Perangkat Keras

Pilih Mana: Logitech B170 vs Logitech M170

Logitech merupakan merek terkenal akan produk perangkat kerasnya yang memiliki kualitas terbaik, salah satunya seperti mouse. Mouse yang dirilis oleh Logitech sendiri memiliki 2 jenis, yakni untuk kebutuhan gamers dan kantoran. Nah kali ini, Selera.id akan membahas mengenai mouse kantoran nya pada seri Logitech B170 dan Logitech M170.

Logitech B170 dan Logitech M170 sendiri cukup terkenal sehingga dipakai oleh orang-orang kantoran, kuliahan dan lain sebagainya. Desain nya yang ringkas membuat mouse ini dicintai oleh para penggunanya.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua mouse ini? Untuk itu pantengin terus artikel Selera.id agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan saat memilih mouse andalan kamu. Disini aja ya guys!

Logitech B170 vs Logitech M170

Logitech B170

Logitech B170, mouse dengan koneksi wireless atau nirkabel ini memudahkan kamu dalam pemakaian perangkat komputer karena tidak memerlukan kabel untuk penggunaannya. Baca juga Pilih Mana: Hewlett-Packard OMEN Mouse atau Mouse Razer?

Bekerja memakai baterai AA untuk pengoperasiannya, tidak perlu lagi sulit mencari baterai pengganti karena sumber daya yang mudah ditemukan. Kenyamanan tangan pun terjaga dengan konsep melengkung pada mouse yang membuat tangan kamu nyaman saat memakainya.

Logitech B170 bekerja pada teknologi nirkabel 2,4 GHz terbaru dan menawarkan kompatibilitas universal dengan Windows, Mac OS dan Chrome OS. Logitech B170 ini bisa digunakan untuk kebutuhan gaming maupun kantoran. Logitech B170 nyaman dipakai walaupun tangan kamu sedang berkeringat sekalipun.

Logitech B170 vs Logitech M170

Kelebihan Logitech B170

  • Mudah di pairing
    Mouse mutakhir ini memakai koneksi wireless yang dihubungkan dengan USB dongle untuk pairing, sehingga tidak memerlukan kabel. Dengan jangkauan nirkabel sampai 10 meter, kamu dapat mengendalikan kursor dari jarak jauh sekalipun. Mouse nirkabel dari Logitech ini bisa dipakai dengan bermacam sistem operasi komputer, seperti Windows, Mac OS dan Chrome OS.
  • Kontrol kursor responsif
    Mouse ini mempunyai kontrol kursor yang responsif dan mulus, sehingga gampang dipakai pada berbagai permukaan berkat sensor optik laser grade. Dengan usia baterai yang bisa bertahan sampai 12 bulan sebelum diganti, mouse bluetooth ini pun siap menjadi teman setia bersama PC maupun laptop kesayangan.
  • Harga ekonomis
    Harga yang disematkan oleh mouse dari Logitech ini cukup ekonomis. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan utama dari B170, sehingga orang pastinya tanpa pikir panjang akan membeli mouse ini untuk aktivitas mereka sehari-hari.

Kekurangan Logitech B170

  • Ukuran yang sangat kecil
    Ukuran yang disematkan oleh mouse ini dirasa kurang nyaman untuk mereka yang memiliki telapak tangan yang lebar dan besar. Namun hal ini tidak menjadi kekurangan yang sangat berarti karena pastinya seiring berjalannya waktu orang akan terbiasa menggunakan mouse ini.
  • Kemasan yang buruk
    Banyak review yang menyatakan bahwa kemasan dari mouse ini cukup buruk sehingga membuat mouse yang ada di dalamnya jadi ikut tergores dan sebagainya. Hal ini tentunya membuat orang jadi kurang minat untuk memiliki mouse ini.
  • Tidak ada deteksi baterai
    Jika kebanyakan dari mouse lain memiliki deteksi baterai, maka hal itu tidak tersemat ke dalam mouse ini. Hal ini sebenarnya membantu para pemakainya mengetahui kondisi baterai apakah masih bisa dipakai atau sudah tidak bisa.

Logitech M170

Logitech Wireless Mouse M170 menghadirkan desain Ambidextrous yang memungkinkan Mouse tetap nyaman dipakai baik dengan tangan kanan atau kiri. Konsep Grip berpola pada pinggir Mouse dan tombol Scroll membuat genggaman tangan kamu terasa mantap dan tidak licin.

Logitech B170 vs Logitech M170

Cara memakai Mouse juga amat mudah, karena bekerja secara nirkabel kamu cukup colokan USB Nano Receiver pada Port USB Notebook atau Desktop kemudian nyalakan Mouse. Logitech M170 dapat langsung dipakai tanpa instalasi tambahan. Namun bila kamu ingin mengkustomisasi tombol Mouse bisa dengan bantuan aplikasi Logitech Options.

Logitech Wireless Mouse M170 dibantu koneksi Wireless 2.4 GHz yang bisa tersambung ke Komputer kamu sampai jarak 10 m. Koneksinya juga amat stabil sehingga kamu tidak akan merasakan Lag atau Delay saat memakainya. Konsumsi daya mouse juga cukup efisien karena dengan satu buah baterai AA dapat bertahan sampai 1 tahun.

