lebih pendek daripada semikonduktor yang dipakai untuk pembuatan lampu LED.

Lihat juga:  7 Merk Pembalut Terbaik 2020

Kekurangan Lampu LED

Berikut beberapa kekurangan lampu LED yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Bisa Menembus Kabut

Salah satu kekurangan lampu LED adalah tidak bisa menembus kabut. Lampu yang paling mampu menembus kabut adalah lampu halogen, sedangkan lampu LED dan lampu HID masih kurang mampu dalam menembus kabut. Lampu LED memiliki warna yang netral serta partikel yang terdapat dalam lampu LED membuat sinar tidak bisa menembus kabut dan tidak bisa fokus menuju objek yang lebih jauh.

  • Sinar yang Dihasilkan Menyilaukan Mata

Kekurangan lain yang dimiliki oleh lampu LED ini adalah sinar yang dihasilkan dapat membuat mata mata menjadi silau. Orang yang berpapasan dengan Anda akan merasa terganggu akibat lampu LED yang Anda pakai.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lampu LED adalah harga yang ditawarkan lebih mahal daripada lampu halogen. Lampu halogen juga merupakan lampu yang paling mahal dibandingkan dengan lampu lain seperti lampu HID. Selain itu, dikutip dari Viva.co.id jika terjadi kerusakan pada lampu LED Anda harus mengganti lampu secara keseluruhan, dan biaya yang diperlukan juga lebih mahal.

Kelebihan Lampu LEDKekurangan Lampu LED
- Memberikan sinar yang lebih terang - Tidak bisa menembus kabut
- Lebih hemat daya - Sinar yang dihasilkan menyilaukan mata
- Awet dan tahan lama- Harga relatif lebih mahal

Pilih Mana: Lampu Halogen atau LED?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara lampu halogen dan LED. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Lampu Halogen Lampu LED
- Menghasilkan cahaya yang berwarna kuning- Menghasilkan cahaya yang berwarna putih
- Harga lebih terjangkau- Harga relatif lebih mahal
- Lebih mudah rusak - Lebih awet dan tahan lama

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai dua jenis lampu tersebut, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda membutuhkan lampu yang hemat daya, awet, dan memiliki sinar yang lebih terang maka Anda bisa mengganti lampu Anda dengan lampu LED. Tapi jika Anda memiliki aktivitas berkendara melewati kabut pada larut malam atau dini hari, sebaiknya Anda tetap menggunakan lampu halogen.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lampu Halogen vs LED

VS

Leave a Reply