HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih Mana: Lampu LED atau Lampu Biasa?

Lampu merupakan barang yang sangat penting untuk kamu miliki. Bagaimana tidak? Jika tidak ada lampu, mungkin dunia hanya tahu gelap gulita saja pada malam hari. Semakin kesini, jenis lampu semakin berkembang dan semakin banyak. Melihat penggunaan lampu pastinya dibutuhkan dalam berbagai ruangan, ada baiknya kamu memperhatikan kualitas penerangan ruangan demi kenyamanan.

Selain kenyamanan, kesehatan mata pun juga perlu diperhatikan. Jika penerangan pada ruangan kurang, justru dapat berakibat buruk pada kesehatan mata. Nah kali ini kami akan mengulas tentang dua jenis lampu yaitu lampu LED dan lampu biasa, kira-kira yang mana yang lebih baik? Yuk disimak!

Pilih Mana: Lampu LED atau Lampu Biasa?

Lampu LED

Lampu LED merupakan inovasi teknologi canggih dalam bidang pencahayaan. Kenapa? Karena lampu LED memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Manfaat penggunaan lampu memang tak dimungkiri lagi bahwa dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari lampu tidur, lampu taman, lampu baca, dan lainnya. Baca Juga: 10 Merk Lampu LED Terbaik 2019

Kelebihan Lampu LED

Berikut ini adalah kelebihan dari lampu LED dibandingkan dengan lampu biasa lainnya:

  •  Hemat Energi
    Lampu jenis ini mampu memancarkan cahaya terang tanpa menguras banyak energi listrik sehingga bisa dipastikan tidak akan membuat tagihan listrik rumah membengkak. Konsumsi listrik yang diperlukan lampu LED bahkan lebih hemat 80 hingga 90% dibandingkan jenis lampu lainnya alias hemat listrik.

    Energi listrik untuk menyalakan lampu ini bisa menggunakan jenis sumber alternatif seperti aki dan juga tenaga listrik mikrohidra dengan menggunakan turbin yang dibantu oleh tenaga air.

  • Panjang Umur (Awet)
    Usia lampu LED tergolong paling lama jika dibandingkan jenis lampu lainnya semisal CFL ataupun lampu Pijar. Lampu ini mampu bertahan hingga 5 tahun atau setara dengan 50.000 jam bahkan ada beberapa merk yang mengklaim bahwa lampu LED buatan mereka bisa bertahan hingga 15 tahun atau 150.000 jam.

    Rahasia umur panjang lampu LED terdapat pada diode yang digunakannya sebagai penghasil cahaya. Penggunaan diode membuat lampu tidak menghasilkan panas yang berlebih dan membuat rumah lampu tidak mudah rusak ataupun mudah putus.

  • Ramah Lingkungan
    Lampu LED tidak menghasilkan sinar UV sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia. Selain itu lampu ini juga hemat energy listrik sehingga menghemat pemakaian sumber daya alam untuk menghasilkan lebih banyak listrik.

Pilih Mana: Lampu LED atau Lampu Biasa?

Kekurangan Lampu LED

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari lampu LED:

  • Harga Tergolong Mahal
    Jika dibuat perbadingan harga antara lampu LED dengan jenis lampu lainnya maka bisa dilihat jika lampu LED memiliki kisaran harga yang lebih mahal. Sebenarnya lampu LED sudah lama ditemukan tetapi baru-baru ini saja bisa diproduksi masal dengan harga yang lebih murah tanpa mengurangi manfaatnya.

    Perkembangan zaman yang semakin maju mungkin bisa menjadi pintu untuk membuat harga dari lampu jenis ini semakin akrab dengan kantong masyarakat.

  • Tidak dapat digunakan sebagai lampu pemanas
    Lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet (UV) sehingga tidak memancarkan panas yang cukup untuk menghangatkan ternak semisal ternak ayam. Lampu digunakan untuk menghangatkan ayam, utamanya yang masih menjadi telur dan yang baru menetas agar terhindar dari hawa dingin dan mengurangi resiko kematian sehingga menempatkan lampu LED yang memiliki panas minim sebagai penghangat ternak adalah pilihan yang salah.
  • Jangkauannya terbatas 
    Meskipun memiliki cahaya yang terangnya melebihi lampu jenis lain, lampu LED ini memiliki keterbatasan soal ruang lingkup pencahayaannya, lampu LED hanya bisa menerangi dalam radius yang sedikit, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan lampu jenis lainnya. Jadi, untuk kamu yang ingin meletakkan lampu ini di tempat terbuka, maka hal ini bukan merupakan pilihan yang tepat.
Lampu LEDLampu Pijar
Masa pakai15.000 jam1.000 jam
Kisarn hargaRp. 35.000-,Rp. 10.000-,

Lampu Biasa

Lampu biasa yang dimaksud adalah jenis lampu pijar. Lampu pijar merupakan lampu yang memiliki harga paling murah di antara jenis lampu yang ada, dengan harga yang murah lampu ini memiliki kekurangannya sendiri yang membuat beberapa orang sedikit ragu untuk menggunakan lampu yang satu ini.

