Pilih Mana: Lemari Plastik atau Kayu?

Untuk menyimpan pakaian kita sehari-hari tentunya kita membutuhkan sebuah tempat yang aman dan nyaman, yaitu lemari. Tidak hanya pakaian, lemari juga bisa menyimpan berbagai macam kebutuhan kita sehari-hari misalnya kaos kaki, ikat pinggang, peci, mainan dan sebagainya.

Lemari yang kerap digunakan untuk anak-anak adalah lemari plastik sedangkan lemari yang kerap dipakai untuk orang tua adalah lemari kayu. Jadi pada kesempatan ini saya akan membahas antara lemari plastik dan lemari kayu.

Lemari Plastik

Lemari plastik umumnya digunakan untuk menyimpan pakaian anak-anak, tapi tidak jarang pula orang dewasa kerap memakai lemari plastik untuk menyimpan pakaiannya. Lemari plastik relatif hemat akan ruangan / tidak memakan banyak tempat. Dari segi biayanya lemari plastik pastinya tidak begitu mahal jika dibandingkan dengan lemari kayu. Walaupun berasal dari plastik, bukan berarti kualitasnya kurang baik ataupun gampang rusak asal kita merawatnya dengan baik. Ukurannya pula amat beragam, dari 2 susun, 3 susun hingga 5 susun.

Lemari plastik dominan memiliki motif tokoh kesukaan buat anak-anak seperti mickey mouse, power ranger, spongebob dan sebagainya. Corak lemari plastik ini pula amat bermacam-macam, ada corak yang terang semacam pink, hijau, biru, yang cocok buat anak-anak. Terdapat pula corak yang netral misalnya cokelat muda, abu-abu yang sesuai untuk orang berusia.

Lemari ini banyak sekali kita jumpai di pasaran. Pada toko plastik terdekat, toko perabotan rumah hingga toko online juga telah sediakan. Jadi kamu tidak perlu cemas apabila tiba- tiba hendak membutuhkan lemari plastik.

Kelebihan Lemari Plastik

Tidak Mudah Berjamur

Lemari plastik, yang terbuat dari bahan dasar plastik, menjadi favorit di kalangan banyak orang karena kelebihannya dalam mencegah pertumbuhan jamur. Berbeda dengan lemari kayu, lemari plastik tidak rentan terhadap pertumbuhan jamur jika terasa lembap, berkat bahan dasarnya yang lebih tahan terhadap kondisi yang dapat memicu jamur.

Ringan dan Fleksibel

Bahan plastik memiliki berat yang cenderung ringan, sehingga lemari yang terbuat dari bahan ini juga memiliki bobot yang relatif ringan. Karena bobotnya yang enteng, lemari berbahan plastik menjadi lebih mudah dipindahkan dan memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi. Selain itu, lemari pakaian plastik seringkali dilengkapi dengan beberapa bagian yang dapat dibongkar pasang, menambah tingkat kesederhanaan, kepraktisan, dan kemudahan dalam proses pemindahan.

Ukurannya Simetris

Lemari yang terbuat dari plastik memiliki ukuran yang simetris, karena dalam proses pembuatannya sering kali menggunakan cetakan yang memungkinkan lemari memiliki simetri yang baik.

Memiliki Variasi Warna Beragam

Pilihan varian yang diberikan oleh lemari berbahan dasar plastik jauh lebih bervariasi jika dibandingkan dengan lemari kayu. Keberagaman ini dapat mempermudah kalian dalam mencocokkan warna lemari dengan warna ruangan.

Kekurangan Lemari Plastik

Bahan Tipis

Lemari yang terbuat dari bahan plastik umumnya memiliki ketebalan yang relatif tipis. Bahan yang tipis dan ringan ini dapat membuat lemari plastik menjadi lebih rentan terhadap kerusakan, termasuk risiko pecah dan kemungkinan rusak akibat gigitan tikus. Oleh karena itu, disarankan untuk memasang kamper di setiap sudut lemari guna mencegah serangan tikus yang dapat merusak integritas lemari tersebut.

Sistem Penguncian Lemari Kurang Kuat

Tiap jenis lemari memiliki sistem penguncian masing-masing. Pada lemari plastik, sering kali ditemui sistem penguncian yang kurang kuat, walaupun hal ini sangat tergantung pada merk dan kualitas lemari plastik tersebut. Lemari plastik yang berkualitas tinggi umumnya dilengkapi dengan sistem penguncian yang tangguh, memberikan keamanan ekstra bagi barang-barang yang disimpan di dalamnya. Sehingga, pemilihan lemari plastik dengan kualitas baik dapat menjamin keandalan dari sistem penguncian lemari tersebut.

