ElektronikTechnology

Pilih Mana: MacBook Pro atau MacBook Air?

Pada artikel kali ini kami akan membandingkan model MacBook yaitu MacBook Pro dan MacBook Air, Pastinya sebelum kalian memilih di antara keduanya ada berbagai keputusan yang harus diambil bukan?. pertanyaan yang harus dipertimbangkan sebelum memilih contohnya, Apakah kalian lebih suka laptop yang lebih ringan dan lebih portabel? Berapa besar performa yang kalian butuhkan? Seberapa banyak waktu anda untuk menggunakan MacBook?

Kami akan menjabarkan perbedaan dan persamaan antara kedua laptop tersebut satu-persatu untuk membantu kalian memutuskan mana yang tepat untuk kalian pilih, Yuk disimak!

MacBook Pro

Di pertengahan tahun 2019, Apple memperkenalkan pembaruan spesifikasi untuk lini laptop MacBook Pro model 13 inci dan 15 inci. Salah satu peningkatan yang paling mencolok adalah dari lini laptop MacBook Pro model 15 inci yang kini bisa ditenagai dengan prosesor hingga Intel Core i9 dengan 8 inti (core) CPU dan kecepatan Turbo Boost mencapai 5.0 Ghz. Sebelumnya, model MacBook Pro tertinggi (15 inci) di 2018 hanya ditenagai dengan CPU 6 inti saja dengan konfigurasi prosesor Intel Core i7. Baca juga Pilih Mana: MacBook Pro atau Asus ROG?

Kelebihan MacBook Pro

  • Performa yang tinggi
    Tingginya performa ini juga didukung dengan spesifikasi yang dibawa oleh MacBook Pro, misalnya prosesor yang dipakai adalah Intel Core Generasi ke-7 atau Kaby Lake, yang ditawarkan dengan dua pilihan kecepatan yaitu 2,3GHz dan 3,1GHz.
  • Dilengkapi touch bar dan touch ID
    Fitur Touch Bar adalah salah satu fitur tambahan yang bisa kamu pilih saat membeli MacBook Pro, karena Apple juga menjual tipe MacBook Pro tanpa TouchBar. Selain itu juga ada Touch ID untuk sensor sidik jari. Fitur ini selain digunakan untuk cara masuk ke MacBook Pro, juga bisa kamu gunakan untuk verifikasi pembayaran online lewat Apple Pay.
  • Memiliki layar retina
    Layar retina sudah menjadi andalan utama dari MacBook Pro, karena kualitas dan ketajamannya yang membuat layar ini menjadi andalan bagi para desainer dan pekerja kreatif lain. MacBook Pro keluaran 2017 ini juga masih memakai layar yang sama seperti pendahulunya, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel dengan tingkat kecerahan mencapai 500 nit.

Kekurangan MacBook Pro

  • Harga lebih mahal 
    MacBook Pro yang tersedia di pasar Indonesia saat ini dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan pilihan laptop Apple lainnya yaitu MacBook Air.
  • Bobot yang sedikit lebih berat
    Kekurangan selanjutnya terdapat pada berat dari MacBook Pro ini jika dibandingkan dengan MacBook Air, MacBook Pro ini mempunyai body yang lebih besar dan lebih berat. MacBook Pro ini kira-kira memiliki berat kurang lebih 2kg.
  • Tidak cocok di pasangkan dengan mouse lain
    MacBook Pro ini tidak bisa di pasangkan dengan mouse lain, Jika pun masih ingin menggunakan mouse lain selain dari Apple, mouse yang digunakan tidak akan berjalan dengan maksimal dan bekerja dengan sangat lambat.

MacBook Air

Apple Macbook Air merupakan salah satu laptop tipis atau ultrabook terbaik saat ini. Laptop ini hadir dengan desain elegan minimalis dengan gaya khas Apple yang menawan. Sebuah logo buah apel tergigit yang menyala pada LID Cover menjadi ciri khas produk besutan Apple.

Build quality notebook Apple Macbook Air sudah tak perlu diragukan lagi dengan balutan casing berbahan aluminium yang cukup tebal dan solid. Apple Macbook Air  ini menawarkan performa yang masih cukup memadai meski ditenagai prosesor generasi lawas seperti Intel Core i5-5350U generasi Broadwell dan didukung grafis terintegrasi dari Intel HD Graphics 6000.

Laptop ini sudah mengusung sistem operasi Mac OS High Sierra terbaru dan beberapa aplikasi bawaan pre-installed siap pakai di dalamnya, yakni iWork (Pages, Numbers, Keynote), GarageBand, iMovies, Photos, Safari, Mail, FaceTime, Messages, Notes, Maps, iTunes, dan banyak lagi.

Kelebihan MacBook Air

  • Tipis dan ringan
    Dengan ketebalan paling tebal tidak lebih dari 1.7 cm dan juga memiliki berat tidak lebih dari 1.35 kg membuat MacBook Air ini layak disebut sebagai salah satu laptop tipis dan ringan yang pernah ada. MacBook Air sangat cocok untuk kamu yang suka membawa laptop ke mana saja. Misalnya kamu adalah seorang travel blogger, jurnalis sangat cocok untuk menggunakan MacBook Air.
  • Baterai tahan lama
    Baterai MacBook Air bisa tahan seharian, Ketahanan baterai hingga 12 jam non stop. Ketika rata-rata laptop saat ini punya kekurangan hanya bisa bertahan selama 6 jam saja, MacBook Air bisa bertahan seharian.
  • Harga murah
    Di antara semua model MacBook yang ada, harga MacBook Air adalah yang paling murah. Bandingkan dengan harga MacBook Pro atau bahkan model MacBook 12 Inch yang lebih mahal.
Lihat juga:  Pilih Mana: AC Daikin atau AC LG?

