Finance

Pilih Mana: Litecoin atau Ethereum?

Saat ini berinvestasi menjadi pilihan banyak orang untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, dengan berinvesatssi juga diharapkan dengan mendapatkan keuntungan dari jangka investasi yang dipilih. Banyak sekali cara untuk berinvestasi, hanya saja perlu memahami sistem investasi yang dipilih.

Dari banyaknya investasi yang ada, pada artikel ini akan membahas mengenai investasi dari Litecoin dan Ethereum, kedua cara investasi yang cukup populer dikalangan masyarakat saat ini. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya? Langsung saja kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini.

Litecoin

Litecoin adalah cryptocurrency yang merupakan versi sederhana dari bitcoin sebagaimana namanya, diciptakan oleh Charles Lee yang merupakan seorang mantan karyawan Google. Litecoin sendiri diluncurkan pada tahun 2011 tanggal 7 Oktober. Saat ini, Litecoin termasuk ke dalam peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Litecoin lahir setelah zaman bitcoin. Mata uang virtual ini menggunakan teknologi blockchain sama seperti bitcoin. Baca juga Pilih Mana: Bitcoin atau Saham?

Litecoin memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2.5 menit (Bitcoin 10 menit), yang berarti tingkat kemampuan transaksinya berjalan lebih cepat daripada bitcoin. Penggunaan algorithmnya pun berbeda dimana Litecoin menggunakan scrypt, sedangkan bitcoin menggunakan SHA2. Jadi pada intinya Litecoin adalah versi sederhana dari Bitcoin dan Litecoin adalah untuk menyempurnakan bitcoin.

Cara Mendapatkan Litecoin

Mining
Terdapat dua cara dalam penambangannya yaitu Cloud Mining dan Mining Rig Pribadi, tetapi pada intinya yang wajib dicoba untuk mendapatkan kepingan dari Litecoin adalah menyelesaikan algoritma (permasalahan verifikasi block) dengan rumus PoW (Proof of Work) bernama Scrypt.

Algoritma Scrypt itu dapat diselesaikan menggunakan GBP atau VGA atau Kartu Grafis yang biasa kita temui. Jadi intinya penambangan Litecoin disini merupakan imbal balik dari Litecoin pada fitur yang diperlukan Litecoin untuk beroperasi 24 jam non stop dalam memverifikasi setiap bisnis pada setiap blok khusus, ataupun dalam penciptaan blok baru.

Para penambang akan diberikan reward sekitar 25 keping LTC untuk setiap blok baru yang ditemukan. Litecoin dijadwalkan hanya akan memproduksi sekitar 84 Juta keping koin saja. Jumlah itu adalah 4 kali lipat dari jumlah maksimal koin.

Membeli Dari Exchanger
Kamu juga bisa mendapatkan Litecoin dengan membelinya dari exchanger maupun penyedia Litecoin yang tersebar di dunia internet.

Mengumpulkan Litecoin Gratis Lewat Faucet
Litecoin juga bisa didapatkan dengan gratis, yaitu dengan cara pengumpulan Faucet atau kepingan-kepingan kecil Litecoin dari berbagai website penyedia faucet gratis. Namun, waktu yang dibutuhkan, serta kredibilitas penyedia faucet gratis sampai saat ini masih dipertanyakan. Pada umumnya situs-situs penyedia faucet gratis akan berujung pada SCAM. Jadi, hal ini tidak direkomendasikan.

