Lainnya

Pilih Mana: Lampu HID atau LED?

Dalam memakai kendaraan untuk sebuah perjalanan, Anda perlu menentukan lampu yang paling tepat untuk mendukung aktivitas Anda. Dua jenis lampu yang dapat Anda gunakan adalah lampu HID dan lampu LED. Manakah yang paling tepat untuk Anda gunakan? Lampu HID atau LED?

Lampu HID dan lampu LED merupakan dua jenis lampu sebagai pengganti lampu standar yang dapat membantu memberikan penerangan saat perjalanan. Lampu HID memiliki sinar yang sangat terang, lebih terang daripada lampu LED. Dengan adanya sinar yang terang tersebut, lampu HID lebih cocok untuk digunakan saat perjalanan jauh. Meskipun begitu lampu HID memberikan panas yang lebih besar sehingga lebih mudah rusak daripada lampu LED.

Lampu HID

Lampu HID saat ini sangat banyak digunakan karena lampu HID menghasilkan cahaya yang sangat terang. Cahaya yang dihasilkan lampu HID biasanya berwarna putih. Banyak orang yang menggunakan lampu HID atau lampu xenon ini karena cahayanya yang terang. penjelasan mengenai lampu HID telah kami bahas sebelumnya pada Lampu Halogen vs Lampu HID.

Kelebihan Lampu HID

Berikut beberapa kelebihan lampu HID yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan lampu HID yaitu harga yang diberikan relatif lebih terjangkau daripada lampu LED. Namun, tetap lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu halogen. Lampu HID saat ini sangat digemari oleh para pengendara.

  • Lebih Cocok untuk Perjalanan Jauh

Kelebihan lain yang dimiliki lampu HID adalah sangat cocok untuk digunakan jika ingin menempuh perjalanan yang jauh. Menurut Gesang, salah satu sales Autovision yang dikutip dari Liputan6.com tingkat Lumens (keterangan) HID secara umum lebih tinggi dibanding LED, yaitu dari 6000 hingga 8000 Lumens. Tingkat ini membuat HID lebih mampu menembus hambatan-hambatan pandangan seperti kabut dan hujan.

  • Memberikan Cahaya yang Lebih Terang

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh lampu HID adalah mampu memberikan cahaya yang lebih terang daripada lampu LED. Itulah mengapa dikatakan bahwa lampu ini cocok untuk perjalanan jauh, sebab cahaya yang diberikan lebih terang.

Kekurangan Lampu HID

Berikut beberapa kekurangan lampu HID yang perlu Anda ketahui:

  • Menggunakan Daya Listrik Lebih Banyak

Lampu HID memang memberikan cahaya yang lebih terang daripada lampu LED, cahaya yang dihasilkan tersebut membutuhkan daya listrik yang lebih besar dan lebih banyak. HID rata-rata menyerap listrik sebesar 35 watt. Sementara LED hanya sekitar setengahnya, alias lebih kecil ketimbang HID.

  • Masih Menggunakan Bohlam Konvensional

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lampu LED adalah masih menggunakan bohlam konvensional yang selanjutnya disambung dengan kabel serta ballast. Hal ini menyebabkan panas yang dihasilkan lampu HID lebih besar daripada lampu LED. Karena ini pula lampu HID lebih cepat rusak dan tidak bisa bertahan lama.

  • Cahaya Lebih Menyilaukan

Cahaya yang dikeluarkan lampu HID memang lebih terang daripada lampu LED, namun sayangnya sinar pada lampu HID ini dapat menyebar dan membuat silau pengendara lain. Sedangkan lampu LED fokus di satu titik saja.

Kelebihan Lampu HIDKekurangan Lampu HID
- Harga relatif lebih terjangkau - Menggunakan daya listrik lebih banyak
- Lebih cocok untuk perjalanan jauh - Masih menggunakan bohlam konvensional
- Memberikan cahaya yang lebih terang - Cahaya lebih menyilaukan

Lampu LED

Lampu LED merupakan singkatan dari light-emitting diode. Lampu ini digunakan untuk mengganti lampu default pada motor atau mobil. Lampu LED ini banyak digunakan karena lebih hemat dalam menggunakan daya listrik dan lebih awet dan tahan lama.

