Elektronik

Pilih Mana: Laptop atau PC?

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan internet dapat memudahkan setiap aktivitas manusia. Untuk dapat melakukan aktivitas online dan mengakses internet, banyak media yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu laptop dan PC. Kedua alat elektronik ini dapat membantu untuk mempermudah aktivitas Anda. Jika Anda harus memilih, manakah yang perlu Anda pilih? Laptop atau PC?

Laptop saat ini sangat banyak digunakan, selain karena memiliki fungsi yang dapat menunjang aktivitas, laptop juga memiliki kemudahan dan praktis untuk penggunaannya. Selain laptop, PC juga banyak digunakan baik di kantor atau pun di rumah untuk menunjang aktivitas online ataupun non online. PC banyak digunakan karena memiliki performa yang kuat dan handal. PC juga biasanya digunakan untuk menetap bukan untuk aktivitas yang mobile.

Laptop

Laptop merupakan komputer yang telah dikembangkan dan disederhanakan bentuknya sehingga memiliki ukuran yang lebih tipis dan tidak terdiri dari banyak komponen. Dengan ukurannya yang lebih ringan dan kecil, laptop mudah untuk dibawa ke mana-mana. Baca juga Pilih Mana: Laptop atau Tablet?

Kelebihan Laptop

Berikut kelebihan laptop yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah dan Fleksibel untuk Dibawa

Salah satu kelebihan laptop adalah lebih fleksibel untuk dibawa. Maksudnya dengan bentuk dan ukuran yang lebih tipis dan lebih ringan daripada PC (Personal Computer) membuatnya gampang dibawa kemana pun. Dimasukkan ke dalam tas pun tidak masalah dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membawa laptop ke mana pun Anda pergi dan memerlukan laptop. Kemudahan membawa perangkat ini membuatnya sering digunakan untuk berbagai kegiatan di kampus, di tempat kerja, dan di mana saja.

  • Praktis dan Mudah Digunakan

Dengan adanya baterai internal menjadikan laptop bisa digunakan di mana saja. Anda tidak perlu harus menggunakannya pada daerah yang selalu tersedia stop kontak atau colokan listrik. Body kecil sehingga tidak makan banyak tempat. Dengan adanya baterai internal yang dimiliki, Anda menjadi lebih mudah untuk menggunakan laptop di mana saja tanpa akses listrik, yang penting baterai internal dalam kondisi terisi. Anda tidak perlu untuk repot-repot menggunakan banyak kabel dan membutuhkan akses listrik jika ada kepentingan untuk membuka laptop.

  • Tidak Memerlukan UPS

Kelebihan lain yang dimiliki oleh laptop adalah tidak memerlukan UPS. Jika mendadak mati lampu, Anda tidak perlu khawatir data hilang sebelum sempat tersimpan. Hardware juga tidak dikhawatirkan rusak gara-gara sering terkena listrik kejut. Dengan demikian, aktivitas Anda dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Kekurangan Laptop

Berikut kekurangan laptop yang perlu Anda ketahui:

  • Susah Upgrade Komponen

Teknologi semakin hari semakin berkembang sangat cepat. Inovasi baru yang membuat spesifikasi komputer makin tinggi semakin bermunculan hanya dalam beberapa waktu. Untuk dapat spesifikasi lebih, beberapa orang memilih upgrade sebagian komponen komputernya. Nah laptop sangat susah melakukan ini. Dengan demikian, Anda susah untuk mengikuti perkembangan laptop yang terbaru. Karena untuk melakukan upgrade merupakan hal yang terbilang susah untuk dilakukan oleh laptop.

  • Suku Cadang Relatif Lebih Mahal

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh laptop adalah memiliki suku cadang dengan harga yang relatif mahal. Selain susah karena komponen kecil-kecil, ternyata harga onderdilnya juga mahal. Anda akan semakin kesulitan untuk melakukan upgrade, selain karena susah suku cadangnya juga relatif lebih mahal. Anda memerlukan biaya yang ektsra untuk melakukan upgrade.

  • Bisa Menyebabkan Kerusakan Menyeluruh

Kekurangan lain laptop adalah apabila terdapat satu komponen yang rusak, kadang Anda perlu untuk membongkar semuanya. Dengan demikian, biaya serta komponen yang harus dibuka lebih banyak ketimbang jika terjadi kerusakan pada PC (Personal Computer). Dikutip dari Solopos.com Anda dapat merawat laptop Anda agar awet dan tidak mudah rusak dengan cara seperti, menjaga kebersihan laptop, menjaga kondisi baterai, menjauhkan laptop dari benda cair, serta menyimpan laptop dalam tempat khusus.

