Perangkat Keras

Pilih Mana: Logitech M100R vs Logitech B100

Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk menggerakkan kursor dengan mudah dan cepat. Saat ini sudah banyak sekali mouse yang memiliki berbagai macam model, fitur, desain yang sangat bagus sehingga bingung untuk memilihnya. Namun untuk kamu yang bekerja atau berbagai keperluan lama didepan komputer, maka Logitech M100R dan Logitech B100 adalah jawaban yang tepat.

Logitech M100R dan Logitech B100 adalah perangkat produksi Logitech dengan desain yang sangat simpel namun sangat nyaman saat dipakai meski berjam-jam lamanya. Maka dari itu mouse ini adalah perangkat yang paling banyak dipakai oleh perusahaan dan kantor lainnya.

Ingin tahu lebih dalam mengenai detail antara kedua produk keluaran Logitech ini? Simak terus Selera.id agar kamu bisa jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih mouse andalan kamu. Stay tune guys!

Logitech M100R vs Logitech B100

Logitech M100R

Logitech M100R merupakan mouse berkabel yang amat mudah dan cepat dipakai. Mouse seri ini mempunyai konsep yang mirip dengan pendahulunya yaitu B100, tetapi saat ini M100R hadir dengan kemampuan kontrol yang lebih halus dan responsif.

Untuk memakai mouse ini, kamu cuma perlu mencolokan konektor USB ke PC. Tanpa membutuhkan instalasi tambahan, mouse dapat langsung dipakai. Mouse Logitech M100R juga amat nyaman dipakai. Desain simetris pada sisi kiri dan kanan memungkinkannya tetap nyaman dipakai baik dengan tangan kanan maupun kiri.

Sistem pelacakan optikal yang presisi pada Logitech M100R tidak membuat kesalahan navigasi sedikitpun. Sistem pelacakan yang luwes itu membuat gerakan kursor Mouser lebih mulus meski kamu tidak memakai Mouse Pad sekalipun.

Dengan Logitech M100R kamu dapat menikmati kontrol yang lebih responsif. Kamu juga bisa menyeleksi teks dengan mudah berkat Tracking optikal berdefinisi tinggi (1000 dpi). Baca juga Pilih Mana: Logitech Ultrathin Touch Mouse T630 atau Apple Magic Mouse?

Logitech M100R vs Logitech B100

Kelebihan Logitech M100R

  • Nyaman dipakai
    Dengan memakai mouse ini, tangan kamu akan nyaman saat menggunakannya, dengan menggenggam atau mengarahkan pointer di layar komputer kamu. Selain itu desainnya juga dibuat lebih berkesan ambidextrous, yaitu sama dan seimbang antar bagian sisi kiri dan kanannya. Maka dari itu mouse ini bisa dipakai oleh setiap orang, baik secara right handed dan left handed (kidal).
  • Fungsi pada setiap tombol bisa diatur sesuai keinginan
    Fungsi pada setiap tombol dapat diatur dengan memakai software tambahan bernama SetPoint yang dibuat oleh pihak Logitech sendiri. SetPoint memungkinkan kamu untuk menyesuaikan tombol mouse, keyboard F-kunci dan hotkeys, control tracking speed, dan mengkonfigurasi perangkat lain dengan pengaturan khusus.
  • Praktis dan bergaransi
    Karena Logitech M100 memakai perangkat kabel, kamu cuma cukup menghubungkan kabel mouse ke dalam port USB dan langsung dapat dipakai. Pihak Logitech juga memberikan garansi terbatas untuk hardware ini selama 3 tahun. Tapi sebenarnya Logitech menyediakan mouse ini dengan daya tahan yang lebih lama.

Kekurangan Logitech M100R

  • Menghasilkan suara klik yang keras
    Untuk kekurangan pada Logitech M100 yang paling terasa yaitu pada tombol yang diklik menghasilkan suara keras. Lebih tepatnya suara keras yang dihasilkan lebih keras dibandingkan mouse produk lain. Untuk kamu yang mempunyai kesibukan sebagai gamer, mouse ini tampaknya tidak cocok untuk kamu.
  • Desain yang umum / biasa saja
    Banyak orang berpendapat bahwa mouse keluaran Logitech ini memiliki desain yang sangat umum dan biasa saja. Berwarna hitam tanpa motif dan lekukan sana-sini. Namun untuk kamu yang menyukai desain simpel, mouse ini tentunya sesuai dengan kamu.
  • Tombol gulir yang cukup kasar
    Tombol gulir yang berfungsi vital juga dirasa lumayan kasar pada saat masih baru, tetapi jika sudah lama tombol ini akan halus. Dan tentunya hal ini sesuai dengan takaran konsumennya masing-masing, ada yang memang terasa kasar namun ada juga yang biasa saja saat memakainya.

Logitech B100

Logitech B100 merupakan sebuah mouse canggih yang bisa kamu andalkan untuk membantu proses navigasi pada beragam perangkat seperti komputer desktop maupun laptop.

Dengan performa koneksi yang handal serta kemampuan tracking optikal yang responsif, mouse ini bisa menerjemahkan semua gerakan mouse menjadi gerakan kursor dalam layar dengan amat mulus tanpa ada delay atau jeda.

Logitech M100R vs Logitech B100

Sebagai tambahan, tanpa perlu memasang software tambahan, yang perlu kamu lakukan untuk memakai mouse ini hanyalah menyambungkannya pada port USB dan kamu langsung dapat memakai mouse ini pada beragam sistem operasi seperti Windows, Mac, Chrome OS, dan Linux.

