ElektronikGadgetsTechnology

Pilih Mana: Laptop Lenovo atau Laptop Acer?

Laptop merupakan perangkat yang sangat berguna untuk kehidupan manusia sehari-hari. Selain bisa membantu menyelesaikan tugas, laptop juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, bermain game dan sebagainya. Untuk itu sekarang banyak produsen berlomba-lomba untuk merilis laptop dengan spesifikasi canggih dengan harga yang cukup kompetitif, seperti halnya Laptop Lenovo dan Laptop Acer.

Laptop Lenovo dan Laptop Acer sendiri sudah sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kamu tidak perlu bingung lagi mau mencari kemana jika ingin membeli salah satu laptop ini karena gerai nya sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

Kelebihan dan kekurangan tentu saja tidak luput dari detail Laptop Lenovo maupun Laptop Acer. Untuk itu pada artikel kali ini akan mengulas lebih dalam mengenai Laptop Lenovo dan Laptop Acer serta beberapa rekomendasi yang bisa kamu jadikan acuan untuk laptop harian kamu. Stay tune ya!

Laptop Lenovo

Laptop Lenovo merupakan suatu laptop yang diproduksi oleh pihak Lenovo itu sendiri yang sebelumnya mempunyai nama Legend Group. Yang perlu kamu tahu yaitu Lenovo ini merupakan produsen PC terbesar di Negara Tirai Bambu. Bahkan, terdapat sebuah fakta yang mengejutkan kalau Lenovo ini pernah menduduki ranking kedelapan dunia sebagai produsen PC terbesar pada tahun 2004.

Tidak khayal, dengan hasil yang pernah dicapai itu membuat penjualan laptop Lenovo yang ada di beberapa Negara senantiasa laris manis. Terlebih, saat ini bukan menjadi hal yang susah bagi Kamu untuk mencari laptop yang satu ini di pasaran.

Tidak hanya memasarkan laptop ataupun PC, Lenovo juga menjual perlengkapan elektronik lainnya seperti tablet PC, telepon genggam, server, dan perangkat jaringan internet. Tidak cuma itu, Lenovo juga sediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan untuk para konsumennya. Baca juga Pilih Mana: MacBook Pro atau MacBook Air?

Kelebihan Laptop Lenovo

  • Mempunyai ketahanan serta baterai tangguh
    Kelebihan Lenovo yang pertama yaitu mempunyai sistem kelistrikan yang amat baik. Dapat dibuktikan dari ketahanan baterainya yang tahan lama dan konsisten. Buat pekerja yang memiliki mobilitas tinggi hal ini akan sangat berguna dan dapat diandalkan tanpa perlu khawatir dan repot mencari-cari colokan listrik.
  • Pada seri Thinkpad tahan air dan banting
    Lenovo mempunyai seri yang ditujukan untuk segmen kelas menengah dengan dukungan fitur mutakhir serta detail mumpuni bernama Thinkpad. Seri Thinkpad ini amat sesuai buat keperluan bisnis yang menawarkan ketahanan dan operasional tinggi. Terlebih sudah dibekali dengan fitur keamanan berupa autentikasi sidik jari serta dijual cukup terjangkau.
  • Kualitas sound baik dan sistem pendinginnya tidak berisik
    Buat para penggemar game dan film, laptop Lenovo menawarkan kualitas suara yang amat baik. Itu karena Lenovo sudah menyematkan teknologi audio Dolby Digital ke dalamnya untuk menghasilkan suara yang amat jernih dan bulat walaupun dalam volume kencang

Kekurangan Laptop Lenovo

  • Service center-nya tidak merata di Indonesia
    Kekurangan yang satu ini jadi pertimbangan besar pastinya, yakni service center yang tidak tersebar luas di Indonesia. Sudah pasti pemakai akan kesulitan bila laptop mengalami kerusakan. Tidak hanya itu pemakai pun akan kesusahan mendapat garansi secara langsung di beberapa wilayah.
  • Pada sebagian tipe, casing bodinya kurang kokoh
    Lenovo sudah mengeluarkan banyak variasi produk di pasaran. Dengan banyaknya seri yang sudah diluncurkan Lenovo, nyatanya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Akan tetapi terdapat satu hal yang cukup mengecewakan, yaitu casing bodinya yang kurang solid atau terkesan ringkih pada tipe tipe tertentu.
  • Kualitas Lenovo Amerika Serikat tidak sebaik di China
    Merupakan produk yang diciptakan oleh China ternyata membuat Lenovo juga pernah dikelola oleh Amerika Serikat. Namun rupanya, dengan dikelola oleh Negeri Paman Sam itu ternyata membuat Lenovo tidak mempunyai kualitas yang sebagus dengan China.

