ElektronikHome

Pilih Mana: Lampu LED vs Lampu CFL

Lampu merupakan barang yang sangat penting untuk ada di rumah. Hal ini tentunya karena tanpa lampu, rumah atau berbagai tempat akan gelap saat malam mulai datang. Mengetahui jenis lampu yang akan digunakan pun juga penting demi kenyamanan dan tentunya kesehatan mata.

Lampu LED dan lampu CFL merupakan dua jenis lampu yang popularitasnya cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lampu yang lain. Untuk mengetahui perbandingan keduanya, yuk simak ulasan yang ada di bawah ini!

Pilih Mana: Lampu LED vs Lampu CFL

Lampu LED

Lampu LED merupakan inovasi teknologi canggih dalam bidang pencahayaan. Kenapa? Karena lampu LED memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Manfaat penggunaan lampu memang tak dimungkiri lagi bahwa dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari lampu tidur, lampu taman, lampu baca, dan lainnya. Baca Juga: 10 Merk Lampu LED Terbaik 2019

Kelebihan Lampu LED

Berikut ini adalah kelebihan dari lampu LED dibandingkan dengan lampu biasa lainnya:

  •  Hemat Energi
    Lampu jenis ini mampu memancarkan cahaya terang tanpa menguras banyak energi listrik sehingga bisa dipastikan tidak akan membuat tagihan listrik rumah membengkak. Konsumsi listrik yang diperlukan lampu LED bahkan lebih hemat 80 hingga 90% dibandingkan jenis lampu lainnya alias hemat listrik.Energi listrik untuk menyalakan lampu ini bisa menggunakan jenis sumber alternatif seperti aki dan juga tenaga listrik mikrohidra dengan menggunakan turbin yang dibantu oleh tenaga air.
  • Panjang Umur (Awet)
    Usia lampu LED tergolong paling lama jika dibandingkan jenis lampu lainnya semisal CFL ataupun lampu Pijar. Lampu ini mampu bertahan hingga 5 tahun atau setara dengan 50.000 jam bahkan ada beberapa merk yang mengklaim bahwa lampu LED buatan mereka bisa bertahan hingga 15 tahun atau 150.000 jam.Rahasia umur panjang lampu LED terdapat pada diode yang digunakannya sebagai penghasil cahaya. Penggunaan diode membuat lampu tidak menghasilkan panas yang berlebih dan membuat rumah lampu tidak mudah rusak ataupun mudah putus.
  • Ramah Lingkungan
    Lampu LED tidak menghasilkan sinar UV sehingga bisa dikatakan aman untuk manusia. Selain itu lampu ini juga hemat energy listrik sehingga menghemat pemakaian sumber daya alam untuk menghasilkan lebih banyak listrik.

Pilih Mana: Lampu LED vs Lampu CFL

Kekurangan Lampu LED

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari lampu LED:

  • Harga Tergolong Mahal
    Jika dibuat perbadingan harga antara lampu LED dengan jenis lampu lainnya maka bisa dilihat jika lampu LED memiliki kisaran harga yang lebih mahal. Sebenarnya lampu LED sudah lama ditemukan tetapi baru-baru ini saja bisa diproduksi masal dengan harga yang lebih murah tanpa mengurangi manfaatnya.Perkembangan zaman yang semakin maju mungkin bisa menjadi pintu untuk membuat harga dari lampu jenis ini semakin akrab dengan kantong masyarakat.
  • Tidak dapat digunakan sebagai lampu pemanas
    Lampu LED tidak menghasilkan sinar Ultra Violet (UV) sehingga tidak memancarkan panas yang cukup untuk menghangatkan ternak semisal ternak ayam. Lampu digunakan untuk menghangatkan ayam, utamanya yang masih menjadi telur dan yang baru menetas agar terhindar dari hawa dingin dan mengurangi resiko kematian sehingga menempatkan lampu LED yang memiliki panas minim sebagai penghangat ternak adalah pilihan yang salah.
  • Jangkauannya terbatas 
    Meskipun memiliki cahaya yang terangnya melebihi lampu jenis lain, lampu LED ini memiliki keterbatasan soal ruang lingkup pencahayaannya, lampu LED hanya bisa menerangi dalam radius yang sedikit, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan lampu jenis lainnya. Jadi, untuk kamu yang ingin meletakkan lampu ini di tempat terbuka, maka hal ini bukan merupakan pilihan yang tepat.

Pilih Mana: Lampu LED vs Lampu CFL

Lampu LEDLampu CFL
Daya tahan8000 jam40.000 jam
Kisaran HargaRp. 20 RibuanRp. 70 Ribuan

Lampu CFL

Istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah Compact Fluorescent Ligths (CFL). Lampu neon kompak memiliki ciri yang hampir sama dengan lampu pijar, yaitu bentuk, ukuran, serta pancaran cahayanya.

Berbeda dengan lampu pijar yang memanfaatkan energi panas, lampu neon kompak membutuhkan tenaga elektrik untuk menyalakannya. Selain itu, lampu jenis ini bisa bertahan hingga tujuh kali lebih lama dari lampu pijar.

