Perangkat Keras

Pilih Mana: Logitech G102 vs G300S

Logitech merupakan perusahaan produsen perlengkapan komputer yang cukup terkenal di Dunia terutama di Indonesia tersendiri, Perusahaan ini selalu menghadirkan berbagai produk pelengkap komputer salah satunya mouse khusus untuk gamers yaitu Logitech G102 dan G300S.

Mungkin sebagian orang cukup bingung untuk memilih antara mouse Logitech G102 dan G300S.  Tenang saja! dalam postingan ini kami akan membandingkan keduanya, agar anda bisa memilih mana mouse terbaik yang and butuhkan saat ini. Yuk langsung saja disimak pembahasan dibawah ini!

Logitech G102 vs G300S

Logitech G102

Logitech G102 ini hadir dengan desain klasik yang dibekali sensor optik sekelas mouse gaming. Tombol Tensioning terbaru yang disematkan pada mouse ini mampu memberikan kenyamanan dan kinerja mouse yang lebih cepat. Baca juga Pilih Mana: Logitech B170 vs Logitech M170

Dengan sensitivitas mouse yang dapat diatur hingga 6000 DPI tentunya mouse ini mampu menghadirkan tingkat keakuratan yang lebih tinggi. Untuk mempercantik tampilan mousenya maka logitech menyematkan Smart Lighting RGB / Pencahayaan cerdas yang dapat disesuaikan sendiri oleh penggunanya.

G102 merupakan salah satu mouse gaming bergaya klasik yang dikenalkan Logitech. Mouse yang terinspirasi dari desain klasik dan  bentuknya yang nyaman, ringan, dan memiliki ketahanan.

Untuk mencapai kinerja kelas gaming maka kemampuan report Logitech G102 dapat mencapai 1.000 kali per detik, dan memiliki responsivitas mouse dikatakan lebih cepat hingga 8x lipat dibanding mouse standar. 

Spesifikasi Logitech G102

Dari segi desainnya meski mengusung gaya klasik yang ringkas dan sederhana, Namun untuk mempercantik penampilannya mouse logitech G102 ini menyematkan RGB Lighting, sehingga mouse ini terlihat lebih berwarna.

Lighting mouse prodigy G102 dapat diatur hingga 16.8 juta warna dan tingkat kecerahan yang berbeda. Untuk mengatur dan merubah pencahayaan mouse ini kalian perlu menambahkan software Logitech Gaming Software. 

Mouse Logitech G102 ini mendukung dengan sensor kelas gaming yang memadukan akurasi, kecepatan, serta konsistensi yang cukup handal.  Kalian pun nantinya dapat melakukan penyesuaian mulai dari 200 – 8000 DPI. Selain itu, terdapat beberapa pengaturan lain yang mungkin dilakukan seperti pengaturan pencahayaan RGB atau melakukan kontrol pada enam tombol yang tersedia.

Dari segi kecepatan mouse Logitech G102 dapat melakukan proses komunikasi hingga 1000 laporan per detiknya. Jika dibandingkan dengan mouse standar, mouse Logitech G102 ini unggul 8 kali lebih cepat saat melakukan klik.

Kemampuan kecepatan yang ada pada Logitech G102 itu berkat pembekalan Button Tensioning / tombol klik terbaru yang disematkan oleh logitech. Manfaat lain dari penggunaan button tensioning yaitu mampu mengurangi tekanan yang berlebihan saat melakukan klik, sehingga masa pakai mouse Logitech G102 lebih awet.

Logitech G102 vs G300S

Kelebihan Logitech G102

  • Kinerja kelas gaming
    Mouse Logitech G102 ini memiliki report 1.000 kali per detik, yang artinya 8 kali lebih cepat dibandingkan mouse standar. Ini berarti ketika mouse digerakkan atau diklik, tanggapan di layar muncul nyaris seketika dan sangat responsif.
  • Memiliki desain klasik
    Logitech G102 ini terinspirasi dengan  desain klasik Logitech G100S Gaming Mouse yang legendaris. Desain ini senangi oleh gamer di seluruh dunia dan favorit para profesional e-sports, Selain itu desain ini juga memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman digunakan dan juga penggunaan yang bisa bertahan lama.
  • Dibekali dengan teknologi Lightsync RGB
    Teknologi Lightsync ini menyediakan pencahayaan RGB generasi terbaru yang mensinkronisasi pencahayaan dan profil game dengan kontenmu. Kustomisasikan dari full spectrum sekitar 16,8 juta warna dan sinkronisasi efek dan animasi pencahayaan.

Kekurangan Logitech G102

  • Terlalu ringan
    Kekurangan yang ada pada mouse Logitech G102 yang pertama yaitu bobotnya yang terlalu ringan sehingga membuatnya sedikit kurang nyaman digunakan pada beberapa orang yang lebih menyukai bobot mouse yang cukup berat agar mantap dalam genggaman.
  • Pengaturan perangkat lunak terbatas
    Kekurangan yang selanjutnya yang ada mouse Logitech G102 ini yaitu pengaturan perangkat lunak yang cukup terbatas, sehingga beberapa orang menyayangi hal tersebut, Namun, dengan harga sekelasnya untuk kekurangan tersebut masi bisa di maklumi.
  • Desain terlalu ramping
    kekurangan yang terakhir yaitu masih dalam segi desainnya yaitu terlalu ramping, Terlihat dari mouse ini di khususkan untuk gamers, rasanya mouse ini terasa kurang nyaman digunakan untuk kebutuhan bermain game.

