ElektronikPhotography

Pilih Mana: Lensa Fix atau Zoom?

Lensa Fix dan Lensa Zoom seringkali menjadi bahan pertimbangan bagi orang saat akan memilih dan membeli sebuah lensa. Banyak yang belum mengenali secara detail apa perbedaan dari kedua lensa Fix dan Zoom tersebut. Apalagi bagi para pemula untuk dunia fotografi yang cukup belum mengenal mengenai lensa.

Tenang saja, kali ini kami akan membahas kedua lensa dengan ringkas namun tetap jelas ya guys. Agar Anda bisa lebih mengetahui perbedaan keduanya dan lebih bisa menentukan pilihan mana yang terbaik dan bisa Anda pilih.

Untuk itu silahkan scroll down dan selamat membaca sahabat Selera.id.

Lensa Fix atau Zoom

Lensa Fix

Lensa prime, atau yang sering disebut juga dengan lensa fix, adalah lensa yang memiliki satu focal length saja. Ini artinya lensa jenis ini hanya memiliki satu field of view (100° ya 100° saja, 80° ya sama saja 80° saja), dan nggak bisa digonta-ganti. Baca juga Kamera Mirrorless Terbaik

Ketika Anda menggunakan Lensa Fix ini, selama Anda tidak berpindah tempat maju ataupun mundur, maka Anda tidak bisa membuat objek foto Anda tampak lebih besar atau lebih kecil di dalam frame dalam menggunakan Lensa Fix ini.

Kelebihan utama lensa jenis ini adalah ukurannya yang ringkas, ringan serta kualitas yang maksimal. Detail yang dihasilkan juga maksimal jernih, kaya warna, serta aperture yang lebar bisa digunakan untuk memotret pada kondisi low light.

Namun, lensa ini juga memiliki kelemahan, yakni tidak bisa digunakan untuk mengatur lebar sudut pandang pemotretan. Untuk mengatur luasnya cakupan foto yang hendak diambil, maka fotografer harus bergerak maju atau mundur terhadap objek.

Kelebihan Lensa Fix

  • Ukuran yang ringkas
    Kelebihan yang utama dari Lensa Fix adalah sudah pasti untuk ukuran dari Lensa Fix memiliki ukuran yang cukup ringkas. Banyak sekali fotografer yang sudah mereview akan hal ini ya guys. Jadi memang jangan ragukan lagi, jika Anda ingin Lensa Fix maka bisa menjadi pilihan untuk Anda guys.
  • Kecepatan lensa yang baik
    Kecepatan adalah salah satu kelebihan utama dari lensa Prime. Salah satu contohnya pada Lensa Fix yang memiliki ukuran 50 mm ternyata mempunyai aperture maksimal yang bisa memungkinkan Anda memotret pada kondisi cahaya yang minim.
  • Pembuatan foto bokeh
    Semua lensa tampaknya bisa membuat foto bokeh atau dengan kedalaman ruang sempit. Namun lensa ini memiliki hal lebih dalam pemotretan bokeh, dan inilah salah satu kelebihan Lensa Fix. Dengan aperture maksimal yang besar sehingga kualitas bokeh akan semakin bagus pula.

Kekurangan Lensa Fix

  • Tidak dapat mengatur sudut pandang
    Kekurangan yang pertama dari Lensa Fix sudah dijelaskan di atas yaitu tidak bisa digunakan untuk mengatur lebar sudut pandang pemotretan. Untuk mengatur luasnya cakupan foto yang hendak diambil, maka fotografer harus bergerak maju atau mundur.
  • Tampilan bokeh tidak memuaskan
    Sudah dijelaskan pada penjelasan kelebihan untuk Lensa Fix bahwa pembuatan foto bokeh yang lumayan oke. Tetapi juga banyak yang review bahwa Lensa Fix memiliki tampilan bokeh yang tidak maksimal. Seperti jadinya hasil blur malah seperti foto yang goyang lho, sayang sekali ya.

Lensa Fix atau Zoom

  • Lensa mudah menjamur
    Sudah pasti kekurangan yang terakhir dari Lensa Fix bahwa Lensa Fix memiliki kekurangan akan lensa yang sering menjamur. Hal ini karena adanya bahan yang tidak berbeda dari lainnya. Jadi jangan menyimpannya di tempat yang lembab ya guys.

Lensa Zoom

Berbeda dengan Lensa Fix, jenis Lensa Zoom memiliki focal length yang bisa diatur pada jangkauan tertentu. Sebagai efeknya, Anda bisa mendapatkan sudut pandang dari beberapa focal length sekaligus dari satu lensa. Anda bisa membeli Lensa Zoom merk Nikon.

Sebagai contoh yang masuk kategori lensa zoom adalah lensa 18 hingga 135 mm. Lensa ini bisa digunakan pada focal length 18mm yang masuk kategori “wide angle”, hingga 135 mm yang masuk kategori “tele”.

Kelebihan utama dari Lensa Zoom yang bisa Anda ketahui adalah bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai lebar sudut pandang foto. Anda hanya perlu membawa satu lensa untuk menggantikan beberapa Lensa Fix saat traveling.

Tetapi di lain sisi, kelemahan Lensa Zoom adalah ukurannya yang lebih besar dan bobotnya juga lebih berat dibandingkan dengan Lensa Fix. Selain itu, dari segi bokeh, kontrol terhadap depth of field serta kinerja di kondisi low light lensa zoom masih tertinggal dari Fix.

