Home

Pilih Mana: Lantai Granit atau Keramik?

Lantai merupakan salah satu unsur yang penting dalam sebuah hunian. Dalam memilih lantai yang tepat barangkali kadang akan membingungkan. Apalagi terdapat berbagai pilihan yang tersedia. Pada umumnya lantai memiliki 2 jenis, yaitu lantai granit dan lantai keramik. Jika Anda harus memilih, Anda akan pilih mana, lantai granit atau lantai keramik? Sebelum menentukan pilihan, simak artikel berikut sampai selesai.

Lantai granit dan lantai keramik merupakan dua jenis lantai yang dapat Anda pilih. Pada umumnya orang lebih banyak menggunakan lantai keramik, hal ini dikarenakan lantai keramik lebih awet dan mudah dirawat. Sedangkan lantai granit biasanya digunakan pada bangunan seperti kantor, mall dan hotel. Namun, saat ini lantai granit sudah banyak dipakai untuk rumah-rumah pribadi.

Lantai Granit

Lantai granit saat ini semakin digemari. Hal ini dikarenakan lantai granit memiliki keunggulan untuk memberikan kesan yang alami pada rumah. Selain itu, banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh lantai granit ini. Di antaranya yaitu proses pembuatan lantai granit dibuat dengan cara permukaannya dipoles sampai mengkilap sehingga jauh lebih tahan gores. Selain itu, dibandingkan dengan lantai keramik, lantai granit memiliki daya serap air yang lebih kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai granit akan dipaparkan sebagai berikut:

  • Kekuatan

Jika dilihat dari segi kekuatan, lantai granit dianggap sebagai lantai yang kuat dibandingkan dengan lantai keramik. Material yang terdapat dalam granit lebih menyatu dan padat. Hal ini karena ubin granit diproduksi melalui proses pembakaran di suhu yang lebih tinggi (1230° C) dan diproses dengan kekuatan 7200 PH. Untuk membandingkan kekuatan antara granit dan keramik, Anda dapat mencoba memotong kedua jenis lantai ini menggunakan gerinda. Untuk memasang lantai granit ini, Anda membutuhkan bantuan profesional karena lantai granit sangat berat dan keras.

  • Ketahanan Goresan

Untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap, granit tidak dilapisi oleh bahan glasur, melainkan mengalami proses pemolesan. Proses inilah yang membuat tile granit lebih tahan goresan. Hal ini akan membuat granit lebih tahan terhadap gesekan pada saat memindahkan furniture, alas sepatu yang berpasir dan lain-lain. Meskipun begitu saat memasang granit tetap diperlukan kehati-hatian dan kebersihan agar tidak terjadi goresan. Karena tampilannya yang mengkilap dan tahan terhadap goresan, lantai granit dapat memberikan kesan mewah.

Dengan kelebihannya yang anti gores ini, Anda dapat menggunakan lantai granit pada tempat-tempat yang rentan terhadap goresan seperti ruang bermain anak, lobi gedung, dan lain sebagainya.

  • Presisi

Tingkat presisi granit ini siku sekali sehingga hanya memerlukan nat selebar 1mm dalam pemasangannya. Hal ini dikarenakan semua ubin granit adalah cutting size. Berdasarkan hal ini dapat dikatakan bahwa tingkat presisi granit terbilang sangat baik.

  • Ketahanan Noda

Granit memiliki dua jenis. Jenis pertama yaitu granit tile generasi 1 dan yang kedua granit tile generasi 2-3. Granit tile generasi 1 ini juga disebut dengan printing biasa. Granit jenis ini memiliki sifat yang tidak tahan terhadap noda. Hal ini dikarenakan granit jenis ini memiliki pori-pori yang cukup besar dan dapat menyerap cairan sehingga menimbulkan flex. Sedangkan granit generasi 2-3 diproses melalui crystalisasi sehingga sama sekali tidak menyerap noda karena pori-porinya sudah tertutup. Sesuai dengan kelebihan yang dimiliki, harga yang dimiliki granit tile generasi 2-3 lebih mahal daripada granit tile generasi 1. Karena memiliki pori-pori, lantai granit mampu menyerap hawa dingin dari udara apapun, sehingga kaki akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

  • Perawatan

Saat terjadi goresan pada granit, Anda dapat mengatasinya dengan cara memanfaatkan bubuk oles untuk granit. Bubuk tersebut dapat digunakan untuk membantu membuat granit tampak lebih mengkilap dengan mengoleskannya ke granit. Harga bubuk ini juga relatif murah, yaitu kurang lebih Rp. 50 ribu. Tapi, jika jenis granit yang tidak tahan terhadap noda kemudian terkena noda, maka sulit sekali untuk membersihkannya meskipun noda tersebut masih baru. Anda harus membersihkannya dengan cairan pembersih noda. Cairan pembersih noda ini memiliki harga sekitar 90 ribuan.