Namun, di sisi lain lampu pijar juga tetap menjadi pilihan sebagian yang lain karena harganya memang murah dan cukup untuk memenuhi kebutuhan akan cahaya di dalam suatu ruangan, untuk lebih jelasnya yuk simak kelebihan dan kekurangan lampu biasa yang sudah ada di bawah!

Kelebihan Lampu Biasa

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh lampu biasa:

  • Biaya awal rendah 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lampu pijar merupakan lampu yang dapat kamu beli dengan harga paling murah jika dibandingkan dengan lampu jenis lain yang beredar di pasaran. Namun, hal ini hanya berlaku untuk biaya awal saja.

    Lampu pijar ini tidak bisa bertahan lama sehingga jika dihitung bisa saja penggunaan lampu pijar memerlukan biaya yang lebih mahal dibanding dengan lampu jenis lain.

  • Tidak terpengaruh oleh suhu dan kelembaban 
    Kelebihan berikutnya adalah hal yang membedakan lampu pijar dengan lampu LED, jika lampu LED sangat terpengaruh dengan suhu, maka sebaliknya lampu pijar sama sekali tidak akan terpengaruh dengan yang namanya suhu atau kelembaban.

    Oleh karena itulah lampu pijar ini biasanya digunakan untuk kandang binatang peliharaan yang membutuhkan kehangatan atau tempat lain dimana kehangatan dibutuhkan tanpa takut lampu yang mudah terpengaruh oleh suhu.

  • Panas yang dihasilkan dari lampu pijar dapat dimanfaatkan 
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lampu pijar ini dapat memancarkan panas oleh karena itu lampu pijar biasanya dipakai untuk penghangat ruangan dan mesin penetas. Untuk kamu yang membutuhkan lampu yang dapat membantu kandang hewan peliharaanmu menjadi lebih hangat.

    Maka lampu pijar merupakan pilihan yang paling tepat–jika kamu memilih lampu LED, maka hal i tu hanya akan membuat uangmu terbuang sia-sia karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa lampu LED tidak memiliki kemampuan untuk memancarkan panas.

Pilih Mana: Lampu LED atau Lampu Biasa?

Kekurangan Lampu Biasa

Nah berikut ini adalah beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh lampu jenis pijar ini:

  • Efisiensi lampu pijar rendah
    Lampu pijar biasanya memang diperuntukkan bagi kamu yang menginginkan lampu yang dapat memancarkan panas, oleh karena itu efisiensi lampu pijar terbilang sangat rendah karena energi yang dihasilkan untuk cahayanya hanya sekitar 10% dan sisanya memancar sebagai panas
  • Umur lampu pijar relatif pendek 
    Dengan harga yang terbilang sangat murah, lampu pijar ini memiliki umur yang sangat pendek dibandingkan dengan umur lampu jenis lain, terlebih jika kamu bandingkan dengan lampu LED. Lampu pijar memiliki umur pakai sekitar 1000 jam saja
  • Lampu pijar sangat sensitif terhadap tegangan 
    Meski tidak sensitif terhadap perubahan suhu atau kelembaban seperti lampu LED, lampu pijar ini sangat sensitif terhadap tegangan. Hal ini berpengaruh terhadap redup atau tidaknya, dan cepat rusak atau tidaknya sebuah lampu pijar.

Pilih Mana: Lampu LED atau Lampu Biasa?

Lampu LEDLampu Pijar
Kelebihan-  Hemat Energi - Panjang Umur (Awet) - Ramah Lingkungan - Biaya awal rendah  - Tidak terpengaruh oleh suhu dan kelembaban  - Panas yang dihasilkan dari lampu pijar dapat dimanfaatkan 
Kekurangan- Harga Tergolong Mahal - Tidak dapat digunakan sebagai lampu pemanas - Jangkauannya terbatas  - Efisiensi lampu pijar rendah - Umur lampu pijar relatif pendek  - Lampu pijar sangat sensitif terhadap tegangan 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan yang ada di atas, kesimpulannya adalah baik lampu LED maupun lampu biasa yang banyak digunakan, dapat kita simpulkan bahwa semua lampu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu ingin yang hemat daya dan ruangan  yang digunakan tidak terlalu besar, maka akan lebih baik jika kamu memilih untuk membeli lampu LED. Namun jika kamu akan menggunakan lampu di ruangan yang luas atau cukup terbuka, maka lebih baik kamu pilih lampu biasa lain yang lebih sesuai. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lampu LED atau Lampu Biasa?

VS

Leave a Reply