Pilih Mana: Logitech B170 atau M170?

Mouse adalah salah satu perangkat input yang paling penting bagi pengguna komputer. Mouse yang nyaman dan presisi dapat meningkatkan produktivitas dan pengalaman penggunaan komputer secara keseluruhan.

Di pasaran, terdapat banyak sekali merek mouse yang menawarkan berbagai pilihan produk, mulai dari mouse gaming hingga mouse kantoran. Dua merek mouse yang cukup populer di Indonesia adalah Logitech B170 dan M170.

Logitech adalah perusahaan multinasional asal Swiss yang berkantor pusat di Lausanne, Swiss. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981 oleh Daniel Borel, Pierluigi Zappacosta, Giacomo Marini, dan Jean-Luc Mazzone.

Logitech awalnya fokus pada pengembangan dan pemasaran perangkat input komputer, seperti mouse dan keyboard. Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan ini mulai memperluas lini produknya ke berbagai perangkat periferal komputer lainnya, seperti speaker, headset, webcam, dan gaming gear.

Kedua mouse tersebut memiliki harga yang terjangkau dan menawarkan fitur yang cukup lengkap. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara kedua mouse ini yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Logitech B170

Logitech B170 adalah mouse nirkabel yang dirancang untuk penggunaan kantoran. Mouse ini memiliki desain yang ergonomis, sensor optik 1000 dpi, dan konektivitas nirkabel 2.4 GHz. Logitech B170 menawarkan kombinasi yang menarik antara fitur-fitur yang andal, desain yang nyaman, dan ketahanan baterai yang luar biasa.

Kelebihan Logitech B170

Jangkauan Nirkabel yang Luas

Logitech B170 adalah solusi sempurna untuk membebaskan pengguna dari kerepotan dan kekacauan kabel yang sering mengganggu produktivitas. Dengan memanfaatkan teknologi nirkabel 2.4 GHz yang sangat stabil, mouse ini tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga kinerja yang handal. Koneksi yang kuat dan responsif dapat diandalkan bahkan dalam jarak hingga 10 meter, memberikan fleksibilitas luar biasa dalam penggunaannya. Kalian dapat dengan leluasa bergerak di sekitar meja kerja atau ruang presentasi tanpa terhambat oleh kabel yang kusut atau panjang yang terbatas.

Kontrol dan Presisi yang Akurat

Dengan sensor optik berkekuatan 1000 dpi yang terdapat pada Logitech B170, pengguna dapat menikmati tingkat akurasi dan kontrol yang luar biasa dalam penggunaan sehari-hari. Sensor tersebut dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang memukau dengan mengoptimalkan respons terhadap setiap gerakan tangan. Kursor pada layar akan bergerak dengan mulus dan responsif, mengikuti setiap perubahan arah atau perpindahan dengan presisi tinggi.

Dilengkapi dengan Tambahan 3 Tombol

Mouse Logitech B170 dirancang dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Terdapat tiga tombol pada mouse ini, yang meliputi sebuah scroll wheel yang tidak hanya halus tetapi juga akurat dalam penggunaannya. Fungsionalitasnya semakin ditingkatkan dengan adanya tombol navigasi tambahan di sisi mouse, memudahkan pengguna untuk dengan cepat beralih antar tab atau desktop tanpa harus mencari tombol khusus. Keunggulan ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih efisien dan nyaman saat menjelajahi berbagai aplikasi atau tugas komputasi.

Kekurangan Logitech B170

Kurang Cocok untuk Pengguna Tangan Kiri

Desain ergonomis yang dimiliki oleh mouse Logitech B170 sepenuhnya ditujukan untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pengguna yang menggunakan tangan kanan. Meskipun tetap dapat digunakan oleh pengguna tangan kiri, perlu diakui bahwa posisi tombol dan lekukan pada mouse ini mungkin tidak memberikan keseimbangan optimal untuk penggunaan jangka panjang oleh tangan kiri. Oleh karena itu, untuk mendukung pengalaman pengguna tangan kiri yang lebih baik, disarankan agar mereka mempertimbangkan menggunakan mouse ambidextrous atau yang secara khusus dirancang untuk tangan kiri.