Kekurangan MacBook Air

  • Layar belum retina display
    Kekurangan pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah layar MacBook Air. Dibandingkan dengan layar MacBook Pro, layar MacBook Air masih belum mendukung Retina Display.
  • Tidak ada force trackpad
    Hingga saat ini Apple masih belum ada rencana untuk menambahkan Force Trackpad ke lini MacBook Air. Namun kamu bisa mengakalinya dengan membeli Magic Trackpad terpisah untuk bisa merasakan fitur ini.
  • Masih menggunakan Intel HD graphic
    Untuk laptop sekelas MacBook Air yang masih menggunakan intel HD Graphic. Kamu bisa merasakan sendiri kualitas Intel HD untuk bermain game kan. Tentu saja banyak game kelas tinggi yang kurang bisa dinikmati secara maksimal.

MacBook Pro vs MacBook Air

Spesifikasi MacBook Pro Touch-Bar MacBook Air 
Prosesor2.3GHz dual-core 7th-generation Intel Core i5 processor (Turbo Boost up to 3.8GHz) 1.6GHz dual-core 8th-generation Intel Core i5 processor (Turbo Boost up to 3.6GHz)
Memori internal 256GB SSD 256GB SSD
RAM 8GB 2133MHz LPDDR3 memory 8GB 2133MHz LPDDR3 memory
Kartu grafis Intel Iris Plus Graphics 655 Intel UHD Graphics 617
Fitur 4x USB Type-C Thunderbolt 3, Keyboard butterfly switch generasi ketiga, Retina display, Touch Bar & Touch ID 2x USB Type-C Thunderbolt 3, Force Touch trackpad, Touch ID, Retina display

Prosesor dan RAM
Meskipun Air dan Pro datang dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-8, mereka adalah model yang berbeda. Udara mungkin memiliki kecepatan 1.6GHz yang lebih mengesankan tetapi hanya dual-core dan Turbo Boosts menjadi 3.6GHz.

Sementara Pro adalah 1.4Ghz quad-core dan dapat Turbo Boost menjadi 3.9GHz. Ini berarti ini lebih kuat secara keseluruhan, karenanya dipilih untuk Pro, sementara chip di Air lebih tentang menyeimbangkan daya dan efisiensi. Pindah ke dua model Pro yang lebih mahal, Anda mendapatkan 2,4GHz quad-core Intel Core i5, dengan Turbo Boost hingga 4.1GHz.

Perlu dicatat bahwa hanya Pro yang dapat dikonfigurasi untuk beberapa prosesor Core i7 yang berbeda sehingga merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda membutuhkan daya sebanyak mungkin dan dapat menambahkannya.

Semua model standar datang dengan 8GB 2133MHz RAM sehingga tidak ada perbedaan di sana tetapi Anda dapat mengkonfigurasi ke 16GB jika Anda perlu pada laptop baik.

Layar
Pada layar MacBook Pro dan MacBook Air dapat terlihat sangat berbeda, tetapi Apple telah membawa keduanya lebih dekat pada 2019. Ini berkat peningkatan pada MacBook Air ke Retina Display dengan True Tone.

MacBook Pro dan MacBook Air memiliki layar LED-backlit 13.3in dengan teknologi IPS pada resolusi 2560×1600 menjadikannya 227ppi. Satu-satunya perbedaan sekarang adalah bahwa Pro menawarkan tingkat kecerahan 500nit dan warna lebar (P3).

Grafik dan permainan
Tidak seperti model MacBook Air dengan spesifikasi lebih tinggi, MacBook Pro 13in mengikuti MacBook Air secara eksklusif menggunakan grafis Intel terintegrasi, meskipun mereka tidak terlalu sama.

Dua model MacBook Pro pertama menggunakan Intel Iris Plus Graphics 645 kemudian naik ke 655 untuk model yang lebih mahal. Sebaliknya, MacBook Air menggunakan Intel UHD Graphics 617 yang lebih rendah.

Karena ini semua terintegrasi dalam prosesor yang hampir serupa ini merupakan cerita yang sama tentang kekuatan yang lebih besar MacBook Pro dan solusi yang lebih seimbang pada MacBook Air yang saling melengkapi.

Pilih Mana: MacBook Pro atau MacBook Air?

MacBook ProMacBook Air
Kelebihan- Performa yang tinggi - Dilengkapi touch bar dan touch ID - Memiliki layar retina- Tipis dan ringan - Baterai tahan lama - Harga murah
Kekurangan- Harga lebih mahal  - Bobot yang sedikit lebih berat - Tidak cocok di pasangkan dengan mouse lain- Layar belum retina display - Tidak ada force trackpad - Masih menggunakan Intel HD graphic

Kesimpulan

Diatas sudah kita bahas mengenai MacBook Pro dan MacBook Air dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulannya masing-masing dan saling melengkapi. Tetapi, MacBook Air dapat menjadi pilihan terbaik jika kalian mencari MacBook termurah, Namun,  jika kalian memiliki lebih banyak dana maka MacBook dapat menjadi pilihan yang lain, dan juga sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

MacBook Pro vs MacBook Air

VS