Banyak yang menyebutkan bahwa lampu neon kompak adalah versi kecil dari lampu neon. Lampu ini dapat digunakan sebagai sumber cahaya untuk keperluan rumah tangga seperti dapur, ruang makan, atau taman. Namun, lampu neon kompak mengandung sedikit merkuri. Sehingga penggunaannya dihimbau agar tetap dibatasi.

Kelebihan Lampu CFL

Berikut ini beberapa kelebihan dari lampu CFL:

  • Jangkauan cahaya yang luas
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lampu CFL ini dianggap seperti adik dari lampu pijar, sebagaimana seperti kelebihan yang dimiliki kakaknya, lampu ini juga memiliki jangkauan yang dapat dikatakan jauh lebih luas jika dibandingkan dengan lampu LED. Jadi, untuk kamu yang akan menggunakan lampu di ruangan yang cukup luas maka kamu perlu menggunakan lampu CFL.
  • Harga yang murah 
    Yap, lampu CFL memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan lampu LED. Namun, lampu LED memang terbukti menjadi lampu dengan masa hidup paling lama sehingga biaya yang kamu gunakan untuk membeli satu lampu LED mungkin akan setara dengan harga yang harus kamu keluarkan saat membeli beberapa lampu CFL.
  • Cahaya yang terang dan jelas 
    Dari prinsip kerja yang dimiliki oleh lampu pendar CFL, lampu ini banyak diminati masyarakat, karena sinar atau cahaya yang dihasilnya berwarna putih, sehingga memiliki tingkat kejelasan yang lebih baik ketika melihat sebuah objek.
Lihat juga:  Pilih Mana: Lantai Keramik atau Parket?

Pilih Mana: Lampu LED vs Lampu CFL

Kekurangan Lampu CFL

  • Bahan lampu mudah pecah (karena terbuat dari kaca) 
    Yap, kekurangan yang pertama dari lampu ini adalah dari bahan pembuatannya. Lampu CFL umumnya dibuat dengan bahan dasar kaca, oleh karena itu, lampu ini bisa jadi mudah pecah–tentunya jika dan hanya jika tidak sengaja terbanting, ya, bukan pecah saat sudah kamu pasangkan di atas atap atau di tempat pemasangan lampu yang sebenarnya. Jadi, hal ini bukan masalah yang cukup besar.
  • Masa hidup hanya sebentar
    Jika dibandingkan dengan lampu pijar, lampu CFL memang memiliki daya tahan yang cukup lama, namun, jika dibandingkan dengan lampu LED, jelas bahwa lampu CFL ini kalah telak karena masa hidupnya hanya berkisar 5000 jam. Oleh karena itu, lampu ini dapat dikatakan juga jauh lebih menguras kantongmu karena ketidakawetannya itu.
  • Ukuran bohlam semakin besar ketika diinginkan watt yang lebih besar 
    Berbeda dengan lampu LED yang ukuran lampunya tidak terlalu besar dan tidak makan tempat, lampu CFL umumnya memiliki ukuran yang lebih besar terutama jika kamu membeli watt yang semakin besar. Yup, lampu ini memang sedikit kurang estetik jika kamu merupakan seseorang yang ingin segala sesuatu tertata nilai keindahannya, hal ini karena, jika kamu menggunakan lampu dengan watt yang besar maka kamu harus siap menerima lampu CFL yang ukurannya juga besar dan tentunya tidak terlalu bagus dipandang.

Pilih Mana: Lampu LED vs Lampu CFL

Lampu LED Lampu CFL
Kelebihan-  Hemat Energi - Panjang Umur (Awet) - Ramah Lingkungan - Jangkauan cahaya yang luas  - Harga yang murah  - Cahaya yang terang dan jelas 
Kekurangan- Harga Tergolong Mahal - Tidak dapat digunakan sebagai lampu pemanas - Jangkauannya terbatas  - Bahan lampu mudah pecah (karena terbuat dari kaca)  - Masa hidup hanya sebentar - Ukuran bohlam semakin besar ketika diinginkan watt yang lebih besar 

Kesimpulan

Lampu LED dan CFL merupakan dua jenis lampu yang bisa kamu gunakan tergantung di mana kamu akan memasangnya, jika kamu akan memasangnya di ruangan yang luas maka lampu LED tidak terlalu disarankan karena pancaran sinarnya yang tidak terlalu luas atau hanya mencakup tempat itu saja, jadi dalam kasus ini maka mungkin akan lebih bijak jika kamu menggunakan lampu CFL.

Namun, untuk kamu yang akan memasang lampu di ruangan yang tidak terlalu luas, maka kamu bisa memanfaatkan lampu LED yang jelas lebih awet dan membantumu menghemat pengeluaran meski di awal pembelian harganya memang jauh lebih mahal daripada lampu CFL. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lampu LED vs Lampu CFL

VS

Leave a Reply