HomeMakanan dan Minuman

Pilih mana: Masako vs Ajinomoto?

Tidak dipungkiri lagi jika penyedap rasa seringkali ditambahkan dalam menu masakan. Karena dapat menambah rasa untuk setiap masakan. Serta mampu membuat masakan terasa lezat, enak dan gurih.

Namun penyedap rasa makanan juga kadang dikenal dengan kandungan MSG (monosodium glutamate).nya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Karena kebutuhan pasar yang tinggi mendorong pelaku bisnis membuatnya melalui proses kimiawi.

Penyedap rasa masih bisa kok ditambahkan dalam berbagai menu masakan asal dengan komposisi dan konsumsi yang masih wajar. Atau bisa dikatakan tidak berlebihan.

Kini berbagai penyedap rasa hadir dengan beragam varian dan merk. Nah, salah satu merk penyedap rasa yang sangat populer yaitu datang dari Masako dan Ajinomoto. Keduanya memilih kelebihan dan kekurangannya masing-masing loh.

Penasaran apa saja kelebihan yang diberikan keduanya? Dan kira-kira apa ya kekurangannya? Ingin tahu lebih lengkap, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini. Selera.id akan menjelaskannya untuk Anda.

Masako vs Ajinomoto

Masako

Masako merupakan salah satu penyedap rasa serta bumbu yang terbuat dari rempah alami serta ekstrak daging asli pilihan, sehingga masako aman dikonsumsi secara langsung. Hal ini sukses membuat Masako tetap menjadi pilihan bagi banyak orang.

Sampai saat ini brand lokal dengan produk masako ini masih memiliki banyak penggemar,loh. Hal ini tidak lepas dari upaya Masako yang konsisten menghadirkan kaldu lezat namun praktis. Varian rasa yang ditawarkan adalah rasa kaldu ayam dan kaldu sapi.

Masako sendiri bisa dijadikan sebagai bumbu masak jika digunakan pada saat memasak, karena dapat membuat masakan lebih kaya rasa dan lebih nikmat. Masako memiliki varian rasa dengan kelezatan 2 rasa Ayam dan Sapi.

Produk penyedap rasa ini juga memiliki kemasan yang praktis dan ekonomis. Jadi Anda bisa menemukannya di warung, toko terdekat bahkan supermarket. Untuk pembahasan selebihnya Anda bisa membacanya di bawah ini. Baca artikel lainnya 8 Merk Kaldu Bubuk Instan Terbaik 2020

Masako vs Ajinomoto

Kelebihan Masako

Berikut ini Kelebihan dari Masako:

  • Bisa masuk dalam berbagai menu masakan
    Kelebihan lainnya yang ada pada masako ini adalah kandungan dan rasanya yang bisa masuk ke dalam berbagai jenis menu masakan seperti masakan berkuah, tumis dan gorengan.
  • Memiliki harga yang ekonomis
    Seperti yang diulas di atas jika pesaingnya memiliki harga yang sedikit mahal maka berbeda dengan produk ini. Masako memiliki harga yang cenderung lebih murah dengan isi per gramnya. Dan menghadirkan kemasan dengan ukuran yang praktis dengan harga yang ekonomis.

Kekurangan Masako

Berikut ini Kekurangan dari Masako:

  • Memiliki perasa yang kurang
    Kekurangan berikutnya yang ada di merk penyedap rasa kali ini. Ada pada rasanya yang cenderung asin jika dicampurkan ke dalam masakan. Jadi, Anda tidak perlu lagi menambahkan garam karena justru akan membuat masakan Anda jadi semakin asin.
  • Tidak memiliki banyak varian
    Kekurangan masako dibanding dengan produk pesaingnya ada pada jenis varian rasa pada produknya. Masako hanya memiliki varian kaldu rasa sapi dan ayam. Hal ini yang kadang sangat disayangkan oleh penggunaannya.

Rekomendasi Produk Masako

  1. Masako rasa kaldu ayam
    Masako merupakan penyedap rasa yang terbuat dari ekstrak daging ayam dengan perpaduan tepat antara daging segar berkualitas, bumbu dan rempah pilihan yang memberikan rasa dan aroma masakan dari daging asli sama seperti kaldu buatan di rumah.
  2. Masako rasa kaldu sapi
    Tidak jauh berbeda dengan varian rasa kaldu ayamnya. Masako varian rasa sapi yang dihadirkan oleh masako ini terbuat dari ekstrak daging sapi pilihan Sehingga menghasilkan rasa kaldu asli.