Lihat juga:  10 Lilin Aromaterapi Terbaik 2020

Kelebihan Lampu LED

Berikut beberapa kelebihan lampu LED yang perlu Anda ketahui:

  • Daya Listrik yang Digunakan Lebih Kecil

Salah satu kelebihan lampu LED adalah penggunaan daya listrik yang lebih kecil daripada lampu HID. LED hanya menggunakan setengah daya listrik dari jumlah daya yang digunakan lampu HID. Dengan demikian, jelas bahwa lampu LED lebih hemat daya listrik.

  • Panas yang Dihasilkan Tidak Terlalu Besar

Lampu LED berbentuk lempengan sehingga panas yang dihasilkan tidak terlalu besar. Hal ini berbeda dengan lampu HID yang mengeluarkan panas cukup besar dan dapat membuat reflektor lampu terbakar ketika mengganti lampu standar menggunakan HID.

  • Awet dan Tahan Lama

Lampu LED merupakan lampu yang paling awet dibandingkan lampu halogen dan lampu HID. Lampu LED dapat bertahan hingga 15.000 jam, sedangkan lampu jenis lainnya dapat bertahan kurang dari waktu tersebut. Ini juga merupakan salah satu alasan banyak orang memakai lampu LED, sebab lebih awet dan tahan lama.

  • Cahaya Tidak Menyilaukan

Lampu LED menghasilkan cahaya yang tidak terlalu menyilaukan dan tidak menyebar. Cahaya yang dikeluarkan fokus di satu titik saja, dan tidak akan membuat pengendara lain menjadi terganggu akibat cahaya yang dihasilkan.

Kekurangan Lampu LED

Berikut beberapa kekurangan lampu LED yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Dibandingkan dengan lampu HID, lampu LED memiliki harga yang lebih mahal. Lampu LED merupakan lampu yang paling mahal di antara lampu-lampu lainnya. Namun, hal ini juga ditentukan dari merek dan jenis lampu LED itu sendiri.

  • Tidak Cocok untuk Perjalanan Jauh

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki lampu LED adalah kurang cocok digunakan untuk perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan Lumens yang terdapat pada lampu LED lebih rendah dibandingkan lampu HID sehingga belum terlalu mampu menembus hambatan-hambatan saat hujan dan kabut.

  • Biaya Perbaikan yang Mahal

Selain memiliki harga yang relatif mahal, biaya perbaikan lampu LED juga relatif lebih mahal daripada lampu HID. Saat terjadi kerusakan pada satu titik, Anda perlu mengganti secara keseluruhan lampu tersebut.

Kelebihan Lampu LEDKekurangan Lampu LED
- Daya listrik yang digunakan lebih kecil - Harga relatif lebih mahal
- Panas yang dihasilkan tidak terlalu besar - Tidak cocok untuk perjalanan jauh
- Awet dan tahan lama- Biaya perbaikan yang mahal

Pilih Mana: Lampu HID atau LED?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara lampu HID dan lampu LED. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Lampu HIDLampu LED
- Cocok untuk perjalanan jauh- Kurang cocok untuk perjalanan jauh
- Menggunakan daya listrik yang besar- Lebih awet dan tahan lama
- Lebih mudah rusak- Menggunakan daya listrik yang tidak terlalu besar

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai lampu HID dan lampu LED dapat disimpulkan bahwa lampu LED memiliki usia yang lebih lama dan lebih awet, namun lampu ini tidak bisa dipakai untuk perjalanan yang jauh. Anda perlu menyesuaikan aktivitas Anda dengan lampu yang akan Anda gunakan. sebab baik tidaknya lampu, harus disesuaikan dulu dengan aktivitas Anda. jika Anda memiliki perjalanan yang jauh dan mengutamakan keterangan cahaya, Anda dapat menggunakan lampu HID.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lampu HID vs LED

VS

Leave a Reply