Kelebihan LaptopKekurangan Laptop
- Mudah dan fleksibel untuk dibawa - Susah upgrade komponen
- Praktis dan mudah digunakan- Suku cadang relatif lebih mahal
- Tidak memerlukan UPS- Bisa menyebabkan kerusakan menyeluruh

PC (Personal Computer)

PC atau personal computer merupakan kumpulan dari seperangkat alat elektronik yang terpisah. Kumpulan yang terpisah ini selanjutnya digabung menjadi satu dalam proses perakitan. PC membutuhkan tempat yang lebih luas karena terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan.

Kelebihan PC (Personal Computer)

Berikut beberapa kelebihan PC (Personal Computer) yang perlu Anda ketahui:

  • Murah dengan Spesifikasi Setara

Salah satu kelebihan PC (Personal Computer) adalah memiliki harga yang relatif murah dengan spesifikasi yang setara. Harga komputer desktop lebih murah daripada laptop. Jika Anda memiliki biaya yang terbatas dan tidak memiliki mobilitas yang tinggi, maka Anda dapat menggunakan PC (Personal Computer) sebagai alternatif.

  • Memiliki Performa yang Lebih Kuat

Kelebihan lain yang dimiliki PC (Personal Computer) adalah memiliki performa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan laptop dengan spesifikasi yang setara. Performa PC memang telah dipercaya handal dan kuat.

  • Mudah Mengupgrade atau Ganti Komponen

Untuk melakukan upgrade atau mengganti komponen PC (Personal Computer) terbilang cukup mudah untuk dibongkar dan dipasang. Hal ini tentu berbeda ketika Anda akan melakukan upgrade terhadap laptop. Kemudahan dalam melakukan upgrade ini akan membuat perangkat Anda tidak ketinggalan zaman.

  • Sparepart atau Suku Cadang Relatif Lebih Murah

Kelebihan PC (Personal Computer) selanjutnya adalah memiliki harga yang relatif lebih urah. Selain mudah untuk melakukan bongkar pasang, harga sparepart yang diperlukan juga terjangkau. Dengan demikian Anda tidak akan kesulitan untuk mengganti komponen atau upgrade komponen.

  • Bisa Merakit Sendiri

Dengan membeli laptop berarti membeli komputer secara keseluruhan, Anda sudah mendapatkan CPU, layar, dan keyboard. Namun, hal ini berbeda untuk PC, Anda bisa minta bantuan teman yang ahli atau merakitnya PC dengan sendiri. Keuntungannya bisa memperoleh spesifikasi tinggi dengan dana terbatas.

Kekurangan PC (Personal Computer)

Berikut beberapa kekurangan PC (Personal Computer) yang perlu Anda ketahui:

  • Susah untuk Dibawa

Salah satu kekurangan PC (Personal Computer) adalah lebih sulit untuk membawanya ke mana-mana. Hal ini dikarenakan PC 9Personal Computer) memiliki ukuran body yang relatif lebih besar daripada ukuran body laptop. Ukuran yang besar ini membuatnya tidak praktis, berat, dan memakan tempat jika ingin dibawa.

  • Membutuhkan Listrik untuk Dioperasikan

Untuk mengoperasikan PC (Personal Computer) Anda tidak bisa terlepas dari kebutuhan listrik. Semua komponen harus dihubungkan dengan listrik karena PC (Personal Computer) tidak memiliki baterai internal seperti laptop.

  • Membutuhkan UPS (Uninteruptible Power Supply)

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki PC (Personal Computer) adalah membutuhkan UPS (Uninteruptible Power Supply). UPS ini memiliki fungsi untuk membackup daya listrik. Hal ini dilakukan agar hardware tidak terkejut akibat listrik mati mendadak. Dengan begitu akan menjadikan komputer lebih awet.

Kelebihan PC (Personal Computer)Kekurangan PC (Personal Computer)
- Harga lebih murah dengan spesifikasi setara - Susah untuk dibawa
- Memiliki performa yang lebih kuat- Membutuhkan listrik untuk dioperasikan
- Mudah mengupgrade atau ganti komponen- Membutuhkan UPS (uninteruptible power supply)

Pilih Mana: Laptop atau PC?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara laptop dan PC. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

LaptopPC (Personal Computer)
- Memiliki ukuran yang lebih tipis dan ringan - Memiliki banyak perangkat sehingga lebih berat
- Memiliki baterai internal- Harus menggunakan listrik langsung untuk dioperasikan
- Tidak membutuhkan UPS- Membutuhkan UPS

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai laptop dan PC di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam hal performa dan kemudahan upgrade PC lebih unggul daripada laptop. Namun, PC tidak mudah dibawa dan memerlukan akses listrik secara langsung sehingga banyak orang yang lebih memilih laptop. Laptop menawarkan kemudahan dari segi kepraktisan, sehingga lebih unggul daripada PC untuk hal ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop vs PC

VS

Leave a Reply