Kelebihan Logitech M170

  • Nyaman dan mobile
    Bentuk mouse mendukung bentuk tangan kamu supaya tetap terasa nyaman selama pemakaian berjam-jam. Bentuk ambidekstrus dan kemampuan pengaturan ulang fungsi tombol kanan dan kiri menjadikan M170 sebagai mouse yang ideal untuk pengguna bertangan kanan maupun kiri.
  • Koneksi Plug-and-Play
    M170 Wireless Mouse merupakan perangkat plug and play. Hubungkan receiver ke dalam port USB komputer dan mouse sudah bisa langsung dipakai. Tidak memerlukan proses pairing ataupun mengunduh software tambahan.
  • 2.4Ghz wireless yang andal
    Koneksi wireless yang kuat dan konsisten dengan jarak sampai 10 meter (32 kaki). Nyaris tanpa jeda atau terputus-putus, kamu bisa bekerja dan bermain dengan penuh percaya diri. Diuji sampai 10 m, jangkauan wireless bisa berbeda tergantung kondisi dan lingkungan komputasi kamu.

Kekurangan Logitech M170

  • Ukuran mouse yang kecil
    Sama halnya dengan B170, mouse ini juga memiliki ukuran yang begitu kecil sehingga kurang cocok untuk kamu yang memiliki telapak tangan besar dan lebar. Namun seiring berjalannya waktu, tentunya para pemakainya akan terbiasa dengan ukuran yang disematkan M170 ini.
  • Meninggalkan bekas kotor di permukaan
    Jika tangan kamu kotor dan berminyak sebaiknya cuci dan lap sampai kering lebih dahulu, karena akan meninggalkan bekas jika kamu langsung memakainya pada mouse ini. Namun jangan khawatir, karena mouse ini mudah kok untuk dibersihkan.
  • Kemasan yang buruk
    Sama seperti seri B170, seri M170 ini juga memiliki kemasan yang buruk dan mudah penyok sehingga membuat mouse ini jadi tergores dan terganggu fungsi utamanya.
KeteranganLogitech B170Logitech M170
SensorOptical Optical
Resolusi sensor 1000 DPI 1000 DPI
Tahun rilis 20162015
Harga per November 2019Rp 88.000Rp 70.000

Logitech B170 vs Logitech M170

Tips perawatan mouse wireless yang baik:

1. Senantiasa matikan mouse jika sedang tidak digunakan
Wireless mouse umumnya mempunyai tombol on/off yang ditempatkan di dekat sensor. Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu mematikan mouse ketika sedang tidak dipakai, misalnya pergi makan siang.

2. Siapkan baterai cadangan
Selain mengganggu produktivitas, baterai dengan daya yang nyaris habis dapat berakibat buruk pada komponen dalam mouse. Jadi pastikan kamu memiliki baterai cadangan yang siap dipakai kapanpun wireless mouse kamu membutuhkannya.

3. Bersihkan optik secara rutin
Semenjak evolusi tetikus dari yang memakai bola hingga ke teknologi sensor, dibutuhkan perawatan yang kurang lebih sama pada ‘organ’ terpenting yang mendasari fungsi sebuah mouse ini.

4. Gunakan cotton buds dengan cairan lemon jika baterai bocor
Walaupun kasus ini cukup jarang terjadi, kemungkinan baterai bocor tidak bisa disepelekan. Demi kelestarian wireless mouse kesayangan kamu, gunakan cotton buds yang dibasahi sedikit cairan lemon untuk kemudian diusapkan ke bagian yang terkena bocoran baterai.

5. Siapkan spray duster kaleng untuk membersihkan lebih efektif dan instan
Dalam pemakaian dengan jangka waktu lama, sela-sela roda mouse akan ‘menangkap’ berbagai kotoran kecil seperti debu dan endapan organik dari tangan kamu. Untuk mengatasi penumpukan, kamu dapat menyiapkan spray duster kaleng bertekanan, yang dapat kamu semprotkan ke sela-sela sempit dari wireless mouse.

Pilih Mana: Logitech B170 vs Logitech M170

Logitech B170Logitech M170
Kelebihan- Mudah di pairing - Kontrol kursor responsif - Harga ekonomis - Nyaman dan mobile - Koneksi Plug-and-Play - 2.4Ghz wireless yang andal
Kekurangan- Ukuran yang sangat kecil - Kemasan yang buruk - Tidak ada deteksi baterai - Ukuran mouse yang kecil - Meninggalkan bekas kotor di permukaan - Kemasan yang buruk

Kesimpulan

Setelah kita bahas tadi mengenai Logitech B170 dan Logitech M170 diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua mouse bluetooth ini memiliki performa yang cukup baik untuk aktivitas kamu masing-masing. Mouse ini juga bisa dijadikan sebagai mouse gaming namun dengan kondisi yang seperlunya saja. Tentukan pilihan mouse Logitech kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Logitech B170 vs Logitech M170

VS

Leave a Reply