AplikasiApplicationElektronikTechnology

Pilih Mana: MacBook Pro atau Macbook Air?

Macbook merupakan produk laptop dari Apple yang banyak digunakan banyak orang. Dapat dikatakan bahwa MacBook adalah produk andalannya. Macbook sendiri adalah nama dari produk laptop dari Apple. Terdapat 2 tipe Macbook, yaitu macbook pro dan MacBook air.

Macbook Pro seringkali digunakan untuk aktivitas dan kebutuhan yang lebih berat, misalnya desain, rendering serta editing. Di sisi lain MacBook Air digunakan untuk aktivitas yang yang lebih ringan. Seperti mengerjakan tugas, presentasi dan browsing ringan.

Namun, apakah terdapat perbedaan lain diantara keduanya? Mari kita bahas!

Macbook Pro

Bagi Anda yang ingin mendapatkan laptop bagus dengan fitur yang menarik. Maka Macbook Pro merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, MacBook Pro masuk dalam jajaran seri komputer papan atas. Tak heran, Jika harga yang dibanderol cukup tinggi, bisa mencapai Rp 23-43 jutaan. Baca Juga Pilih Mana: MacBook Pro atau Asus ROG?

Kelebihan MacBook Pro

1. Daya Tahan kuat
Kelebihan MacBook pada daya tahan mesinnya yang terbilang kuat. Tak heran jika harganya lebih mahal. Dengan demikian MacBook dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

2. Sistem Keamanan Tidak diragukan
Keamanan sistem produk Apple tidak perlu diragukan lagi. Dibanding Windows, keamananya MacBook jauh lebih baik. Pengguna macbook juga tidak perlu repot-repot instal software antivirus tambahan.

4. Design Ringkih
Dari segi desain, MacBook memiliki desain yang simple namun tetap elegan. Ukuran keseluruhan dari MacBook juga slim yang membuatnya dapat dibawa kemana-mana.

5. Hardware Berkualitas Tinggi
Laptop ini memiliki hardware berkualitas tinggi. Seperti penggunaan keyboard dan trackpad yang mudah. Selain itu suara yang dihasilkankan pun jernih yang membuat MacBook lebih unggul dari jenis laptop lain.

6. User Friendly
Apple menawarkan system bernama Mac Os. Hal ini memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Sehingga memberikan kemudahan dalam menggunakannya.

Kekurangan MacBook Pro

1. Biaya Perbaikan Mahal
Seperti halnya laptop lain, saat terjadi kerusakan atau masalah, service dari macbook akan memakan biaya yang cukup mahal.

2. Tempat Service yang Langka
Kekurangan dari MacBook adalah langkanya tempat service. Produk keluaran apple hanya memiliki tempat service yang resmi dan tidak terdapat di semua daerah, melainkan hanya ada di kota-kota besar saja.

3. Aksesoris Mahal
Jika ingin mempercantik MacBook, Anda dapat membeli berbagai aksesorisnya. Namun, Anda harus menyiapkan budget lebih dikarenakan aksesoris yang dijual cukup mahal.

4. Mudah Panas
Kekurangan selanjutnya dari MacBook ialah cepat panas. Saat menjalankan aktivitas berat, MacBook cenderung menjadi lebih panas. Seperti saat streaming, editing dan beragam aktivitas berat lainnya.

5. Beberapa Software & Game cukup Langka
Ada beberapa dukungan software dan game yang kurang bahkan langka di MacBook. Selain itu software atau game yang berjalan pada sistem windows belum tentu dapat digunakan pada Mac Os. Hal itu membuat MacBook tidak sepenuhnya ada.

MacBook Air

Macbook Air adalah seri Macbook yang paling laris jika dibandingkan MacBook 12 dan MacBook Pro. Ini dikarenakan Macbook Air memiliki harga paling terjangkau antara lainnya. Air berarti udara yang bermakna ringan. Tak heran jika MacBook Air dibuat sangat tipis dan ringan namun memiliki mobilitas yang tinggi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Mouse Kabel atau Wireless?

Kelebihan Macbook Air

1. Harganya Murah
Kelebihan utama Macbook Air yaitu terdapat pada harganya. Ya, Macbook Air basic atau varian terendah dihargai $999 atau sekitar 14 juta. Jika dibandingkan laptop biasa, mungkin harganya terlihat mahal. Namun, jika dibanding seri MacBook lain, laptop ini jauh lebih terjangkau.

2. Bobot Ringan
Sesuai dengan namanya “Air”, Macbook seri ini memiliki bobot paling ringan, yaitu 1,35 kg untuk seri 2017 kebawah, dan 1,29 kg untuk seri baru.

3. Baterai Super Awet
Kelebihan lain terdapat pada daya tahan baterai nya yang lama. Pada seri terbaru, daya tahan baterai laptop ini mampu bertahan hingga 18 jam sehingga Anda bisa menggunakan laptop seharian tanpa harus melakukan charge.|

4. Trackpad Force Touch
Trackpad adalah keunggulan setiap produk laptop buatan apple. Belum ada yang menyaingi responsifitasnya. Fitur force touch yaitu Anda dapat melakukan fungsi sesuai tekanan yang diberikan, layaknya layar iphone terbaru.

5. Kualitas Speaker Lebih Baik
Speaker untuk seri MacBook Air terasa lebih keras dan lebih baik dari MacBook Pro. Hal ini dikarenakan ruang logicboard di MacBook Air lebih kecil dan ringkas sehingga memungkinkan komponen speaker di buat lebih baik.

Kekurangan MacBook Air

1. Spesifikasi Rendah
Sesuai dengan harganya, tentu spesifikasi yang dibuat pun tidak begitu maksimal alias lebih rendah. Ram yang kecil serta layar dengan resolusi pas-pasan membuat MacBook Air hanya cocok digunakan untuk pekerjaan ringan saja.

2. Teknologi Lawas
Meskipun di seri 2020 (m1) MacBook Air memiliki kualitas layar yang sama dengan seri pro, namun untuk seri 2017, MacBook Air memiliki kualitas layar yang rendah. Selain itu komponen seperti SSD, Processor, RAM dan sebagainya masih menggunakan teknologi lawas. Ini membuat performanya kurang maksimal.

3. Upgrade Hardware Terbatas
MacBook Air sulit di upgrade, terutama pada RAM yang menyatu dengan logicboardnya (motherboard). Begitupun seri baru, RAM dan SSD nya sudah menyatu di motherboard, jadi sangat tidak mungkin untuk di upgrade.

Pilih Mana: MacBook Pro atau Macbook Air?

Keterangan MacBook ProMacbook Air
Kelebihan - Daya Tahan kuat - Sistem Keamanan Tidak diragukan - Design Ringkih - Hardware Berkualitas Tinggi - User Friendly- Harganya Murah - Bobot Ringan - Baterai Super Awet - Trackpad Force Touch - Kualitas Speaker Lebih Baik
Kekurangan - Biaya Perbaikan Mahal - Tempat Service yang Langka - Aksesoris Mahal - Mudah Panas - Beberapa Software & Game cukup Langka- Spesifikasi Rendah - Teknologi Lawas - Upgrade Hardware Terbatas
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan yang ada pada MacBook Pro dan Macbook Air. Bagi Anda yang ingin membelinya, perlu memperhatikan detail dari masing-masing MacBook, sehingga budget yang Anda keluarkan sesuai dengan fungsinya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MacBook Pro atau Macbook Air

VS