ElektronikGadgets

Pilih Mana: Lenovo Thinkpad atau Ideapad?

Lenovo merupakan brand yang sangat terkenal terutama dalam penjualan laptop. Produk laptop buatan lenovo dikenal dengan teknologinya yang canggih namun dengan harga yang masih terjangkau. Hal yang sering luput adalah memaknai series yang dikeluarkan oleh lenovo.

Mungkin kamu tidak pernah memerhatikan bahwa lenovo memiliki series Thinkpad dan Ideapad yang sebenarnya memiliki fungsi masing-masing. Kali ini kami akan mengulas perbedaan dari lenovo thinkpad dan lenovo ideapad yang mungkin belum kamu ketahui, yuk disimak!

Pilih Mana: Lenovo Thinkpad atau Ideapad?

Lenovo Thinkpad

Thinkpad adalah brand laptop yang memiliki reputasi panjang sebagai salah satu seri laptop terbaik yang pernah dirilis oleh brand terkenal Lenovo. Salah satu buktinya adalah pada tahun 2000an lalu, Lenovo Thinkpad berhasil menjadi satu-satunya laptop yang pertama kali mendapatkan sertifikasi kelayakan sebagai laptop yang dapat digunakan di luar angkasa. Baca Juga:  10 Laptop Lenovo Terbaik 2019

Penyebab lain dari begitu populernya seri Thinkpad adalah dahulu laptop ini merupakan sebuah produk merek milik IBM, perusahaan teknologi raksasa yang sudah berusia lebih dari satu abad. Lenovo Thinkpad merupakan laptop dengan target pasar para pelaku bisnis. Sehingga meski memiliki tampilan yang sederhana, laptop ini tidak jarang dibekali dengan spesifikasi tinggi atau memiliki fitur unik yang tidak ada pada seri Lenovo yang lain.

Kelebihan Lenovo Thinkpad

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari lenovo thinkpad:

  • Dilengkapi dengan sistem keamanan
    Lenovo menyertakan solusi keamanan end-to-end ThinkShield pada ThinkPad. Selain itu, sensor sidik jari Match-on-Chip pada semua laptop ThinkPad diklaim mampu meningkatkan privasi informasi sidik jari. Caranya dengan memastikan metode identifikasi gambar biometrik lebih aman untuk bertransaksi secara online.
  • Daya tahan baterai yang lebih lama
    Laptop lenovo yang dijual dengan nama thinkpad umumnya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama terutama jika dibandingkan dengan seri ideapad. Beberapa produk yang termasuk dalam seri thinkpad diklaim tahan menyala selama  24 jam atau all day. Selain itu, lenovo thinkpad ini dilengkapi dengan inovasi teknologi Power Bridge yang akan memberi peringatan baterai lemah, terutama saatkamu sedang dalam perjalanan atau tanpa ada outlet listrik di dekatnya.
  • Memiliki spesifikasi yang umumnya cukup tinggi dibandingkan dengan seri lain 
    Lenovo thinkpad umumnya memiliki spesifikasi yang handal dan peforma yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan laptop lenovo seri lain, laptop ini cocok digunakan untuk bisnis, dan untuk kamu yang memang dinilai memiliki kebutuhan yang sudah ‘pro’ dalam hal penggunaan laptop.

Pilih Mana: Lenovo Thinkpad atau Ideapad?

Kekurangan Lenovo Thinkpad

Meski memiliki beberapa kelebihan yang cukup mumpuni untuk sebuah laptop, berikut ini kekurangan dari lenovo thinkpad:

  • Harganya relatif lebih mahal 
    Dengan spesifikasi yang ada pada laptop lenovo seri thinkpad yang dinilai cukup tinggi, harga jual dari laptop thinkpad ini juga cenderung lebih tinggi terutama jika kamu bandingkan dengan lenovo ideapad, lenovo ideapad umumnya memiliki harga jual yang berada pada kelas menengah ke bawah, sedangkan seperti yang kamu ketahui, thinkpad umumnya dijual dengan harga kelas menengah ke atas mengingat spesifikasinya.
  • Bukan laptop gaming atau multimedia 
    Perbedaan mencolok yang ada pada seri ideapad dan thinkpad adalah laptop thinkpad tidak dilengkapi dengan Touch Widescreen, Dolby Speaker System, Frameless screens, Face recognition yang menjadikan laptop thinkpad kurang cocok jika digunakan untuk bermain game atau kebutuhan multimedia lainnya.

Rekomendasi produk lenovo thinkpad dan ideapad

Lenovo Thinkpad Lenovo Ideapad
Produk rekomendasiLenovo ThinkPad E490 Rp 12.700.000 -Lenovo IdeaPad 300 Rp 3.149.000
Lenovo ThinkPad P50s Rp 28.600.000Lenovo Ideapad 310 Rp 4.150.000
Lenovo ThinkPad E470 Rp 8.125.000 -Lenovo IdeaPad S10 Rp 1.412.000

Lenovo Ideapad

Ideapad adalah brand laptop dari Lenovo yang diciptakan untuk pasar dengan kategori entry level. Masyarakat dari kalangan entry level umumnya memiliki keinginan yang relatif sederhana. Seperti misalnya ​harga laptop ​yang masih bisa di jangkau oleh budget yang pas-pasan.