Kelebihan Lensa Zoom

  • Lebih fleksibel
    Kelebihan Lensa Zoom adalah kita cukup membeli satu lensa dan bisa menjangkau beberapa titik focal length penting. Katakanlah anda memiliki lensa 18 hingga 55 mm untuk kamera berformat APSC (crop), maka Anda bisa menggunakan lensa tersebut untuk foto lanskap di focal length 18 mm atau foto portrait di focal length 55 mm. Fleksibilitas inilah alasan diciptakannya lensa zoom.
  • Kemampuan serba bisa
    Untuk halnya fotografer yang handal dan memang suka dengan dunia fotografer bahwa mengatakan Lensa Zoom akan lebih cocok digunakan untuk bekerja. Hal ini juga menjadikan kelebihan tersendiri. Lensa zoom akan menjadi aset yang sangat berharga saat fotografer harus dihadapkan dengan situasi yang bervariasi.
  • Enak dibawa traveling
    Saat traveling kita ingin menikmati perjalanan namun juga ingin tetap memotret. Dalam situasi ini, lensa zoom adalah sahabat sejati. Dengan lensa zoom, kita bisa memotret subjek menarik tanpa harus kerepotan mendekat atau menjauh. Cobalah traveling dengan lensa 18-200 mm.
Lihat juga:  10 Merk Stabilizer Terbaik 2020

Kekurangan Lensa Zoom

  • Harga yang mahal
    Untuk kekurangan yang pertama yang sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bahwa harga dari Lensa Zoom memiliki harga yang sangat mahal. Namun memang kualitas yang diberikan sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Lensa Fix atau Zoom

  • Bobot yang berat
    Dari segi bobot juga sangat cukup berbeda dengan Lensa Fix, dimana Lensa Zoom memiliki bobot yang cukup berat. Hal ini mungkin menjadi masalah bagi beberapa orang yang malas dengan membawa lensa yang bobotnya berat guys hehe, bagaimana dengan Anda?
  • Hasil bokeh keadaan gelap kurang baik
    Dipasaran hampir tidak ada lensa zoom yang memiliki aperture maksimal lebih besar dari f/2.8 (kecuali lensa untuk kamera pocket, atau mungkin four third). Ini artinya, dari segi bokeh, kontrol depth of field serta kinerja di kondisi minim cahaya lensa zoom masih tertinggal dari Fix.
KeteranganLensa Fix Lensa Zoom
ProdukLensa Model FixLensa Model Zoom
Kualitas KameraKualitas yang terbaik Efek bokeh kurang baik keadaan gelap
HargaLebih terjangkauLebih tinggi

Lensa Fix vs Zoom

1. Ukuran
Untuk ukuran sendiri memiliki perbedaan yang cukup banyak menjadi pertimbangan orang saat akan membeli dan memilih kedua lensa.

Lensa Fix memiliki ukurang yang lebih cukup ringkas banyak sekali fotografer yang sudah mereview akan hal ini. Sedangkan Lensa Zoom memiliki ukuran yang cukup besar sesuai dengan nama lensanya.

2. Bobot
Dan kemudian yang bisa Anda ketahui dari perbedaan keduanya Lensa Fix dan Zoom adalah dari segi bobotnya sendiri.

Lensa Fix dan Zoom memiliki bobot yang berbeda yaitu Lensa Fix memiliki bobot yang cukup ringan dibandingkan dengan bobot Lensa Zoom. Ya, mungkin seperti namanya besar jadi berat ya guys hehe.

3. Harga
Untuk harga sendiri memang menjadi patokan yang paling penting untuk Anda mencari dan memilih sebuah lensa.

Lensa Fix dan Zoom memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Lensa Fix banyak yang bilang memiliki harga yang cukup bersahabat dibandingkan dengan Lensa Zoom.

4. Hasil Foto Bokeh
Untuk hasil foto bokeh memang menjadi hal penting untuk sebuah fotografer dan untuk mendapatkan foto yang bagus.

Lensa Fix atau Zoom

Dengan aperture maksimal yang besar sehingga kualitas bokeh Lensa Fix akan semakin bagus pula. Untuk Lensa Zoom juga sebenarnya hasil foto yang serba bisa apalagi bokeh, namun jika dalam keadaan gelap untuk hasil bokeh masih unggul Lensa Fix.

5. Popularitas
Untuk ketenaran atau popularitas sendiri memang sebenarnya tidak begitu menjadi permasalahan. Bisa Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Popularitas Lensa Fix dan Zoom memiliki ketenaran atau popularitas yang sangat baik. Lensa Zoom lebih dipilih oleh fotografer handal untuk memenuhi kebutuhan bekerja.

Pilih Mana: Lensa Fix atau Zoom?

Lensa Fix Lensa Zoom
Kelebihan- Ukuran yang ringkas - Kecepatan lensa yang baik - Pembuatan foto bokeh - Lebih fleksibel - Kemampuan serba bisa - Enak dibawa traveling
Kekurangan- Tidak dapat mengatur sudut pandang - Tampilan bokeh tidak memuaskan - Lensa mudah menjamur - Harga yang mahal - Bobot yang berat - Hasil bokeh keadaan gelap kurang baik

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas sudah sangat memberikan perimbangan penting bagi Anda untuk memilih kedua lensa Lensa Fix atau Zoom. Dengan penjelasan yang cukup detail di atas setidaknya bisa memberikan gambaran untuk Anda dan juga bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda. semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Lensa Fix vs Zoom

VS

Leave a Reply