Pilih Mana: Mastercard atau GPN?

Kini, perkembangan teknologi telah mengubah cara orang melakukan transaksi finansial. Pembayaran non tunai telah menggantikan pembayaran dengan uang tunai. Kartu debit dan kartu kredit adalah dua jenis kartu yang banyak digunakan untuk melakukan transaksi finansial. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh kedua jenis kartu ini, masyarakat dapat melakukan berbagai macam transaksi tanpa harus membawa uang tunai.

GPN dan Mastercard BCA adalah dua contoh provider jasa keuangan yang populer di Indonesia. Keduanya menyediakan sistem pembayaran yang memungkinkan transaksi non-tunai dengan instrumen perbankan. GPN dan Mastercard BCA telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Mastercard dan GPN, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Mastercard

Mastercard merupakan perusahaan teknologi pembayaran dan merupakan pemimpin dalam industri tersebut. Selama lebih dari 4 dekade, Mastercard sudah menjadi kekuatan pendorong di tengah perdagangan, berkontribusi dan ikut aktif dalam menciptakan ekonomi global yang lebih aman, lebih efisien, lebih inklusif dan lebih transparan bagi semua.

Mastercard memberikan pelayanan tercepat di dunia pada jaringan pengolahan pembayaran, menjadi penghubung antara pengguna, lembaga keuangan, pedagang, maupun pemerintah.

Mastercard lahir di Negeri Paman Sam, Amerika. Mastercard berasal dari suatu asosiasi perbankan bernama Interbank Card Association, yang dibangun oleh sekelompok bank di California pada tahun 1966.

Bank-bank anggota bekerjasama dengan ICA untuk menerbitkan kartu kredit yang dinamai MasterCharge. Di kemudian hari, MasterCharge berganti jadi Mastercard yang kita kenali sampai saat ini.

Mastercard mempunyai beberapa produk kartu kredit yang dibagi-bagi berdasarkan segmen pasar sasaran mereka. Tipe layanan produk ini hampir sama dengan jaringan kartu kredit lain, seperti Silver, Gold, dan Platinum. Sebagai tambahannya, Mastercard menyediakan jenis World Mastercard yang dikhususkan buat nasabah kelas premiumnya.

Ketika kamu bertransaksi, terdapat biaya tambahan yang dikenakan oleh Mastercard yakni berkisar 0,2% sampai 1% tergantung dari merchant-nya.

Kelebihan Mastercard

Proteksi Transaksi Tinggi

Mastercard memberikan proteksi berbagai lapis untuk menghadirkan pengalaman bertransaksi non-tunai yang nyaman dan aman. Mastercard menghadirkan deretan sistem keamanan seperti Mastercard SecureCode untuk keamanan transaksi belanja online dan Mastercard Safety Net yang merupakan alat deteksi dini kejahatan kartu kredit.

Memiliki Beragam Promo Saat Bertransaksi Menggunakan World Elite Mastercard

Dengan kartu ini, berbagai penawaran kelas satu dapat kamu miliki, mulai dari promo perjalanan, hotel, sampai restoran mewah.

Memiliki Layanan Asuransi

Dengan menggunakan Mastercard, para pemakainya akan mendapatkan berbagai layanan asuransi seperti mencakup semua kerusakan untuk kendaraan yang sudah disewa dan dibayar memakai kartu Mastercard, mencakup kamu serta keluarga kamu yang menyebabkan kematian atau luka-luka karena kecelakaan, dengan syarat tiket yang kamu beli memakai kartu Mastercard. Tentunya memiliki syarat dan ketentuan berlaku ya guys.

Kekurangan Mastercard

Rentan Dipakai Berlebihan

Mudahnya memakai kartu kredit seperti Mastercard bisa membuat orang jadi lebih tertarik melakukan transaksi lagi dan lagi dengan kartu kredit, tanpa mempertimbangkan kemampuan membayar tagihan atau cicilan di bulan yang akan datang.

Disertai dengan Bunga

Walaupun berbelanja dengan kartu kredit Mastercard bisa mempermudah pembayaran kamu dengan cicilan, ketahuilah selalu terdapat bunga yang dikenakan pada tagihan tersebut.

Biaya Penarikan Tunai yang Mahal

Menurut the nest, penarikan uang tunai dengan kartu kredit lebih mahal dibanding penarikan memakai kartu kredit sebab kartu kredit menggunakan biaya serta bunga bagi pemegang kartu.

GPN

Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN merupakan sistem yang memadukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung.

Artinya, bila selama ini membayar dengan kartu debit mesti memakai mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka tipe kartu debit apapun dapat di gesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank.

Sederhananya, semua Nasabah dapat melaksanakan transaksi offline seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan Mastercard GPN ini mempunyai proses transaksi nontunai dari dalam negeri, tidak lagi memakai jasa internasional. Maka otomatis juga akan mengurangi biaya transaksi yang disebut MDR (Merchant Discount Rate) apabila memakai mesin EDC dari bank yang berbeda

Kelebihan GPN

Dapat Melakukan Transaksi dan Menarik Tunai Lebih Mudah

Dengan memakai kartu debit berlogo GPN, kamu tak hanya dapat melakukan transaksi di seluruh Indonesia sebab terkoneksi dengan mesin ATM/EDC mana pun, namun juga turut mendukung upaya Bank Indonesia untuk merealisasikan infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman.

Biaya Transaksi yang Kecil

Kamu tidak harus membayar biaya transaksi kartu ATM antar bank yang sebelumnya dikenakan 2-3% per transaksi, saat ini kamu cuma akan dikenakan 1% karena transaksi tidak lagi diproses di luar negeri.

Lebih Praktis

Masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar sebab semua kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling bisa diwujudkan (interoperabilitas).

Kekurangan GPN

Belum Bisa Bertransaksi di Luar Negeri

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh GPN Card adalah masih belum bisa bertransaksi di luar negeri. Tentu hal ini berbeda dengan Mastercard yang bisa bertransaksi di seluruh dunia.

Belum Terdapat Online Payment

GPN yang baru saja lahir masih belum dilengkapi dengan fasilitas online payment. Sehingga di sini, GPN kembali tidak dapat menggantikan fungsi Visa atau Master untuk melakukan transaksi berbasis online seperti di playstore atau e-commerce luar negeri.

Sistem Masih Belum Terjamin

Kekurangan terakhir yang dimiliki oleh GPN adalah sistem yang masih belum terjamin. Namun pihak BI akan senantiasa mengembangkan sistemnya sehingga aman dan nyaman kala digunakan.

Perbandingan Mastercard dan GPN

Mastercard GPN
Kelebihan- Proteksi Transaksi Tinggi
- Memiliki Beragam Promo Saat Bertransaksi Menggunakan World Elite Mastercard
- Memiliki Layanan Asuransi
- Dapat Melakukan Transaksi dan Menarik Tunai Lebih Mudah
- Biaya Transaksi yang Kecil
- Lebih Praktis
Kekurangan- Rentan Dipakai Berlebihan
- Disertai dengan Bunga
- Biaya Penarikan Tunai yang Mahal
- Belum Bisa Bertransaksi di Luar Negeri
- Belum Terdapat Online Payment
- Sistem Masih Belum Terjamin
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemilihan antara Mastercard dan GPN tergantung pada kebutuhan dan konteks penggunaan. Jika kebutuhan melibatkan transaksi internasional dan akses global, Mastercard mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai. Sementara itu, jika fokus pada pengembangan dan dukungan terhadap infrastruktur pembayaran dalam negeri, GPN bisa menjadi solusi yang lebih relevan. Semoga bermanfaat!

Anda Pilih Mastercard atau GPN?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!