  • Harga

Seperti yang telah kita ketahui, ubin granit relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Harga yang mahal ini sesuai dengan kualitas serta tampilan lantai granit.

Lantai Keramik

Lantai keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling banyak digunakan. Lantai jenis keramik ini banyak digunakan karena harga yang diberikan relatif lebih murah sehingga semua kalangan dapat menggunakan lantai jenis ini. Selain murah, lantai keramik juga memiliki variasi pola dan warna yang beragam. Baca juga: lantai vinyl vs keramik.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Keramik

Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai keramik akan dipaparkan sebagai berikut:

  • Kekuatan

Meskipun keras dan kaku, lantai keramik memiliki sifat yang lebih rapuh daripada lantai granit karena keramik yang dibakar pada suhu sekitar 1000° C. Jika Anda mencoba memotong keramik menggunakan gerinda, Anda akan melihat bahwa keramik lebih rapuh.

  • Ketahanan Goresan

Agar permukaan keramik terlihat mengkilap, permukaan keramik ini dilapisi bahan glasur atau pasir kuarsa. Karena itulah, jika terjadi goresan terhadap keramik, permukaan keramik akan tampak buram. Satu-satunya cara jika keramik telah memiliki banyak goresan adalah dengan menggantinya.

  • Presisi

Berbeda dengan granit yang merupakan cutting size, keramik memiliki dua jenis. Jenis pertaman yaitu uncutting dan jenis kedua cutting size. Jika Anda memilih jenis keramik yang uncutting, Anda memerlukan lebar nat kurang lebih 2-3 mm. Berdasarkan tersebut, dapat dikatakan bahwa tingkat presisinya kurang baik. Tapi jika Anda menggunakan jenis keramik cutting size, maka tidak akan bermasalah dengan presisinya.

  • Variasi Pola

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh keramik adalah memiliki banyak variasi pola dan warna permukaan. Jika Anda termasuk orang yang menyukai berbagai ornamen dan warna maka keramik dapat menjawab kebutuhan Anda.

  • Ketahanan Noda

Kelebihan lain yang dimiliki oleh keramik adalah tahan terhadap segala jenis noda. Keramik bisa memiliki ketahanan seperti ini karena tidak memiliki pori-pori, sehingga noda tidak akan menyerap. Jika prediksi ke depannya rumah atau ruangan tersebut akan sering tertumpah atau terkena noda, maka sebaiknya Anda menggunakan keramik.

  • Perawatan

Keramik tidak memiliki kekuatan untuk menahan goresan. Lama kelamaan keramik yang sering terkena goresan akan tampak lebih kusam dan kotor. Sifat ketahanan terhadap goresan ini perlu Anda pertimbangkan untuk bisa menyesuaikan dengan ruangan apa yang akan Anda pasang granit atau keramik.

  • Harga

Keramik memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan granit. Dengan harga yang terjangkau ini, semua kalangan dapat menggunakan dan memanfaatkan keramik untuk lantai rumah mereka.

Pilih Mana: Lantai Granit atau Keramik?

Setelah dipaparkan di atas, Anda telah dapat menilai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis lantai ini. Untuk mengingatkan kembali, Anda dapat melihat perbedaan keduanya pada tabel berikut:

Lantai GranitLantai Keramik
- Memiliki permukaan yang tahan terhadap goresan - Memiliki permukaan yang tahan terhadap noda
- Memiliki harga yang lebih mahal daripada keramik- Memiliki harga yang lebih murah daripada granit
- Semua granit adalah cutting size- Lantai keramik memiliki dua jenis: cutting size dan uncutting

Kesimpulan

Artikel di atas telah memaparkan berbagai kelebihan dan keunggulan lantai granit dan lantai keramik. Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda telah bisa memilih mana jenis lantai yang akan Anda gunakan. dilihat dari harganya, tentu tidak bisa dipungkiri bahwa lantai granit lebih baik daripada lantai keramik. Tapi, jika Anda melihat kelebihan lantai keramik yang tidak dimiliki lantai granit, Anda dapat menggunakan lantai keramik pada tempat-tempat tertentu, misalnya tempat yang rentan terkena noda dan lain sebagainya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lantai Granit vs Keramik

VS

Leave a Reply