Tidak cuma kinerjanya yang handal, B100 juga didesain dengan desain sederhana namun dipenuhi dengan fitur pendukung. Desain bentuk dari mouse ini akan memberikan tumpuan yang nyaman terhadap tangan kamu sampai pemakaian selama berjam-jam.

Mouse ini juga mengadopsi desain ambidextrous yang artinya kamu bisa mengoperasikannya memakai tangan kanan maupun tangan kiri. Terakhir, mouse ini tersedia dalam harga yang sangat terjangkau, meskipun demikian kamu tidak perlu khawatir karena mouse ini tetap membawa kualitas terjamin dari Logitech yang sudah menciptakan mouse jauh lebih banyak dibanding pabrikan lain.

Kelebihan Logitech B100

  • Nyaman digunakan
    Sama halnya dengan Logitech M100R tadi diatas, Logitech B100 juta memiliki desain yang sangat nyaman digunakan meskipun berjam-jam lamanya. Ukuran mouse ini sudah disesuaikan dengan rata-rata ukuran tangan manusia remaja sampai dewasa. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir dengan kenyamanan yang diberikan oleh mouse ini.
  • Desain ambidextrous
    Dengan desain ambidextrous, mouse ini bisa digunakan memakai tangan kanan maupun tangan kiri alias kidal, jadi tidak perlu khawatir tidak bisa memakai mouse ini untuk kamu yang kidal. Desain ini juga sama seperti Logitech M100R yang sebelumnya sudah dibahas. Tentunya Logitech selalu memberikan yang terbaik di setiap produknya untuk kenyamanan konsumennya.
  • Tidak perlu ada instalasi saat penggunaan mouse ini
    Pada saat akan menggunakan mouse ini, tidak ada instalasi yang diperlukan. Jadi kamu tinggal colok saja kabel USB dari mouse ke perangkat PC kamu dan siap untuk dipakai. Kelebihan inilah yang sangat disukai oleh banyak orang.

Kekurangan Logitech B100

  • Desain terlalu sederhana
    Desain yang diusung oleh Logitech B100 sangat umum dan sederhana. Berwarna hitam polos di seluruh permukaannya. Namun tentunya ini sesuai dengan selera orang masing-masing ya guys.
  • Fitur tidak secanggih M100R
    Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan tadi bahwa M100R adalah pembaruan dari seri B100, dan sudah pastinya beberapa fitur dan performa yang dihadirkan jauh lebih baik M100R.
  • Suara klik yang keras
    Suara klik yang dihasilkan B100 juga besar dan cukup mengganggu sama seperti seri M100R. Sepertinya hal ini masih belum bisa dihilangkan dari Logitech seri kali ini. Namun lama kelamaan tentunya kamu akan terbiasa dengan suara klik yang keras ini.
Logitech M100RLogitech B100
SensorOptical Optical
Resolusi sensor 1000 DPI 800 DPI
KonektivitasWiredWired
Harga per November 2019Rp 140.800,-Rp 47.500,-

Logitech M100R vs Logitech B100

Tips merawat mouse kesayangan kamu

1. Jauhkan mouse anda dari benda cair yang mudah jatuh
Cara yang pertama ini mungkin ada keterkaitan dengan kebiasaan kamu. Untuk kebanyakan orang yang suka online mungkin tidak asing lagi dengan hal ini. Sebab jika benda cair itu tumpah maka akan membuat alat alat elektronik kamu jadi bermasalah.

2. Pastikan tangan kamu kering sebelum menggenggam mouse.
Bila tangan kamu sedang basah, alangkah baiknya terlebih dahulu kamu keringkan sebelum kamu memegang mouse. Hal ini dimaksudkan supaya mouse tidak terkena rembesan air pada tangan anda. pada saat kamu menggenggam mouse.

3. Saat kamu mengklik mouse, upayakan jangan terlalu kasar
Kebiasaan inilah yang sangat sering merusak mouse. Perihal seperti ini kerap terjadi ketika seseorang sedang marah atau kesal terhadap koneksi yang lambat atau komputer berat, umumnya kerap mengklik mouse dengan kasar atau bahkan membanting mouse.

4. Gunakanlah mouse pad
Sebaiknya kamu selalu memakai alas untuk mouse (Mouse pad) dikala kamu bertugas, perihal ini dimaksudkan supaya mouse kamu senantiasa terpelihara kebersihannya.

5. Cermati kebersihan optik mouse kamu
Sebaiknya kamu rutin membersihkan optic mouse kamu. Kamu bisa membersihkan tiap 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali dengan memakai alkohol atau cutton bud.

6. Pastikanlah kabel mouse kamu aman
Selalu cek dan perhatikanlah mouse kamu. Jangan sampai kabel mouse kamu terjepit meja komputer.

Pilih Mana: Logitech M100R vs Logitech B100

Logitech M100RLogitech B100
Kelebihan- Nyaman dipakai - Fungsi pada setiap tombol bisa diatur sesuai keinginan - Praktis dan bergaransi - Nyaman digunakan - Desain ambidextrous - Tidak perlu ada instalasi saat penggunaan mouse ini
Kekurangan- Menghasilkan suara klik yang keras - Desain yang umum / biasa saja - Tombol gulir yang cukup kasar - Desain terlalu sederhana - Fitur tidak secanggih M100R - Suara klik yang keras

Kesimpulan

Logitech M100R dan Logitech B100 adalah mouse yang memiliki desain simpel, berwarna hitam, nyaman digunakan dan tidak perlu instalasi saat pertama kali menggunakan di perangkat baru. Namun saya lebih merekomendasikan M100R karena perangkat tersebut adalah pembaruan dari B100, sehingga pastinya performa yang dihasilkan lebih optimal. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Logitech M100R vs Logitech B100

VS

Leave a Reply