Kelebihan Litecoin

  • Waktu Transaksi Cepat
    Banyak yang sudah menyebutkan dan juga menjelaskan bahwa di sini bahwa Litecoin mungkin memiliki waktu blok tercepat, oleh karena itu, menjadikannya mata uang digital yang disukai pengguna.
  • Adanya Komunitas Buzzing
    Litecoin memiliki salah satu komunitas paling progresif dan tim pengembangan inti yang menyediakan jawaban siap untuk setiap pertanyaan yang membakar. Kualitas interaksi yang tinggi telah menjadikannya mata uang digital yang populer di kalangan pengguna.
  • Sudah Banyak Dikenal Orang
    Seperti yang diketahui banyak orang bahwa Litecoin sudah banyak dikenal orang dan juga sudah banyak dipercayai orang, karena pada dasarnya Litecoin sendiri versi sederhana dari Bitcoin, dan Litecoin termasuk ke dalam peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia.
KeteranganLitecoin
DiciptakanCharles Lee
Tahun BerdiriTahun 2009
Mendapatkan LitecoinMining, Membeli Dari Exchanger, Mengumpulkan Litecoin Gratis Lewat Faucet

Kekurangan Litecoin

  • Keberhasilan Bergantungan
    Jika bitcoin membaik satu hari di masa depan dan mengatasi skalabilitas dan kecepatan transaksi yang merepotkan, maka Litecoin dapat menemukan bahwa itu berseluncur di atas es yang rapuh. Alasannya adalah bahwa mayoritas investor crypto lebih menyukai Bitcoin sehingga istilah tersebut menjadi identik dengan cryptocurrency.
  • Skalabilitas Transaksi
    Litecoin sekarang memproses 56 transaksi per detik karena melambat karena peningkatan lalu lintas. Perusahaan harus mengusahakannya agar lebih bermanfaat di masa depan. Karena skalabilitas pada transaksi ini tidak terlalu baik, ini biasanya di investasi jangka panjang
  • Adanya Volatilitas
    Pada investasi jangka pendek menggunakan Litecoin, terdapat volatilitas. Volatilitas adalah masalah signifikan di seluruh pasar crypto, yang berarti investasi jangka pendek di Litecoin sedikit berisiko yang cukup tinggi.

Ethereum

Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum adalah untuk menjadi platform dimana smart contracts bisa diciptakan dan dijalankan. Dan juga jika kamu kurang memahami penjelasan di atas.

Lebih sederhananya pengertian dari Ethereum adalah program terdesentralisasi yang dapat menjalankan smart contract, yaitu aplikasi yang dapat berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan atau gangguan dari pihak lain.

Ethereum adalah jaringan peer to peer publik atau blockchain (Blockchain adalah catatan transaksi digital berdasarkan strukturnya, dimana catatan individu), yang disebut blok, dihubungkan bersama dalam satuan daftar, yang disebut chain (rantai), dengan mata uang digitalnya sendiri yang disebut Ether.

Lihat juga:  Pilih Mana: KMG atau KTA?

Cara Mendapatkan Ethereum

Ethereum Faucet
Salah satu cara tergampang dan termudah untuk mendapatkan Ethereum gratis adalah dengan mengikuti faucet yang tersedia di situs faucet Ethereum pilihan kamu.

Cloud Mining Ethereum
Cara mudah dan gampang untuk mendapatkan Ethereum adalah menggunakan Cloud Mining, tapi jangan sampai kena scam Cloud Mining ya.

Ikut Program Bounty
Banyak project-project yang mengadakan program airdrop dan bounty berhadiah ETH, selalu update dengan project-project ICO terbaru yang sedang mengadakan program airdrop atau bounty.