Logitech G300S

Logitech G300s Wireless Gaming Mouse, datang dilengkapi dengan sensor optik gaming-grade dengan 2500 DPI yang mampu melacak setiap gerakan tangan pengguna di berbagai permukaan. Mouse ini memiliki report-rate 1 milidetik, atau hingga delapan kali lebih cepat dari mouse USB biasa,

Lihat juga:  10 Printer All In One Murah Terbaik 2020
Daya tahan tombol kiri kanan dari mouse ini dapat bertahan hingga 20 juta kali klik, selain itu mouse ini memiliki resolusi 250 sampai 2.500 dpi dengan kecepatan maksimal 60 ips (1.5 m/dtk).

Logitech G300s mampu menangkap pergerakan mouse secepat pergerakan tangan gamer. Pengguna bertangan kidal juga dapat merasakan kenyamanan yang sama dengan pengguna lainnya berkat desain ambidextrous yang dipadu dengan materi berkualitas di seluruh permukaan bodinya.

Logitech G102 vs G300S

Spesifikasi Logitech G300S

Logitech G300S Mouse hadir dengan 9 tombol yang dapat diprogram untuk memberikan kemenangan pada Anda disetiap permainan.  Anda juga dapat mengatur sebuah tombol untuk menjalankan aksi yang biasa Anda lakukan. Setelah Anda menciptakan konfigurasi yang diinginkan, anda dapat menyimpannya di memori onboard. Hanya dengan satu kali konfigurasi saja, mouse akan selalu merekam.

Mouse Logitech G300S ini hadir dengan sensor optik gaming-grade 2500DPI yang memastikan setiap gerakan Anda selalu tepat dalam situasi gaming apapun. 

Logitech G300S menggunakan material polytetrafluoroethylene yang unggul. Alasnya memiliki gaya gesek yang rendah hampir disetiap permukaan agar menghasilkan gerakan yang lebih mulus dengan pergerakan kursor yang lebih presisi dan peningkatan akurasi.

Fitur Logitech G300S :

  • Wireless Gaming Mouse.
  • Resolusi : 2500 DPI.
  • Mampu melacak setiap gerakan tangan pengguna di berbagai permukaan.
  • Memiliki report-rate 1 milidetik.
  • Mouse ini juga dapat digunakan dengan pengguna bertangan kidal berkat desain ambidextrous.
  • Memiliki 9 tombol yang dapat diprogram.  

Kelebihan Logitech G300S

  • Dilengkapi dengan 9 kendali yang dapat diprogram
    Kalian dapatkan hasil yang hebat dengan konfigurasi standar langsung dari kemasannya atau atur pemicu satu tombol untuk aksi yang biasanya memerlukan kita menjelajahi menu. Memudahkan komunikasi push-to-talk. Down-shift DPI sementara.
  • Bentuk bodi yang nyaman
    Rancangan mouse dari Logitech G300S memiliki desain yang serbaguna dalam bentuk ringkas, mouse ini dibuat untuk kenyamanan dan daya tahan. Bentuknya yang seimbang dapat digunakan tangan kanan maupun kiri.
  • Memiliki alas dengan gaya gesek rendah
    Alas polytetrafluoroethylene (PTFE) yang ada pada mouse ini memiliki gaya gesek rendah menghilangkan gesekan pada hampir setiap permukaan untuk gerakan yang lebih mulus, pergerakan kursor yang tepat, dan tingkat akurasi yang lebih baik.

Kekurangan Logitech G300S

  • Alas yang kurang mecing
    Alas berwarna biru mengurangi kesan elegan dan fleksibilitas pemilihan warna lampu RGB pada mouse Logitech G300S ini, Namun kekurangan ini merupakan opsional ya, karena selera orang pastinya berbeda satu sama lain.
  • Tidak semua tombol dapat dikustomisasi
    Kekurangan yang lainnya yang ada pada mouse Logitech ini yaitu hanya 2 tombol macro yang dapat dikustomisasi saat bermain, Sehinga hal tersebut sangat di sayangkan karena mengingat mouse ini menyediakan 9 tombol.
  • Sensitivitas mouse terasa tidak stabil
    Kekurangan yang terakhir pada mouse Logitech G300S ini yaitu sensitivitas yang kurang stabil, dan dari segi sensor off centre beberapa orang ada yg tidak bisa and butuh pembiasaan.
Spesifikasi Logitech G102Logitech G300S
Sensor Optical Optical
Resolusi Sensor 6000 DPI 2500 DPI
Tahun Rilis 2016 2010
Tipe Mouse Wireless Wired
Jumlah Tombol 4 Button(s) 9 Button(s)
Panjang Kabel 200 cm 180 cm

Pilih Mana: Logitech G102 vs G300S

Logitech G102Logitech G300S
Kelebihan- Kinerja kelas gaming - Memiliki desain klasik - Dibekali dengan teknologi Lightsync RGB - Dilengkapi dengan 9 kendali yang dapat diprogram - Bentuk bodi yang nyaman - Memiliki alas dengan gaya gesek rendah
Kekurangan- Terlalu ringan - Pengaturan perangkat lunak terbatas - Desain terlalu ramping - Alas yang kurang mecing - Tidak semua tombol dapat dikustomisasi - Sensitivitas mouse terasa tidak stabil

Kesimpulan

Dari artikel di atas mengenai perbandingan antara Logitech G102 dan G300S bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, Mengingat keduanya di produksi oleh produsen ternama Logitech pastinya keduanya dibekali dengan kualitas tinggi dan beberapa fitur unggul. Oleh sebab itu, dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera kalian, Tetapi jika kalian mencari mouse yang bobotnya ringan Logitech G102 dapat menjadi pilhan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Logitech G102 vs Logitech G300S

VS

Leave a Reply