Lemari Kayu

Berbeda dengan lemari plastik, lemari jenis ini tentunya menggunakan bahan dasar dari kayu. Jenis-jenis kayu yang kerap dipakai merupakan kayu sintetis serta kayu keras. Lemari baju dari kayu keras ada dalam berbagai model yang berbeda antara lain yaitu model lemari minimalis, klasik, tradisional serta yang lain. Kayu keras yang dipakai buat lemari baju juga beragam jenisnya, salah satunya yang sangat baik kualitasnya merupakan kayu jati.

Kayu jati memiliki kualitas yang kuat serta tahan lama, lemari baju dari kayu jati relatif mahal biayanya. Sebagai alternatif, lemari baju dari kayu sintetis dapat dijadikan opsi yang baik. Kayu sintetis adalah campuran dari kayu keras serta kayu lunak yang diproses serta dikompres jadi papan. Biayanya lebih murah dibanding kayu jati dan kualitasnya tentu lebih rendah daripada kayu jati .

Lemari kayu dari kayu sintetis memiliki berbagai model yang dapat disesuaikan dengan riasan rumah yang berbeda. Jadi, perbandingan bahan lemari baju dapat mempengaruhi kualitasnya. Oleh karena itu, hendaknya perihal ini jadi olah pertimbangan saat sebelum membeli.

Kelebihan Lemari Kayu

Kuat dan Tahan Lama

Lemari kayu dikenal karena kekuatan dan daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lemari lainnya. Kemampuan lemari kayu untuk menopang beban yang berat menjadikannya pilihan yang tangguh. Keberadaan bahan kayu yang tebal membuat lemari ini lebih kuat jika dibandingkan dengan lemari plastik. Dengan demikian, kalian dapat dengan nyaman menyimpan pakaian dan barang-barang berat lainnya di dalam lemari kayu.

Kuncian Kuat

Kebanyakan lemari kayu dirancang dengan dilengkapi kuncian yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi, sehingga memberikan keunggulan dalam hal ketahanan dan daya tahan. Kunci yang disematkan pada lemari kayu biasanya dibuat dengan material berkualitas, membuatnya tidak hanya tangguh tetapi juga dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap isi lemari.

Penggunaan kunci yang kokoh juga memastikan bahwa lemari kayu dapat memberikan rasa aman dan keamanan yang optimal, karena kunci tersebut tidak mudah lepas atau rusak.

Tampilan Elegan

Lemari kayu memancarkan kesan elegan yang sulit disaingi. Desain lemari kayu dengan keindahan serat kayu alami dan warna yang hangat sangat sesuai bagi mereka yang menggemari nuansa klasik dan vintage dalam dekorasi ruangan.

Kekurangan Lemari Kayu

Mudah Berjamur

Lemari kayu sering kali rentan terhadap kelembapan, yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, lemari kayu umumnya memerlukan perlindungan tambahan seperti lapisan kertas atau penyerap kelembapan untuk mencegah jamur.

Alternatifnya, kalian dapat melapisi bagian lemari dengan pelapis anti jamur, membantu mencegah pertumbuhan jamur di dalam lemari kayu kalian. Langkah-langkah ini diperlukan untuk memastikan keawetan dan kebersihan lemari kayu kalian dalam jangka waktu yang lebih lama.

Perbandingan Lemari Plastik dan Kayu

Lemari PlastikLemari Kayu
Kelebihan- Tidak Mudah Berjamur
- Ringan dan Fleksibel
- Ukurannya Simetris
- Memiliki Variasi Warna Beragam
- Kuat dan Tahan Lama
- Kuncian Kuat
- Tampilan Elegan
Kekurangan- Bahan Tipis
- Sistem Penguncian Lemari Kurang Kuat
- Mudah Berjamur
Beli online

Kesimpulan

Pada intinya lemari digunakan untuk menyimpan pakaian kesayangan kita, mau itu lemari plastik atau lemari kayu sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dengan selera dan bagaimana cara kita merawatnya. Semoga bermanfaat.

Anda Pilih Lemari Plastik atau Kayu?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!