Ajinomoto

Ajinomoto merupakan penyedap rasa yang dibuat melalui proses fermentasi dengan bahan baku utama yaitu tetes tebu pilihan yang alami. Berstandar internasional dan di bawah lisensi Ajinomoto Tokyo sebagai perusahaan pertama yang memproduksi penyedap rasa sejak 1909.

dan farmasi. Terjemahan harfiah dari AJI-NO-MOTO sendiri adalah “Cita Rasa” (Essence of Taste), digunakan sebagai merk dagang perusahaan monosodium glutamat.  Ajinomoto sekarang ini memproduksi sekitar 33% monosodium glutamat dunia.

Lihat juga:  Pilih Mana: Enfagrow atau Pediasure?

Ajinomoto aktif di 23 negara dan daerah di dunia. Menjadikan brand yang akhirnya populer di bidangnya. Brand asal negara sakura ini tidak kalah populernya loh. Terutama di Indonesia. Produk penyedap rasa ini menjadi Andalan untuk menciptakan cita rasa yang berbeda. Ajinomoto juga menghadirkan berbagai varian produk yang bisa Anda tambahkan ke dalam masakan.

Nah, ingin tahu lebih lengkapnya lagi maka Anda bisa membacanya di bawah ini. Berikut penjelasannya:
Baca artikel lainnya Pilih mana: Royco vs Masako?

Masako vs Ajinomoto

Kelebihan Ajinomoto

Berikut ini Kelebihan dari Ajinomoto:

  • Memiliki banyak varian produk
    Selain menjadi andalah. Ajinomoto juga menghadirkan berbagai varian produk penyedap lainnya. Jadi, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda memasak. Sangat praktis dan mudah untuk membuat masakan Anda menjadi lezat dan gurih.
  • Terjamin kehalalannya
    Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh produk penyedap rasa Ajinomoto satu ini adalah keamanan konsumsinya dan sertifikat halal dari produk-produk Ajinomoto. Tidak hanya varian ini saja namun hampir semua varian produknya. Oleh karena itu kualitasnya tidak perlu diragukan lagi bukan?

Kekurangan Ajinomoto

Berikut ini Kekurangan dari Ajinomoto:

  • Sangat jarang ditemukan
    Saat ini produk besutan dari Jepang ini sudah sangat jarang ditemukan di Indonesia. Jika ada itu pun sudah sangat terbatas dan jarang. Tetapi Anda masih bisa kok menemukan produk ini dengan cek langsung websitenya.
  • Kemasan yang kurang menarik
    Kekurangan lain dari produk penyedap rasa ini ada pada kemasannya yang terlalu simple. Hanya mengusung desain kemasan dengan gambar logo dan warnah putih bening. Membuat kemasannya kurang menarik untuk dilihat.

Rekomendasi Produk Ajinomoto

  1. Dashi Plus
    Bumbu ekstrak daging yang terbuat dari daging asli dan rempah pilihan yang memiliki kelebihan memberikan rasa kaldu ayam atau sapi yang kuat, rasa penuh di mulut serta mengharmonisasi rasa keseluruhan. Cocok untuk industri snack dan olahan daging.
  2. Aji Plus Ekicho
    Selain memiliki kegurihan 3 kali lebih kuat dari msg juga bisa memberikan rasa “UMAMI” yang stabil, penuh di mulut dan tahan lama. Sangat cocok untuk bumbu cair (kecap, saus, pasta dan sebagainya) karena lebih stabil rasa gurihnya diproses pemanasan. Juga cocok untuk industri kerupuk.
Keterangan Masako Ajinomoto
HargaRp1000Rp500
AsalIndonesiaJepang

Pilih mana: Masako vs Ajinomoto?

Keterangan Masako Ajinomoto
Kelebihan -Bisa masuk dalam berbagai menu masakan -Memiliki harga yang ekonomis -Memiliki banyak varian produk -Terjamin kehalalannya
Kekurangan-Memiliki perasa yang kurang -Tidak memiliki banyak varian-Sangat jarang ditemukan -Kemasan yang kurang menarik

Kesimpulan

Nah, itulah perbandingan  mengenai Masako dan Ajinomoto diatas. Maka dapat kami simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang ingin mencoba varian yang berbeda dari Masako dan Ajinomoto sebagai penambah cita rasa masakan Anda maka tidak ada salahnya untuk memilih diantara kedua produk diatas. Keduanya juga memiliki manfaat dan tujuan yang sama yaitu sama-sama memberikan dan menambah rasa didalam masakan agar lebih gurih dan lezat. Dan jangan lupa untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan ya. Karena ada kandungan yang bisa membahayakan tubuh. Jadi lakukan dan tambahkan secukupnya saja.

Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Masako vs Ajinomoto

VS

 

Leave a Reply