Kelebihan Ethereum

  • Adanya Dapps
    Dapp adalah singkatan dari decentralized application yang berarti aplikasi terdesentralisasi, dengan kata lain aplikasi tersebut tidak mempunyai server sentral, karena berada di jaringan blockchain. DApp berada di rancangan inti dari blockchain yang dimiliki oleh Ethereum. Jadi tentunya aplikasi-aplikasi yang diciptakan di atas jaringan blockchain Ethereum sudah menggunakan teknologi blockchain juga. Aplikasi yang terdesentralisasi ini tentunya bisa bersaing dengan aplikasi yang masih tersentralisasi, atau bahkan mungkin dapat menggantikan keberadaan aplikasi yang sedang tersentralisasi. Hal ini disebabkan sebuah sistem yang terdesentralisasi akan sangat membantu berbagai sektor industri yang ada saat ini, seperti e-commerce, sosial media, keuangan dan masih banyak lagi.
  • Para Pengguna Diberi Kuasa
    Pada sistem Ethereum ini semua kuasa diberikan kepada pengguna, Para penggunanya memegang kendali atas semua informasi dan transaksi yang dipunyai. Dan juga Ethereum ini memberikan kebebasan untuk penggunanya tanpa melibatkan pihak ketiga yakni perbankan. Dengan demikian, tidak ada aturan-aturan yang berpotensi menghambat proses payment.
  • Adanya Smart Contracts
    Smart Contracts adalah salah satu fitur utama dari ethereum yang merupakan sebuah kontrak self executing yang ditulis dalam kode. Kesepakatan ini biasanya ada dalam kontrak dan akan dilaksanakan secara otomatis. Dengan fitur ini, hingga memungkinkan untuk melakukan pembayaran secara instan pada jaringan terdesentralisasi. Dengan melakukan pembayaran menggunakan fitur ini, kamu tidak akan mendapati penengah atau gangguan downtime meskipun bukan selalu demikian saat kamu melakukan transaksi.
KeteranganEthereum
DiciptakanVitalik Buterin
Tahun BeridiriTahun 2014
Mendapatkan EthereumEthereum Faucet, Cloud Mining Ethereum, Ikut Program Bounty

Kekurangan Ethereum

  • Tidak Bisa Offline
    Kekurangan pertama dari Ethereum adalah bahwa Ethereum ini memang tidak memiliki besar titik pusat pada kegagalan, karena Ethereum dijalankan dari ribuan komputer secara sukarela di seluruh bumi, yang berarti tidak bisa offline atau mati.
  • Kecepatan Akses yang Kurang
    Kelemahan pada kecepatan akses adalah tidak sepenuhnya bisa diandalkan karena menggantungkan pada server yang terdistribusi. Pengembangan aplikasi diatas platform Ethereum dapat dianalogikan dengan penyewaan jasa web-hosting, ketika server down, maka sistem yang bekerja di bawahnya juga tidak berfungsi.
  • Terlalu Beresiko
    Apabila Ethereum dapat berkembang sesuai dengan rencana, tanpa ada bug, kesalahan, kondisi yang tidak terduga, lubang keamanan, dan lainnya, maka nilai Ethereum dapat diharapkan untuk naik dengan cepat di masa depan. Akan tetapi platform Ethereum adalah suatu platform yang sangat kompleks dan terkategori masih bayi, sehingga investasi pada Ethereum sangatlah berisiko. Nilai Ethereum juga tergantung pada pengguna (pengembang) yang menggunakan Ether untuk komputasi dalam platform Ethereum. Apabila ternyata teknologi blockchain menjadi lebih banyak digunakan di masa depan, maka semakin banyak pengembang yang menggunakan ethereum untuk membuat berbagai aplikasi blockchain.

Pilih Mana: Litecoin atau Ethereum?

LitecoinEthereum
Kelebihan- Waktu transaksi yang terbilang cepat - Adanya komunitas buzzing - Sudah banyak dikenal orang- Adanya fitur Dapps - Adanya fitur Smart Contracts - Para pengguna diberi kuasa
Kekurangan- Keberhasilan bergantungan - Skalabilitas transaksi pada invesatasi jangka panjang tidak begitu baik - Adanya volatilitas pada investasi jangka pendek- Ethereum digunakan tidak bisa offline - Kecepatan akses yang kurang baik - Resiko yang cukup besar

Kesimpulan

Dari pejelasan di atas dapat disimpulkan Litecoin dan Ethereum cara berinvesatasi yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat kamu ingin berinvestasi, kamu harus mengetahui detail dari invesatsai tersebut, sehingga kamu akan mengetahui resiko kedepan yang akan didapatkan. Tetapi antara Litecoin dan Ethereum banyak orang lebih memilih Litecoin, karena sudah lebih populer dan juga Litecoin termasuk ke dalam peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Litecoin vs Ethereum

VS