Pilih Mana: Latihan Hypertrophy atau Strength?

Latihan hipertrofi dan kekuatan adalah jenis latihan ketahanan tubuh yang hebat. Berfokus pada satu area bukan berarti Anda tidak akan melihat keuntungan di area lain, tetapi memvariasikan latihan Anda dapat mengoptimalkan hasil Anda. Latihan Ketahanan adalah bentuk latihan yang menggunakan resistensi eksternal untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan hipertrofi.

Latihan ketahanan membantu otot Anda beradaptasi atau berubah. Untuk mencapai hasil yang berbeda, Anda perlu melakukan modifikasi pada program ketahanan Anda dengan membuat perubahan pada apa yang dikenal sebagai variabel latihan akut. Variabel menentukan jumlah stres yang Anda berikan pada tubuh Anda, yang pada akhirnya akan mengarah pada adaptasi yang ingin Anda capai pada otot Anda. Diantara kedua cara latihan ini, kami akan memberitahukan Anda kelebihan dan kekurangan dari kedua nya!

Latihan Hypertrophy

Latihan hypertrophy adalah jenis latihan fisik yang dirancang khusus untuk merangsang pertumbuhan otot secara maksimal. Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan ukuran, kekuatan, dan massa otot. Istilah “hypertrophy” berasal dari bahasa Yunani yang berarti “pertumbuhan berlebihan”.

Pelatihan untuk hipertrofi berarti Anda ingin meningkatkan ukuran fisik otot Anda. Butuh beberapa bulan bagi Anda untuk melihat hasil apa pun. Binaragawan fokus pada latihan ketahanan untuk hipertrofi, tetapi Anda mungkin tertarik dengan bentuk latihan ini untuk mengubah tampilan otot Anda sendiri.

Kelebihan Latihan Hypertrophy

Berikut ini beberapa kelebihan pada latihan Hypertrophy yang harus Anda ketahui:

Pertumbuhan Otot yang Signifikan

Latihan hypertrophy dirancang khusus untuk merangsang pertumbuhan otot secara maksimal. Dengan melakukan latihan ini secara teratur dan dengan intensitas yang tepat, Anda dapat mengalami peningkatan ukuran dan massa otot yang signifikan.

Bentuk Tubuh Lebih Atletis

Latihan hypertrophy dapat membantu membentuk tubuh yang lebih proporsional dan atletis. Dengan mengembangkan otot-otot secara merata dan memperbaiki kepadatan otot, Anda dapat mencapai penampilan fisik yang lebih menarik.

Menggunakan Beban Berat yang Ringan

Latihan ini biasanya menggunakan beban berat yang ringan hingga sedikit lebih berat dari tubuh kita. Hanya saja memerlukan repetisi yang lebih banyak dan insentif dari latihan strength. Latihan ini memerlukan 12-15 Repetisi di setiap setnya.

Kekurangan Latihan Hypertrophy

Berikut ini beberapa kekurangan pada latihan Hypertrophy yang harus Anda ketahui:

Berfokus Pada Estetika

Latihan hypertrophy sering kali difokuskan pada aspek estetika, yaitu ukuran dan penampilan otot yang besar. Ini mungkin tidak sesuai dengan tujuan atau minat setiap orang yang ingin meningkatkan kekuatan tiap ototnya.

Intensitas yang Tinggi

Latihan hypertrophy yang intensitasnya tinggi dapat menyebabkan kelelahan otot yang signifikan. Dalam rangka memaksimalkan pertumbuhan otot, tubuh membutuhkan waktu pemulihan yang cukup antara sesi latihan. Pemulihan yang tidak memadai dapat mengakibatkan overtraining dan penurunan performa.

Latihan Strength (Kekuatan)

Latihan kekuatan, atau strength training, adalah jenis latihan fisik yang difokuskan untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan fisik. Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk mengembangkan kekuatan dan massa otot dengan menggunakan beban eksternal seperti barbel, dumbell, atau mesin latihan.

Latihan kekuatan melibatkan kontraksi otot melawan resistensi untuk melatih dan memperkuat otot-otot tubuh. Beban yang digunakan dalam latihan ini dapat berupa beban berat, intensitas tinggi, dan jumlah repetisi yang lebih rendah atau beban moderat dengan intensitas yang lebih tinggi dan jumlah repetisi yang lebih tinggi.

Kelebihan Latihan Strength

Berikut ini beberapa kelebihan pada latihan Strength yang harus Anda ketahui:

Peningkatan Kekuatan Otot yang Besar

Latihan kekuatan secara konsisten dan teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan otot secara signifikan. Dengan meningkatkan beban latihan, Anda dapat melatih otot-otot Anda untuk bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat.

Peningkatan Massa Otot

Latihan kekuatan juga dapat merangsang pertumbuhan otot atau hypertrophy. Dengan meningkatkan ukuran dan massa otot, Anda tidak hanya akan menjadi lebih kuat, tetapi juga memiliki penampilan fisik yang lebih berotot.

Peningkatan Fungsi Tubuh Sehari-hari

Kelebihan latihan kekuatan lainnya adalah peningkatan kemampuan tubuh Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kekuatan otot yang ditingkatkan akan memudahkan Anda dalam mengangkat dan memindahkan beban, melakukan aktivitas fisik dengan lebih mudah, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Kekurangan Latihan Strength

Berikut ini beberapa kekurangan pada latihan Strength yang harus Anda ketahui:

Resiko Cedera yang Tinggi

Latihan kekuatan yang melibatkan penggunaan beban berat dan gerakan yang kompleks dapat meningkatkan risiko cedera. Jika tidak dilakukan dengan teknik yang benar atau tanpa pengawasan yang tepat, latihan ini dapat menyebabkan cedera pada otot, sendi, tulang, atau tendon.

Membutuhkan Penyesuaian yang Tepat

Latihan kekuatan membutuhkan penyesuaian yang hati-hati dalam hal beban, volume, dan intensitas. Jika latihan terlalu berat atau terlalu intens, ini dapat menyebabkan overtraining, kelelahan, atau penurunan performa. Jika terlalu ringan, maka kemajuan dan pertumbuhan otot dapat terhambat.

Perbandingan Latihan Hypertrophy dan Strength

HypertrophyStrength
Kelebihan- Pertumbuhan Otot yang Signifikan
- Bentuk Tubuh Lebih Atletis
- Menggunakan Beban Berat yang Ringan
- Peningkatan Kekuatan Otot yang Besar
- Peningkatan Massa Otot
- Peningkatan Fungsi Tubuh Sehari-hari
Kekurangan- Berfokus Pada Estetika
- Intensitas yang Tinggi
- Resiko Cedera yang Tinggi
- Membutuhkan Penyesuaian yang Tepat
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kedua cara latihan di atas memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah cara atau metode latihan yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Jika Anda ingin melatih tubuh Anda dengan tujuan keindahan bentuk setiap ototnya latihan Hypertrophy mungkin cocok untuk Anda. Namun, jika Anda ingin melatih tubuh Anda bersamaan dengan melatih Kekuatan otot Anda Latihan Strength cocok bagi Anda!

Anda Pilih Latihan Hypertrophy atau Strength?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!