Atau seperti fitur-fitur dasar sudah tersedia dalam satu paket. Contohnya, sistem operasi yang sudah terinstall, internal DVD-ROM atau SD-Cardreader yang sudah tersedia sehingga bisa langsung digunakan. Seiring dengan meluasnya permintaan konsumen, Ideapad kemudian dikembangkan dengan orientasi utama permintaan pasar.

Lihat juga:  Pilih Mana: Huion atau Wacom?

Kelebihan Lenovo Ideapad

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari lenovo ideapad:

  • Harganya relatif lebih murah
    Ideapad terkenal dengan harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan laptop keluaran lenovo lainnya. Namun hal ini tidak lantas menjadikan laptop seri ideapad merupakan laptop yang jelek karena beberapa laptop seri ideapad yang bahkan memiliki spesifikasi lebih tinggi dibanding dengan thinkpad tetap memiliki harga yang lebih murah.
  • Kualitas suara yang dihasilkan lebih baik 
    Untuk kamu yang senang bermain game maka seri ideapad dinilai cocok untukmu karena memiliki kualitas suara yang lebih baik terutama jika kamu bandingkan dengan lenovo thinkpad. Tentunya karena ideapad dilengkapi dengan Dolby Speaker System. Hal ini sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya karena laptop idepad memang dirancang untuk gaming.
  • Touch widescreen dan kemampuan multimedia yang lebih baik 
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perbedaan mendasar dari laptop lenovo seri ideapad dan thinkpad adalah tujuan penggunaan yang berbeda, laptop ideapad lebih ditujukan untuk kamu yang membutuhkan gaming desain dan multimedia, seluruh spesifikasi yang ada pada seri ideapad lebih menonjolkan hal-hal yang berkaitan dengan ini.

Pilih Mana: Lenovo Thinkpad atau Ideapad?

Kekurangan Lenovo Ideapad

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ada pada laptop yang diperuntukkan bagi kamu yang membutuhkan laptop untuk gaming desain dan multimedia:

  • Daya tahan baterai yang tidak terlalu kuat
    Meski seluruh laptop keluaran lenovo memiliki daya tahan baterai yang cukup mumpuni untuk kamu gunakan dalam menunjang kegiatan, seri ideapad ini memiliki ketahanan baterai yang tidak cukup tinggi jika dibandingkan dengan seri thinkpad. Namun, hal ini cukup wajar mengingat laptop ini memang ditujukan untuk pelajar dan kamu yang tidak memerlukan laptop secara full 24 jam.
  • Memori penyimpanan yang tidak terlalu besar 
    Jika dibandingkan dengan seri thinkpad, lenovo ideapad memiliki ruang penyimpanan yang lebih kecil, meski sudah cukup mumpuni untuk digunakan. Kamu juga bisa mengatasi masalah yang satu ini dengan membeli hardisk eksternal tambahan jika memang diperlukan. Hal ini wajar mengingat harga jual dari ideapad memang tergolong ke harga tingkat menengah ke bawah, ya.

Pilih Mana: Lenovo Thinkpad atau Ideapad?

Lenovo Thinkpad Lenovo Ideapad
Kelebihan- Dilengkapi dengan sistem keamanan - Daya tahan baterai yang lebih lama - Memiliki spesifikasi yang umumnya cukup tinggi dibandingkan dengan seri lain  - Harganya relatif lebih murah - Kualitas suara yang dihasilkan lebih baik  - Touch widescreen dan kemampuan multimedia yang lebih baik 
Kekurangan- Harganya relatif lebih mahal  - Bukan laptop gaming atau multimedia  - Daya tahan baterai yang tidak terlalu kuat - Memori penyimpanan yang tidak terlalu besar 

Kesimpulan

Dari ulasan yang ada di atas dapat kamu ambil kesimpulan bahwa kedua seri laptop dari brand terkenal lenovo ini merupakan laptop yang memang cocok untuk jadi pilihan kamu. Kamu hanya perlu menyesuaikan spesifikasi yang ada dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam membelinya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan laptop untuk urusan bisnis maka akan lebih cocok jika kamu membeli laptop lenovo seri thinkpad mengingat spesifikasinya yang cukup tinggi. Namun jika kamu merupakan pelajar atau kamu membutuhkan laptop dengan harga yang relatif lebih murah maka kamu bisa memilih untuk menggunakan laptop lenovo seri ideapad.

Jangan takut jika spesifikasi ideapad tidak cukup mumpuni, kamu bisa memilih berbagai laptop ideapad dengan spesifikasi tinggi dan harga yang tetap terjangkau sesuai kebutuhanmu, kok! Semoga bermanfaat, ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lenovo Thinkpad atau Ideapad?

VS

 

Leave a Reply