Rekomendasi Laptop Lenovo

Lenovo Ideapad 330
Prosesor AMD mungkin tidak sering terdengar sebab banyaknya produsen yang memakai prosesor Intel di unit laptop mereka. Tetapi, AMD A4 yang dipakai pada laptop Lenovo seri ini mempunyai kecepatan sudah lumayan mumpuni untuk penuhi kebutuhan dasar pemakai laptop.

Lenovo Ideapad 320
Dengan merogoh kocek sekitar 3 jutaan saja, Lenovo Ideapad 320 ini sudah dapat Kamu miliki! Walaupun biayanya ekonomis, spec yang ditawarkan tidaklah murahan. Laptop ini sudah dilengkapi DVD drive yang membuatnya praktis bila Kamu ingin menonton film atau mendengarkan musik dari kepingan disc.

Lenovo Ideapad 330
Berbeda dengan Lenovo Ideapad 330 sebelumnya yang memakai prosesor AMD, seri ini hadir dengan prosesor Intel. Walaupun begitu, biayanya tidak lantas melambung tinggi dan masih bersahabat buat Kamu yang mengutamakan low budget tanpa mesti mengorbankan spec laptop yang diinginkan.

Lenovo Thinkpad E470
Laptop Lenovo seri ThinkPad ini sudah memakai generasi CPU Intel Core yang cukup terbaru, yakni i5. Berbeda dengan pendahulunya, Intel Core i3, CPU generasi ini lebih memudahkan pemakai melakukan multi-tasking di laptop karena pengoperasiannya yang lebih mulus. Namun sebagai dampaknya, laptop akan sedikit jadi lebih panas dibanding dengan i3.

Spesifikasi Lenovo
PenciptaLiu Chuanzhi
Asal negaraBeijing
Tahun berdiriTahun 1984
Hal yang paling ditonjolkanKetahanan yang kokoh serta daya tahan baterai yang tahan lama
Lihat juga:  Pilih Mana: J2 Prime atau J2 Pro?

Laptop Acer

Acer merupakan salah satu brand yang memiliki popularitas cukup besar di Indonesia. Harganya yang bersahabat ditambah lagi dengan spesifikasinya yang berkualitas jadi salah satu alasan laptop asal Tiongkok ini disukai. Kamu perlu mengetahui jika dulu brand ini bukan bernama Acer, melainkan Multitech di tahun pertama berdirinya pada 1976.

Kemudian perusahaan yang terletak di Taipei Country, Taiwan ini mengubah namanya jadi Acer tahun 1987. Hingga saat ini Acer tidak cuma fokus pada pengembangan laptop ataupun desktop saja, tetapi juga memproduksi sebagian produk seperti smartphone, server, dan lainnya. Acer sendiri sudah mengalami banyak kemajuan dan juga kemunduran dalam pemasarannya.

Seperti yang terjadi di Amerika, dimana penjualan pangsa pasar produk laptop sedang menurun. Sedangkan di Eropa dan sebagian negara di Asia, termasuk Indonesia penjualannya terus meningkat. Sebagai salah satu produsen laptop besar dunia, terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan laptop Acer dibandingkan laptop lain yang harus diketahui.

Kelebihan Laptop Acer

  • Memiliki konsep desain yang futuristik
    Acer senantiasa berupaya mengedepankan konsep desain yang futuristik. Sejumlah produk terbarunya sangat cocok dengan generasi milenial sebab mempunyai tampilan yang menarik serta modern. Bahkan untuk perangkat segmen entry level di desain dengan tampilan yang cukup modern. Begitu juga untuk laptop kelas atas, desainnya tidak kalah bagus dengan merek lainnya.
  • Harganya bersahabat
    Salah satu alasan banyak orang yang memilih laptop Acer tidak lain sebab harganya yang bersahabat. Bahkan di pasaran laptop, harga produk-produk dari Acer dapat dikatakan paling ekonomis diantara semua brand laptop.
  • Service center mudah ditemukan
    Salah satu hal yang terpenting dalam memilih merek laptop yaitu layanan servicenya. Karena akan terasa percuma apabila membeli laptop berkelas dengan harga mahal bila susah menemukan layanan service supportnya.