Logitech M170

Logitech M170 adalah mouse nirkabel yang dirancang untuk penggunaan sehari-hari. Mouse ini memiliki desain yang ringkas dan ringan, sehingga mudah dibawa kemanapun kalian pergi. Logitech M170 juga menawarkan fitur-fitur yang nyaman dan andal, menjadikannya pilihan yang tepat untuk pengguna dengan anggaran terbatas.

Kelebihan M170

Resolusi Sensor Optik yang Tinggi

Sensor optik dengan resolusi tinggi sebesar 1000 dpi pada Logitech M170 tidak hanya menyuguhkan tingkat akurasi yang luar biasa, tetapi juga memberikan kontrol yang memukau dalam berbagai aktivitas penggunaan. Kehadiran sensor ini menghasilkan pengalaman navigasi yang mulus dan responsif, dengan kursor yang mengikuti setiap gerakan tangan dengan presisi.

Baterai yang Tahan Lama

Mouse Logitech M170 menawarkan kenyamanan luar biasa dengan fitur hemat daya yang mengagumkan. Diperkuat oleh teknologi Logitech Advanced Optical Tracking, mouse ini tidak hanya memberikan kinerja yang presisi tetapi juga menjaga pengguna dari kerumitan penggantian baterai yang sering. Kelebihan utama dari M170 adalah efisiensi daya yang tinggi; dengan hanya menggunakan satu baterai tipe AA, mouse ini mampu memberikan masa pakai hingga 12 bulan.

Kompatibilitas yang Luas

Mouse Logitech M170 memastikan kompatibilitasnya dengan berbagai sistem operasi, menjadikannya pilihan yang serbaguna untuk berbagai kebutuhan pengguna. Kompatibilitas yang dimiliki mencakup sistem operasi populer seperti Windows, macOS, Chrome OS, dan Linux, sehingga memudahkan pengguna untuk beralih antar platform tanpa khawatir akan kesulitan koneksi. Keunggulan Logitech M170 tidak hanya terletak pada kompatibilitasnya yang luas, tetapi juga pada kemudahan penggunaan. Dengan hanya mencolokkan receiver USB nano kecil yang disertakan, pengguna dapat langsung memulai aktivitas mereka, baik itu bekerja atau bermain, tanpa perlu repot-repot menginstal driver atau perangkat lunak tambahan.

Kekurangan Logitech M170

Scroll Wheel yang Standar

Scroll wheel pada Logitech M170 berfungsi baik, namun terasa kurang halus dan responsif dibandingkan scroll wheel dengan teknologi hyper-scroll atau free-scroll yang sering ditemukan pada mouse kelas menengah ke atas. Bagi pengguna yang sering berurusan dengan dokumen panjang atau website, scroll wheel yang kurang presisi mungkin menjadi sedikit mengganggu.

Perbandingan Logitech B170 dan M170

Logitech B170Logitech M170
Kelebihan- Jangkauan Nirkabel yang Luas
- Kontrol dan Presisi yang Akurat
- Dilengkapi dengan Tambahan 3 Tombol
- Resolusi Sensor Optik yang Tinggi
- Baterai yang Tahan Lama
- Kompatibilitas yang Luas
Kekurangan- Kurang Cocok untuk Pengguna Tangan Kiri- Scroll Wheel yang Standar
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Dalam memilih antara Logitech B170 atau M170, kesimpulannya tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Logitech B170 menawarkan kehandalan dan fungsionalitas dasar yang baik dengan harga yang terjangkau, cocok untuk pengguna yang mencari solusi sederhana untuk kegiatan sehari-hari.

Sementara itu, Logitech M170 memberikan sedikit peningkatan dalam hal desain dan performa scroll wheel, yang mungkin lebih sesuai untuk pengguna yang menginginkan sedikit kenyamanan tambahan dalam penggunaan sehari-hari. Oleh karena itu, pemilihan antara keduanya sebaiknya didasarkan pada kebutuhan spesifik pengguna, baik itu untuk penggunaan kantor, produktivitas, atau keperluan umum. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Logitech B170 atau M170?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!