Kekurangan Laptop Acer

  • Casingnya mempunyai kualitas yang kurang bagus
    Meski Acer mendesain setiap produknya dengan konsep yang futuristik, nyatanya tetap mempunyai sisi negatifnya. Dapat dikatakan kualitas dari casing laptop Acer tidak begitu baik atau kurang kokoh serta terkesan ringkih saat dipegang.
  • Ketahanannya kurang bagus
    Bila banyak opini yang mengatakan ketahanan laptop Acer rapuh serta rentan, itu memang bukan sesuatu yang salah. Penilaian seperti itu benar meskipun secara penampilan terlihat keren. Bila dibanding dengan brand laptop lainnya, produk dari Acer justru dikenal karena mudah rusak.
  • Desain kurang menarik untuk sebagian orang
    Sebagian varian produk mempunyai desain yang mungkin kurang baik untuk beberapa orang. Namun semuanya tergantung selera dan kebutuhan saja.

Rekomendasi Laptop Acer

Acer Aspire ES1-131
Mencari laptop untuk semester baru nanti? Acer Aspire ES1- 131 dapat jadi pertimbangan. Laptop Acer untuk mahasiswa ini dibekali dengan kapasitas penyimpanan cukup lega sebesar 500GB. Desainnya cukup tipis yang aman untuk pelajar. Sedangkan tenaganya ditanamkan prosesor Intel Celeron N3050 serta memori RAM 2GB.

Acer Aspire ES1-132
Kalau ini merupakan penerus dari laptop yang pertama, namun telah dibekali dengan teknologi lebih baru. Layar 11, 6 incinya memakai teknologi Acer BluelightShield untuk mengurangi pancaran frekuensi sinar biru ke mata. Untuk dapur pacunya ditanamkan prosesor Intel Celeron Dual Core N3350 yang digabungkan dengan RAM 2GB.

Acer Aspire E5-471
Laptop Acer untuk mahasiswa ini hadir dengan desain stylish dan lumayan tipis, dan teknologi CineCrystal pada layarnya. Soal performa cukup tangguh untuk menunjang kegiatan belajar untuk mahasiswa yang dibekali dengan prosesor Intel Core i3- 4005U. Untuk memaksimalkan kinerjanya dilengkapi dengan RAM 2GB, dan media penyimpanan 500GB.

Acer Aspire ES1-432
Laptop ini hadir dengan pilihan warna yang menarik untuk mahasiswa. Desainnya yang tipis dibarengi dengan kinerjanya yang mumpuni untuk mengerjakan tugas- tugas kuliah dan juga multimedia ringan. Berbekal prosesor Intel Celeron N3350 serta memori RAM 2GB sudah cukup untuk komputasi harian serta multitasking dengan lancar.

Spesifikasi Acer
PenciptaStan Shih dan Carolyn Yeh
Asal negaraTiongkok
Tahun berdiriTahun 1976
Hal yang paling ditonjolkanKonsep desain modern serta harga bersahabat

Pilih Mana: Laptop Lenovo atau Laptop Acer?

Laptop Lenovo Laptop Acer
Kelebihan- Mempunyai ketahanan serta baterai tangguh - Pada seri Thinkpad tahan air dan banting - Kualitas sound baik dan sistem pendinginnya tidak berisik - Memiliki konsep desain yang futuristik - Harganya bersahabat - Service center mudah ditemukan
Kekurangan- Service center-nya tidak merata di Indonesia - Pada sebagian tipe, casing bodinya kurang kokoh - Kualitas Lenovo Amerika Serikat tidak sebaik di China - Casingnya mempunyai kualitas yang kurang bagus - Ketahanannya kurang bagus - Desain kurang menarik untuk sebagian orang

Kesimpulan

Laptop Lenovo dan Laptop Acer tentu memiliki spesifikasi dan performa yang sama-sama mumpuni untuk akvitias kita sehari-hari. Hanya terdapat beberapa kekurangan yang tidak cukup berarti apabila kita bisa merawatnya dengan baik. Yang menjadi salah satu kelebihan Lenovo adalah performa yang kokoh dan baterai tahan lama yang membuat Lenovo selangkah lebih didepan dibanding dengan Acer. Namun itu semua tergantung dengan selera dan kebutuhan kamu masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Laptop Lenovo vs Laptop Acer

VS

Leave a Reply